Sebanyak 3183 item atau buku ditemukan

Mengenal praktik bisnis

Practice of business in Indonesia.

Maksud dan tujuan Memberikan bimbingan dan perlindungan kepada
masyarakat konsumen menuju kesejahteraan keluarga . ... dan pendidikan
konsumen ke daerah dengan membentuk perwakilan atau kelompok
perlindungan konsumen .

Manajemen Pendidikan Tinggi di Era Revolusi 4.0

Dunia terus berkembang pesat, seiring dengan perkembangan teknologi dan informasi. Banyak hal telah berubah atau berkembang dengan cara yang mungkin tak terpikirkan. Kita telah berada di era yang dikenal sebagai era Revolusi Industri 4.0, di mana banyak perubahan terjadi dengan kecepatan tinggi di berbagai bidang kehidupan, termasuk di dunia pendidikan. Karena itu dunia pendidikan tentunya harus berbenah diri dan bersiap menghadapi tantangan baru di era terkini. Buku ini berbagai gagasan atau pemikiran penulis yang telah diterbitkan berkaitan dengan ruang lingkup perguruan tinggi meliputi, bidang akademik dan pengembangan lembaga, bidang administrasi umum perencanaan dan keuangan, bidang kemahasiswaan dan kerja sama, serta isu-isu terkini bidang pendidikan. Berbagai ide dan pemikiran yang dipaparkan penulis sangat mencerahkan dan dapat membantu semua pihak yang terlibat dalam dunia pendidikan untuk memahami berbagai perkembangan, persoalan dan perubahan yang dihadapi dunia pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0. Buku persembahan penerbit PrenadaMediaGroup

... Pemasaran Strategik Jasa Pendidikan. Bandung: Alfabeta. Glorija Sarkane, and Biruta Sloka. (2015). Factors Influencing the Choice of Higher Education Establishment for Marketing Strategies of Higher Education. Economics and Business ...

Strategi Meningkatkan Kualitas Lulusan Melalui Ketepatan Manajemen

Buku ini berisikan lima bab. Bab 1 Pendahuluan, membahas upaya penyelarasan kualitas lulusan perguruan tinggi dengan era revolusi industri 4.0; peningkatan kualitas lulusan perguruan tinggi melalui pelayanan terbaik kepada pelanggan; peningkatan kualitas lulusan perguruan tinggi melalui implementasi kurikulum berbasis KKNI; dan Best Practise Implementasi Kurikulum berbasis KKNI di Universitas Negeri Medan. Bab 2 Kapasitas soft skills, membahas pengertian kapasitas soft skills; komponen-komponen pembentuk soft skills; mengukur kapasitas soft skills individu; penelitian kapasistas soft skills mahasiswa; strategi peningkatan kapasitas soft skills; dan penyesuaian materi pelatihan dengan tingkat kapasitas soft skills. Bab 3 Kualitas total pribadi, membahas kualitas integritas individu; kualitas total pribadi; dan penelitian kualitas total pribadi mahasiswa. Bab 4 Pelayanan dosen, membahas pelayanan pelanggan; pelayanan dosen pada perguruan tinggi; dan penelitian kualitas pelayanan dosen. Bab 5 Kepuasan mahasiswa sebagai pelanggan perguruan tinggi, membahas kepuasan pelanggan; mahasiswa sebagai pelanggan perguruan tinggi; mengetahui kepuasan pelanggan; penelitian kepuasan mahasiswa sebagai pelanggan perguruan tinggi; dan pengaruh kualitas total pribadi dan kualitas pelayanan dosen terhadap kepuasan mahasiswa sebagai pelanggan perguruan tinggi.

Buku Strategi Meningkatkan Kualitas Lulusan Melalui Ketepatan Manajemen ini diterbitkan oleh penerbit deepublish dan tersedia juga versi cetaknya.

KEWIRAUSAHAAN

Buku ini memberikan gambaran secara garis besar bagi yang ingin mengetahui seluk beluk dunia usaha dan cara-cara mengembang-kan bakat bisnis. Sebagai pembisnis pemula perlu mempersiapkan diri, modal dan prasayarat-prasyarat lain yang dibutuhkan agar usaha yang nanti dibangun terhindar dari kerugian, meskipun kegagalan dalam bisnis selalu dapat terjadi.

Buku ini memberikan gambaran secara garis besar bagi yang ingin mengetahui seluk beluk dunia usaha dan cara-cara mengembang-kan bakat bisnis.

Pemahaman Kewirausahaan

Buku ini berisikan ruang lingkup kewirausahaan, pengertian wiraswasta dan wirausaha, sifat sifat wirausaha, ciri-ciri dan kepribadian wirausaha, prinsip-prinsip wirausaha, kiat-kiat sukses berwirausaha, kepemimpinan dalam wirausaha, pengambilan keputusan, pemilihan bidang usaha, pemasaran praktis, negosiasi dalam wirausaha, studi kelayakan bisnis, perencanaan bisnis, strategi menyusun proposal bisnis, serta etika bisnis dan corporate social responsibility. Buku persembahan penerbit PrenadaMediaGroup

Buku ini berisikan ruang lingkup kewirausahaan, pengertian wiraswasta dan wirausaha, sifat sifat wirausaha, ciri-ciri dan kepribadian wirausaha, prinsip-prinsip wirausaha, kiat-kiat sukses berwirausaha, kepemimpinan dalam wirausaha, ...

Kewirausahaan

Penafsiran masyarakat bahwa kewirausahaan identik dengan apa yang dimiliki dan dilakukan oleh usahawan atau wiraswastawan dinilai kurang tepat. Hal demikian dikarenakan jiwa dan sikap kewirausahaan mampu dimiliki oleh setiap orang yang berpikir kreatif dan inovatif dengan cara menelaah dan bertindak yang didasarkan pada peluang bisnis, pendekatan holistik, dan kepemimpinan yang seimbang sehingga mampu memunculkan ide berwirausaha. Mencari ide yang bagus merupakan langkah pertama dalam proses mengubah kreativitas wirausahawan menjadi sebuah peluang. Ide yang dihasilkan perlu dilakukan analisis kelayakan agar ide tersebut bisa tervalidasi. Analisis Kelayakan (feasibility analysis) adalah proses menentukan apakah ide. Seorang wirausahawan merupakan dasar yang bisa bertahan untuk membentuk sebuah usaha yang sukses. Tujuannya adalah untuk menentukan apakah ide bisnis layak diwujudkan. Analisis kelayakan produk atau jasa menentukan daya tarik ide suatu produk atau jasa bagi calon pelanggan dan mengidentifikasi berbagai sumber daya yang dibutuhkan untuk menghasilkan produk atau jasa tersebut. Hasil analisis kelayakan yang telah dilakukan akan membantu wirausahawan untuk menentukan langkah selanjutnya dalam menysun perencanaan yang diperlukan dan perancangan startegi. Kegiatan merancang strategi merupakan fondasi dasar untuk mencapai tujuan perusahaan. Sangat sering terjadi, wirausahawan yang sangat optimis dan antusias dalam menggerakkan perusahaan ditakdirkan gagal karena mereka tidak pernah meluangkan waktu untuk menetapkan strategi yang dapat membedakan mereka dengan pesaingnya. Dalam lingkungan persaingan global yang sangat sengit ini, perusahaan, baik besar ataupun kecil, yang tidak berpikir dan bertindak secara strategis benar-benar rentan sehingga diperlukan pengembangan strategi. Tujuan pengembangan rencana strategis adalah untuk menciptakan keunggulan kompetitif. Dari perspektif strategis, kunci bagi kesuksesan bisnis adalah pengembangan keunggulan kompetitif yang unik, yaitu keunggulan yang menciptakan nilai bagi pelanggan dan sukar ditiru oleh para pesaing. Keunggulan kompetitif yang dihasilkan akan dikemas dalam bisnis model yang tepat untuk mendukung pengembangan bisnis tersebut, sampai pada tahap keberlajutan bisnis tersebut yang memerlukan perlindungan yang dapat dilakukan dengan mengajukan Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) karena wirausahawan yang baik adalah wirausahawan yang telah memiliki perencanaan bagaimana mengelola hak kekayaan intelektualnya.

Penafsiran masyarakat bahwa kewirausahaan identik dengan apa yang dimiliki dan dilakukan oleh usahawan atau wiraswastawan dinilai kurang tepat.

Kewirausahaan Pendidikan

Satu hasil yang menyedihkan bangsa kita bahwa bangsa indonesia belum mengerti tentang pembangunan bangsa, karena tidak mampu atau tidak berkarya, inovasi, dan menciptakan fenomena dalam menghasilkan ide dan gagasan untuk mengatasi penyakit bangsa kita. Sehingga dapat menyebabkan ketidak sedianya lapangan kerja sehingga dengan demikian tidak membantu pemerintah dalam memperkecil tingkat pengangguran. Artinya orientasi para mahasiswa DKI Jakarta setelah lulus S1 hanya untuk mencari gaji, bukan untuk menciptakan lapangan pekerjaan. Sehingga dapat membantu pemerintah untuk memperkecil tingkat pengangguran dan mudah-mudahan mahasiswa Sumatera Utara khususnya Kab. Asahan lebih memiliki kreativitas dan berinovasi, serta berintegrasi dalam upaya menyiapkan lapangan kerja secara merata demi meningkatkan pembangunan yang berkesinambungan.

Buku Kewirausahaan Pendidikan ini diterbitkan oleh penerbit deepublish dan tersedia juga versi cetaknya.

Pengantar Kewirausahaan Teori dan Aplikasi

Topik penting dalam buku ini antara lain: pengertian wirausaha dan kewirausahaan; konsep dasar kewirausahaan; ide dan peluang kewirausahaan; tantangan dan cara mengatasi problema dunia kewirausahaan; kompetensi kewirausahaan; peningkatan produktivitas usaha melalui motivasi kewirausahaan; urgensi kewirausahaan di era globlisasi; etika kewiraushaan; kepemimpinan dalam kewirausahan; dan kewirausahaan dalam konsep Islam. --- Buku persembahan penerbit Kencana (Prenadamedia)

Topik penting dalam buku ini antara lain: pengertian wirausaha dan kewirausahaan; konsep dasar kewirausahaan; ide dan peluang kewirausahaan; tantangan dan cara mengatasi problema dunia kewirausahaan; kompetensi kewirausahaan; peningkatan ...

BUKU AJAR PENGANTAR KEWIRAUSAHAAN

Dengan Pendekatan Hasil Penelitian

Kata wirausaha yang dewasa ini sering di sebut entrepreneurship merupakan kata yang pada awalnya diadopsi dari bahasa Perancis “entreprendre” yang berarti memulai atau melaksanakan. Sedangkan Wirausaha maupun Wiraswasta sendiri merupakan penggalan dari kata Wira, Swasta dan Usaha. Wira memiliki arti, sifat gagah nan berani, luhur; swa berarti sendiri; sta dapat diartikan sebagai berdiri; sedangkan usaha memiliki makna yang berhubungan dengan aktivitas produktif. Dari asal kata tersebut, wiraswasta pada awalnya merupakan sebutan untuk seseorang maupun sekelompok orang yang mampu berdiri sendiri. Sedangkan di Indonesia kata wiraswasta lazim didefinisikan untuk orang-orang yang bekerja mandiri atau yang tidak bekerja untuk sektor-sektor pemerintahan seperti para pengusaha, pemborong, pedagang serta orang-orang yang bekerja di berbagai perusahaan swasta, sedangkan wirausaha adalah orang atau sekelompok orang yang melakukan usaha sendiri untuk memenuhi kebutuhannya. Wirausaha juga dapat diartikan sebagai orang yang memiliki keberanian untuk membuka dan menjalankan kegiatan yang sifatnya produktif dan mandiri.

Kata wirausaha yang dewasa ini sering di sebut entrepreneurship merupakan kata yang pada awalnya diadopsi dari bahasa Perancis “entreprendre” yang berarti memulai atau melaksanakan.