Sebanyak 878 item atau buku ditemukan

Dasar-Dasar Evaluasi Pembelajaran

Evaluasi Pembelajaran adalah suatu proses menentukan tingkat pencapaian tujuan pembelajaran yang telah ditentukan sebelumnya melalui cara yang sistematis. Evaluasi pembelajaran bertujuan untuk mengumpulkan informasi yang menjadi landasan dalam mengukur tingkat kemajuan, perkembangan, dan pencapaian belajar peserta didik, serta keefektifan pendidik dalam mengajar. Pengukuran dan penilaian menjadi kegiatan utama dalam evaluasi pembelajaran. Melalui evaluasi pembelajaran, suatu komponen pembelajaran dapat diketahui ketepat-sasaran dan kedaya-gunaannya. Komponen ini diantaranya yaitu, sistem pembelajaran, strategi pembelajaran, dan kurikulum.

peserta didik sehingga terjadi kegiatan atau tindakan belajar. 5. Proses pembelajaran dimaksudkan agar guru dapat mencapai tujuan pembelajaran dan peserta didik dapat menguasai kompetensi yang telah ditetapkan.

Teori dan Praktik Evaluasi Pembelajaran SD

Kata evaluasi sering digunakan dalam pendidikan. Dalam konteks ini, evaluasi berarti penilaian atau pengukuran. Namun, banyak dari kita yang belum memahami secara tepat arti kata evaluasi, pengukuran, dan penilaian. Bahkan, banyak orang mengartikan ketiganya dengan satu pengertian yang sama. Hal ini karena orang hanya mengidentikkan kegiatan evaluasi sama dengan menilai. Karena biasanya, aktivitas mengukur sudah termasuk di dalamnya. Pengukuran, penilaian, dan evaluasi merupakan kegiatan yang tidak dapat dipisahkan satu sama lain, dan dalam pelaksanaannya harus dilakukan secara berurutan.

rangsangan kepada peserta didik sehingga terjadi kegiatan atau tindakan belajar. 5. Proses pembelajaran dimaksudkan agar guru dapat mencapai tujuan pembelajaran dan peserta didik dapat menguasai kompetensi yang telah ditetepkan.

Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab

Evaluasi merupakan tahapan wajib yang memegang posisi urgen dalam upaya pemerolehan gambaran program maupun hasil pembelajaran peserta didik. Tahapan ini harus direncanakan, dilaksanakan dan dimanfaatkan sebagai sumber pengambilan keputusan oleh setiap pendidik. Hasil evaluasi menjadi umpan balik yang berharga untuk melihat efektivitas pelaksanaan pembelajaran, reformulasi serta peningkatannya. Untuk itulah, mahasiswa prodi PBA (Pembelajaran Bahasa Arab) sebagai calon praktisi pendidikan dibekali mata kuliah Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab sebanyak 4 (empat) SKS karena pendidik seyogianya mempunyai keterampilan dalam aplikasi evaluasi. Buku ini merupakan literatur yang materinya telah disesuaikan dengan “silabus” atau “Rencana Pembelajaran Semester” seiring diberlakukannya kurikulum berbasis KKNI di lingkungan UIN Walisongo Semarang. Buku ini ditulis untuk memenuhi kebutuhan literatur evaluasi dalam bidang khusus Pembelajaran Bahasa Arab. Buku ini tidak mungkin terwujud tanpa bantuan dan dukungan berbagai pihak.

pada jalur formal dan nonformal untuk semua jenjang, satuan, dan jenis pendidikan.2 Ruang lingkup evaluasi pembelajaran dalam perspektif domain hasil belajar dapat mengikuti pengelompokkan dari Benyamin S.Bloom, dkk (1956) yang membagi ...

How to Teach Arabic? Metode, Strategi, Evaluasi, Model, dan Permainan Pengajaran Bahasa Arab

How to Teach Arabic? Metode, Strategi, Evaluasi, Model, dan Permainan Pengajaran Bahasa Arab PENULIS: Jaka Imam Mahesa Wijaya Ukuran : 14 x 21 cm ISBN : 978-623-251-903-9 Terbit : Mei 2020 www.guepedia.com Sinopsis: Bahasa Arab sebagai bahasa yang populer di kalangan kaum Muslimin merupakan bahasa yang dipelajari di berbagai lembaga pendidikan di tanah air. Animo masyarakat terhadap bahasa Arab mulai tumbuh kembali seiring dengan meningkatnya keinginan untuk memahami dua sumber ajaran Islam (Al Qur’an dan Hadits). Kondisi ini mendorong munculnya berbagai lembaga kursus Bahasa Arab, baik yang bersifat musiman atau dauroh. Pembelajaran online bahkan muncul Ma’had – ma’had khusus untuk belajar bahasa Arab di samping prodi bahasa Arab yang ada di perguruan tinggi. Kondisi ini menuntut para pengajar bahasa Arab untuk membaca kembali berbagai metode pengajaran bahasa Arab, serta berbagai strategi dan permainan bahasa yang kemudian mereka gunakan dalam proses pembelajaran. Buku ini kami tulis untuk membatu para guru Bahasa Arab, dosen Bahasa Arab, peneliti di bidang Pengajaran Bahasa Arab dan mahasiswa Prodi Pengajaran Bahasa Arab bisa memahami berbagai metode, strategi, evaluasi, model dan permainan yang bisa digunakan dalam pengajaran bahasa Arab. Buku ini lahir diawali dengan adanya asumsi bahwa bahasa Arab sulit untuk dipelajari. Agar bahasa Arab yang dianggap sulit ini terasa mudah untuk diajarkan dan dipelajari, maka hendaknya para pengajar menggunakan berbagai metode, model, strategi dan permainan Bahasa Arab yang kami tulis di buku ini. www.guepedia.com Email : [email protected] WA di 081287602508 Happy shopping & reading Enjoy your day, guys

1, November 2017) Siti Hasnah, Pembelajaran Kosakata (Mufradāt) Bahasa Arab Melalui Media Gambar Untuk Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa pada Jurusan PAI Fakultas Tarbiyah IAIN Palu, (Palu: Jurnal Penelitian Ilmiah “ISTIQRA”, Vol.

Pembelajaran PJOK Anak Sekolah Dasar

Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari pendidikan pada umumnya yang mempengaruhi potensi peserta didik dalam hal kognitif, afektif, dan psikomotorik. Melalui aktivitas jasmani akan memperoleh berbagai macam pengalaman yang berharga untuk kehidupan seperti kecerdasan, emosi, perhatian, kerja sama, keterampilan, dan sebagainya. Pendidikan anak sekolah dasar adalah pendidikan formal dari kelas 1-6. Dasarnya, anak membutuhkan pengetahuan, kesehatan jasmani yang baik, dan tubuh yang sehat. Buku ini cocok untuk yang belum mengetahui berbagai macam materi, strategi, teknik, evaluasi dalam Pembelajaran PJOK Anak Sekolah Dasar.

Format PAUD Konsep, Karakteristik & Implementasi Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: ar-ruzz media. ... PJOK Tematik Terpadu Tingkat Sekolah Dasar Kelas 2. Surabaya: Jakad Media Publishing Faruq, M.M. 2006.

Buku Panduan Model Pembelajaran Nobangan

Buku Panduan Model Pembelajaran Nobangan Penulis : Azizah Nurul Kami Sani Nurul Fitriah Aras Lusi Andriana Friska Rahma Safira Andi Nirmala Ainu Ukuran : 14 x 21 cm ISBN : 978-623-407-101-6 Terbit : Desember 2021 www.guepedia.com Sinopsis : Buku ini merupakan buku ajar, panduan bagi dosen, guru atau mahasiswa yang akan mengimplementasikan model pembelajaran Nobangan dalam proses pembelajaran. Model pembelajaran Nobangan merupakan model pembelajaran berbasis permainan. Model ini dikembangkan dari permainan tradisional suku Kaili. Suku kaili merupakan salah satu suku di daerah Sulawesi Tengah. Model pembelajaran ini dapat mengembangkan nilai-nilai karakter seperti cinta tanah air, kerja keras, kerja sama, jujur, kreatifitas dan membantu melestarikan budaya daerah. Model pembelajaran ini memiliki kelebihan seperti membuat pembelajaran yang menyenangkan dan tidak membosankan, terjalin hubungan yang hangat dan bersahabat antara guru dan siswa,` menanamkan sifat tanggungjawab, disiplin, cermat dan berfikir kritis pada diri siswa serta menumbuhkan rasa kompetisi saat mengikuti permainan Nobangan pada diri siswa. Di era globalisasi seperti saat ini, nilai-nilai kebudayaan mulai luntur. Olehnya itu, mari kita melestarikan kebudayaan daerah sebagai ciri khas dari Kebudayaan Indonesia. www.guepedia.com Email : [email protected] WA di 081287602508 Happy shopping & reading Enjoy your day, guys

Pengembangan Model Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini.UIN Ar-Raniry Banda Aceh, 3(1), hlm.74–92. ... Pembentukan Karakter Kerja sama dan Cinta Tanah Air Melalui Pembelajaran Tematik Model Webbing di Sekolah Dasar Pontianak Timur.

Modul Pembelajaran Sains Anak Usia Dini untuk Anak TK 4-6 Tahun

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) saat ini menjadi perhatian pemerintah dan masyarakat luas. Pendidikan anak usia dini merupakan jembatan antara lingkungan keluarga dengan masyarakat, Anak usia dini merupakan manusia yang memiliki potensi yang harus dikembangkan. Anak memiliki karakteristik yang berbeda dengan orang dewasa.

Model Pembelajaran Sains Anak Usia Dini terbagi menjadi empat antara lain 1. Model Pembelajaran Sains Multy Sensory Ekologi 2. Model Pembelajaran Inkuiri 3. Model Pembelajaran Pemecahan Masalah 4. Model Pembelajaran Tematik.

PENGEMBANGAN BAHASA EKSPRESIF ANAK

Melalui Penerapan Pembelajaran Audio Visual

Usia dini menjadi masa keemasan anak-anak, masa di mana perkembangannya tumbuh lebih cepat dan lebih mudah distimulasi. Maka dari itu, memberikan perhatian lebih saat masa keemasan anak menjadi langkah terbaik untuk masa pertumbuhannya. Satu di antaranya melalui pendidikan yang tepat diberikan pada usianya. Berbagai upaya harus terus dilakukan untuk mengembangkan aspek pertumbuhan anak. Satu di antaranya dalam pengembangan bahasa anak, yakni bahasa represif dan bahasa ekspresif.

Berbagai upaya harus terus dilakukan untuk mengembangkan aspek pertumbuhan anak. Satu di antaranya dalam pengembangan bahasa anak, yakni bahasa represif dan bahasa ekspresif.

PENGELOLAAN PEMBELAJARAN DALAM PROSES PENGEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL STANDAR PAUD

PENGELOLAAN PEMBELAJARAN DALAM PROSES PENGEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL STANDAR PAUD Penulis : Siti Rosmayati, M.M. Arman Maulana, M.M. Prof. Dr. H. Sofyan Sauri Dr. H. Ujang Cepi Barlian Ukuran : 14 x 21 cm ISBN : 978-623-319-214-9 Terbit : Januari 2021 www.guepedia.com Sinopsis : Pengelolaan pembelajaran dalam proses pengembangan sosial emosional PAUD Az-Zahra Islamic Preschool Cicalengka Kabupaten Bandung sudah dilakukan guru dengan baik seuai dengan indikator walaupun masih ada dua indikator yang belum dilaksanakan, keberhasilan guru dapat dilihat dari tingkat pencapaian perkembangan sosial emosional anak yang sudah baik. www.guepedia.com Email : [email protected] WA di 081287602508 Happy shopping & reading Enjoy your day, guys

PENGELOLAAN PEMBELAJARAN DALAM PROSES PENGEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL STANDAR PAUD Penulis : Siti Rosmayati, M.M. Arman Maulana, M.M. Prof.

Quality Of Management Education And Its Impact On Skill Development: A Study Of Alumni Of Management Institutes In Kerala State

Practices that were informed by reflection, evaluation of professional practice and subject specific educational ... The 'infrastructure facilities' (β=0.12) was found to have only a mildly positive influence on employability.