Sebanyak 248 item atau buku ditemukan

PERBANDINGAN NOVEL SASTRA INDONESIA DAN MALAYSIA (Sosiologi Religi)

Data 05 tersebut mengambarkan negara kolonial Barat yang menjajah negara-negara jajahan sehingga membuat rakyat negara jajahan menjadi menderita, tertindas, miskin, dan terbelenggu oleh sistem ekonomi kapitalisme.

Sosiologi Ekonomi

Kapitalisme dan Konsumsi di Era Masyarakat Post-Modernisme

Buku ini adalah teks ajar yang up-to-date karena membahas isu-isu terkini dalam studi sosiologi ekonomi kontemporer. Selain memaparkan seluk-beluk studi, teori, dan konsep penting sosiologi ekonomi sejak periode klasik hingga kontemporer, buku ini mem-bahas pula dua isu utama paling menonjol dalam studi kontemporer yaitu pergeseran isu produksi ke konsumsi, dan pergeseran dari isu eksploitasi pekerja ke eksploitasi konsumen. Sebagai sebuah rujukan yang komprehensif, buku ini merupakan rujukan penting bagi mahasiswa ilmu-ilmu sosial pada umumnya, khususnya mahasiswa ekonomi, serta semua pihak yang tertarik dengan sosiologi dan isu-isu kontemporer yang berkembang dalam masyarakat yang terus-menerus mengalami perubahan dan pergeseran. Buku persembahan penerbit prenadaMedia -PrenadaMedia-

Buku ini adalah teks ajar yang up-to-date karena membahas isu-isu terkini dalam studi sosiologi ekonomi kontemporer.

Pendekatan Sosiologis-Historis Dalam Fiqh Al-Hadits

Kontribusi Asbab al-Wurud dalam Pemahaman Hadis secara Kontekstual

Hadis adalah sumber ajaran Islam yang menduduki posisi kedua setelah al-Quran. Posisi hadits menjadi sangat signifikan ketika ia berfungsi sebagai penjelas (bayan) al-Quran, bahkan menetapkan hukum-hukum yang tidak diatur dalam al-Quran. Dalam memahami sebuah hadits, tidak cukup hanya lewat teksnya, tetapi lebih dari itu, dibutuhkan perangkat-perangkat lain yang dapat membantu terhadap pemahaman sebuah hadits. Salah satunya adalah yang dikenal dalam ilmu hadits dengan asbab al-wurud. Lewat tinjauan asbab al-wurud ini, dapat diketahui latar belakang sosiologis-historis lahirnya sebuah hadits, faktor-faktor yang mendorongnya disamping orang-orang yang secara spesifik menjadi sebab lahirnya sebuah hadits. Tinjauan terhadap asbab al-wurud dalam pemahaman hadis (fiqh al-hadis) dilakukan agar generalisasi yang mewarnai pemahaman hadis dapat dihindari. Sebab memahami hadis tanpa membedakan struktur dan karakteristiknya akan terjebak pada pemahaman yang bukan merupakan pesan dari hadis itu sendiri. Asbab al-wurud berfungsi sebagai media dalam mengaktualisasikan pesan hadis terhadap realita yang berkembang pada setiap waktu dan tempat. Karena itu, memahami asbab al-wurud tidak hanya berhenti pada penetapan sebab atau latar belakang hadis, tapi harus dilanjutkan dengan menariknya kepada realita kekinian untuk kemudian menyimpulkan suatu pemahaman baru terhadap hadis dalam bingkai kontekstualisasi. Buku ini secara sistematis membahas teori asbab al-wurud dan aplikasinya dalam pemahaman hadis Nabi Saw sekaligus menawarkan model kontekstualisasi hadis yang diharapkan dapat memperkaya khazanah dalam studi hadis. Selamat membaca... Penulis

Lihat:Yunahar Ilyas dan M. Mas'udi (Ed.), Pengembangan Pemikiran terhadap Hadits, Cet. ke2, Lembaga Pengkajian dan Pengamalan Islam (LPPI), Yogyakarta, 1996, h. 208. 40 Imam al-Syafi'i (w.204 H) dan Imam Abu Hanifah (150 Dr. Muhammad ...

Sosiologi Pendidikan

Sosiologi dan ilmu pendidikan memiliki wilayah kajian yang berbeda. Namun karena perkembangan sosial yang berlangsung menyebabkan kedua disiplin ilmu ini bersinergi. Dengan kata lain, sosiologi pendidikan merupakan sub disiplin yang menempati wilayah kajian yang menjembatani disiplin sosiologi dengan ilmu pendidikan Buku ini membahas: Pengertian dan Perkembangan Sosiologi Pendidikan Sosiologi Pendidikan Ilmu pengetahuan Pendidikan dan Masyarakat Pendidikan dan Hubungan Antarkelompok Struktur Sosial Sekolah Peranan Guru di Sekolah dan di Masyarakat Kepribadian Guru Peranan Guru dan Perilaku Murid

Kegiatan pendidikan merupakan bagian dari kegiatan sosial manusia. Dengan cara ini 'pendidikan' muncul sebagai cabang dari Sosiologi. Sosiologi Pendidikan merupakan salah satu cabang dari disiplin ilmu sosiologi yang dihadapkan pada ...

Antropologi dan Sosiologi Pendidikan

Dari buku ini diharapkan dapat menambah pengetahuan para mahasiswa, pembaca, penulis, pengajar, pekerja, yang terkait dengan Antropologi & Sosiologi Pendidikan. Terutama pada suatu lembaga survai, lembaga nonprofit, lembaga pemerintah, serta lembaga non-pemerintah, lembaga misi, lembaga kebudayaan, komunitas dan asosiasi keahlian, perguruan tinggi, yayasan pendidikan, maupun organisasi dan lembaga berbadan hukum lainnya. Terutama dalam pendirian, program kegiatan serta pengembangan lembaganya. Dalam buku ini ditulis pada Pendahuluan, Konsep Dalam Sosiologi dan Antropologi, Nilai dan Norma Dalam Masyarakat. Di sampng itu juga diketengahkan Proses Sosial dan Interaksi Sosial, Kepribadian, Masyarakat, serta Kebudayaan. Selain itu dalam buku ini dilengkapi masalah Perilaku Menyimpang dan Sikap Anti Sosial, Struktur Sosial dan Diferensiasi Sosial, Stratifikasi Sosial, serta Mobilitas Sosial.

Abdullah Idi, SOSIOLOGI PENDIDIKAN: individu, masyarakat dan pendidikan, Jakarta: Rajawali Pers, 2011 Achmad Hufad, 2007. Sosiologi Antropologi Pendidikan Bandung: UPI PRESS Ahmadi, Abu.1984. Pengantar Sosiologi. Sala: Ramadhani.

EVALUASI PEMBELAJARAN SOSIOLOGI

Evaluasi pembelajaran, fungsi evaluasi pembelajaran, prosedur evaluasi pembelajaran, jenis evaluasi pembelajaran, evaluator evaluasi pembelajaran, intrumen tes objektif evaluasi pembelajaran, instrumen tes subjektif evaluasi pembelajaran, instrumen non tes evaluasi pembelajaran, penskoran tes domain kognitif evaluasi pembelajaran, penskoran tes domain afektif evaluasi pembelajaran, penskoran tes domain psikomotorik evaluasi pembelajaran, penskoran klasikal evaluasi pembelajaran, penilai valuasi pembelajaran, penilaian kognitif, psikomotorik, afektif dalam valuasi pembelajaran

program belajar dengan kemampuan yang telah dimiliki siswa, Contohnya penempatan dalam suatu jurusan IPA, IPS atau IPB. 2. Jenis evaluasi pembelajaran dilihat dari sasarannya evaluasi, terdiri dari empat, yaitu: a.