Sebanyak 255 item atau buku ditemukan

Sendi-sendi sosiologi, ilmu masjarakat

Pendidikan ( kegagalan memberi pendidikan jang sesuai dengan keadaan jang ber - ubah2 dimasjarakat ) . 5. Keagamaan ( desakan2 dari ilmu pengetahuan jang memaksa pe- mimpin - pemimpin agama berusaha menjesuaikan agama dengan keadaan ...

Kamus lengkap sosiologi

Indonesian dictionary of sociological terms.

... penyusunan dan pe- laksanaan rencana untuk ke- pentingan kecermatan , kean- dalan , konsistensi , kesera- gaman dan kelengkapan . education pendidikan , merupakan pe- ngalihan pengetahuan , nor- ma - norma dan nilai - nilai dengan ...

Sosiologi agraria

kumpulan tulisan terpilih

Essays on land usage and reform in Indonesia.

Karena keterbelakangan dalam pendidikan --suatu kondisi yang sengaja diciptakan oleh pemerintah pada masa kolonial-- maka percepatan upaya pendidikan dan modernisasi harus dilakukan , dengan persepsi tentang masa depan yang cerah .

Sosiologi Pendidikan

Dari Masyarakat Hingga Ketidaksetaraan Gender dalam Pendidikan

Buku yang berada di tangan pembaca ini berisi beragam alur pikir penulis yang ditorehkannya dengan melihat masih kurangnya buku referensi pendukung tentang Sosiologi Pendidikan karena kondisi lingkungan yang memantiknya, yang mengharuskan penulis membaginya kepada pembaca. Pembaca bisa memanfaatkannya sebagai catatan dalam esai, gagasan, opini atau tugas matakuliah, yang intinya bebas memanfaatkannya. Sosiologi Pendidikan dalam konteks pencerdasan anak bangsa, maka lembaga pendidikan (keluarga, Lembaga pendidikan dan masyarakat) memiliki peranan yang sangat strategis yang akan menjadi pusat-pusat kegiatan penyelenggaraan pendidikan sebagai wadah dan potensi mahasiswa dan dosen mengembangkan potensinya sebagai makhluk individu, sosial, dan religius. Dengan memperhatikan bahwa pertolongan dari orang yang telah dewasa, harus ada dan anak harus dapat berkembang secara bebas, tetapi terarah. Pendidikan harus dapat memberikan motivasi dalam mengaktifkan anak.

Dari Masyarakat Hingga Ketidaksetaraan Gender dalam Pendidikan Dr. Nuraedah, S.Pd, M.Pd. seperti tujuan pendidikan, kurikulum, strategi belajar, sarana belajar, dan sebagainya. sosiologi pendidikan sebagai suatu analisis ilmiah atas ...

SOSIOLOGI PENDIDIKAN

Menuju Pendidikan Unggul dan Kompetitif

Puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT, atas limpahan rahmat dan karunia-Nya, penulisan bahan ajar ”Sosiologi Pendidikan” ini dapat terbit dan hadir ke hadapan para pembaca. Bahan ajar yang hadir di hadapan sidang pembaca ini. Dengan harapan memudahkan mahasiswa yang mengikuti perkuliahan mata kuliah ini di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung. Namun, tidak menutup kemungkinan dapat digunakan bagi kepentingan yang lain, karena terbatasnya buku-buku tentang Sosilogi Pendidikan di tanah air. Sosiologi pendidikan adalah studi mengenai bagaimana institusi publik dan pengalaman individu memengaruhi pendidikan dan hasilnya. Studi ini lebih mempelajari sistem pendidikan umum di masyarakat industri modern, termasuk perluasan pendidikan tinggi, lanjut, dewasa, dan berkelanjutan. Pendidikan dibutuhkan dalam upaya untuk mendapatkan ilmu pengetahuan. Pola perilaku manusia atau peserta didik untuk memperoleh pendidikan juga mempengaruhi sejauh mana nilai-nilai tersebut diperoleh. Hal ini juga berkaitan dengan nilai-nilai yang terdapat dalam manusia itu sendiri, yakni nilai logika, nilai etika, dan nilai estetika. Untuk itu sosiologi pendidikan dapat melihat proses sosialisasi tersebut serta juga dapat menganalisanya. Sebagai kumpulan bahan kuliah, buku ini masih lebih banyak sebagai rangkuman dari pendapat banyak para penulis lain sebelumnya daripada sebagai pendapat pribadi penulis sendiri, yang kemudian disajikan menjadi 8 bab dari isi buku, yaitu: pemaparannya dimulai, dari pendahuluan, kemudian secara berturut-turut membahas tentang, masyakat dalam pandangan antropologi, kebudayaan dalam pandangan antropologi, pergeseran masyarakat dan kebudayaan, pendidikan dalam pendekatan antropologi budaya, kerangka teori tindakan dan kerangka etnografi, pendekatan kebudayaan (entografi) dalam penelitian pendidikan. Penulis berharap, kehadiran buku Revisi ke IV, ini dapat memberikan inspirasi dan urun rembuk, pada pemecahan, mencerdaskan, dan menjadi solusi terhadap berbagai permasalahan sosiologi pendidikan. Semoga buku ini bermanfaat bagi kepentingan umat dan mendapat ridlo Allah SWT., Amin. Bandung, 11 Maret 2021 Penulis Revisi IV, Dr. H. Aep Saepulloh, M.Si. Dr. H. A. Rusdiana, Drs. MM

pendidikan yang hadir di seluruh dunia, yakni: a. Pertama jenis pendidikan keterampilan dan praktis, yakni pen- didikan yang dilaksanakan untuk memberikan bekal keteram- pilan maupun kemampuan teknis tertentu agar dapat diaplika- sikan ...

Sosiologi Pendidikan Islam

Sosiologi pendidikan Islam sebagai analisis kedudukan pendidikan dalam masyarakat. pada poin ini lebih mengutamakan fungsi lembaga pendidikan Islam diadakan masyarakat dan hubungan sekolah dengan masyarakat yang terdiri dari beberapa aspek. Apabila pendidikan Islam tidak dapat menempatkan diri dalam masyarakat yang berbeda-beda kulturnya maka manusia tidak sesuai cita-cita Islam yang mencerminkan hakikat Islam tidak bisa terwujud. Sosiologi pendidikan Islam sebagai alat kemajuan perkembagan sosial Pendidikan Islamn sebagai disiplin ilmu dapat melestarikan dan memajuakan tradisi budaya moral yang Islami sehingga terwujud komunikasi sosial dalam masyarakat dan membawa kebudayaan kepuncak yang setinggi-tingginya.

pendidikan sesuai yang tercantum dalam jenjang pendidikan di Indonesia yang mengatakan jenjang pendidikan adalah suatu tahapan dalam pendidikan yang berkelanjutan yang ditetapkan berdasarkan tingkat perkembangan para peserta didik serta ...

Sosiologi dan Manajemen Pendidikan (Edisi Revisi)

Sosiologi pendidikan menganalisis berbagai masalah dalam pendidikan dari sudut pandang sosial, kebudayaan, politik, ekonomi. Artinya, gejala pendidikan dalam sudut pandang sosiologi pendidikan diamati sebagai bagian dari struktur sosial masyarakat. Beberapa masalah yang misalnya diselidiki sosiologi pendidikan antara lain adalah: (1) hubungan di antara sistem pendidikan dengan berbagai segi dalam kehidupan masyarakat; (2) hubungan atau interaksi antarindividu di dalam lingkungan sekolah; (3) pengaruh sekolah terhadap perilaku dan kepribadian semua pihak di lingkungan sekolah; dan (4) kedudukan sekolah di tengah masyarakat. Guna memahami tujuan sosiologi sebagai basis manajemen pendidikan secara memadai, berbagai tema pembahasan yang akan diuraikan buku ini meliputi paradigma dalam sosiologi pendidikan terapan, pendidikan dan masyarakat, analisis sosiologis terkait peran pendidik, implementasi sosiologi terapan pada pendidikan kecakapan hidup (life skills), manusia sebagai makhluk sosial, perkembangan sosial anak didik di sekolah dan masyarakat, interaksi sosial, hubungan pendidikan dan masyarakat luas, kebudayaan sekolah dan masyarakat, landasan sosiologi dalam praktik pembelajaran, pendidikan dan stratifikasi sosial, mobilitas sosial, dan hal yang terkait dengan kenakalan remaja.

Sosiologi pendidikan adalah ilmu yang mempelajari aspek-aspek pendidikan baik itu struktur, dinamika, masalah pendidikan maupun aspek-aspek yang lainnya secara mendalam melalui serangkaian analisis pendekatan sosiologis.

KONSEP SOSIOLOGI PENDIDIKAN PERSPEKTIF IBNU KHALDUN Tujuan Pendidikan, Kurikulum, Guru, Peserta Didik, Proses Pembelajaran

Buku ini sangat penting untuk dibaca tidak hanya mahasiswa/i jurusan pendidikan atau pendidikan agama Islam maupun civitas akademika di lingkungan kampus tetapi juga praktisi dunia pendidikan; para pendidik, kepala sekolah dan masyarakat serta siapa pun yang ingin menyelesaikan problematika pendidikan melalui paradigma sosial kemasyarakatan. Selama ini bahasan sosiologi masyhur diasumsikan berasal dari dunia barat. Akan tetapi, jauh dari pada itu dunia Islam, tepatnya sebelum abad pertengahan struktur pengetahuan sosiologi telah berkembang begitu pesatnya. Hanya saja, saat peradaban Islam runtuh, dunia barat mengidentifikasi kembali sekaligus mengembangkannya menjadi teori-teori yang begitu mapannya hingga saat ini.

Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta, 2012. Suharto, Toto. Epistimologi Sejarah Kritis Ibnu Khaldun. Yogyakarta: Fajar Pustaka Baru, 2003. ______. Filsafat Pendidikan Islam.