Sebanyak 304 item atau buku ditemukan

Manajemen Berbasis Sekolah: Konsep, Strategi dan Perencanaan

Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) yaitu model pengelolaan yang memberikan otonomi atau kemandirian kepada sekolah atau madrasah dan mendorong pengambilan keputusan partisipatif yang melibatkan secara langsung semua warga sekolah atau madrasah sesuai dengan standar pelayanan mutu yang ditetapkan oleh pemerintah pusat, Provinsi, Kabupaten dan Kota. Buku ini membahas : Bab 1 Konsep Dasar Manajemen Berbasis Sekolah Bab 2 Prinsip dan Karakteristik Manajemen Berbasis Sekolah Bab 3 Model-Model Manajemen Berbasis Sekolah Bab 4 Inovasi Dalam Manajemen Pendidikan Bab 5 Peran Masing-masing Pihak dalam MBS Bab 6 Perencanaan dan Pengembangan Sekolah Bab 7 Strategi dan Implementasi MBS Bab 8 Faktor Pendukung Kesuksesan Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Bab 9 Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan Berbasis Sekolah Bab 10 Profesionalisme Tenaga Pendidik dan Kependidikan

Buku ini membahas : Bab 1 Konsep Dasar Manajemen Berbasis Sekolah Bab 2 Prinsip dan Karakteristik Manajemen Berbasis Sekolah Bab 3 Model-Model Manajemen Berbasis Sekolah Bab 4 Inovasi Dalam Manajemen Pendidikan Bab 5 Peran Masing-masing ...

Administrasi dan Perencanaan Pengembangan Sumber Daya Manusia

Administrasi sebagai suatu fenomena modern telah teruji kebenarannya yang dapat dianggap sebagai suatu pendekatan ilmiah, karena telah memiliki metode-metode analisis, sistematika, prinsip-prinsip serta dalil-dalilnya sendiri. Ke semua ciri keilmiahannya ini dapat diterapkan ke dalam unsur-unsur kegiatan dalam rangka mewujudkan efisiensi dan efektivitas pencapaian tujuan yang ditetapkan. Analisis terakhir ini sangat tepat kalau dihubungkan dengan “trend” yang terjadi di abad sekarang, bahkan di masa akan datang, dengan dalih bahwa semua aktivitas baik di bidang politik, sosial, budaya dan Hankam hanya akan berguna kalau terlaksana secara efektif dan ekonomis. Adapun efisiensi dan efektivitas kerja itu sendiri baru bisa diperoleh bila keseluruhan kegiatan itu dioperasikan melalui tindakan-tindakan administrasi. Salah satu jalur kebijaksanaan pembangunan pendidikan di Indonesia membawa kita pada arah peningkatan efisiensi dan efektivitas pengelolaan pendidikan. Penanganan masalah-masalah pendidikan yang dewasa ini sifatnya semakin kompleks, tidak hanya menuntut kecepatan dan ketepatan melainkan juga menghendaki adanya satu sistem di dalam pendekatan dan pemecahannya. Kenyataan lain yang mendorong pentingnya pengembangan dan pembaruan di dalam sistem pengelolaan pendidikan, baik di sekolah maupun luar sekolah adalah adanya perubahan-perubahan yang terjadi di lingkungan pendidikan itu sendiri, dan tuntutan masyarakat/pemerintah yang semakin meningkat akan pendidikan yang mampu menunjang pembangunan bangsa dalam arti luas. Kehadiran bidang Administrasi Pendidikan memberikan andil yang besar dalam menjawab segala tantangan pendidikan tersebut, guna menyelenggarakan suatu sistem pendidikan yang mampu memenuhi misi dan tujuan sebagaimana dicita-citakan. Para pemimpin, guru, maupun tenaga pelaksana di lapangan perlu dibekali dengan bidang ini karena mereka berhadapan langsung dengan corak tantangan yang beragam yang membutuhkan suatu penataan secara efektif dan efisien Buku persembahan penerbit PrenadaMediaGroup

Sepanjang kariernya di bidang akademik, Haidir pernah menjalani penugasan sebagai Staf pada Prodi PAI (20052006), ... Aplikasi Kemampuan Guru dalam Mendesain Pembelajaran dan Pengembangan Kurikulum, Mengembangkan Proses Pembelajaran, ...

RAN-PKTP, Rencana Aksi Nasional Penghapusan Kekerasan Terhadap Perempuan: Landasan aksi

Action plan for the elimination of violence against women, Indonesia.

BIDANG PENDIDIKAN Pada prinsipnya , pendidikan mendorong terbentuknya
rasa saling menghormati dan menghargai serta menciptakan kerjasama antar
perempuan dan laki - laki . Pada kenyataannya , tak dapat dipungkiri bahwa
sistem ...

Kumpulan rencana pelaksanaan pembelajaran (rpp) kurikulum 2013 fisika dan prakarya

Memiliki Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) merupakan kebanggaan tersendiri bagi seorang guru. Namun minimnya bahan panduan pembuatan RPP dan kemampuan yang kurang dieksplorasi yang membuat seorang guru jarang membuat RPP sendiri. Buku ini berisi contoh RPP SMA terkhusus fisika dan prakarya rekayasa yang disusun penulis berdasarkan Permendikbud nomor 22 tahun 2016 tentang standar proses dan Permendikbud nomor 103 tentang pembelajaran pada pendidikan dasar dan menengah. Sehingga guru dapat memahami cara pembuatan RPP. Dengan pemaparan RPP secara lengkap, buku ini cocok dan perlu dibaca oleh kalangan guru SMA mata pelajaran fisika dan prakarya yang ingin memperbaiki proses pembelajaran.

Memiliki Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) merupakan kebanggaan tersendiri bagi seorang guru.

Perencanaan Pembelajaran Kontemporer Berbasis Penerapan Kurikulum 2013

Buku dengan judul “Perencanaan Pembelajaran Kontemporer Berbasis Penerapan Kurikulum 2013” ini pada awalnya disusun guna kepentingan kebutuhan perkuliahan dan juga untuk sarana studi leterasi bagi kalangan pendidik maupun bagi calon pendidik. Pertimbangan penyusunan buku ini dilandasi oleh suatu kondisi akan langkanya ketersediaan literatur yang membahas masalah Kurikulum 2013 yang belakangan ini marak diperbincangkan oleh kalangan pendidik termasuk bagi calon pendidik. Pemikiran lebih lanjut yang mendorong penulis untuk menyusun tulisan ini untuk menjangkau pihak-pihak lain dalam skop yang lebih luas yang tak hanya terbatas bagi kalangan pendidik, tetapi juga bagi non pendidik yang memiliki ketertarikan terhadap persoalan Kurikulum 2013 ini. Melihat akan perlunya penyusunan buku ini, yang menjadi esensi utama dalam sajiannya tentang bagaimana paradigma guru dalam menyikapi persoalan Kurikulum 2013 yang tentu di awal pemberlakuannya hingga sekarang ini masih menimbulkan pro dan kontra.

Buku Perencanaan pembelajaran kontemporer berbasis penerapan kurikulum 2013 ini diterbitkan oleh penerbit deepublish dan tersedia juga versi cetaknya.

Metode Menyusun Proyeksi Siswa dalam Perencanaan Pendidikan

―Metode Menyusun Proyeksi Siswa dalam Perencanaan Pendidikan‖ ini merupakan salah satu bahan dalam menyusun perencanaan pendidikan. Dengan menggunakan sumber data yang telah ada, seperti Buku Profil Pendidikan Provinsi atau ...

Ilmu Kebidanan, Penyakit Kandungan & Keluarga Berencana Untuk Pendidikan Bidan

Bab 1 . Tinjauan Umum Kebidanan , Penyakit Kandungan , dan Keluarga
Berencana Sejarah Kebidanan di Indonesia Sejarah ... Baru tahun 1889 oleh
Straats , Obstetrikus Austria dan Masland , Ilmu Kebidanan diberikan dengan
sukarela .

Perencanaan Sistem Pengajaran Bahasa Arab

Dalam perencanaan sistem pembelajaran bahasa Arab, paling tidak terdapat dua katagori sistem, yakni:(1) Pembelajaran sebagai sistem-meliputi:peserta didik, pendidik, materi, metode, eyaluasi); dan. (z) bahasa Arab sebagai sistem meliputi: berbagai aspek-kebahasaan seperti gramatika, percakapan, membaca, menulis, dan menerjemahkan. Pembelajaran bahasa Arab berarti pembelajaran aspek-aspek bahasa Arab, dan setiap aspek kebahasaan mempunyai karakteristik sendiri-sendiri yang berbeda satu dengan lainnya. Selain itu, perencanaan sistem pembelajaran bahasa Arab disusun berdasarkan asumsi-asumsi dasar, prinsip-prinsip yang harus dipegang, dan dasar pemikiran operasional yang jelas dan capability. Asumsi dan prinsip dasar pembelajaran bahasa Arab tersebut terkait dengan hakikat pembelajaran yang sesungguhnya. Disusun berdasarkan Silabus Mata Kuliah Perencanaan Sistem Pengajaran Bahasa Arab Kurikulum Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah. Buku persembahan penerbit prenadaMedia -PrenadaMedia-

... sebagai kata بلاط objek lebih dari bermakna sebuah proses sebagai pembelajaran. orang yang dapat berusaha mandiri ... yakni orang yang mengusung citacita dan citacita itu dapat terca me pai nuhi atas kemauannya. dasar kemurahan ...

PERENCANAAN PEMBELAJARAN MI/SD

Setiap lembaga pendidikan MI/SD secara universal memiliki tujuan pendidikan yaitu mengoptimalkan tumbuh kembang jasmani maupun rohani peserta didik. Untuk mencapai tujuan pendidikan tersebut maka diperlukan suatu perencanaan dalam setiap proses pembelajaran yang akan dilaksanakan. Kualitas perencanaan pembelajaran yang baik diharapkan mampu menghasilkan output sumber daya manusia yang berkualitas. Sumber daya yang berkualitas merupakan aset bagsa yang sangat berharga dalam memajukan bangsa. Dengan demikian, peranan perencanaan pembelajaran penting untuk dipelajari dan diterapkan sebagi sarana mencapai visi, misi dan tujuan lembaga pendidikan, khususnya lembaga pendidikan MI/SD. Buku ini ditulis guna merespon pesatnya pertumbuhan lembaga-lembaga MI/SD di Indonesia. Disamping itu, buku ini dapat digunakan sebagai pedoman mahasiswa dan pengelola kelas pemula. Buku ini terdiri dari tiga belas bab yang diuraikan secara terperinci, dilengkapi dengan rangkuman dan latihan soal.

Arti Penting Pembelajaran Tematik menurut Departemen Pendidikan Nasional November, 2006 a. ... relevan dengan tingkat perkembangan dan kebutuhan anak usia dini 2) Kegiatan – kegiatan yang dipilih dalam pembelajaran tematik bertolak dari ...