Sebanyak 646 item atau buku ditemukan

Prinsip dan Tahapan Pendidikan Islam

Penelitian dan karya prinsip dan tahapan pendidikan islam ini diilhami dengan adanya pengamatan dan pengkajian penulis tentang konsep pendidikan Islam yang berkembang. Konsep yang berkembang nampaknya belum sepenuhnya terambil dari al-Qur’an dan hadits. Yang berkembang di buku-buku pendidikan Islam cenderung konsep yang matang dan banyak peneliti yang tidak mengembangkannya lagi. Maka karya ini adalah upaya untuk mengembangkan konsep pendidikan Islam yang penulis uraikan dari penafsiran sebagian ayat-ayat al-Qur’an dan dikomparasikan dengan pengetahuan Hadits. Maka dalam hal ini penulis memakai tafsir maudhu’I yaitu mengkaji ayat-ayat yang berhubungan dengan prinsip dan tahapan pendidikan Islam, terutama ayat yang menunjukkan tahapan pendidikan anak dan bagaimana mendidik anak dalam al-Qur’an melalui penafsiran kisah-kisah yang tersurat dalam al-Qur’an.

Penelitian dan karya prinsip dan tahapan pendidikan islam ini diilhami dengan adanya pengamatan dan pengkajian penulis tentang konsep pendidikan Islam yang berkembang.

Pendidikan Islam

Cara Mendidik Anak Saleh, Smart dan Pekerja Keras

Pendidikan berkualitas bagi anak muslim sejak dini adalah kunci keberhasilan pendidikan anak muslim dan jaminan menuju generasi muda bangsa yang berkualitas, agamis, sehat, cerdas dan pekerja keras. Kegagalan dalam pendidikan anak muslim sejak dini adalah musibah bagi anak didik itu sendiri, orang tua, lingkungan, agama dan bangsa. Kesuksesan orang tua terletak pada kesuksesannya dalam mendidik anak dan mengantarnya menyongsong masa depan yang cerah penuh harapan. Dan itu tidak mudah. Perlu perencanaan yang terstruktur dan matang serta melaksanakannya dengan penuh disiplin. Buku ini memberi gambaran cara mendidik anak secara terencana itu. Daftar Isi Pengantar Pengasuh ....................... 6 Pengantar Penulis .......................... 7 Daftar Isi ....................................... 13 BAB I : Pendidikan Balita Memilih Pasangan ......................... 17 Pendidikan Islam Anak Usia 1 Tahun 22 Pendidikan Pranatal........................ 27 Pendidikan Islam Anak Usia 2 Tahun 33 Pendidikan Islam Anak Usia 3 Tahun 37 Pendidikan Islam Anak Usia 4 Tahun 41 Pendidikan Islam Anak Usia 5 Tahun 47 BAB II : Pendidikan Usia SD dan Remaja Pendidikan Islam Anak Usia 6 Tahun 53 Pendidikan Islam Anak Usia 7 Tahun 57 Pendidikan Islam Anak Usia 8 Tahun 63 Pendidikan Islam Anak Usia 9 Tahun 68 Pendidikan Islam Anak Usia 10 Tahun 72 Pendidikan Islam Anak Usia 11 Tahun 76 Pendidikan Islam Anak Usia 12 Tahun 81 Pendidikan bagi Remaja.................. 86 BAB III : Kunci Sukses Mendidik Anak Pendisiplinan Anak......................... 91 Penghargaan Pada Anak ................. 96 Penghargaan dan Sanksi ................. 100 Keteladanan Orang Tua .................. 104 Keteladanan Lingkungan ............... 109 Keteladanan Tontonan ................... 114 Belajar Mendidik Anak dari China . 119 Kapan Anak Boleh Punya HP? ....... 124 Kapan Anak Boleh Punya Motor? .. 128 BAB IV : Membangun Kepribadian Metode Pendidikan Islam ............... 133 Membangun Karakter Kepemimpinan Anak.............................................. 137 Membangun Kecerdasan Anak ....... 141 Mendidik Anak Gemar Membaca ... 146 TV dan Pendidikan ........................ 150 Mencegah Perilaku Feodalistik Anak 154 BAB V : Pendidikan Islam Filsafat Pendidikan Islam ............... 161 Kronika Sistem Pendidikan Islam ... 170 Pendidikan di Era Keemasan Islam . 178 Kemunduran Pendidikan Islam ....... 189 Menuju Kebangkitan Islam dengan Pendidikan dan Gemar Membaca.... 199 Pesantren dan Pendidikan Anti-Korupsi 209 Ulama Ahli Hadits Perempuan ....... 221 Pesantren Dan Pendidikan Anti Teror 229 Tentang Penulis ......................................... 241

Daftar Isi Pengantar Pengasuh ....................... 6 Pengantar Penulis .......................... 7 Daftar Isi ....................................... 13 BAB I : Pendidikan Balita Memilih Pasangan ......................... 17 Pendidikan ...

Memperbincangkan Pemikiran Pendidikan Islam

Dari Idealisme Substantif Hingga Konsep Aktual

Peran penting dan strategisnya pendidikan dalam kehidupan manusia tak terbantahkan. Demikian juga pendidikan agama Islam (PAI) yang menjadi ujung tombak dakwah dan pembangunan moral dan akhlak bangsa. Permasalahannya adalah bagaimana agar pendidikan agama Islam fungsional sebagai ujung tombak dakwah dan pembangunan moral dan akhlak bangsa? Buku ini membahas secara komprehensif tentang ihwal pendidikan agama Islam mulai pada tataran filosofis sampai praksisnya. Diawali dari kajian tentang hakikat pendidikan, materi yang tersaji didalam buku ini mencakup: rekonstruksi paradigma pendidikan Islam, pendekatan tasawuf dalam pendidikan agama Islam, pemikiran pendidikan karakter al-Ghazali, model pendidikan di beberapa negara, pembentukan manusia ihsan dan karakter rabbani, serta PAI untuk menjawab etika global dan sosial. Tidak hanya itu, dibahas pula tentang hakikat guru PAI yang ideal dan rekonstruksi desain pembelajaran PAI. Disamping menggugah paradigma berpikir kritis dalam merespons berbagai tantangan pendidikan agama Islam di era global, diharapkan kehadiran buku ini dapat menjadi acuan bagi pemerhati dan praktisi pendidikan Islam, khususnya para dosen dan guru,dalam mewujudkan sasaran akhir pendidikan agama Islam, yaitu pembangunan moral dan akhlak bangsa.

Peran penting dan strategisnya pendidikan dalam kehidupan manusia tak terbantahkan.

ILMU PENDIDIKAN ISLAM (IPI)

Buku ini ditulis, untuk menambah literatur tentang Ilmu Pendidikan Islam (IPI), walaupun sudah begitu banyak literatur mengenai bidang kajian ini, namun penulis tetap berharap semoga kehadiran buku ini dapat turut berperan serta dalam memperkaya sumber bacaan yang diperlukan sebagai bahan perbandingan ataupun dukungan terhadap bahan kajian yang sudah ada. Buku ini terdiri dari delapan bab, yaitu pertama, membahas pengertian, ruanglingkup dan kegunaan Ilmu pendidikan Islam; kedua, dasar-dasar pendidikan Islam; ketiga, tujuan dan fungsi pendidikan Islam; keempat, pendidik dan peserta didik dalam pendidikan Islam; kelima, kurikulum pendidikan Islam, keenam, metode dalam pendidikan Islam; ketujuh, media pendidikan Islam; kedelapan, penilaian dalam pendidikan Islam dan kesembilan, tokoh-tokoh pendidikan Islam.

Buku ini ditulis, untuk menambah literatur tentang Ilmu Pendidikan Islam (IPI), walaupun sudah begitu banyak literatur mengenai bidang kajian ini, namun penulis tetap berharap semoga kehadiran buku ini dapat turut berperan serta dalam ...

Paradigma Baru Filsafat Pendidikan Islam

Buku ini berawal dari paper yang penulis siapkan untuk memberi matakuliah filsafat ilmu, filsafat Islam dan filsafat pendidikan Islam, serta isu-isu kontemporer dalam pendidikan Islam di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan dan Pascasarjana UIN Walisongo Semarang. Penulis sangat berterima kasih kepada Bapak Rektor UIN Walisongo Semarang atas dukungan dana untuk penulisan bahan ajar mata kuliah filsafat pendidikan Islam, dan juga dukungan dana untuk melakukan post doctoral research di Marmara University Istanbul Turki, dan Nagoya University Jepang, sehingga penulis dapat memperoleh buku-buku referensi yang relevan dengan bidang kajian filsafat pendidikan Islam, sehingga buku ini bisa terwujud dalam format yang lebih sistematis dan isi yang lebih berbobot dan memiliki sudut pandang yang berbeda dengan bukubuku filsafat pendidikan Islam yang sudah ada. *** Persembahan penerbit Kencana (PrenadaMedia)

... general constraints on being that render logic unam- biguously applicable (e.g. that no two things can be in the ... umum logika, dan ketidakleluasaan umum tentang sesuatu yang membuat logika yang secara jelas dapat diterapkan ...

Lembaga Pendidikan Islam di Indonesia

Buku ini mengkritik persepsi kalangan sarjana terutama kaum islamis yang memandang madrasah sebagai lembaga monolitik. Misalnya, madrasah Islam di Pakistan dipersepsikan sebagai lembaga pendidikan yang sama dengan madrasah di Thailand dan Indonesia. Persepsi demikian menyebabkan generalisasi yang menyesatkan, bila dikaitkan dengan opini bahwa madrasah sebagai tempat di mana nilai-nilai radikalisme dan terorisme disemaikan. Sebagai satu kajian ilmiah, buku ini sangat penting bagi para akademisis, mahasiswa studi Islam maupun umum, para pendidik saerta pemerhati sosial-politik dan keagamaan. *** Persembahan penerbit Kencana (PrenadaMedia)

Misalnya, madrasah Islam di Pakistan dipersepsikan sebagai lembaga pendidikan yang sama dengan madrasah di Thailand dan Indonesia.

Ilmu Pendidikan Islam

Pengajaran ilmu pendidikan Islam dalam praktiknya yang berlangsung hingga kini di kalangan umat Islam belum sepenuhnya mengacu kepada ilmu pendidikan Islam yang hakiki. Kondisi ini dapat terjadi karena selain belum terumuskannya ilmu pendidikan Islam secara kukuh, juga belum tersosialisasinya secara baik dan merata dalam masyarakat. Sebagai satu kajian keilmuan, buku ini berupaya membantu para akademisi dan masyarakat yang peduli terhadap kajian pendidikan Islam. Buku persembahan penerbit prenadaMedia -PrenadaMedia-

Pengajaran ilmu pendidikan Islam dalam praktiknya yang berlangsung hingga kini di kalangan umat Islam belum sepenuhnya mengacu kepada ilmu pendidikan Islam yang hakiki.

SEJARAH SOSIAL DAN INTELEKTUAL PENDIDIKAN ISLAM

khasanah tawassulan intelektual kepada tokoh sejarah pendidikan Islam yang karya besarnya dijadikan kajian dan rujukan utama (major of references) dalam perkuliahan matakuliah Sejarah Sosial dan Intelektual Pendidikan Islam. Tokoh dengan karya besarnya yang dimaksud diantaranya; Ahmad Salaby, Al Tarbiyah wa al Ta’lim Fii al Fikri al Islam, Maktabah al Nahdlah al Mishriyah. Shaleh bin ‘Ali Abu ‘Arraad, Muqaddimah Fii al Tarbiyah al Islamiyah,al Darul al Hulliyah littarbiyah. George Makdisi, “The Rise Of Humanism In Classical Islam And The Christian West. The Rise of Colleges; Intitutions of Learning in Islam and the West. Mehdi Nakosteen, History Of Islamic Origin Of Western Education A.D. 800-1350. Tokoh-tokoh lainnya yang tidak saya sebutkan satu persatu. Semoga barakah keilmuan dari tokoh-tokoh tersebut terus terpancar melalui kehadiran buku ini. Kajian dalam buku ini merupakan gambaran penelusuran pendidikan pada masa Rasulullah sebagai rintisan awal pendidikan Islam baik pada periode Mekkah maupun Madinah. Pertumbuhan pendidikan pada masa Khulafa al Rasyidin sebagai penguat dan pelestarian pendidikan pada masa awal dan perkembangan pendidikan Islam, serta gambaran perkembangan dan petumbuhan tempat-tempat belajar sebelum lahirnya madrasah sebagai bukti geliat para ulama, masyarakat dan pemerintah. Sejarah lahirnya madrasah serta perkembangan dan kemajuan berbagai Negara termasuk juga di Indonesia. Buku ini sangat sederhana, tapi dapat memberikan kontribusi keilmuan dan rujukan bagi pelajar, mahasiswa dan masyarakat yang ingin mengembangkan keilmuan khususnya pada bidang sejarah pendidikan Islam, sebagai bagian dari masyarakat terdidik (educated person), dan masyarakat yang gemar belajar (knowledge society).

George Makdisi, “The Rise Of Humanism In Classical Islam And The Christian West. The Rise of Colleges; Intitutions of Learning in Islam and the West. Mehdi Nakosteen, History Of Islamic Origin Of Western Education A.D. 800-1350.

Filsafat Pendidikan Islam

Analisis Pemikiran Filosofis Kurikulum 2013

Buku ini merupakan hasil penelitian penulis secara mendalam (meradikal) terhadap pemikiran filosofis Kurikulum 2013 dengan pisau analisis Filsafat Pendidikan Islam yaitu membedah aliran pemikiran filsafat yang terkandung dalam Kurikulum 2013. Dengan demikian akan nampak dengan jelas arah dan tujuan Kurikulum 2013, sehingga dapat diverifikasi kevalidan Kurikulum 2013 apakah kurikulum tersebut berorientasi kepada masa depan, kemanusiaan, dan pengembangan keperibadian, akhlak, watak, wawasan dan intelektualitas, serta sekaligus membangun dan mengembangkan kebudayaan bangsa dan peradabannya. Serta sejauh mana implikasinya terhadap pendidikan Islam dengan menjadikan Filsafat Pendidikan Islam sebagai verifikator filosofis Kurikulum 2013, karena sebagian tokoh Islam dengan berani dan tegas bahwa Kurikulum 2013 adalah cerminan Kurikulum Pendidikan Islam. Tentunya penulis pun berharap demikian, sehingga paradigma pendidikan Islam pun menjadi pijakan terbangunnya kurikulum nasional di Indonesia dan sebagai dasar pengembangan Ilmu Pendidikan Islam.

Buku ini merupakan hasil penelitian penulis secara mendalam (meradikal) terhadap pemikiran filosofis Kurikulum 2013 dengan pisau analisis Filsafat Pendidikan Islam yaitu membedah aliran pemikiran filsafat yang terkandung dalam Kurikulum ...