Sebanyak 115 item atau buku ditemukan

MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

Buku ini berjudul“MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI” ditulis dan dipersembahkan sebagai bahan belajar dan referensi bagi pemerhati PAUD dan mahasiswa PAUD umumnya.

Angka Berwarna Angka berwarna adalah media yang paling sering di
pergunakan dalam pengajaran bahasa inggris karena semua anak PAUD diajari
menyebut angka dari satu sampai 10 setiap hari sampai metrka hapal. angka ...

Mahir Desain Slide Presentasi Dan Multimedia Pembelajaran Berbasis Powerpoint

Apa itu Microsoft Office PowerPoint? Dikutip dari Wikipedia, Microsoft PowerPoint atau Microsoft Office PowerPoint atau PowerPoint adalah sebuah program komputer untuk presentasi yang dikembangkan oleh Microsoft di dalam paket aplikasi kantoran mereka, Microsoft Office, selain Microsoft Word, Excel, Access, dan beberapa program lainnya. PowerPoint dioperasikan pada komputer PC berbasis sistem operasi Microsoft Windows dan juga Apple Macintosh yang menggunakan sistem operasi Apple Mac OS, meskipun pada awalnya aplikasi ini berjalan pada sistem operasi Xenix.

Buku Mahir Desain Slide Presentasi Dan Multimedia Pembelajaran Berbasis Powerpoint ini diterbitkan oleh penerbit deepublish dan tersedia juga versi cetaknya.

Teknologi Pembelajaran Sebagai Media Pembelajaran

Teknologi Pembelajaran tumbuh dari praktek pendidikan dan gerakan komunikasi audio visual. Teknologi Pembelajaran semula dilihat sebagai teknologi peralatan, yang berkaitan dengan penggunaan peralatan, media dan sarana untuk mencapai tujuan pendidikan atau dengan kata lain mengajar dengan alat bantu audio-visual. Teknologi Pembelajaran merupakan gabungan dari tiga aliran yang saling berkepentingan, yaitu media dalam pendidikan, psikologi pembelajaran dan pendekatan sistem dalam pendidikan.

Teknologi Pembelajaran semula dilihat sebagai teknologi peralatan, yang berkaitan dengan penggunaan peralatan, media dan sarana untuk mencapai tujuan pendidikan atau dengan kata lain mengajar dengan alat bantu audio-visual.

AL-QUR’AN Sebagai Media Pembelajaran Ilmu Bayan

Al-Qur’an adalah mukjizat bagi kaum muslimin (al-Isra’: 9) dan (HR. Muslim no. 152 dari Abu Hurairah). Kemukjizatan al-Qur’an meliputi: keindahan dan ketinggian bahasa dan sasteranya, kebenaran isi kandungannya, tidak ada jin dan manusia yang mampu menandingi atau membuat satu suratpun yang serupa dengannya, mampu menjadi obat dari segala penyakit, al-qur’an mempunyai pengaruh yang kuat terhadap jiwa manusia dan jin, banyak dihafan oleh manusia, terjaga keotentikannya, benteng dari segala keburukan, memberitakan tentang keberadaan alam ghaib, dan banyak menginspirasi para ilmuwan untuk menemukan teori-teori dalam sain maupun ilmu-ilmu sosial. Salah satu sarana dari sekian banyak disiplin Ilmu yang dapat dipergunakan untuk menggapai kemukjizatan al-Qur’an adalah Ilmu bayan yang merupakan bagian dari objek kajian Ilmu Balaghah. Ilmu Balaghah merupakan Ilmu yang erat kaitannya dalam meresapi keindahan bahasa dan sastra al-Qur’an dan memahami kandungan ayat suci al-Qur’an dan hadist baginda Rasulullah Saw. Ilmu bayan adalah salah satu Objek kajian Ilmu Balaghah selain Ilmu ma’ni dan badi’ yang membahas tentang cara pengungkapan suatu makna dengan menggunakan uslub (gaya) Tasybih, Majaz, dan Kinayah. Tasybih adalah penjelasan bahwa suatu hal atau beberapa hal memiliki kesamaan sifat dengan hal lain. Penjelasan tersebut menggunakan huruf kaf atau sejenisnya, baik tersurat maupun tersirat. Sedangkan dalam tasybih ada beberapa rukun-rukunnya seperti Musyabbah’ yaitu’ sesuatu yang hendak diserupakan, Musyabbah bih’ yaitu’ sesuatu yang diserupai, Adat tasybih, yaitu’ huruf atau kata yang digunakan untuk menyatakan tasybih (Penyerupaan)’ seperti kaf, ka-anna dan sebagainya dan Wajh syibh, adalah Shifat yang ada pada kedua pihak itu (Musyabbah dan Musyabbah bih). Sifat tersebut disyaratkan harus Musyabbah bihnya lebih kuat daripada Musyabbah. Seperti firman Allah di dalam surat Al-Ankabut ayat 41 :

Al-Qur’an adalah mukjizat bagi kaum muslimin (al-Isra’: 9) dan (HR.

MEDIA PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI

Media Pembelajaran Anak Usia Dini” dapat diselesaikan. Sejalan dengan perkembangan dan ke-majuan zaman, menuntut guru untuk kreatif dalam pemberian pembelajaran, khususnya pembelajaran anak usia dini. Guru kreatif adalah guru yang mampu memfasilitasi anak dengan berbagai media, sumber belajar, atau APE. Konsep belajar pada anak usia dini adalah belajar sambil bermain melalui aktifitas alami yang dilakukan anak usia dini. Untuk bisa memfasilitasi anak dalam bermain tentu diperlukan media, sumber belajar atau APE. Dalam buku ini berisi pembahasan tentang pengem-bangan media, sumber belajar dan juga APE yang dilengkapi dengan beberapa contoh untuk membuka ide dalam pengembangan media, sumber belajar dan APE untuk anak usia dini. Harapan Penulis semoga buku ini berguna sebagai sumber dan rujukan dalam pengembangan media, sumber belajar dan APE bagi pendidik PAUD (TK, KB, TPA) dan mahasiswa PG PAUD atau PIAUD.

... Belajar......................... 20 C. Klasifikasi Sumber Belajar ............................................
22 BAB III : ALAT PERMAINAN EDUKATIF UNTUKANAK USIA DINI ........................
..................................................... 29 A. Pengertian Alat Permainan Edukatif (APE).