Sebanyak 687 item atau buku ditemukan

Media dan Sumber Belajar

Buku ini merupakan buku referensi bagi pendidik dalam mempersiapkan media pembelajaran. Buku ini terdiri dari delapan bab dan satu tambahan bab yang berisikan lampiran media pembelajaran. Bab pertama adalah pengenalan media dalam belajar, bab kedua tentang manfaat, jenis, ciri, dan kedudukan media pembelajaran, bab ketiga tentang pengenalan sumber belajar, bab keempat tentang media by design, bab lima tentang posedur pemilihan media, bab enam tentang prosedur pengembangan media, bab tujuh tentang alur pengembangan media untuk implemntasi pembelajran tematik, bab delapan tentang pengembangan media lectora.

Buku Media dan sumber belajar ini diterbitkan oleh penerbit deepublish dan tersedia juga versi cetaknya.

Media Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus (ABK)

Buku Referensi untuk Guru, Mahasiswa dan Umum

Anak berkebutuhan khusus memiliki beragam kondisi baik fisik, emosional maupun mental. Mereka juga memiliki karaktiristik yang unik. Oleh karena itu, mereka membutuhkan layanan pendidikan yang bersifat khusus. Optimalisasi pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus akan tercapai jika didukung dengan adanya pemahaman guru tentang media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Media pembelajaran bagi anak berkebutuhan khusus memiliki banyak arti penting, karena selain sebagai mediator dalam proses pembelajaran. Media pembelajaran bagi mereka juga dapat berperan sebagai instrumen atau alat untuk melakukan asesmen, alat bantu ketunaan, alat bantu pendidikan kompensatoris, alat bantu terapis dan alat bantu rehabilitasi baik medis maupun sosial. Buku ini bermanfaat bagi guru, orang tua, mahasiswa, atau umum guna memberikan tambahan pengetahuan tentang media pembelajaran bagi anak berkebutuhan khusus. Mulai dari tunanetra, tunarungu, tunawicara, tunagrahita, tunadaksa, tunalaras, autis, ADHD, anak berbakat dan anak yang mengalami lamban atau berkesulitan belajar.

Anak berkebutuhan khusus memiliki beragam kondisi baik fisik, emosional maupun mental.

Teknologi dan Media Pembelajaran Jilid 2

Teknologi dan Media Pembelajaran adalah salah satu mata kuliah yang harus ditempuh oleh seluruh mahasiswa jurusan Pendidikan baik perguruan tinggi negeri maupun swasta serta PTKIN seluruh Indonesia. Mata kuliah ini bertujuan memberikan gambaran bagi mahasiswa yang ke depannya akan menjadi seorang guru, untuk itu diperlukan kemampuan guru dalam penguasaan teknologi dan media pembelajaran agar pada saat proses belajar mengajar dapat berjalan dengan lancar sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Dalam buku Teknologi dan Media Pembelajaran jilid I ini terdiri atas Pengertian Teknologi Pembelajaran, Asas Teknologi dan Media Pembelajaran, Alat Teknis Pembelajaran serta Ruang Lingkup Media Pembelajaran yang akan dibahas secara komprehensif dan mendalam.

Teknologi dan Media Pembelajaran adalah salah satu mata kuliah yang harus ditempuh oleh seluruh mahasiswa jurusan Pendidikan baik perguruan tinggi negeri maupun swasta serta PTKIN seluruh Indonesia.

Tutorial Membuat Media Pembelajaran 4.0

SINOPSIS Maraknya penggunaan handphone di sekolah yang disalahgunakan siswa, akhirnya terbersit keinginan dalam hati memanfaatkan handphone secara maksimal untuk pembelajaran. Penulis mulai membuat media pembelajaran dengan memanfaatkan handphone agar siswa merasa senang menerima materi sambil bermain. Buku ini sangat tepat dimiliki sebagai referensi guru dalam pengembangan diri membuat media pembelajaran. Tutorial di dalamnya memudahkan guru untuk membuat permainan yang memotivasi siswa dalam proses belajar mengajar. Konten dalam buku ini akan membantu guru dengan mudah membuat game yang menarik. Ditambah dengan tutorial cara membuat soal online dengan menggunakan google formulir yang dapat menghemat anggaran sekolah. Tutorial membuat classroom menggunakan aplikasi Edmodo, yang dapat dimanfaatkan kapan saja walau hari libur. Membuat room Webex yang bermanfaat untuk mengajarkan keberanian terhadap siswa berbicara di depan umum dengan menggunakan kamera berlatih menjadi presenter, host, dan moderator. Hasil presentasinya dapat dilihat sebagai pembalajaran. Keistimewaan buku Tutorial Membuat Media Pembelajaran 4.0 adalah berhadiah aplikasi berbentuk CD yang dapat digunakan untuk media pembelajaran. Miliki bukunya, raih prestasi siswa dengan senang, riang, dan gemilang.

Hasil presentasinya dapat dilihat sebagai pembalajaran. Keistimewaan buku Tutorial Membuat Media Pembelajaran 4.0 adalah berhadiah aplikasi berbentuk CD yang dapat digunakan untuk media pembelajaran.

Media Pembelajaran Bola Kupinkhiu

Meningkatkan Hasil Belajar dengan Pendekatan Saintifik

Berdasarkan pengamatan peneliti, kenyataan di lapangan tidak dapat di pungkiri bahwa pembelajaran aktivitas kebugaran jasmani termasuk materi tidak digemari peserta didik, apabila guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan mengajar dengan metode dan pendekatan yang monoton dan kurang bervariasi, maka peserta didik akan cepat jemu dan enggan beraktivitas secara maksimal. Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) harus lebih kreatif dan inovatif dalam kegiatan pembelajaran. Guru harus lebih dapat melihat karakteristik peserta didik SMP, usia 13-15 tahun yang cenderung menyukai bentuk-bentuk permainan (game). Proses pembelajaran dibuat agar peserta didik tertarik dan menyenangkan, serta bersemangat dalam melakukan proses pembelajaran. Perasaan senang dan gembira akan muncul dalam diri peserta didik bila perta didik diajak bermain. Apabila perasaan senang dan suka telah muncul dalam diri masing-masing peserta didik, maka hal ini akan efektif untuk memacu semangat dalam pembelajaran aktivitas kebugaran jasmani. Buku ini menjelaskan penggunaan Bola KUPINKHIU sebagai media pembelajaran PJOK. Berdasarkan penelitian dibuktikan bahwa Media Bola KUPINKHIU dengan pendekatan saintifik dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Buku ini menjelaskan penggunaan Bola KUPINKHIU sebagai media pembelajaran PJOK. Berdasarkan penelitian dibuktikan bahwa Media Bola KUPINKHIU dengan pendekatan saintifik dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Teknologi dan Media Pembelajaran Jilid I

Teknologi dan Media Pembelajaran adalah salah satu mata kuliah yang harus ditempuh oleh seluruh mahasiswa jurusan Pendidikan baik perguruan tinggi negeri maupun swasta serta PTKIN seluruh Indonesia. Mata kuliah ini bertujuan memberikan gambaran bagi mahasiswa yang ke depannya akan menjadi seorang guru, untuk itu diperlukan kemampuan guru dalam penguasaan teknologi dan media pembelajaran agar pada saat proses belajar mengajar dapat berjalan dengan lancar sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Dalam buku Teknologi dan Media Pembelajaran jilid I ini terdiri atas Pengertian Teknologi Pembelajaran, Asas Teknologi dan Media Pembelajaran, Alat Teknis Pembelajaran serta Ruang Lingkup Media Pembelajaran yang akan dibahas secara komprehensif dan mendalam.

Dalam buku Teknologi dan Media Pembelajaran jilid I ini terdiri atas Pengertian Teknologi Pembelajaran, Asas Teknologi dan Media Pembelajaran, Alat Teknis Pembelajaran serta Ruang Lingkup Media Pembelajaran yang akan dibahas secara ...

Media dan Multimedia Pembelajaran: Teori & Praktik

Lahirnya teknologi multimedia adalah hasil dari perpaduan kemajuan teknologi elektronik, teknik komputer dan perangkat lunak. Kemampuan penyimpanan dan pengolahan gambar digital dalam belasan juta warna dengan resolusi tinggi serta reproduksi suara maupun video dalam bentuk digital. Multimedia merupakan konsep dan teknologi dari unsur-unsur gambar, suara, animasi serta video disatukan di dalam komputer untuk disimpan, diproses dan disajikan guna membentuk interaktif yang sangat inovatif antara komputer dengan pengguna.

Lahirnya teknologi multimedia adalah hasil dari perpaduan kemajuan teknologi elektronik, teknik komputer dan perangkat lunak.

Panduan Media Pembelajaran

Buku Panduan Pembuatan Media Pembelajaran Jaring-Jaring Kubus dengan Menggunakan Adobe Flash

Pembelajaran jarang menggunakan media manipulatif seperti alat peraga dan media inovatif lainnya. Tentunya pembelajaran seperti ini tidak sesuai dengan tingkat per­kembangan berpikir anak SD yang masih pada taraf operasional konkrit dan lambat laun akan membuat siswa bosan. Selain itu, akan terbentuk dalam pikiran siswa bahwa matematika sulit dipelajari dan sebagai pelajaran yang membosankan. Penting untuk memotivasi anak dengan merangsang dan memelihara ketertarikannya da­lam matematika. Upaya yang dapat dilakukan adalah menurunkan tingkat keabstrakan matematika dengan menghubungkan konsep matematika yang abstrak men­jadi konkrit melalui pengalaman langsung dengan benda-benda nyata. Buku petunjuk ini berisikan tata cara menggunakan Adobe Flash untuk menyusun media pembelajaran mate­matika dengan topik jaring-jaring kubus untuk siswa kelas V. Tujuan dari penyusunan buku ini adalah untuk mem­bantu guru dalam menyiapkan media pembelajaran secara mandiri, kreatif dan inovatif.

Pembelajaran jarang menggunakan media manipulatif seperti alat peraga dan media inovatif lainnya.

Optimalisasi Media Pembelajaran

Dalam kerangka esensi pembelajaran mengacu pada standar kompetensi dan kompetensi dasar, perhatian utama guru, dosen adalah bagaimana perkembangan kompetensi siswa atau mahasiswa meliputi aspek penguasaan konsep, keterampilan, penerapan, dinamika sikap, motivasi belajar. Media Belajar menciptakan suasana gembira, keasyikan belajar, merangsang keterampilan berpikir, imaginasi, mengasah rasa ingin tahu, suka kinerja ilmiah, dan pada giliranya tumbuh motivasi belajar tiada habis, jiwa mandiri dan integritas pribadi siswa, berbudi pekerti (Montessori). Optimalisasi Media Belajar akan mendorong guru, dosen pada praktik gaya baru dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), agar RPP tidak berhenti pada bentuk arsip administrasi sekolah, namun sampai pada bagaimana merancang secara cerdas dan jeli, mencari, menemukan, menghadirkan, menyeleksi, memilih, menentukan dan memikirkan cara dan langkah efektif suatu rangkaian media belajar. Optimalisasi Media Belajar adalah suatu elemen utama proses belajar siswa aktif. Optimalisasi Media Belajar semoga menjadi suatu langkah strategis meningkatkan standar pendidikan nasional, khususnya standar proses, sarana dan prasarana.

Optimalisasi Media Belajar akan mendorong guru, dosen pada praktik gaya baru dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), agar RPP tidak berhenti pada bentuk arsip administrasi sekolah, namun sampai pada bagaimana merancang secara ...