Sebanyak 236 item atau buku ditemukan

Manajemen Pendidikan: Penggunaan Sumber Daya Secara Efektif Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan

Buku ini menawarkan berbagai pemikiran konseptual teoretis dan aplikasi-praktik untuk memudahkan guru atau pendidik dalam menerapkannya di sekolah. Pada bagian pertama, buku ini memaparkan manajemen berbasis sekolah terkait wujud reformasi pendidikan yang menawarkan kepada sekolah untuk menyediakan pendidikan yang lebih baik dan memadai bagi para peserta didik. Otonomi dalam manajemen berbasis sekolah merupakan potensi bagi sekolah untuk meningkatkan kinerja para staf, menawarkan partisipasi langsung ke kelompok-kelompok yang terkait, dan meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap pendidikan. Pada bagian kedua, mengupas evaluasi kinerja kepala sekolah sebagai penanggung jawab pelaksana manajemen pendidikan di sekolah. Pada bagian ketiga mengupas tentang manajemen kurikulum yakni segenap proses usaha bersama untuk memperlancar pencapaian tujuan pengajaran dengan titik berat pada usaha dengan meningkatkan kualitas interaksi belajar mengajar. Bagian keempat menjelaskan tentang manajemen kurikulum terkait pentingnya manajemen dalam sebuah kurikulum, konsep manajemen kurikulum, kurikulum yang menentukan kualitas dan kegiatan manajemen kurikulum. Bagian kelima, berfokus pada kurikulum pendidikan yang memberikan gambaran bagaimana perkembangan kurikulum dan mengupas kelemahan serta kelebihan kurikulum yang diterapkan dalam dunia pendidikan. Bagian kelima mengulas tentang mutu suatu lembaga pendidikan yakni perencanaan mutu, pengawasan mutu, dan perbaikan mutu. Pada bagian keenam, menguraikan fungsi manajemen kurikulum pendidikan terkait perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan kurikulum pada suatu sistem lembaga pendidikan. Penulis menghaturkan limpahan terima kasih kepada semua pihak yang tak dapat kami sebutkan satu persatu, semoga kebaikan dan amal yang diberikan senantiasa menjadi bekal bakti di dunia ini. Akhirnya, ada secercah harapan yang senantiasa digantungkan, yaitu mudah-mudahan buku ini dapat memberikan sedikit sumbangan berharga bagi pengembangan pendidikan, terutama sebagai bekal mengelola pendidikan bagi kepala sekolah, calon guru maupun guru, dan pemangku kepentingan pada lembaga pendidikan yang sudah bertugas. Apresiasi dalam bentuk kritik dan saran sangat penulis harapkan demi penyempurnaan buku ini. (*)

Buku ini menawarkan berbagai pemikiran konseptual teoretis dan aplikasi-praktik untuk memudahkan guru atau pendidik dalam menerapkannya di sekolah.

Modernisasi Manajemen Pendidikan Islam

Ketika berbicara soal pendidikan Islam Indonesia kontemporer, wajib hukumnya menyebut nama almarhum Prof. Dr. KH. M. Tholhah Hasan. Sebab, ia telah mendirikan, memimpin, mengelola, membina, dan mengembangkan puluhan lembaga pendidikan Islam, seperti Yayasan Pendidikan Islam Al-Ma'arif, Yayasan Sabilillah, Yayasan Hizbullah, Yayasan Kesejahteraan Islam, Badan Kerja Sama Perguruan Tinggi Islam Swasta, Yayasan Sa'adatu ad-Darain, Pondok Pesantren Kampus Ainul Yakin, Aswaja Centre, Yayasan Pesantren Teknologi Ummatan Washatan, dan yang terpenting adalah Universitas Islam Malang (UNISMA). Kiai multitalenta yang disebut-sebut sebagai Wali Songonya NU dan Imam Ghazalinya Indonesia itu telah menghabiskan hampir seluruh usianya demi mengembangkan pendidikan Islam Indonesia. Buku ini disarikan dari disertasi yang dipertahankan oleh penulisnya di hadapan Prof. Dr. KH. M. Tholhah Hasan. Jadi, secara riwayat, buku ini shahih karena dikoreksi sekaligus diuji oleh sang objek penelitian. Di dalamnya, dibahas pola dan strategi modernisasi manajemen pendidikan Islam di Indonesia menurut pemikiran dan pengalaman ulama-intelektual itu. Barangkali, inilah buku pertama yang menjlentrehkan secara komprehensif dan signifikan pemikiran sekaligus praktik nyata dari konsep manajemen pendidikan Islam menurut Prof. Dr. KH. M. Tholhah Hasan yang unik karena berbeda dengan pemikiran tokoh pendidikan Islam lainnya sekaligus praktis karena telah teruji di lapangan.

Tholhah Hasan, merupakan peluang besar bagi umat Islam untuk membangun peradaban Islam melalui pengembangan pengelolaan pendidikan Islam yang unggul dan berkualitas dengan cara menyelenggarakan pendidikan Islam yang bisa menyandingkan ...

MANAJEMEN PENDIDIKAN KESEHATAN

Untuk Sekolah Dasar

Buku ini memuat secara jelas tentang dasar dalam melakukan sebuah perencanaan dasar mengenai penyusunan program pendidikan kesehatan pada sekolah dasar dalam rangka menunjang pemahaman dalam berperilaku untuk hidup bersih dan sehat. Hal inilah yang menjadi menarik dalam buku ini sehingga dengan mudah pengelola sekolah dalam menyusun program kegiatan dan dengan mudah melakukan sebuah evaluasi akhir.

Buku ini memuat secara jelas tentang dasar dalam melakukan sebuah perencanaan dasar mengenai penyusunan program pendidikan kesehatan pada sekolah dasar dalam rangka menunjang pemahaman dalam berperilaku untuk hidup bersih dan sehat.

Manajemen pendidikan kontemporer

MANAJEMEN PENDIDIKAN SEKOLAH Ditinjau dari Konsep Tenaga Pendidik dan Kependidikan

Manajemen pendidikan sekolah merupakan keniscayaan dalam menjalankan proses pembelajaran di lembaga pendidikan. Tentu banyak komponen yang dibutuhkan dalam pelaksanaannya. Buku ini menyajikan konsep-konsep sederhana yang mudah untuk diaplikasikan agar kegiatan dan program lembaga pendidikan dapat berjalan secara efektif dan efisien serta mencapai tujuan yang sudah ditetapkan.

Manajemen pendidikan sekolah merupakan keniscayaan dalam menjalankan proses pembelajaran di lembaga pendidikan.

Manajemen Pendidikan (Teori Dan Praktik Dalam Penyelenggaraan Sistem Pendidikan Nasional)

Buku yang berjudul Manajemen Pendidikan (Teori dan Praktik dalam Penyelenggaraan Sistem Pendidikan Nasional), ini ditulis berdasarkan kebutuhan sumber rujukan mahasiswa Program Studi Manajemen Pendidikan di perguruan tinggi. Konsep dan teori tentang penyelenggaraan pendidikan nasional di dalam buku ini sangat lengkap dan terinci dengan baik, mulai dari konsep dasar manajemen, perencanaan pendidikan, kepemimpinan pendidikan, supervisi pendidikan, manajemen peserta didik, manajemen kurikulum, manajemen pendidik dan tenaga kependidikan, manajemen sarana dan prasarana, manajemen keuangan pendidikan, manajemen berbasis sekolah, manajemen perubahan dan inovasi pendidikan, implementasi corporate governance dalam pendidikan, dan manajemen sistem informasi pendidikan. Manajemen Pendidikan (Teori Dan Praktik Dalam Penyelenggaraan Sistem Pendidikan Nasional) ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak

Buku yang berjudul Manajemen Pendidikan (Teori dan Praktik dalam Penyelenggaraan Sistem Pendidikan Nasional), ini ditulis berdasarkan kebutuhan sumber rujukan mahasiswa Program Studi Manajemen Pendidikan di perguruan tinggi.

Manajemen Pendidikan ‎Islam: Teori, Konsep dan ‎Aplikasinya Dalam Lembaga ‎Pendidikan Islam

Judul : Manajemen Pendidikan ‎Islam: Teori, Konsep dan ‎Aplikasinya Dalam Lembaga ‎Pendidikan Islam Penulis : Suparjo Adi Suwarno, S.Pd.I, M.Pd‎ Ukuran : 15,5 x 23 cm Tebal : 192 Halaman ISBN : 978-623-68728-4-0 Lembaga pendidikan merupakan organisasi yang komplek dan unik. Komplek akrena dalam orpersionalnya melibatkan berbagai macam ide, pemikiran dan saran. Unik, karena lembaga pendidikan islam meruapak organisasi yang khas yang mampu emnyelenggarakan proses perubahan tingkah laku serta pembudayan tingkah laku baik spriritual, intekektual maupun emosional. Karena kompleks dan unik tersebut dibutuhkan pengelolaan dan pengaturan yang merujuk pada teori - teori dan penelitian serta pengalaman - pengalaman para ahli untuk kemudian diterapkan pada pengelolaan pendidkan Islam. Pengelolaan pendidian yang profesional akan mewujudkan cita - cita besar Bangsa Indoesia yakni terciptanya manusia yang relegius, sehat, produktif, kreatif dan berwawasan global. Untuk mewujudkan hal tersebut dibutuhkan pengelolaan pendidikan yang merujuk pada manajemen pendidikan Islam (MPI). Manajemen sebagai salah satu perangkat yang digunakan untuk memperbaiki kondisi lembaga pendidikan islam mauli dari kurikulum, pembelajaran, sarana prasarana, pendidik dan sumber daya manusia serta kepemimipinan pembelajaran. Manajemen juga berfungsi untuk membudayakan kerja yang teratur dan prosedural sehingga nantinya diharapkan semua yang terlibat dalam organisasi pendidikan akan mampu membudayakannya dalam melaksnakan semua beban dan tanggungjawbanya. Dalam kerangka mewujudkan manajemen pendidikan Islam inilah buku ini ditulis. Diawali dengan konsep MPI, manajemen kurikulum, manajemen SDM, manajemen pembiayaan pendidikan, supervisi akademik dan kepemimpinan pembelajaran.

Judul : Manajemen Pendidikan ‎Islam: Teori, Konsep dan ‎Aplikasinya Dalam Lembaga ‎Pendidikan Islam Penulis : Suparjo Adi Suwarno, S.Pd.I, M.Pd‎ Ukuran : 15,5 x 23 cm Tebal : 192 Halaman ISBN : 978-623-68728-4-0 Lembaga pendidikan ...

MANAJEMEN PENDIDIKAN (Good Governance dalam Lembaga Pendidikan) Teori, Strategi, dan Riset Implementasi

Buku ini disusun berdasarkan riset fenomenologi agar mempermudah mahasiswa mendapatkan deskripsi mengenai implementasi manajemen pendidikan di suatu lembaga pendidikan. Secara khusus kami juga menggambarkan implementasi kepemimpinan, standar operasional, transparansi, dan partisipasi sebagai value dalam manajerial lembaga pendidikan. Keempat poin itulah yang memberikan citarasa berbeda dalam buku ini dibandingkan dengan buku manajemen pendidikan yang sudah ada. Di samping itu, buku ini juga dilengkapi dengan model penulisan ilmiah dan riset sehingga bisa menjadi inspirasi bagi mahasiswa yang ingin melakukan riset di bidang manajemen pendidikan. Kami menyadari bahwa buku mengenai manajemen pendidikan sudah banyak beredar di ruang-ruang akademik, perpustakaan, dan berbagai gerai toko buku. Namun sebagai tanggungjawab jawab akademis kami merasa wajib untuk menghadirkan referensi yang aplikatif bagi para mahasiswa, khususnya di program studi kependidikan.

Buku ini disusun berdasarkan riset fenomenologi agar mempermudah mahasiswa mendapatkan deskripsi mengenai implementasi manajemen pendidikan di suatu lembaga pendidikan.