Melacak Aktivitas Dakwah Nabi Muhammad pada Masyarakat Madinah
Keanekaragaman budaya manusia merupakan keniscayaan yang tidak dapat dielakkan, namun budaya perlu dicermati karena tidak sepenuhnya budaya yang berkembang dalam masyarakat baik dan membawa kemaslahatan bagi manusia meskipun budaya tersebut sudah ada dan berkembang di tengah-tengah masyarakat seperti kebiasaan pesta dengan minum minuman keras dan sebagainya. Membangun sebuah jembatan antarbudaya (dalam arti ras, kepercayaan, dan sosiokultural), dengan landasan persamaan dan persaudaraan saat ini sangat penting. Karena manusia tidak berdiri sendiri terutama pada kehidupan yang kontemporer dan kompleks seperti dewasa ini. Hubungan kerja sama dengan sesama manusia untuk menghindari fanatisme dan etnosentrisme yang berlebihan, sebab kedua hal tersebut dapat menyebabkan perpecahan di antara manusia. Salah satu ikhtiar manusia untuk memelihara hubungan dengan sesama adalah melalui dakwah antarbudaya seperti yang dilakukan oleh Nabi Muhammad saw. pada periode Madinah yaitu dakwah dengan memperhatikan dan mengindahkan nilai-nilai budaya termasuk tradisi agama yang dianut masyarakat. Dakwah dalam hal ini berarti memberi bimbingan tidak mencaci maki budaya orang lain, adat-istiadat, dan tradisi agama yang dianut masyarakat. Bila menyimpang dari agama dapat diluruskan sesuai dengan tuntunan agama itu sendiri, dan pelaksanaannya berpedoman pada prinsip-prinsip dakwah antarbudaya sebagaimana yang akan diuraikan pada buku ini.
Setelah menerima ajaran Islam, kedua suku yang suka berperang ini akhirnya bersatu di bawah panji Islam. Mereka bersama-sama Rasulullah saw. dan umat Islam lainnya berjuang menegakkan syariat Islam. Mereka rela berkorban nyawa dan harta ...
Buku ini merupakan buku referensi. Isi buku ini penulis susun berdasarkan hasil kajian literatur dari berbagai sumber dan hasil penelitian secara empiris berbagai pendekatan, strategi dan model pembelajaran kooperatif serta contoh bentuk bahan ajarnya. Adapun tujuan penulisan buku ini adalah untuk memberikan gambaran terkait pengertian, penjelasan tentang konsep dan teori terkait pendekatan, strategi dan model pembelajaran kooperatif dan contoh bentuk bahan ajar dari setiap pendekatan, strategi dan model pembelajaran kooperatif. Dengan adanya buku ini diharapkan dapat membantu para mahasiswa, guru, peneliti dan dosen bidang pendidikan matematika dalam penerapan di lapangan.
Pendidikan memiliki peran penting dan strategis dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Pendidikan memiliki tanggung jawab untuk meningkatkan minat peserta didik, memperluas dan mengembangkan horizon keilmuwan mereka dan membantu mereka agar mampu menjawab tantangan dan gagasan baru di masa datang. Sehingga pendidikan, khususnya sekolah, harus memiliki sistem pembelajaran yang menekankan pada proses dinamis yang didasarkan pada upaya meningkatkan keingintahuan peserta didik tentang dunia. Salah satu mata pelajaran yang berperan penting dalam pendidikan karena digunakan secara luas dalam segala bidang kehidupan manusia adalah matematika. Mengingat peranan matematika yang begitu penting, maka pelajaran matematika diajarkan disetiap jenjang pendidikan. Namun kenyataan dilapangan, pelajaran matematika masih dianggap sebagai momok yang menakutkan juga membosankan. Kondisi ini mengakibatkan mata pelajaran matematika tidak disenangi dan tidak diperdulikan. Sangatlah penting bagi guru memahami karakteristik peserta didik dan metodologi pembelajaran dalam proses pembelajaran terutama yang berkaitan dengan pemilihan terhadap model pembelajaran. Model pembelajaran yang dipilih harus sejalan dengan topik pelajaran yang akan disajikan. Salah satu model pembelajaran yang tepat untuk membuat peserta didik lebih aktif adalah pembelajaran kooperatif. Salah satu alternatif pendekatan yang dapat digunakan yaitu dengan pendekatan Quantum Teaching. Pendekatan Quantum Teaching adalah pendekatan pembelajaran yang mengajak peserta didik untuk berperan aktif dalam belajar dengan menggunakan pengetahuan dasar peserta didik untuk mengembangkan pengetahuan mereka dan memperoleh pengetahuan baru Semoga buku ini bermanfaat bagi mahasiswa dan dosen dalam meningkatkan kualitas pembelajaran.
PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE TSTS MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII.1 SMPN 2 X KOTO Penulis : ASRUL,S.Pd Ukuran : 14 x 21 cm No. QRCBN :62-39-4548-941 Terbit : Oktober 2022 www.guepedia.com Sinopsis : Matematika merupakan ilmu yang menjadi dasar perkembangan teknologi modern, mempunyai peranan penting dalam berbagai disiplin ilmu dan memajukan daya pikiran serta meningkatkan daya penalaran manusia. Konsep pelajaran matematika perlu diberikan kepada semua peserta didik dimulai dari sekolah Dasar sampai sekolah menengah untuk membekali peserta didik dengan kemampuan dasar berpikir logis,analitis,sistematis, kritis, kreatif serta kemampuan bekerjasama. Pekembangan ilmu pengetahuan ,telah melahirkan banyak peningkatan dibidang ilmu pengetahuan, banyak model-model pembelajaran yang membawa kemajuan zaman sekarang ini. Salah satu di antaranya banyak model pembelajaran tersebut dapat meningkatkan mutu pendidikan di kalangan peserta didik, sebagaimana yang penulis kembangkan dalam penelitian tindakan kelas ini. Melalui model pembelajaran TSTS ini , yang di kembangkan di sekolah telah dapat membuktikan peningkatan hasil belajar peserta didik pada materi persamaan garis lurus serta meningkatkan aktivitas peserta didik. www.guepedia.com Email : [email protected] WA di 081287602508 Happy shopping & reading Enjoy your day, guys
PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE TSTS MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII.1 SMPN 2 X KOTO Penulis : ASRUL,S.Pd Ukuran : 14 x 21 cm No. QRCBN :62-39-4548-941 ...
PUSTAKA DAN KAMUS PEMBANDING Coulson , Jessie ( ed ) , The Little Oxford Dictionary of Current English . Hongkong ( first reprint 1972 ) , Oxford University Press , 1969 , cet . IV . Dale , van , Handwoordenboek der Nederlandse Taal .
54920 JAKARTA BANKIR BANK NEGARA INDONESIA 1946 BANK KARYA PEMBANGUNAN Baidilah Halian BA dkk : BACAAN BAHASA KITA Bahasa Indonesia , Membaca , untuk SD . Jilid 1A , untuk kelas 3 , tengah tahun ke - 1 .