Sebanyak 621 item atau buku ditemukan

Reaktualisasi Pendidikan Karakter Berbasis Al-Qur'an

Buku ini diberi judul Reaktualisasi Pendidikan Karakter Berbasis Al-Qur'an. Hal-hal yang mendasari pemilihan judul buku, beberapa kajian yang relevan, dan metode ditulis dalam satu bab yang diberi judul Bab I Pendahuluan. Bab II berjudul Etika Berbahasa dalam Beberapa Etnik dan dalam Islam mengantarkan pembaca untuk memasuki etika berbahasa, sebelum masuk ke karakter kebahasaan. Hal ihwal karakter dan pendidikan karakter dinyatakan dalam Bab III Karakter dan Pendidikan Karakter. Selanjutnya, Karakter Kebahasaan Nabi Muhammad Sebagai Penutur dan Karakter Kebahasaan Nabi Muhammad Sebagai Mitra Tutur masing-masing ditulis pada bab IV dan V. Kedua bab terakhir adalah kajian terhadap surat dan ayat Al-Quran yang menggunakan kata Muhammad. Integrasi dan interelasi antara kedua bab terakhir dengan karakter menurut Depdiknas, dinyatkan pada bab VI, yakni Reaktualisasi Pendidikan Karakter Berbasis Karakter Nabi Muhammad. Konstribusi Bahasa Sastra dalam Pendidikan Karakter ditulis pada bab VII. Buku ini diakhiri dengan penutup, yakni pada bab VIII.

Buku ini diberi judul Reaktualisasi Pendidikan Karakter Berbasis Al-Qur'an.

PENDIDIKAN KARAKTER ISLAMI: KARAKTER ULUL ALBAB DI DALAM AL-QUR’AN

Buku pendidikan karakter Islami ini merupakan salah satu buku penting dan cocok untuk menghadapi globalisasi dan modernisasi saat ini. Globalisasi dan modernisasi telah mengubah cara atau gaya hidup masyarakat saat ini yang cenderung konsumtif, hedonis, dan materialis. Tidak hanya itu saja, banyak masalah yang muncul seperti krisis moral dan tingkat kriminalitas yang semakin merajalela. Untuk itu, perlu kita kembalikan ruh pendidikan kita sebagai salah satu elemen penting dalam mendidik dan mencerdaskan bangsa agar berakhlak mulia.

muncul dari kalangan pendidikan formal dengan sebuah keahlian yang
dikuasainya dan mendorongnya untuk mengubah ... C. Konsep Ulul albab dalam
al-Quran Sesuatu yang sangat agung dari petunjuk Al-Qur'an, berkenaan
dengan visi ...

Buku Rekayasa Sosial Model Pendidikan Karakter Dinamika Historis Model Pendidikan Karakter Bangsa Dari Masa Orla - Orba - Reformasi

Konten dan kelahiran buku ini berdasarkan hasil kajian teoritik dan penelitian dilapangan dalam rekayasa sosial model pendidikan karakter bangsa berbasis kearifan lokal dan civic virtue bagi penguatan manusia dan daya saing bangsa di perguruan tinggi yang telah penulis lakukan secara intensif selama dua tahun terakhir. Buku ini merupakan langkah awal dari sebuah perjalanan dalam mencari makna Pendidikan Karakter sebagai model baru Rekayasa Sosial dan paradigma pendidikan karakter yang dieksplorasi dengan sungguh-sungguh berdasarkan kajian historis, teoritik dan empiris pada beberapa perguruan tinggi di Indonesia yang amat kaya dan beragam. Penulis sebagai peneliti dan praktisi Pendidikan Karakter merasa terpanggil dan memiliki komitmen yang tinggi untuk mengembangkan dan menjadikannya sebagai landasan praktek pendidikan di perguruan tinggi dan penyiapan pendidikan guru yang profesional di LPTK. Walaupun demikian, penulis secara jujur juga menyampaikan bahwa terdapat sejumlah konsep yang dikutip dan merupakan kompilasi dari beberapa referensi yang ada. Penulis juga menyadari bahwa dalam proses penyusunan buku ini tidak terlepas dari bantuan berbagai pihak yang telah memberikan kontribusi pemikiran sehingga buku ini bisa kami hadirkan kehadapan pembaca. Untuk itu penulis tidak lupa mengucapkan penghargaan dan terimakasih atas kontribusinya dan kepada penerbit, terimakasih atas kerjasamanya. Kami menghaturkan terimakasih kepada Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi dan Universitas Muhammadiyah Malang yang telah membiayai riset ini.

pendidikan karakter di sekolah. Oleh sebab itu, setiap perguruan tinggi hendaknya memiliki pola pembentukan karakter mahasiswa sesuai dengan visi, misi dan karakteristik masing-masing perguruan tinggi. Dengan begitu dimungkinkan pola ...

Buku model pembelajaran inovatif berbasis pendidikan karakter untuk guru IPA Sekolah Menengah Pertama (SMP)

Buku model ini dirancang khusus untuk guru IPA Sekolah Menegah Pertama (SMP) yang ingin mengembangkan pembelajaran IPA inovatif berbasis karakter. Buku model ini menyajikan kegiatan pembelajaran yang berbasis model-model pembelajaran inovatif dengan berorientasi pada pendidikan karakter sehingga melalui model-model pembelajaran inovatif pembelajaran akan lebih mudah dan diharapkan selain siswa dapat memahami konsep (materi) yang dipelajari juga dapat mengembangkan karakter-karakter positif bagi siswa. Buku ini ditulis dengan bahasa yang jelas dan keterangan yang rinci sehingga mudah dimengerti oleh guru. Dengan terbitnya buku ini, semoga dapat menambah rujukan pengetahuan tentang analisis keterkaitan model pembelajaran, materi dan karakter siswa guna pengembangan pembelajaran IPA yang inovatif berbasis karakter.

Berdasarkan analisis yang dilakukan tentang keterkaitan model antara materi IPA, karakter dan model-model pembelajaran inovatif, dapat diketahui bahwa setiap model-model pembelajaran inovatif yang diterapkan dalam pembelajaran IPA dapat ...

Prinsip Dasar dan Aplikasi Metode Difraksi Sinar-X untuk Karakterisasi Material

Buku ini berisi 9 bab yang membahas antara lain: 1. Karakteristik dasar sinar X dan hamburan sinar X yang dihasilkan akibat interaksi sinar X dengan materi (elektron, atom, dan kristal) 2. Aplikasi difraksi sinar X untuk karakterisasi material di berbagai bidang penelitian dan analisis 3. Kajian tentang kristal dengan parameter kristal 4. Mekanisme produksi sinar X, mekanisme filtrasi radiasi sinar X karakteristik oleh logam filter, dan mekanisme kristal menghasilkan difraktogram sinar X. 5. Bagian-bagian penting dalam difraktometer sinar X. 6. Penentuan jenis komponen kristal penyusun materi pacat (analisis kualitatif). 7. Kristalinitas. 8. Ukuran kristal dan regangan kisi. 9. Jumlah komponen kristal yang membentuk padat (analisis kuantitatif).

Buku ini berisi 9 bab yang membahas antara lain: 1.