Sebanyak 216 item atau buku ditemukan

Dakwah Melalui Budaya: Metode dan Media Dakwah Ustadz Fadzlan Garamatan di Papua

Buku ini mengkaji tentang kaitan komunikasi dan budaya dalam Islam yang bertujuan mengungkapkan sisi unik kiprah dakwah Ustaz Fadzlan Garamatan di Papua. Ustaz yang dijuluki dengan nama Ustadz Sabun Mandi ini memperkenalkan Islam kepada masyarakat Papua melalui pendekatan budaya. Semakin memahami budaya masyarakat semakin mudah dai berdakwah. Terdapat kesamaan teori Samovar dan Porter dengan metode dakwah Ustaz Fadzlan Garamatan yang mengatakan bahwa ada enam unsur budaya yang langsung memengaruhi seseorang ketika berkomunikasi dengan orang lain. Pertama, kepercayaan (beliefs), nilai (values), dan sikap (attitudes). Kedua, pandangan dunia (worldviews). Ketiga, organisasi sosial (social organizatation). Keempat, tabiat manusia (human nature). Kelima, orientasi kegiatan (activity orientation). Keenam, persepsi terhadap orang lain (perception of self and others). Dakwah Ustaz Fadzlan Garamatan mengedepankan sopan santun dan akhlaq al karîmah. Persepsi masyarakat terhadap Ustaz Fadzlan merupakan realitas yang berkaitan dengannya. Menurut Deddy Mulyana, persepsi dalam komunikasi sama dengan persepsi mad’u terhadap daʻi maupun imam, didasarkan pada pengalaman daʻi dan imam dalam bersikap dan berakhlak dalam kesehariannya. Hasil penelitian yang dikupas dalam buku ini menegaskan bahwa komunikasi sebagai jembatan antara agama dan budaya dibuktikan oleh Ustaz Fadzlan Garamatan. Beliau dapat mengonversi budaya Papua menjadi budaya islami melalui dakwahnya.

Buku ini mengkaji tentang kaitan komunikasi dan budaya dalam Islam yang bertujuan mengungkapkan sisi unik kiprah dakwah Ustaz Fadzlan Garamatan di Papua.

Metodologi dakwah pada masyarakat industri

Methodology for evangelistic work in industrial society.

Methodology for evangelistic work in industrial society.

Manajemen Pemasaran Pendidikan Islam adalah proses perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi kegiatan pemasaran yang dilakukan oleh lembaga pendidikan Islam dengan tujuan untuk menarik, mempertahankan, dan membina hubungan yang baik dengan peserta didik, orang tua, serta masyarakat, berdasarkan prinsip-prinsip syariah Islam. Dalam konteks ini, pemasaran bukan sekadar aktivitas promosi atau publikasi, melainkan bagian integral dari strategi lembaga untuk memperkuat identitas, meningkatkan daya saing, dan menyebarluaskan nilai-nilai Islam secara lebih luas melalui pendidikan. Konsep pemasaran yang diterapkan tetap mengacu pada prinsip dasar pemasaran modern seperti segmentasi pasar, targeting, positioning, dan strategi bauran pemasaran (marketing mix). Namun, semua itu harus diselaraskan dengan nilai-nilai Islam, seperti kejujuran (ṣidq), amanah, adil, dan menghindari unsur penipuan atau manipulasi dalam komunikasi pemasaran. Dengan pendekatan yang tepat, pemasaran dalam pendidikan Islam dapat menjadi sarana dakwah yang efektif sekaligus strategi manajerial untuk keberlangsungan dan kemajuan lembaga.

Manajemen Pemasaran Pendidikan Islam adalah proses perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi kegiatan pemasaran yang dilakukan oleh lembaga pendidikan Islam dengan tujuan untuk menarik, mempertahankan, dan membina hubungan yang baik dengan peserta didik, orang tua, serta masyarakat, berdasarkan prinsip-prinsip syariah Islam. Dalam konteks ini, pemasaran bukan sekadar aktivitas promosi atau publikasi, melainkan bagian integral dari strategi lembaga untuk memperkuat identitas, meningkatkan daya saing, dan menyebarluaskan nilai-nilai Islam secara lebih luas melalui pendidikan. Konsep pemasaran yang diterapkan tetap mengacu pada prinsip dasar pemasaran modern seperti segmentasi pasar, targeting, positioning, dan strategi bauran pemasaran (marketing mix). Namun, semua itu harus diselaraskan dengan nilai-nilai Islam, seperti kejujuran (ṣidq), amanah, adil, dan menghindari unsur penipuan atau manipulasi dalam komunikasi pemasaran. Dengan pendekatan yang tepat, pemasaran dalam pendidikan Islam dapat menjadi sarana dakwah yang efektif sekaligus strategi manajerial untuk keberlangsungan dan kemajuan lembaga.

... Marketing Management of Educational Services in Improving The Image of Islamic Boarding Schools. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(1), 1-12. doi:https://doi.org /10.33650/al-tanzim.v7i1.4353 Junaidi, & Abdurrahman. (2021) ...