Sebanyak 43 item atau buku ditemukan

Khazanah Islam, Perjumpaan Kajian dengan Ilmu Sosial

Ilmu pengetahuan basis bagi peradaban. Riset-riset ilmiah sangat diperlukan guna membangun masa depan yang lebih baik. Namun ancaman serius datang dari kemalasan-kemalasan untuk menindaklanjutinya menjadi aksi yang berbuah kerja konkrit. Oleh karenanya, ilmu tidak boleh berhenti di menara gading konseptual tetapi harus mampu merubah realitas kehidupan. Kegiatan International Postgraduate Research Conference (IPRC) IAIN Manado pertama kalinya diadakan di kampus IAIN Manado. Kegiatan ini bertujuan untuk menyebarluaskan pengetahuan yang mulanya lahir dari tangan-tangan kreatif akademisi agar dapat dinikmati publik secara luas. Sekaligus kesempatan dalam IPRC tersebut menjadi ajang diumumkannya Southeast Asia Academic Mobility (SEAAM). Buku Khazanah Islam, perjumpaan kajian dengan ilmu sosial ini diterbitkan oleh penerbit deepublish dan tersedia juga versi cetaknya.

Buku ini menjadi urgen ketika perkembangan Islam kontemporer, terlebih yang sering diwacanakan media massa, adalah islam yang emosional, nyaris terlepas dari refleksi yang mendalam dan kritis. Islam dan Riset sejatinya bagaikan dua ...

Modernization, Tradition and Identity

The Kompilasi Hukum Islam and Legal Practice in the Indonesian Religious Courts

Nurlaelawati's close and contextually sensitive analysis of judicial practice in Indonesia's Islamic courts yields invaluable insights into the subtle dynamics of legal change in a modern Islamic legal system. Prof. Mark Cammack, Professor of Law, Southwestern Law School, Los Angeles --

Nurlaelawati's close and contextually sensitive analysis of judicial practice in Indonesia's Islamic courts yields invaluable insights into the subtle dynamics of legal change in a modern Islamic legal system.

The Psychology of Communication

This book is designed to capture the complexity of the vast domain of the psychology of communication by adding overlays of different logical approaches to the topic. Each chapter will focus on a different approach. Chapters 2 (behavioristic approach), 3 (humanistic approach), and 4 (interactionist approach) are presented as thesis, antithesis, and synthesis. They focus respectively on input, stored, and fedback information. Chapters 5 (phylogenetic approach) and 6 (ontogenetic approach) place psychology firmly where it belongs as the study of organisms rather than of mechanisms. Development from animal to human and from child to adult is emancipation from tyranny of environment. Chapter 7 (pathological approach) explores functional disorders of person-in-environment, since the nervous system "knows" its environment. Chapter 8 (phenomenological approach) deals with the further complexity that the nervous system can be viewed from the inside (experience) as well as from the outside (behavior). Chapters 9 (simulation approach) and 10 (mediational approach) focus on artificial intelligence (AI) and intelligence amplification (IA). Computers can be used to emulate or to extend human intelligence. Chapters 11 (biological approach) and 12 (sociological approach) deal with the complexities arising from the fact that the nervous system is embedded in a hierarchy of systems within systems. They focus on emergence from the level below psychology (biology) and reduction from the level above (sociology). Each approach will cast some light on the topic from its peculiar perspective. The cumulative effect will be to illuminate the domain in all its complexity.

This book is designed to capture the complexity of the vast domain of the psychology of communication by adding overlays of different logical approaches to the topic.

MENJADI GURU PROFESIONAL

Strategi Meningkatkan Kualifikasi dan Kualitas Guru di Era Global

Guru adalah rujukan keilmuan dan sikap bagi siswa. Tidak dapat dipungkiri bahwa perilaku dan cara berpikir seseorang banyak dipengaruhi oleh apa yang telah ditanamkan gurunya di sekolah. Untuk memperoleh peserta didik yang unggul keilmuan dan kepribadiannya, perlu dipersiapkan guru-guru yang andal dalam mendidik. Buku ini memberikan pemaparan yang detail dan menyeluruh tentang sosok guru profesional, yang tercakup dalam penguasaan metode pembelajaran, pengelolaan kelas, pemecahan masalah di kelas, serta kemampuan evaluasi dan memotivasi siswa. Bagi Anda yang ingin menjadi calon guru profesional, Anda akan dibekali dengan pengetahuan seputar dunia belajar-mengajar dan bagaimana menguasai serta menerapkannya. Sedangkan, bagi guru yang ingin meningkatkan profesionalitas dalam mengajar, buku ini akan memperkaya wawasan Anda dalam pengajaran dan pembinaan siswa di sekolah.

Siswa memperoleh topik-topik permasalahan untuk dibaca sehingga mendapatkan informasi dari permasalahan tersebut; b) Diskusi kelompok ahli. Siswa yang telah mendapatkan topik permasalahan yang sama bertemu dalam satu kelompok (kelompok ...