Sebanyak 156 item atau buku ditemukan

Dibalik sarung Presiden

pledoi sufi dari Matador hingga Kalijogo

Islam and politics in Indonesia and political leadership of Abdurrahman Wahid.

Islam and politics in Indonesia and political leadership of Abdurrahman Wahid.

Pendidikan Agama Islam Untuk Perguruan Tinggi

Islam adalah agama rahmatan lil 'alamin, nilai-nilai ajarannya selalu dapat diterima pada setiap zaman. Ajaran Islam itu tinggi dan tidak ada yang bisa menandinginya, sehingga merupakan suatu hal yang bijak jika pemerintah menjadikan pendidikan agama Islam menjadi salah satu komponen yang dipelajari secara berkesinambungan dalam dunia pendidikan normal di Indonesia. Bahkan menjadi mata pelajaran wajib di tingkat pendidikan dasar, menengah, dan mata kuliah wajib pada perguruan tinggi, sekalipun pada perguruan tinggi umum. Pada dasarnya pendidikan agama di perguruan tinggi merupakan kelanjutan dari pendidikan agama yang dilaksanakan pada jenjang pendidikan sebelumnya. Perguruan tinggi umum telah terukir dalam sejarah pendidikan di tanah air sejak awal hadirnya perguruan tinggi di negeri ini. Bermula dari mata kuliah yang dianggap kehadirannya tidak diperlukan hingga dijadikan sebagai mata kuliah wajib.

Islam adalah agama rahmatan lil 'alamin, nilai-nilai ajarannya selalu dapat diterima pada setiap zaman.

PENGGUNAAN BAHAN AJAR KOMIK DIGITAL: Pembelajaran Mandiri dalam Jaringan untuk Anak Sekolah Dasar

Seiring dengan perkembangan zaman yang semakin pesat, penggunaan teknologi canggih yang memotivasi dan menginspirasi semua peserta didik untuk mencapai kompetensi amat diharapkan, terlepas dari latar belakang, bahasa, atau cacat merupakan panggilan untuk memanfaatkan kekuatan teknologi untuk mendukung pembelajaran yang berkelanjutan dan seumur hidup. Penggunaan media digital, termasuk media interaktif dan sosial, telah tumbuh, dan bukti kajian menunjukkan bahwa media baru ini menawarkan manfaat dan risiko bagi kesehatan anak-anak dan remaja. Pada era industri 4.0 saat ini, literasi digital merupakan salah satu kompetensi penting bagi setiap individu. Berbagai data dan informasi pada saat ini hampir semua dikemas secara digital, termasuk berbagai literatur bahan ajar. Untuk itu, penting bagi guru untuk berupaya meningkatkan literasi digital para peserta didik sebagai bagian dari hasil belajar yang menjadi tujuan pembelajaran. Salah satu caranya adalah dengan membiasakan peserta didik untuk berinteraksi dengan sumber bahan ajar yang dikemas secara digital. Hal ini dapat dilakukan dengan cara memanfaatkan sumber-sumber belajar digital yang tersedia di internet atau guru belajar untuk merancang sendiri bahan ajar yang dikemas dalam bentuk media digital. Oleh karenanya, penggunaan bahan ajar komik digital berbasis digital yang dirancang interaktif merupakan salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk memelihara antusiasme belajar, rasa ingin tahu, minat, motivasi, dan meningkatkan hasil belajar peserta didik saat pembelajaran dalam jaringan (daring). Bahan ajar komik berbasis digital yang dirancang interaktif dapat diakses lintas perangkat dan lintas platform yang bersifat produktif sehingga dapat memberi pengalaman belajar yang khas bagi peserta didik. Dalam konteks ini, sifat interaktif dari bahan ajar komik berbasis digital yang dikembangkan dalam kajian ini adalah karena bahan ajar komik digital disusun dan dirancang sedemikian rupa yang disertai dengan suara (audio), sentuhan layar, tautan (link) dengan beragam sumber belajar lain, dan animasi yang relevan, serta sajian soal latihan kategori Higher Order Thinking Skills (HOTS) yang interaktif.

Seiring dengan perkembangan zaman yang semakin pesat, penggunaan teknologi canggih yang memotivasi dan menginspirasi semua peserta didik untuk mencapai kompetensi amat diharapkan, terlepas dari latar belakang, bahasa, atau cacat merupakan ...

Kapita Selekta Manajemen Pendidikan (Isu-Isu Strategik Manajemen Pendidikan)

Manajemen pendidikan nasional merupakan keseluruhan strategi untuk memcapai visi dan misi pendidikan nasional. Reformasi dalam manajemen pendidikan merupakan keharusan yang tidak bisa ditunda sebagai penguatan fondasi dasar dalam pembangunan nasional secara umum. Reformasi ini tentu dapat di terima secara logika dari aspek konseptual, secara kulural sesuai budaya bangsa dan secara politis dapat di terima oleh masyarakat secara luas. Dalam proses perubahan itu, ada beberapa isu isu strategis dalam rencana program pemerintah yang terkait dengan peningkatan pendidikan yang telah digariskan dan diformulasikan diantaranya adalah: Pemerataan dan perluasan akses, program pemeretaan dan perluasan akses bagi masyarakat secara luas, Peningkatan mutu, relevansi dan daya saing, serta Penguatan tata kelola, akuntabilitas dan pencitraan publik. Dari sederat rencana diatas, setidaknya patut menaruh optimisme yang kuat bahwa betapa pendidikan itu menjadi aspek yang sangat strategis dalam menata dan mengisi aspek-aspek yang lain. Pendidikan adalah roh bagi segala aspek dalam mengaktualisasi aspek aspek yang lain seperti aspek ekonomi, politik, budaya dan aspek aspek sosial lainnya.

Manajemen pendidikan nasional merupakan keseluruhan strategi untuk memcapai visi dan misi pendidikan nasional.

34 Prinsip Etis Jurnalisme Lingkungan

JURNALISME LINGKUNGAN, meskipun diakui sebagai “spesialisasi” baru, tetaplah jurnalisme yang mesti bertolak dari etika baku di dalam jurnalistik. Jurnalisme lingkungan dapat dilihat sebagai usaha menyampaikan seruan kepada semua pihak untuk berpartisipasi dalam penyelamatan lingkungan hidup. Pers harus memiliki sikap yang jelas terhadap persoalan lingkungan hidup, yang hampir selalu berbenturan dengan kepentingan ekonomi dan kepentingan politik. Apa saja prinsip etis yang perlu diketahui oleh jurnalis lingkungan hidup? Buku panduan praktis ini menjawabnya. Harus diakui, gagasan tentang pelestarian lingkungan hidup berkelanjutan acapkali berbenturan dengan kepentingan publik yang lain: keadilan ekonomi, pembangunan infrastruktur publik, penciptaan lapangan kerja, dan lain-lain. Wartawan harus bersikap bijak, etis, dan hati-hati dalam hal ini. Buku ini secara memadai, praktis, dan ilustratif memberikan panduan etis untuk wartawan dalam menghadapi dilema tersebut. -- Bagir Manan, Ketua Dewan Pers 2013-2016 Berpengalaman menangani beragam kasus pers, penulis bukan hanya membahas teori etika jurnalistik, namun juga penerapannya pada kasus-kasus yang nyata. Dengan gaya penyajian yang rinci, jelas, dan memberikan jalan keluar, buku ini layak menjadi panduan bagi semua jurnalis, khususnya yang meliput isu-isu lingkungan. -- Suwarjono, Sekretaris Jenderal Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Sedikit jurnalis yang berusaha agar karyanya mampu mewujudkan perubahan. Dan itu hanya dilakukan oleh jurnalis yang menjunjung etika. Dalam konteks itulah buku ini sangat bermanfaat sebagai seruan kepada semua jurnalis untuk selalu menjunjung etika jurnalistik, khususnya untuk jurnalis lingkungan hidup. -- Yadi Hendriyana, Ketua Umum Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI)

... menyebarkan peristiwa /G fotofotoC itu. yang memG-3 Konvergensi Media Sekarang membuat bangan jurnalisme ini perubahan perkembangan secara D igyangita lPu b lis teknologi h in g /K dan informasi telah cukup besar dalam perkemumum.

Pembentukan Karakter Siswa

Buku ini membicarakan Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (Penjasorkes), merupakan proses sosialisasi atau pembudayaan terhadap pengalihan nilai-nilai budaya, perantaraan belajar dengan pengalaman gerak yang bermakna dan memberi jaminan bagi partisipasi dan perkembangan kepribadian siswa. Penjasorkes memberikan pengaruh terhadap kebiasaan siswa untuk taat dan patuh mengaplikasikan nilainilai yang terkandung dalam olahraga. Nilai-nilai moral dalam pembelajaran Penjasorkes, antara lain dapat membangun watak, mengajarkan disiplin, mempersiapkan siswa untuk kehidupan kompetitif yang sehat, mengembangkan moral dan kemasyarakatan yang baik, dan menambah sifat-sifat kepribadian yang baik. Buku Persembahan Penerbit PrenadaMedia

Buku ini membicarakan Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (Penjasorkes), merupakan proses sosialisasi atau pembudayaan terhadap pengalihan nilai-nilai budaya, perantaraan belajar dengan pengalaman gerak yang bermakna dan memberi ...

Ekonomi neo-klasik dan sosialisme religius

pragmatisme pemikiran ekonomi politik Sjafruddin Prawiranegara

Thoughts of Sjafruddin Prawiranegara, an Indonesian nationalist on economic policies.

Thoughts of Sjafruddin Prawiranegara, an Indonesian nationalist on economic policies.

Tinjauan ekonomi atas dampak paket deregulasi tahun 1988 pada sistem keuangan Indonesia

Impact of the 1988 deregulation on financial system in Indonesia.

Oleh karena itu , tingkat suku bunga nominal dalam perekonomian tertutup , dapat saja berbeda dari tingkat suku bunga ... Barangkali hanya ekonomi Albania ( komunis ekstrim ) dan Burma ( sosialis ekstrim ) yang sama sekali tertutup dari ...

Reformasi ekonomi RRC era Deng Xiaoping

pasar bebas dan kapitalisme dihidupkan lagi

Role of Teng Hsiao-ping, b. 1904, in economic reformation policies in Chinese People's Republic.

Role of Teng Hsiao-ping, b. 1904, in economic reformation policies in Chinese People's Republic.

Manajemen Kinerja

Teori dan Praktik

Manajemen manusiawi untuk menghasilkan keluaran yang berkualitas bukan suatu pendekatan baru. Teori Manajemen Perilaku sudah membahas dan menekankan pentingnya memahami perilaku tenaga kerja untuk menghasilkan produktivitas dan kinerja yang unggul. Ahli teori perilaku percaya bahwa pemahaman yang lebih baik tentang perilaku manusia di tempat kerja, seperti motivasi, harapan, dan dinamika kelompok dapat meningkatkan kinerja yang memuaskan. Mereka memandang karyawan sebagai individu, sumberdaya, dan aset untuk dikembangkan bukan sebagai faktor produksi seperti di masa lalu. Buku ini berisi konsep dan praktik manajemen yang menilai karyawan sebagai rekanan di mana secara bersama berupaya mencapai tujuan organisasi yang memuaskan. Konsep Manajemen Kinerja di dalam buku ini diadopsi dari pemikiran Michael Amstrong dan pakar manajemen lain yang satu aliran dan menjelaskan implementasinya di dalam organisasi bisnis. Esensi Manajemen Kinerja adalah memberikan perlakuan yang manusiawi terhadap karyawan dan oleh karena itu pemberian tugas, target dan standar harus dikomunikasikan dan disepakati. Dengan cara demikian, pencapaian tujuan organisasi yang memuaskan menjadi kepentingan bersama. Dalam implementasi Manajemen Kinerja, sistem evaluasi karyawan juga mengalami perubahan disebabkan pemberian pekerjaan tidak bersifat komando. Oleh karena itu, peran manajer lini sangat penting dalam pengimplementasiannya, karena mereka adalah orang yang paling dekat dengan karyawan dan menjadi penghubung antara kepentingan organisasi dan karyawan. Dalam perspektif itu, gaya kepemimpinan yang tepat dalam mengelola karyawan menjadi kunci keberhasilannya. Pendekatan Manajemen Kinerja menjadi relevan dewasa ini dimana sistem demokrasi dan perhatian terhadap hak azasi manusia menjadi isu sentral dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Dengan sendirinya, perlakuan terhadap sumberdaya manusia di dalam organisasi juga harus mengikuti arus utama isu tersebut. Tujuannya adalah agar citra perusahaan menjadi baik dan yang terpenting dari itu adalah kinerja organisasi yang memuaskan dapat dihasilkan melalui dukungan, komitmen dan motivasi kerja yang tinggi melalui perlakuan yang manusiawi di tempat kerja.

Konsep Manajemen Kinerja di dalam buku ini diadopsi dari pemikiran Michael Amstrong dan pakar manajemen lain yang satu aliran dan menjelaskan implementasinya di dalam organisasi bisnis.