Sebanyak 157 item atau buku ditemukan

Gerakan Paderi

suatu studi tentang perubahan sosial di kawasan pusat alam Minangkabau (abad XIX)

Study on Paderi movement in the 19th century which influenced the social changes of Minangkabau people in Sumatera Barat Province; thesis.

Study on Paderi movement in the 19th century which influenced the social changes of Minangkabau people in Sumatera Barat Province; thesis.

The Law of Apostasy in Islam: Answering the Question Why There Are So Few Moslem Converts

This work has been selected by scholars as being culturally important, and is part of the knowledge base of civilization as we know it. This work was reproduced from the original artifact, and remains as true to the original work as possible. Therefore, you will see the original copyright references, library stamps (as most of these works have been housed in our most important libraries around the world), and other notations in the work. This work is in the public domain in the United States of America, and possibly other nations. Within the United States, you may freely copy and distribute this work, as no entity (individual or corporate) has a copyright on the body of the work. As a reproduction of a historical artifact, this work may contain missing or blurred pages, poor pictures, errant marks, etc. Scholars believe, and we concur, that this work is important enough to be preserved, reproduced, and made generally available to the public. We appreciate your support of the preservation process, and thank you for being an important part of keeping this knowledge alive and relevant.

This work has been selected by scholars as being culturally important, and is part of the knowledge base of civilization as we know it.

Elemen liberal dalam kajian hukum Islam di pesantren

telaah kajian fiqih di Ma'had Aly Salafiyah Syafi'iyah, Sukorejo, Situbondo : laporan penelitian individual

Islamic law study in Islamic higher education in Sukorejo, Situbondo.

Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Konteks Kurikulum 2013

Dalam dunia akademik kita bergelut dengan istilah strategi, model, pendekatan, metode dan teknik pembelajaran. Namun dikarenakan kurang akrab dengan istilah-istilah tersebut, sering sekali kemudian kita terjebak dengan pengucapan yang keliru. Mengabaikan kebakuan istilah-istilah tersebut mengakibatkan kerancuan atau gagal paham sehingga jangan heran kemudian muncul lulusan perguruan tinggi ketika ditanya perbedaan dari beberapa istilah di atas akan menjawab sekenanya saja. Sebagai contoh cooperative learning. Tidak jarang ada yang menduga cooperative learning adalah strategi pembelajaran, padahal cooperative learning adalah model dan atau pendekatan dalam sebuah pembelajaran. Contoh lain, inkuiri. Sebagian kita juga menyangka inkuiri adalah model pembelajaran, padahal lebih tepatnya inkuiri itu disebut metode pembelajaran. Pada kesempatan yang lain pula ada seorang guru menyampaikan atau menuliskan dalam silabus pembelajaran beberapa metode pembelajaran akan tetapi yang ia tulis bukan metode melainkan teknik pembelajaran. Adapun teknik pembelajaran yang sering diduga sebagai metode seperti Teknik Penugasan, Teknik Diskusi, Teknik Tanya Jawab, Teknik Ceramah dan lain sebagainya. Dalam buku Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam ini, penulis tidak akan meluas kan pembahasan sampai kepada strategi, pendekatan, dan teknik pembelajaran. Untuk edisi lengkap akan penulis sampaikan pada buku terbitan selanjutnya. Oleh karena itu, sesuai dengan judul buku ini Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, maka pembaca akan disuguhi penjelasan secara gamblang tentang model dan metode pembelajaran sebab dua istilah ini seringkali dipertukarkan. Dan pembaca akan mendapati bagaimana aplikasi dari metode pembelajaran tersebut yang tentunya telah penulis sesuaikan dengan konteks Kurikulum 2013.

Proses pembelajaran perlu direncanakan, dilaksanakan, dinilai, dan diawasi. Pelaksanaan pembelajaran merupakan implementasi dari RPP. Pelaksanaan pembelajaran meliputi kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup.”.

Sejarah Pendidikan Islam

Diandra Kreatif

Kata sejarah berasal dari bahasa Arab, syajaratun (dibaca syajarah), diartikan sebagai pohon kayu. Kata ini menunjukkan sifat, bentuk kejadian,perkembangan atau pertumbuhan tentang ihwal peristiwa yang terjadi secarakesinambungan (kontinuitas). Selain itu, ada pula pakar yang menyatakanbahwa istilah syajarah seperti dikemukakan di awal tidak sama dengan maknasejarah sebagaimana dimaksud dalam ilmu sejarah, sebab sejarah tidak hanyadapat dimaknai seperti halnya pohon keluarga, asal usul atau silsilah dari kajiansejarah.

Kata sejarah berasal dari bahasa Arab, syajaratun (dibaca syajarah), diartikan sebagai pohon kayu.

Komunikasi dan pembangunan

Saluran Komunikasi Sebagai sumber pertama informasi pembangunan ternyata
82,2% responden menunjuk kepada saluran antarpribadi dan hanya 17,8% yang
menggunakan media massa. Dalam hubungan ini, tokoh formal (camat/ kepala ...

Sistem Informasi Manajemen

Dewasa ini, informasi menjadi sumber daya yang penting sejalan dengan perkembangan teknologi informasi dan komputer. Buku ini disajikan secara ringkas dan menggunakan bahasa Indonesia yang mudah dipahami bagi para mahasiswa dan pembaca yang berminat. Buku ini membahas konsep-konsep, teori-teori dan disajikan pula praktik-praktik sistem informasi terkait dengan praktik manajemen bisnis modem. Buku ini ditulis oleh Dr. Achmad Sudiro, SE., ME., Perdana Rahadhan, SE., dan Ir. Nur Prima, MM., Tim Dosen pengajar Sistem Informasi Manajemen pada jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya.

Buku ini ditulis oleh Dr. Achmad Sudiro, SE., ME., Perdana Rahadhan, SE., dan Ir. Nur Prima, MM., Tim Dosen pengajar Sistem Informasi Manajemen pada jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya.