Sebanyak 58 item atau buku ditemukan

Manajemen Sekolah

Madrasah Adiwiyata

Kerusakan fungsi lingkungan dan menurunnya daya dukung lingkungan di Indonesia perlu diatasi oleh semua kalangan masyarakat, termasuk kalangan civitas akademika di sekolah/madrasah yaitu siswa, guru, TU dan semua stakeholder sekolah/madrasah. Kesadaran terhadap lingkungan hidup dan perilaku ramah lingkungan perlu dijadikan materi pendidikan, yang tidak saja diajarkan di ruang kelas tetapi juga dipraktikkan dalam kegiatan sehari-hari di luar kelas. Perilaku ramah lingkungan dapat dilakukan mulai dari hal yang sepele, memungut sampah kemudian dikumpulkan di tempat yang disediakan, mematikan lampu yang tidak digunakan, menggunakan air secukupnya dan lain sebagainya. Indonesia sebenarnya memiliki kekayaan sumber daya alam dan daya dukung lingkungan hidup yang luar biasa. Namun perilaku masyarakat yang salah dalam pemanfaatan sumber daya alam dan daya dukung lingkungan membuat masyarakat sengsara dan tidak sejahtera. Perilaku masyarakat yang salah telah menyebabkan luas hutan makin menyusut, cadangan air tanah makin langka, sementara itu di musim hujan air sungai meluap menimbulkan banjir, tanah longsor dan banyak kerugian lainnya yang diderita masyarakat. Salah satu upaya untuk melestarikan pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan pada umumnya, adalah melalui jalur sekolah atau pendidikan. Melalui pendidikan akan diberikan bekal kepada siswa sekolah/madrasah untuk dapat bertahan hidup, memahami dan mengenali potensi dan daya dukung lingkungan, serta memiliki kemampuan untuk pengelolaan dan pelestariannya.

Kerusakan fungsi lingkungan dan menurunnya daya dukung lingkungan di Indonesia perlu diatasi oleh semua kalangan masyarakat, termasuk kalangan civitas akademika di sekolah/madrasah yaitu siswa, guru, TU dan semua stakeholder ...

Redesain bela negara dalam sistem pendidikan nasional

perspektif manajemen strategi

Tentunya buku dengan judul Redesain Bela Negara dalam Sistem Pendidikan Nasional ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif terhadap upaya aktualisasi konsep bela negara dalam sistem pendidikan nasional.

ASESMEN TEKNIK TES DAN NON TES

Buku ini ditulis berdasarkan pengalaman penulis sebagai dosen pembimbing PPL/Magang pada mahasiswa BK. Sekulitan-kesuliran yang sering kali mereka hadapi yaitu minimnya buku mengenai asesemen dalam BK. Maka dari itu bahan ajar ini diharapkan menambah pengetahuan untuk mahasiswa dan dosen-dosen di lingkungan UM palangkaraya

Kasus semacam ini banyak ditemukan dalam ruang lingkup bimbingan dan konseling dalam dunia pendidikan. 3. Diagnosa dengan menggunakan tes psikologi untuk ...

Menapak jejak masa sejarah, Hindu, Budha dan Islam

lewat koleksi Museum Negeri Propinsi Jawa Tengah Ronggowarsito

Belum adanya negara - negara dengan ekonomi · maju di Indonesia memang
hanya didasarkan pada konsepsi bahwa ada suatu koreksi yang dekat antara
kemajuan ekonomi dan kemajuan peradaban . Kecuali mungkin di Jawa Barat
dan ...

Bengkulu dipandang dari sudut geografi, sejarah, dan kebudayaan

Zaman ini ditandai dengan banyaknya peradaban Barat memasuki Bengkulu ,
terutama ialah ; modal dan skill atau pengetahuan , ketrampilan teknik modern .
... Masyarakat Bengkulu itu suatu masyarakat Islam yang sebenarnya ( 12 , p .

MERDEKA BELAJAR

Merdeka Belajar merupakan program kebijakan baru Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud RI) yang dicanangkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Kabinet Indonesia Maju, Nadiem Anwar Makarim. Esensi kemerdekaan berpikir, menurut beliau, pembelajaran harus didahului oleh para guru sebelum mereka mengajarkannya pada siswa-siswi. Beliau menyebut, dalam kompetensi guru di level apa pun, tanpa ada proses penerjemahan dari kompetensi dasar dan kurikulum yang ada, maka tidak akan pernah ada pembelajaran yang terjadi. Adapun konsep dari Merdeka Belajar adalah: 1) Dihapuskannya Ujian Nasional (UN) yang digantikan Asesmen Kompetensi Minimum dan Survei Karakter. 2) Pelaksanaan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) yang dikembalikan kepada pihak sekolah. 3) Membentuk siswa yang kompeten, cerdas untuk SDM bangsa, dan berbudi luhu

... Model-Model Pembelajaran Berbasis Digital, Perencanaan Sumberdaya Manusia, ... Media Pembelajaran Transformatif, Era Baru Manajemen Pendidikan, ...

Hadis Ahkam

Perkawinan, Nafkah, Hadanah, Waris, Wasiyat dan Peradilan

Hadis merupakan sumber hukum kedua sesudah Alquran yang merupakan pedoman hidup beragama, berumah tangga, bermasyarakat dan bahkan hadis sebagai sumber inspirasi bernegara. Nabi Muhammad saw bersabda: “ Aku tinggalkan untuk kamu dua pusaka yang seandainya berpegang teguh kepada keduanya, kamu tidak akan sesat selama-lamanya, yaitu Alquran dan sunnah (hadis) Rasulullah saw. Oleh sebab itu sebagai seorang muslim yang baik dan bijaksana sudah seharusnyalah bukan saja membaca Alquran saja, tetapi juga hadis-hadis Nabi saw. Jumlah hadis-hadis Nabi saw cukup banyak, ratusan dan bahkan ribuan yang tersebar dalam ratusan kitab hadis. Dalam buku ini penulis mengambil hadis-hadis yang berkaitan dengan masalah hukum perkawinan, nikah, talak, rujuk, nafkah, hadanah, radaʿah, waris, waiyat, hakim dan adab mengadili perkara dan lain-lain. Buku ini cocok untuk para mahasiswa jurusan hukum Islam dan dapat juga dibaca oleh semua kalangan, baik itu pelajar, mahasiswa, muballig dan orang-orang yang ingin mendalami hukum Islam melalui hadis Rasulullah saw.

Hadis merupakan sumber hukum kedua sesudah Alquran yang merupakan pedoman hidup beragama, berumah tangga, bermasyarakat dan bahkan hadis sebagai sumber inspirasi bernegara.