Sebanyak 131 item atau buku ditemukan

KILAS BERKAS MENUJU PENTAS Antologi Cerita Guru SMP N 2 Maos

Judul : KILAS BERKAS MENUJU PENTAS Antologi Cerita Guru SMP N 2 Maos Penulis : Arie Lantyka Dewi, Siti Rokhani, Wigi Hartati, Susmiyati, Sunarti, Purwaningsih, Nunung Rokhani, Soetji Rokhjati, Daryanto, Harun Nuur Rosid, Nur Indah Amalia, Titie Sukesi, Mujinah, Tri Wahyuningsih, Yuni Hardiningsih, Sriyanti, Kurniyanti, Siti Rokhmah, Titin Suhartini, Shopyan Jepri Kurniawan, Mustofa, Teguh Cahyanto, Umi Ma’rifah, Rasino, Ima Riyana, Teguh Pramono, Tri Suparni, Mukhsonah, Ratna Tri Wardani, Fathurrohim, Andriyanto, Edy Sukamto, Faujiyah, Sugiono, Agustina Yanti TS, Dina Meksika Sari,Syaiful Bakhri. Ukuran : 17,5 x 25 cm Tebal : 140 Halaman No ISBN : 978-623-56870-9-4 Menulis merupakan bagian dari kehidupan kita. Menulis bagi guru adalah hal yang sudah seharusnya menjadi suatu kebutuhan. Menulis dan berliterasi bagi guru merupakan hal yang harus dilakukan dan dikuasai, karena dengan menulis, guru akan semakin kreatif dan terampil dalam berkomunikasi secara tertulis. Memulai dari menulis pengalaman, kegelisahan, dan seputar pendidikan di sekolah dapat ditulis oleh seorang guru. Bila setiap hari guru menuliskan semua pengalaman, metode pembelajaran hasil pembelajaran, dan ide/gagasan yang membawa kemajuan bagi dunia pendidikan, maka suatu saat pendidikan kita akan berkembang dan menjadi lebih baik lagi. Kilas berkas menuju pentas, mempunyai makna dari yang “sekilas” nanti harapannya akan dapat “dipentaskan” melalui karya-karya tulis yang lebih profesional lagi, diwujudkan dalam bentuk karya-karya Solo (individu) dari guru-guru kita. Pertama memang harus dipaksakan untuk dapat meluangkan waktu kita untuk menulis, kemampuan untuk menyampaikan ide/gagasan, pengalaman kita, apa yang ada dalam pikiran kita, semua harus dimulai dengan semangat bahwa kita sedang memulai membuat sejarah kita dalam bentuk tulisan yang kita buat. Mengawali memang sulit, berat, tapi itulah tantangan bagi seorang guru untuk dapat memulai menulis. Lambat laun, jika kita terus konsisten menulis, maka kita akan merasakan bahwa menulis itu mudah. Seringnya berlatih, dan harus ada yang memotivasi guru, maka tersusunlah karya-karya guru yang ternyata dapat kita nikmati tulisan mereka sebagai hiburan, dan sebagai bagian dari gerakan literasi di sekolah. Dalam buku ini, kita dapat membaca berbagai pengalaman guru, yang dapat menghibur kita di sela-sela waktu luang kita. Para pembaca yang budiman, dan para guru di sekolah, buku ini penting bagi sekolah dan para guru karena dari buku ini pembaca akan dapatkan motivasi, dan semangat baru , bahwa kita semua pasti dapat menulis, selama ada niat, kemauan dan usaha yang sungguh-sungguh. Selamat Membaca dan berkarya. Semoga sukses.

Setiap anak, memiliki permasalahan yang berbeda, kita sebagai guru terkadang memang harus mau mendengarkan permasalahan mereka, sebab tidak semua siswa bisa menceritakan permasalahannya pada semua guru. Kadang permasalahan bisa ...

Modul Profesionalisasi Guru PAUD

Buku Materi Ajar (BMA) PAUDP17116 Profesionalisasi Guru PAUD ini mendiskusikan ciri-ciri dan status profesi PAUD; kode etik profesi guru; ciri-ciri professional pendidik PAUD; tela’ah permasalahan dan upaya pengembangan profesi anak usia dini; konsep dan jenis-jenis kompetensi guru pendidik PAUD; menata lingkungan belajar dan keterampilan fisik AUD; peningkatkan keterrampilan sosial dan komunikasi AUD; pembangunan konsep diri positif dan memberikan bimbingan pada AUD; keterampilan alam meningkatkan keterlibatan keluarga dan mengelola program.

Permasalahan guru yaitu salah satu masalah pendidikan yang harus mendapatkan perhatian besar. Guru memiliki peran yang sangat penting dalam proses pembelajaran. Peran seorang guru yaitu baik sebagai pendidik, model, pengajar, ...

Pers mahasiswa dan permasalahan operasionalisasinya

The Indonesian student press.

begitu banyak peristiwa yang terjadi dan pernyataan yang dibuat para pakar di lingkungan kampus , mulai dari seminar mahasiswa , lokakarya para ahli , kegiatan pengabdian pada masyarakat , promosi doktor sampai pengukuhan guru besar .

In-service Teacher Education in Punjab

This is all the more true of education where philosophies and technics are continuously undergoing a change . ... may be quite clear difficulties in distinguishing bet- ween the personal and professional education of serving teachers .

Keterampilan Dasar Mengajar Guru Era New Normal

Diandra Kreatif

Pandemi Covid-19 membuat perubahan dalam setiap sendir kehidupan, termasuk pendidikan. Era new normal menjadikan semua orang memiliki kebiasaan baru untuk meminimalisasi dampak Covid-19 tersebut. Kebiasaan baru juga mesti dimiliki oleh seorang guru. Keterampilan dasar mengajar mutlak diperlakukan guru agar pelaksanaan pembelajaran menjadi efektif. Era kenormalan baru, guru juga dituntut untuk mengubah cara mengajar mereka. Buku ini memberikan gambaran keterampilan dasar mengajar guru era new normal. Buku ini mengulas secara lengkap keterampilan dasar mengajar yang mesti dimiliki oleg guru. Dalam buku ini juga membahas tentang guru di era revolusi industri 4.0. Buku ini diharapkan memberikan manfaat kepada dosen, guru, mahasiswa, dan praktisi pendidikan lainnya dalam melihat keterampilan dasar mengajar guru serta pembelajaran di era new normal.

Era kenormalan baru, guru juga dituntut untuk mengubah cara mengajar mereka. Buku ini memberikan gambaran keterampilan dasar mengajar guru era new normal.

Pesan dari murid untuk guru

siapapun bisa melakukan kesalahan : Indonesia sudah merdeka sejak lama, namun sekolahku belum mengetahui hal itu

School life in Indonesia.

Apakah guru adalah profesi yang sangat sia - sia ? Tentu banyak guru yang membantahnya . Dengan segala macam kemampuan bersilat lidah , guru mengatasnamakan diri sebagai Pahlawan Tanpa Tanda Jasa , padahal yang ada adalah manusia bi- ...

MENJADI GURU PROFESSIONAL

Studi tentang Budaya Organisasi, Kepemimpinan, dan Kinerja Guru di Zaman Milenial

Buku ini ditulis secara serius dengan tujuan untuk memberikan kebaruan pada prespektif budaya organisasi, kepemimpinan, dan kepuasan kerja dalam mempengaruhi kinerja profesional guru yang memperhatikan aspek filofis dan kemajuan zaman. Buku ini tidak hanya menampilkan paradigma guru dalam logika berfikir yang normatif. Tetapi, menawarkan cara pandang baru menjadi guru profesional di sekolah dan ruang kelas. Penulis bermaksud untuk menarasikan kepada pembaca bahwa kinerja profesionalisme guru melekat tidak secara otomatis. Tetapi, ia merupakan proses sosial panjang yang dipengaruhi oleh berbagai faktor penting yaitu, budaya organisasi, pola kepemimpinan dan kepuasan kerja yang ada di lingkungan sekolah. Ketiga aspek ini berkelindan dalam membentuk guru profesional di zaman milenial.

Ketiga topik kajian tersebut merupakan aspek penting dalam membentuk kinerja profesional guru hinga saat ini, terutama dalam kajian hasil penelitian disertasi penulis yang sudah dinarasikan ke dalam isi buku ini.

Education Policy Analysis 2004

This 2004 edition of Education Policy Analysis includes articles on the role of non-university institutions in tertiary education; gaining returns from investments in ICT; the challenges lifelong learning poses for schools; and taxes and lifelong learning.

Archbald, D. (2001), “Information Technology and the Goals of Standards-based Instruction: Advances and Continuing Challenges”, Education Policy Analysis Archives, Vol. 9, No. 48, http://epaa.asu.edu/epaa/v9n48/ BECTA (British ...

Michel Foucault and Education Policy Analysis

The work of Michel Foucault has become a major resource for educational researchers seeking to understand how education makes us what we are. In this book, a group of contributors explore how Foucault’s work is used in a variety of ways to explore the ‘hows’ and ‘whos’ of education policy – its technologies and its subjectivities, its oppressions and its freedoms. The book takes full advantage of the opportunities for creativity that Foucault’s ideas and methods offer to researchers in deploying genealogy, discourse, and subjectivation as analytic devices. The collection as a whole works to makes us aware that we are freer than we think! This book was originally published as a special issue of the Journal of Education Policy.

His main areas of interest are in sociologically informed education policy analysis and the relationships between education, education policy, and social class. He has published over 140 journal articles and written 20 books, ...