Sebanyak 100 item atau buku ditemukan

Pengantar Metodologi Ilmu Sosial Kritis Jurgen Habermas

Buku yang mengulas teori kritik sosial masyarakat secara keseluruhan cukup banyak. Meski demikian, tidak sedikit mahasiswa yang merasa kesulitan dalam menangkap gagasan dan pesan teori kritik, khususnya pikiran-pikiran Habermas, lebih spesifik lagi menyangkut gagasan “metodologi teori kritiknya”. Komentar atas gagasan pemikiran Jurgen Habermas cukup banyak, dari spektrum ide yang positif hingga spektrum pemikiran yang negatif. Spektrum positif menganggap gagasannya bermanfaat untuk transformasi masyarakat, tetapi dari spektrum pemikiran yang negatif tidak sedikit yang menganggap idenya lebih banyak mendorong ke arah “utopia”, bahkan penuh nuansa represif dan kolonialistis, terutama dibandingkan dengan pikiran-pikiran kritis lainnya. Di samping itu, ada juga yang terinspirasi dari teori kritik generasi pertama, yang mengatakan teori kritik tidak lain ialah teori yang mengajarkan bagaimana melakukan kritik sistem, kritik ideologi, kekuasaan, meskipun kritik semacam ini bisa saja dipakai sebagai “senjata halus” untuk masuk menjadi bagian dari sistem apa pun yang kita kritik. Pendek kata, dalam kaitannya dengan dunia ilmu pengetahuan, berbagai tesis pemikiran boleh ditampilkan sebagai objek “discourse” yang terbuka sehingga siapa pun sebagai anggota “komunitas gagasan” sewajarnya tak apriori dalam menelaah seberapa jauh tesis-tesis yang berseliweran di seputar teori kritik itu bisa dipertanggungjawabkan. Buku ini, tak terkecuali, pada akhirnya ialah kumpulan ide yang terbuka sehingga pembaca dapat meresponsnya dengan berbagai macam mode pemikiran. Selain itu, buku ini dimaksudkan untuk membantu khalayak luas untuk memperkaya cakrawala pemikiran ilmu sosialnya. [UGM Press, UGM, Gadjah Mada University Press]

Buku yang mengulas teori kritik sosial masyarakat secara keseluruhan cukup banyak.

METODOLOGI PENELITIAN KUALITATIF, KUANTITATIF, ACTION RESEARCH, RESEARCH AND DEVELOPMENT (R n D).

DAFTAR ISI BAB 1 PENDAHULUAN. 4 KONSEP-KONSEP DASAR PENELITIAN. 4 A. Pengetahuan (Knowledge) 4 B. Pengertian Penelitian. 7 C. Sikap dan Cara Berpikir Peneliti 8 C. Tujuan Penelitian. 9 D. Fungsi Penelitian. 12 E. Jenis-Jenis Penelitian. 13 F. Unsur-unsur Penelitian. 20 BAB 2 METODOLOGI PENELITIAN KUALITATIF. 27 A. Definisi kualitatif 27 B. Karakteristik Penelitian Kualitatif 29 C. Desain Penelitian Kualitatif 32 D. Tahap Penelitian Kualitatif 34 E. Instrumen Penelitian. 37 F. Metode Penelitian. 47 G. Teknik Analisis Data Kualitatif 51 BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN KUANTITATIF. 58 A. Definisi Penelitian Kuantitatif 58 B. Karakteristik Penelitian Kuantitatif 59 C. Tahapan Penelitian Kuantitatif 60 D. Desain Penelitian Kuantitatif 61 E. Instrument Penelitian Kuantitatif 63 F. Metode Penelitian Kuantitatif 64 G. Analisis Data Penelitian Kuantitatif 66 BAB 4 METODOLOGI PENELITIAN ACTION RESEARCH. 69 A. Defenisi Action Research. 69 B. Tujuan Dan Ciri-Ciri Penelitian Action Research. 70 C. Karakteristik Penelitian Action Research. 71 D. Desain Penelitian Action Research. 72 E. Tahapan-tahapan Penelitian Action Research. 73 F. Metode Penelitian Action Research. 74 G. Analisis Data Penelitian Action Research. 75 H. Penyajian Hasil Penelitian Action Research. 76 BAB 5 METODOLOGI PENELITIAN RESEARCH & DEVELOPMENT (R&D) 78 A. Pengertian Penelitian R&D.. 78 B. Karakteristik Penelitian R&D.. 80 C. Desain Penelitian R&D.. 81 D. Tahap Penelitian R&D.. 82 E. Langkah-Langkah Penelitian R&D.. 88 F. Instrumen Penelitian R&D.. 89 G. Metode Penelitian R&D.. 91 H. Analisis Penelitian R&D.. 92 BAB 6 LATAR BELAKANG.. 95 A. Cara Membuat Latar Belakang. 95 BAB 7 RUMUSAN MASALAH. 98 A. Cara Membuat Rumusan Masalah. 98 BAB 8 KERANGKA TEORI 100 A. Cara Membuat Kerangka Teori 100 B. Cara Membuat Kerangka Konsep. 103 C. Cara Kerja Kerangka Teori 105 BAB 9 KESIMPULAN. 106 A. Cara Membuat Kesimpulan. 106 B. Tujuan dan manfaat kesimpulan. 107 BAB 10 DAFTAR PUSTAKA & CATATAN KAKI 109 A. Cara Membuat Daftar Pustaka. 109 B. Cara Membuat Catatan Kaki 110 C. Aturan Penulisan Footnote (Catatan Kaki) 113 DAFTAR PUSTAKA 11

9 12 13 20 F. Unsur-unsur Penelitian ................................................................ BAB 2 METODOLOGI PENELITIAN KUALITATIF ....................... 27 A. Definisi kualitatif .

CALL FOR BOOK TEMA 2 (STRATEGI PEMBELAJARAN)

Buku ini merupakan hasil karya yang dapat dijadikan sumber belajar dan referensi sebagai dasar dalam melakukan pembelajaran. Buku ini diharapkan dapat memberikan kontribusi pada pengembangan ilmu pengetahuan di bidang akademisi sehingga menjadi buku yang signifikan. Untuk memudahkan pembaca dalam memahaminya, editor menyusun buku ini dalam beberapa bagian bab. Dengan adanya buku ini, diharapkan dapat membantu dalam memperluas dan memperdalam pengetahuan mereka untuk melakukan pengkajian pada bidang ilmu yang diperlukan.

Buku ini merupakan hasil karya yang dapat dijadikan sumber belajar dan referensi sebagai dasar dalam melakukan pembelajaran.

Dialog interaktif Indonesia bersatu di lembaga penyiaran publik Radio Republik Indonesia

Socioeconomic conditions in Indonesia; transcripts of dialog program broadcasted by Radio Republik Indonesia.

Socioeconomic conditions in Indonesia; transcripts of dialog program broadcasted by Radio Republik Indonesia.

Teori Akuntansi Berdasarkan Pendekatan Syariah

Praktik akuntansi di sebuah negara dikembangkan secara sengaja untuk mencapai tujuan sosial tertentu. Di Indonesia, perkembangan praktik akuntansi diwarnai oleh praktik akuntansi yang berdasarkan pada nilai islam, yang dikenal sebagai akuntansi syariah. Konsep syariah dalam akuntansi merupakan refleksi dari ajaran islam yang menyentuh seluruh aspek kehidupan manusia, termasuk dalam konsep ekonomi, dan akuntansi. Perkembangan akuntansi syariah merupakan bagian dari dinamika perkembangan teori akuntansi sesuai dengan kondisi sosial masyarakat indonesia yang sebagian besar adalah penduduk yang beragama islam. Konsekuensi logis dari kondisi sosial ini adalah kesediaan pemerintah untuk mengakomodir konsep akuntansi yang sesuai dengan kondisi masyarakat islam, yaitu konsep akuntansi dilihat dari sudut pandang islami. Praktik akuntansi syariah di Indonesia telah berkembang pesat, dan mendapat respon yang positif dari masyarakat dan pemerintah. Salah satu respon dari pemerintah adalah adanya standar yang menjadi guidance bagi lembaga keuangan syariah. Di balik praktik akuntansi yang telah berkembang saat ini, baik akuntansi secara konvensional maupun syariah sebenarnya ada gagasan yang mendasari praktik-praktik tersebut berupa asumsi-asumsi dasar, konsep, penjelasan, deskripsi, dan penalaran yang membentuk bidang pengetahuan teori akuntansi (suwardjono, 2005). Oleh karena itu perlu penjelasan lebih mengenai berbagai asumsi-asumsi dasar yang mendasari praktik akuntansi syariah di Indonesia. Untuk memahami dan menjelaskan praktik akuntansi syariah yang diterapkan Indonesia, diperlukan teori akuntansi yang menggunakan pendekatan akuntansi syariah. Gagasan yang melandasi praktik akuntansi syariah sangat berbeda dengan gagasan yang mendasari praktik akuntansi konvensional, sehingga perlu penjelasan mengenai mengapa praktik akuntansi syariah di indonesia berjalan seperti sekarang ini, bagaimana perlakuan-perlakuan terhadap aset, utang, dan kewajiban secara syariah, dan adakah model-model alternatif sebagai jawaban atas masalah-masalah yang muncul dalam praktik akuntansi syariah .

akuntansi yang menjadi acuan bagi lembaga keuangan syariah dalam praktik akuntansi syariah. Salah satu standar akuntansi syariah yang pertama kali muncul di Indonesia adalah Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan Perbankan Syariah yang ...

Akuntansi Dasar Buku Pintar Untuk Pemula

Buku Akuntansi Dasar (Buku Pintar Untuk Pemula) ini kami terbitkan dengan mempertimbangkan kebutuhan pelajar maupun mahasiswa sesuai kurikulum yang dapat menambah ilmu pengetahuan dan membuka wawasan mereka dalam belajar akuntansi dasar, serta mempertimbangkan kebutuhan masyarakat umum terutama karyawan bagian keuangan yang ingin memahami akuntansi secara mendasar.

Buku Akuntansi Dasar Buku Pintar Untuk Pemula ini diterbitkan oleh penerbit deepublish dan tersedia juga versi cetaknya.

Pembelajaran Mikro

Pembelajaran mikro pertama kali ada pada tahun 1963 di Amerika guna mempersiapkan para calon guru agar memiliki kemampuan mengajar yang baik dan profesional. Dengan pembelajaran mikro diharapkan para calon guru mampu menguasai keterampilan dasar mengajar sebagai bekal mereka dalam praktek mengajar sesungguhnya. Akan tetapi pada perkembangannya, pembelajaran mikro tidak hanya dipraktekan oleh para calon guru saja, melainkan dapat dipergunakan oleh para guru yang telah mengajar disekolah sebagai sarana untuk memberikan penguatan kompetensi serta sarana untuk mengujicobakan berbagai metode, pendekatan, teknik serta strategi belajar mengajar yang dimiliki oleh para guru. Dengan demikian, dengan adanya buku ajar pembelajaran mikro ini dapat mengoptimalkan pemahaman mahasiswa terhadap mata kuliah yang diajarkan serta dijadikan sebagai acuan belajar dalam meningkatkan aktivitas dan kemampuan belajar mahasiswa.

Kegiatan roses dengan prosedur pembelajaran lancar Dalam sesuai dan
dengan Prosedur berhasil mikro, hakikat Pembelajaran agar baik, pembelajaran
dalam maka harus proses Mikro mikro mengikuti pelaksanaannya itu sendiri.