Sebanyak 38371 item atau buku ditemukan

Mudah Membuat Media Pembelajaran

Media pembelajaran diperlukan untuk meningkatkan mutu proses kegiatan belajar mengajar. Dengan menggunakan media pembelajaran yang tepat, pemahaman peserta didik pada materi pelajaran bisa ditingkatkan. Penggunaan media pembelajaran juga bisa menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, sehingga peserta didik selalu termotivasi. Penerbitan buku ini didorong oleh kenyataan masih banyaknya guru yang merasa kesulitan dalam membuat media pembelajaran. Buku “Mudah Membuat Media Pembelajaran” ini disusun berdasarkan pengalaman pribadi penulis pada saat mengikuti lomba-lomba media pembelajaran. Buku ini berisi tahapan dan contoh-contoh pembuatan media pembelajaran yang asyik untuk siswa. Ditulis dengan bahasa sederhana dan mudah dimengerti. Tahapan-tahapan yang sederhana sangat membantu untuk penyelesaian pembuatan media pembelajaran yang lengkap dengan catatan dan form-form yang diperlukan sehingga dengan media yang dibuat siap untuk digunakan.

Media pembelajaran diperlukan untuk meningkatkan mutu proses kegiatan belajar mengajar.

Media Pembelajaran

Komponen dalam pembelajaran meliputi kurikulum, guru, siswa, metode, materi, alat (media) serta evaluasi pembelajaran. Sinkronisasi antara komponen tersebut menciptakan proses pembelajaran terlaksana dengan baik dan mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Salah satu komponen penting pada proses pembelajaran adalah alat (media) pembelajaran. Seiiring berkembangnya dunia pendidikan, keberadaan media pembelajaran juga ikut berkembang. Keberadaan media pembelajaran pun semakin eksis dalam dunia pendidikan sejak diberlakukannya Kurikulum 2013. Dimana dijelaskan bahwa media pembelajaran diintegrasikan dengan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Hal ini dimaknai bahwa media pembelajaran yang diintegrasikan dengan TIK menjadi komponen penting dalam mencapai kompetensi yang diharapkan. Sebagai pendidik maupun calon pendidik, seyogianya wajib memahami media pembelajaran apa saja yang sesuai dengan perkembangan dunia pendidikan saat ini. Selain itu, pendidik dan calon pendidik juga seyogianya mampu untuk mendesain media pembelajaran yang sesuai dengan konten materi ajar yang akan diajarkan kepada siswa. Hal ini dikarenakan pendidik yang merupakan desainer, yang mengetahui runtut proses pembelajaran yang akan dilaksanakan. Proses pembelajaran akan sangat terbantu dengan kehadiran media pembelajaran. Buku Media Pembelajaran ini akan membahas: Hakikat Media dalam Pembelajaran, Klasifikasi Media Pembelajaran, Model-Model Pengembangan Media Pembelajaran, Teknik Pemilihan Media, Mendesain Media Pembelajaran, Teknik Pembuatan Media Berbasis Komputer, Penilaian Media Pembelajaran, serta Media Pembelajaran berbasis TIK.

Keberadaan media pembelajaran pun semakin eksis dalam dunia pendidikan sejak diberlakukannya Kurikulum 2013. Dimana dijelaskan bahwa media pembelajaran diintegrasikan dengan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

TEKNOLOGI DAN MEDIA PENDIDIKAN DALAM PEMBELAJARAN

Guru berperan penting dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan. Dalam hal ini guru harus mengajar dengan profesional, yang mampu menyuguhkan suatu pengajaran yang menarik. Artinya, guru harus mampu memilih metode pengajaran dan menentukan media dan sumber belajarnya. Dengan kemajuan teknologi sekarang, guru dituntut untuk lebih kreatif dalam menyampaikan materi pelajaran. Untuk itulah dibutuhkannya teknologi pendidikan. Tuntutan masyarakat yang makin besar terhadap pendidikan serta kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, membuat pendidikan tidak mungkin lagi dikelola hanya dengan melalui pola tradisional. Pemanfaatan teknologi pendidikan untuk kegiatan pendidikan itu sangat perlu. Dalam buku ini akan diuraikan pengertian teknologi pendidikan, konsep dasar teknologi pendidikan, aplikasi teknologi pendidikan, kegunaan teknologi Pendidikan dan Peningkatan Profesi Guru, sehingga dapat memudahkan pendidik dalam memahami dan memanfaatkan teknologi pendidikan.

Guru berperan penting dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan.

MEDIA PEMBELAJARAN

Hakikat,Pengembangan,Pemanfaatan,dan Penilaian

Sepengetahuan penulis, buku yang mengupas tentang media pembelajaran dan
diterbitkan dalam versi Bahasa ... sudah cukup lama tidak dilakukan
pembaharuan sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi
yang ada.

Pengembangan Media Pembelajaran

Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Problem Based Learning

Buku ini berisi tentang uji penelitian penggunaan media pembelaran multimedia interaktif di jenjang pendidikan Sekolah Dasar.Di dalam isi buku dibahas tuntas sampai habis tentang penggunaan multimedia dalam pembelajaran di Sekolah Dasar sehingaa cocok untuk panduan guru dalam mengajar di sekolah.

Buku ini berisi tentang uji penelitian penggunaan media pembelaran multimedia interaktif di jenjang pendidikan Sekolah Dasar.Di dalam isi buku dibahas tuntas sampai habis tentang penggunaan multimedia dalam pembelajaran di Sekolah Dasar ...

Pengembangan Media Pembelajaran

Konsep & Aplikasi Pengembangan Media Pembelajaran bagi Pendidik di Sekolah dan Masyrakat

Buku ini menguraikan secara ringkas dan memadai tentang pengertian, perkembangan, landasan teoretis, ciri-ciri, fungsi, peran, pemilihan dan penggunaan media pembelajaran. kajian ragam, taksonomi dan hierarki, komponen, karakteristik dan model dalam media. Selanjutnya dikaji media pembelajaran yang tengah menjadi tren pada saat ini berupa media komik pembelajaran, modul, media audio pembelajaran, video pembelajaran, media pembelajaran berbasis komputer, multimedia dalam pembelajaran, model pembelajaran berbasis WEB (e-learning) dan WEBLOG Buku persembahan Penerbit PrenadaMediaGroup

Buku ini menguraikan secara ringkas dan memadai tentang pengertian, perkembangan, landasan teoretis, ciri-ciri, fungsi, peran, pemilihan dan penggunaan media pembelajaran. kajian ragam, taksonomi dan hierarki, komponen, karakteristik dan ...

Media dan Sumber Pembelajaran

Guru bukan satu-satunya sumber belajar lagi, akan tetapi dengan perkembangan teknologi digital di era informasi telah mempercepat proses informasi dan komunikasi. Berbegai bahan pembelajaran dapat tersimpan dalam file elektronik dalam jumlah tak berhingga, terunggah dalam sistem online yang sangat canggih. Mengingat pentingnya fenomena ini, maka buku ini menawarkan pembahasan tentang media sebagai alat bantu pembelajaran dan sumber-sumber pembelajaran. Materi pokok yang disajikan di dalam buku ini adalah (1) Hakikat Media Pembelajaran; (2) Media Non Proyeksi; (3) Media Proyeksi; (4) Fotografi; (5) Sumber Belajar; dan (6) Sumber Belajar Abad ke-21. Dengan demikian buku ini diharapkan dapat memberikan pembelajaran bagi pemba-canya terkait dengan bidang media sebagai alat bantu pembelajaran dan berbagai sumber belajar yang berkembang sangat cepat di era digital ini. Pembaca dapat memperluas nuansa dan tawasan pembaca terkait dengan media pendidikan dan sumber pembelajaran yang dapat mendukung terselenggaranya proses pembelajaran yang efektif dan efisien, terutama bagi para praktisi pendidikan, seperti guru. dosen, dan para pendidik umumnya. Buku ini dapat juga dimanfaatkan oleh mahasiswa calon guru, terutama untuk membantu dalam merencanakan Rencana Persiapan Pembelajaran (RPP) dan kegiatan pembelajaran. Terutama untuk memilih alat bantu media pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan mated, metode dan tujuan pembelajaran.Ê *** Persembahan penerbit Kencana (PrenadaMedia)

Mengingat pentingnya fenomena ini, maka buku ini menawarkan pembahasan tentang media sebagai alat bantu pembelajaran dan sumber-sumber pembelajaran.