Sebanyak 38355 item atau buku ditemukan

Mutu Pendidikan dan Inovasi Pembelajaran

Buku ini bertolak dari dua hasil penelitian yang dilakukan di Kabupaten Kolaka Utara, Sulawesi Tenggara. Bagian pertama menyajikan hasil kajian terhadap manajemen peningkatan mutu pendidikan dan bagian kedua membahas ihwal inovasi pembelajaran muatan lokal berbasis kultural.

Bagian pertama menyajikan hasil kajian terhadap manajemen peningkatan mutu pendidikan dan bagian kedua membahas ihwal inovasi pembelajaran muatan lokal berbasis kultural.

PENDIDIKAN DAN PELATIHAN CALON KEPALA SEKOLAH UNTUK MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN

Buku dengan judul “Pendidikan Dan Pelatihan Calon Kepala Sekolah Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan” menjelaskan secara konsep strategi seleksi calon kepala sekolah di masa pandemi covid-19 terkait pendidikan dan pelatihan calon kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan. Permendiknas Nomor 28 Tahun 2010 telah mengatur pola seleksi calon kepala sekolah melaui proses rekrutmen serta pendidikan dan latihan (Diklat) Calon Kepala Sekolah/Madrasah. Tahapan-tahapan yang dilaksanakan dari proyeksi kebutuhan suatu instansi sekolah sampai dengan diangkat menjadi kepala sekolah membutuhkan proses yang panjang. Selama kegiatan berlangsung calon kepala sekolah akan mengikuti pelatihan 3 hari, selanjutkan adanya In Service Learning yang dilaksanakan selama 3 tahap di sekolah mitra.

Buku dengan judul “Pendidikan Dan Pelatihan Calon Kepala Sekolah Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan” menjelaskan secara konsep strategi seleksi calon kepala sekolah di masa pandemi covid-19 terkait pendidikan dan pelatihan calon kepala ...

Mutu Pendidikan Untuk Jenjang Sekolah Dasar

Metode Analisis Mutu Pakan

Di dalam usaha peternakan, biaya pakan dapat mencapai 70 % dari total biaya produksi. Oleh karena itu ransum yang disusun tidak hanya mampu menjaga kesehatan dan menghasilkan produksi sesuai kemampuan genetisnya, namun juga harga yang layak secara ekonomis. Di Indonesia, Direktorat Jenderal Peternakan telah menetapkan standar persyaratan mutu pakan ternak yang diperdagangkan di Indonesia dengan acuan dari Standar Nasional Indonesia (SNI) yang dikeluarkan oleh Badan Standardisasi Nasional (BSN). Salah satu persyaratan tersebut adalah dalam kandungan komposisi nutrien.Untuk menyusun ransum baik yang akan digunakan kepentingan pakan sendiri maupun komersial, diperlukan data besaran kandungan nutrien komponen bahan pakan, melalui analisis pakan di laboratorium. Pihak laboratorium yang melayani masyarakat, termasuk pelanggan internalnya, yaitu peneliti dan mahasiswa harus dapat menjamin bahwa hasil analisis yang dihasilkan telah dilakukan sesuai standar alat dan prosedur yang dapat dipertanggungjawabkan secara benar. Untuk kepentingan tersebut Buku Metode Analisis Mutu Pakan ini dipublikasikan. Di dalam buku disajikan secara runtun, mulai dari manajemen laboratorium yang harus memperhatikan keselamatan dan kesehatan kerja sehingga pengguna laboratorium merasa aman dan keselamatannya terjamin selama bekerja di laboratorium. Karena bahan kimia yang digunakan berpotensi menimbulkan kecelakaan dan peralatan yang mahal dapat menimbulkan risiko kerugian finansial. Kemudian dilanjutkan uraian tentang teknik pengambilan sampel pakan yang mampu mendapatkan sampel yang representatif. Kegiatan ini adalah hulu dari rangkaian proses analisis pakan. Tanpa sampel dalam jumlah kecil yang dapat mewikili kelompok pakannya, hasil analisis laboratorium akan tidak berarti. Curahan waktu, tenaga, pikiran dan dana untuk menganalisis sampel tersebut terbuang percuma. Untuk mengetahui komposisi pakan secara kuantitatif, sampel perlu direaksikan dengan sejumlah larutan standar. Hal ini disajikan dalam bab titrasi dan pembuatan larutan standar. Selanjutnya diakhiri dengan upaya untuk memenuhi kebutuhan nutrien pakan ternak yang ditentukan dengan metode standar, maka kandungan nutrien pakan harus ditentukan dengan prosedur yang standar pula. Buku ini sangat berguna sebagai acuan bagi para mahasiswa, dosen, laboran, peneliti yang bekerja di laboratorium analisis pakan dan masyakarat industri pakan ternak yang memanfaatkan jasa laboratorium. Disamping itu, buku ini juga berguna sebagai sarana sosialisasi kebijakan Direktorat Jenderal Peternakan dalam rangka peningkatan mutu pakan di Indonesia.

Untuk kepentingan tersebut Buku Metode Analisis Mutu Pakan ini dipublikasikan.

Budaya Mutu Wujudkan Sekolah Unggul

Kumpulan Praktik Baik Implementasi Sistem Penjaminan Mutu Di Satuan Pendidikan

Buku ini memuat 31 artikel praktik baik sekolah model penjaminan mutu pendidikan di satuan pendidikan sebagai gambaran implementasi SPMI menjadikan sekolah unggul. Setiap sekolah model mengangkat artikel satu topik keunggulan implementasi SPMI, walaupun dalam satu sekolah memiliki berbagai macam keunggulan. Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka pelaksanaan program penjaminan mutu sekolah yang dilaksanakan oleh LPMP D.I. Yogyakarta.

Buku ini memuat 31 artikel praktik baik sekolah model penjaminan mutu pendidikan di satuan pendidikan sebagai gambaran implementasi SPMI menjadikan sekolah unggul.

Pengendalian Mutu Laboratorium Medis

“Buku Pengendalian Mutu Laboratorium Medis” ini disusun dengan harapan menjadi salah satu referensi untuk meningkatkan kapasitas Ahli Teknologi Laboratorium Medis dan mahasiswa program studi Analis Kesehatan di Indonesia. Ruang lingkup dalam buku ini meliputi system manajemen mutu laboratorium, perawatan dan pemeliharaan alat laboratorium, GLP dan pemantapan mutu di laboratorium, bakteriologi, imunoserologi, hematologi, urinalisa dan kimia klinik. Buku Pengendalian mutu laboratorium medis ini diterbitkan oleh penerbit deepublish dan tersedia juga versi cetaknya.

Buku Pengendalian Mutu Laboratorium Medis Buku Ilmu Kesehatan ini berjudul Pengendalian Mutu Laboratorium Medis yang merupakan karya dari penulis Agus Joko Praptomo.

Model Self Assessment Mutu Pendidikan Keperawatan; Strategi Kinerja Organisasi Excellence

Buku Self Assessment Peningkatan Mutu Pendidikan Keperawatan merupakan buku yang disajikan untuk memenuhi kebutuhan dan tuntutan perkembangan Pendidikan Keperawatan khususnya dan Institusi Pendidikan pada umumnya, dalam membangun strategi organisasi untuk mencapai kinerja yang excellence. Buku ini diperuntukan untuk pengelola, dosen SI keperawatan, mahasiswa S2 Keperawatan dan pemerhati dibidang keperawatan yang ingin mempelajari model peningkatan mutu pendidikan melalui self assessment mutu. Beberapa komponen model yang akan dipelajari, diantaranya kepemimpinan, perencanaan strategis, fokus pelanggan, fokus sumber daya manusia dan fokus manajemen proses dalam pendidikan keperawatan.

Buku Self Assessment Peningkatan Mutu Pendidikan Keperawatan merupakan buku yang disajikan untuk memenuhi kebutuhan dan tuntutan perkembangan Pendidikan Keperawatan khususnya dan Institusi Pendidikan pada umumnya, dalam membangun strategi ...

Kepemimpinan Kepala Sekolah (Konsep dan Strategis dalam Peningkatan Mutu Pendidikan)

Kepala sekolah sebagai leader atau pemimpin merupakan figur yang diharuskan memiliki kemampuan manajemen sistem dalam mengelola dan mengembakan mutu pendidikan pada tingkat satuan pendidikan yang dipimpinnya. Seorang kepala sekolah harus mampu memberikan petunjuk dan kepengawasan, meningkatkan mutu pendidikan, membuka komunikasi dan mendelegasikan tugas. Kepala sekolah sebagai leader atau pemimpin memiliki kepribadian yang kuat, memahami kondisi anak buah dengan baik, memiliki visi dan memahami misi sekolah, memiliki kemampuan mengambil keputusan, dan memiliki kemampuan berkomunikasi. Pada dasarnya tugas utama pemimpin adalah membangun budaya kerja yang mendukung mencapai tujuan lembaga sekolah. Oleh karena itu kepala sekolah sebagai pemimpin perlu memiliki kemampuan untuk mengembangkan kapasitasnya agar dapat memberdayakan seluruh komponen lembaga sekolah, sehingga tugas kepala sekolah sebagai pemimpin seperti mendorong dan memberikan motivasi kepada seluruh komponen lembaga sekolah untuk mencapai tujuan bukan membatasinya.

Kepala sekolah sebagai leader atau pemimpin merupakan figur yang diharuskan memiliki kemampuan manajemen sistem dalam mengelola dan mengembakan mutu pendidikan pada tingkat satuan pendidikan yang dipimpinnya.