Sebanyak 38355 item atau buku ditemukan

Pembelajaran Konstruktivistik PAI dan Budi Pekerti sebagai Implementasi Pendidikan Karakter

Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti merupakan idaman bagi setiap insan beriman. Banyak buku literatur yang menyajikannya, semua itu bertujuan sama, yakni bisa dipahami sebagai pedoman untuk mengamalkan ajaran agama Islam, yang meliputi: Al-Qur’an, Aqidah, Akhlaq, Syari’ah, dan Tarikh dalam kehidupan sehari-hari. Buku Pembelajaran Konstruktivistik PAI dan Budi Pekerti sebagai Implementasi Pendidikan Karakter, merupakan sebuah buku yang menekankan metode pembelajaran yang bersifat konstruktif/membangun. Jiwa siswa harus selalu aktif membangun pengetahuan dan pemahaman. Guru bukan sekedar memberi informasi ke pikiran anak, akan tetapi guru harus mendorong anak untuk mengeksplorasi dunia mereka, menemukan pengetahuan, merenung, dan berfikir kritis, baik yang menyangkut peningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT., berbuat baik kepada sesama manusia, dan makhluk lain sebagai ciptaan-Nya. Pembangunan jiwa inilah sebagai embrio yang akan melahirkan karakter insan beriman yang akan mewarnai semua aspek kehidupan secara baik dan benar.

Beberapa model pembelajaan yang didasarkan pada konstruktivistik adalah discovery learning, reception learning, assisted learning, active learning, the accelerated learning, quantum learning, dan contextual teaching and learning (CTL) ...

PAI Textbook of Paediatrics

The approaches include principles based on speech therapy, occupational therapy, sensory integration, behavior modification and special education. Various models of structured interventions exist including Early Start Denver Model ...

PAI Interdisipliner

Layanan Khusus CIBI, Kenakalan Remaja, Integrasi IMTAQ & IPTEK, Pendidikan Anti Kekerasan, dan Kurikulum berbasis Karakter

Proses pendidikan membutuhkan kesiapan semua pihak lembaga pendidikan terutama pihak internal lembaga pendidikan untuk dapat memberikan pelayanan yang relevan dengan kondisi peserta didiknya. Layanan khusus perlu disediakan bagi peserta didik yang berkebutuhan khusus, kenakalan remaja perlu dihadapi dengan strategi pembinaan yang tepat, dikotomi ilmu agama dan umum perlu diintegrasikan dalam pembelajaran sehingga tidak muncul pemahaman yang terpisah antara keduanya, kekerasan dalam pendidikan perlu dikendalikan sehingga tujuan pendidikan sesuai dengan ajaran Islam, begitupun kurikulum pendidikan pada lembaga pendidikan perlu diarahkan dan diatur agar dapat menumbuhkan karakter-karakter yang baik pada peserta didik. Buku ini, sangat tepat untuk dijadikan referensi bagi para guru dan para pimpinan lembaga pendidikan dalam rangka memberikan layanan yang sesuai dengan kebutuhan stakeholdersnya yang beranekaragam kebutuhannya agar tetap mendapatkan layanan pendidikan yang berorientasi menjadi manusia yang lebih baik di masanya yang akan datang. Buku PAI interdisipliner: layanan khusus cibi, kenakalan remaja, integrasi imtaq & iptek, pendidikan anti kekerasan, dan kurikulum berbasis karakter ini diterbitkan oleh penerbit deepublish dan tersedia juga versi cetaknya.

Sebagai model pelayanan, akselerasi dapat diartikan sebagai model layanan pembelajaran cara lompat kelas, misalnya bagi ... 4Dave Meier, The Accelerated Learning Hand Book, Panduan Kreatif Dan Efektif Merancang Program Pendidikan Dan ...

INOVASI PEMBELAJARAN PAI REORIENTASI TEORI APLIKATIF IMPLEMENTATIF

Sebuah inovasi keilmuan sangat dinantikan bagi penggerak perubahan, dikarenakan inovasi menjanjikan kemajuan, mempertahankan eksistensi dan meningkatkan daya saing di tingkat global. Sebaliknya inovasi juga merupakan musuh terbesar bagi para penyanjung masa lalu sebab selama ini telah merasa dalam zona nyaman serta seolah pembaharuan hanya akan menghadirkan ancaman bagi bangunan keilmuan yang telah berdiri kokoh. Dengan demikian, buku Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Reorientasi Teori yang Aplikatif berikut dengan contoh yang Implementatif ini dihadirkan untuk menengahi antar kubu, baik kubu pro inovasi maupun kubu yang kontra akan inovasi. Karena sejatinya sebuah inovasi merupakan upaya mempertahankan kematangan ilmu Pendidikan Agama Islam (PAI) sekaligus mengembangkannya agar tetap mampu beradaptasi di tengah-tengah samudra ilmu Pendidikan yang dinamis. Buku ini menghadirkan hasil analisis inovatif dan holistik terhadap pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Sedangkan cakupan buku ini pada bagian Pertama, Tantangan dunia pendidikan dan implikasinya terhadap pengembangan inovasi, Strategi Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran PAI, Kedua, Proses Inovasi Pendidikan dan pembeajaran PAI (Difusi dan Diseminasi inovasi, proses keputusan inovasi, Proses Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran PAI, Ketiga, Inovasi Paradigma Dan kelembagaan pendidikan Islam, Keempat, Model-Model Inovasi pengembangan Kurikulum PAI, Kelima, Inovasi pengembangan Strategi Pembelajaran PAI, Keenam, Inovasi Pengembangan Model Pembelajaran PAI, Ketujuh, Inovasi pengembangan pendekatan Pembelajaran PAI, Kedelapan, Inovasi Pengembangan Metode Pembelajaran PAI, Kesembilan, Inovasi Pengembangan Teknik Pembelajaran PAI, Kesepuluh, Inovasi Pengembangan Silabus, RPP, Bahan Ajar dan Media Pembelajaran Integrasi Akhlak Mulia. Kesebelas, Inovasi pengembangan evaluasi/ penilaian pendidikan dan pembelajaran PAI. Keduabelas, Model-Model Inovasi Pengembangan Lingkungan Belajar PAI. Dan Ketigabelas Inovasi Pengendalian mutu pembelajaran PAI.

J.W. Cresswell, Research: Planning, Conductioning, and Evaluating Quantitative and Qualitativve Research, New York: Pearson Merril Prentice Hall, 2012 Jones, L. What Does Spirituality in Education Mean ? What Does Spirituality in ...

Perjuangan Meraih Award Kompetisi Digital Madrasah dan PAI

Guru adalah salah satu komponen penting dalam dunia pendidikan. Guru merupakan motivator dan inovator sekaligus inspirator bagi lingkungannya tempat mengajar maupun siswanya. Dalam kondisi pandemi ini, para guru dan penulis ini memberikan inspirasi kepada kita bahwa meski dalam keadaan sesulit apapun, harus tetap berkarya. Manusia tentu tidaklah selamanya ada di dunia ini, hanya saja namanya akan tetap hidup abadi ke generasi selanjutnya lewat karya-karyanya yang bermanfaat dan penuh inspirasi. Harimau mati meninggalkan belang, Gajah mati meninggalkan gading. Bagaimana dengan kita? Kita mati meninggalkan apa? Itu adalah ungkapan yang sering kita dengar. Ungkapan itu bukan hanya sekedar ungkapan tapi perlu kita renungkan dan kita kaji. Apa yang dapat kita tinggalkan setelah kita tidak ada. Sebagai orang yang berilmu tentu saja kita akan meninggalkan sebuah karya yang dapat dijadikan kenangan bahwa kita itu ada dengan hasil karyanya. Karya apa yang dapat dijadikan kenangan? Tentu saja diantaranya yaitu tulisan, video, dan lain-lain. Karya abadi yang tidak akan habis oleh masa dan hilang oleh waktu. Tulisan itu sebagai bukti bahwa kita pernah berkarya. Tulisan yang kita tuangkan akan jadi bahan bacaan yang sangat bermanfaat bagi siapapun yang membacanya. Bacaan yang bermakna dan bermanfaat yang dihasilkan oleh para guru Kabupaten Cilacap berupa buku. Buku itulah yang membuktikan kita sudah meninggalkan karya yang dapat dijadikan kebanggaan. Tulisan hasil karya para guru di Cilacap ini menjadi bukti bahwa guru madrasah dan Pendidikan Agama Islam hebat dan kreatif. Hasil tulisan buku antologi Perjuangan Meraih Award ini adalah hasil nyata dari gerakan Guru Menulis. Selamat saya ucapkan bagi guru yang telah menghasilkan buku hasil karyanya. Alhamdulillah saya selaku Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Cilacap sangat bangga dengan hasil karya yang berupa buku ini. Mari hidupkan literasi di Kabupaten Cilacap dengan karya-karya guru.

Dengan pola pikir yang positif dapat membantu menerapkan model pembelajaran berbasis digital yang telah ... Ada yang menggunakan media Google Classroom, e-learning, Google Formulir, Quizz, dan ada yang lebih keren lagi pakai Google Meet ...

PAI

Poverty Alleviation Initiatives

... and in providing opportunities to increase local self - reliance . f ) it can serve as a model for rural community based ... and to assist in its replication . c ) it serves as a learning laboratory for school children teaching both ...

The Significance of Ch'i Pai-shih's Art

Learning from copying prior artists ' works is a traditional way of learning Chinese painting , because the ... the skills of earlier models , but consciously abandoned them to develop his own style , which enabled him in seizing the ...

Ch'i Pai-shih's Paintings

He taught himself epigraphy , that field of learning most ... then his extensive exposure to models of ancient masters , but even more immediately his acknowledged imitation of - his learning fromhis close predecessors and near ...

Brice - Ch'i Pai-Shih

Learning of Wilkinson's opposition , Burr fled toward Mobile , Ala . , leaving his force to be placed under detention . ... Burr's Conspiracy For at least a year prior to this , Burr had been making plans to recoup in the West some of ...

Ch'ü Ch'iu'Pai and the Origins of Marxist Literary Criticism in China

... and fellow students , and his weekly essays written in Chinese were praised as models for the other students . ... In addition to his " modern learning " studies at the Institute Ch'ü spent long hours late at night continuing his ...