Sebanyak 38352 item atau buku ditemukan

Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam

Evaluasi Pendidikan perspektif Islam merupakan suatu proses dan tindakan yang terencana berbasis Islam untuk mengumpulkan informasi tentang kemajuan, pertumbuhan dan perkembangan (peserta didik) terhadap tujuan (pendidikan), sehingga dapat disusun penilaiannya yang dapat dijadikan dasar untuk membuat keputusan. Prinsip-prinsip evaluasi pendidikan perspektif Islam meliputi mengacu pada tujuan, dilaksanakan secara obyektif, bersifat komprehensif atau menyeluruh dan dilaksanakan secara terus menerus atau kontinu (istiqomah). Secara umum tujuan dan fungsi evaluasi pendidikan perspektif Islam untuk: menguji, mengetahui, mengklasifikasi, mengukur, perbaikan, memberikan tabsyir (berita gembira) dan ‘iqab/nadir (siksa/kabar buruk). Dalam al-Qur’an istilah evaluasi tidak dijumpai persamaan kata yang pasti, tetapi ada kata-kata tertentu yang mengarah kepada arti evaluasi, seeperti al-balā’, al-ḥisāb, al-ḥukm, dan al-qaḍā. Prinsip-prinsip evaluasi dalam al-Qur’an mengacu pada tujuan, kontinuitas, totalitas, dan objektifi tas. Artinya, evaluasi harus dilakukan secara sistematis, berkesinambungan, dan terencana. Evaluasi merupakan salah satu bagian penting dalam sebuah sistem pendidikan Islam. Sebab, ia dijadikan sebagai instumen untuk menilai serta mengukur keberhasilan proses pendidikan tersebut. Kesuksesan suatu pendidikan dapat dilihat dari model evaluasi hasil belajar yang telah ditentukan sesuai standar kurikulum yang berlaku. Dengan demikian, ketepatan memilih model evaluasi hasil belajar mempengaruhi peningkatan mutu pendidikan itu sendiri.

Evaluasi Pendidikan perspektif Islam merupakan suatu proses dan tindakan yang terencana berbasis Islam untuk mengumpulkan informasi tentang kemajuan, pertumbuhan dan perkembangan (peserta didik) terhadap tujuan (pendidikan), sehingga dapat ...

Teknik Evaluasi Pembelajaran

Kata evaluasi berasal dari bahasa inggris evaluation yang mengandung kata dasar value "nilai". Kata value atau nilai dalam istilah evaluasi berkaitan dengan keyakinan bahwa sesuatu hal itu baik atau buruk, benar atau salah, kuat atau lemah, cukup atau belum cukup, dan sebagainya. Evaluasi dapat diartikan sebagai suatu proses mempertimbangkan suatu hal atau gejala dengan mempergunakan patokan-patokan tertentu yang bersifat kualitatif, misalnya baik-tidak baik, kuat lemah, memadai-tidak memadai, tinggi rendah, dan sebagainya. Suchman memandang evaluasi sebagai sebuah proses menentukan hasil yang telah dicapai beberapa kegiatan yang direncanakan untuk mendukung tercapainya tujuan. Sedangkan Worthen dan Sanders mengemukakan bahwa evaluasi adalah kegiatan mencari sesuatu yang berharga tentang sesuatu: dalam pencarian tersebut, juga termasuk mencari informasi yang bermanfaat dalam menilai keberadaan suatu program, produksi, prosedur, serta alternatif strategi yang diajukan untuk mencapai tujuan yang sudah ditentukan.

Buku Teknik Evaluasi Pembelajaran ini diterbitkan oleh penerbit deepublish dan tersedia juga versi cetaknya.

Panduan Belajar dan evaluasi IPS

Kegiatan pembelajaran dan evaluasi adalah dua hal yang saling terkait. Materi-
materi pelajaran yang disampaikan dalam kegiatan belajar dievaluasi melalui
serangkaian proses yang saling berhubungan. Jika kegiatan pembelajaran ...

Panduan Belajar Dan Evaluasi Matematika: Untuk SD Dan MI Kelas 6

KATA PENGANTAR Kegiatan pembelajaran dan evaluasi adalah dua hal yang
saling terkait. Materi-materi pelajaran yang disampaikan dalam kegiatan belajar
dievaluasi melalui serangkaian proses yang saling berhubungan. Jika kegiatan ...

Evaluasi pembelajaran

prinsip, teknik, prosedur : standar penilaian menurut BSNP, model evaluasi, instrumen evaluasi, penilaian berbasis kelas, penilaian portofolio, analisis kualitas tes refleksi pelaksanaan evaluasi

Evaluasi Pembelajaran Biologi

Buku ini disusun dengan tujuan sebagai referensi bagi mahasiswa calon guru biologi, bagi guru biologi, pemerhati pembelajaran biologi, dan juga bagi guru berbagai bidang untuk memperkuat bagaimana melakukan proses penilaian, pengukuran, dan pelaporan hasil belajar peserta didik. Buku ini telah dilengkapi contoh-contoh soal latihan ke arah pembelajaran biologi, namun tidak menutup kemungkinan dapat digunakan oleh guru berbagai bidang sebagai referensi dan sebagai pembanding.

Buku ini disusun dengan tujuan sebagai referensi bagi mahasiswa calon guru biologi, bagi guru biologi, pemerhati pembelajaran biologi, dan juga bagi guru berbagai bidang untuk memperkuat bagaimana melakukan proses penilaian, pengukuran, dan ...

Seri Panduan Belajar dan Evaluasi Fisika SMP/MTs Kelas IX

KATA PENGANTAR Kegiatan pembelajaran dan evaluasi adalah dua hal yang
saling terkait. Materi-materi pelajaran yang disampaikan dalam kegiatan belajar
dievaluasi melalui serangkaian proses yangsaling berhubungan. Jika kegiatan ...

Seri panduan belajar dan evaluasi biology untuk smp/mts kelas viii

Kegiatan pembelajaran dan evaluasi adalah dua hal yang saling terkait. Materi-
materi pelajaran yang disampaikan dalam kegiatan belajar dievaluasi melalui
serangkaian proses yangsaling berhubungan. Jika kegiatan pembelajaran ...

Seri Panduan Belajar Dan Evaluasi Biologi Untuk SMP/MTs Kelas VII

KATA PENGANTAR Kegiatan pembelajaran dan evaluasi adalah dua hal yang
saling terkait. Materi-materi pelajaran yang disampaikan dalam kegiatan belajar
dievaluasi melalui serangkaian proses yangsaling berhubungan. Jika kegiatan ...