Sebanyak 41484 item atau buku ditemukan

Pengembangan Model Pembelajaran Purana Berbasis Pemahaman Diri Untuk Meningkatkan Kecerdasan Spiritual

Sebuah model pembelajaran yang menarik, inovatif dan produktif diperlukan sebagai acuan dalam pengajaran Purana dan signifikansinya pada peserta didik. Ini bertujuan mendapatkan model pembelajaran konseptual yang memenuhi syarat validitas dan dapat diterapkan secara efektif dalam dunia pembelajaran Agama Hindu.

Sebuah model pembelajaran yang menarik, inovatif dan produktif diperlukan sebagai acuan dalam pengajaran Purana dan signifikansinya pada peserta didik.

Model pembelajaran inovatif dalam pengembangan hard skill dan soft skill matematis

Buku ini merupakan kumpulan hasil penelitian dari beberapa penulis yang mempunyai tema pengembangan kemampuan berpikir matematis (hard skill matematis) dan soft skill matematis yang sangat bermanfaat dalam pembelajaran matematika.

Buku ini merupakan kumpulan hasil penelitian dari beberapa penulis yang mempunyai tema pengembangan kemampuan berpikir matematis (hard skill matematis) dan soft skill matematis yang sangat bermanfaat dalam pembelajaran matematika.

Implementasi Praktis Sport Education Model

Buku ini ditujukan untuk menambah referensi dan kebaharuan yang dapat membantu peneliti, guru, mahasiswa, dan pembaca yang akan melakukan penelitian dan pengajaran yang berhubungan dengan pembelajaran pendidikan jasmani dengan menggunakan sport education cabang olahraga bola basket

Buku ini ditujukan untuk menambah referensi dan kebaharuan yang dapat membantu peneliti, guru, mahasiswa, dan pembaca yang akan melakukan penelitian dan pengajaran yang berhubungan dengan pembelajaran pendidikan jasmani dengan menggunakan ...

PEMBELAJARAN IPS

Model Cari Jodoh dengan Kartu Kwartet (Carjotet)

Pembelajaran IPS: Model Cari Jodoh dengan Kartu Kwartet (Carjotet) adalah buku yang disusun oleh Suharni, S.Pd yaitu seorang guru Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Buku ini berisi tentang model pembelajaran Mencari Jodoh dengan Kartu Kwartet yang merupakan pengembangan dari model pembelajaran Make a Match. Dikembangkan dengan konsep yang mudah dipahami untuk melatih dan memaksimalkan berpikir kritis juga penguatan karakter saling menghargai. Buku Pembelajaran IPS: Model Cari Jodoh dengan Kartu Kwartet (Carjotet) diterbitkan karena akhir-akhir ini pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) sering kali dianggap pelajaran yang membosankan. Melalui buku ini, penulis mencoba menghapus semua anggapan itu sehingga mata pelajaran IPS menjadi lebih menarik, aktif, kreatif, juga menyenangkan.

Pembelajaran IPS: Model Cari Jodoh dengan Kartu Kwartet (Carjotet) adalah buku yang disusun oleh Suharni, S.Pd yaitu seorang guru Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS).

Bunga Rampai Strategi, Proses, Evaluasi, dan Model Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) pada Era Pandemi Covid-19

Pelaksanaan pembelajaran jarak jauh yang dilakukan dengan menggunakan teknologi digital dan berbagai metode pembelajaran menyebabkan berbagai problematik dan berpotensi menghambat tercapainya kompetensi dan ketuntasan belajar siswa. Buku bunga rampai ini merupakan salah satu upaya untuk melihat serta menyelesaikan problematik di masyarakat khususnya pada Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) melalui gagasan ataupun pengalaman yang sudah diterapkan. Sehingga buku ini diharapkan dapat menjadi inspirasi khususnya untuk insan pendidikan di bidang Pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan agar pelaksanaan pembelajaran jarak jauh dapat terlaksana dengan baik. Pada buku ini juga memberikan gambaran terkait pelaksanaan pembelajaran PJOK yang dilihat dari empat (4) aspek utama yaitu, strategi, proses, evaluasi dan model pembelajaran PJOK utamanya selama masa Pandemi Covid-19. Gagasan dan pengalaman yang dituangkan pada masing-masing aspek sangat menarik dan relevan terhadap kegiatan pembelajaran jarak jauh di Pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan. Sehingga buku ini merupakan wujud nyata kolaborasi dari akademisi dan praktisi untuk memberikan manfaat pada pendidikan di Indonesia

Pelaksanaan pembelajaran jarak jauh yang dilakukan dengan menggunakan teknologi digital dan berbagai metode pembelajaran menyebabkan berbagai problematik dan berpotensi menghambat tercapainya kompetensi dan ketuntasan belajar siswa.

Model pembelajaran pendidikan karakter

panduan operasional untuk pembelajaran online dan dilengkapi contoh implementasi pada mapel PAI & BP

Dalam ajaran Islam, karakter adalah akhlak. Akhlak berasal dari bahasa Arab, yaitu kata al-khuluq. Akhlak dimaknai sebagai tingkah laku, perangai, budi pekerti, atau moral yang indikator baik buruknya berlandaskan pada ajaran agama. Berdasarkan hal tersebut, karakter sebagai akhlak adalah selama penekanan dan landasannya berpusat pada ajaran agama, khususnya ajaran Agama Islam. Sehingga, tujuan pendidikan karakter yaitu berupaya mewujudkan manusia yang berakhlak mulia, berupa akhlak kepada Allāh dan Rasul-Nya, akhlak kepada dirinya sendiri, akhlak kepada sesama manusia, dan akhlak kepada lingkungan sekitarnya. Hal ini menunjukkan bahwa pendidikan karakter seyogyanya dilakukan dengan pendekatan yang komprehensif, yaitu bukan hanya fokus pada pendekatan nalar, tetapi juga harus ada pendekatan hati dan latihan atau pembiasaan. Selain itu, pelaksanaan pendidikan karakter juga harus mampu menyesuaikan dengan situasi, kondisi, dan berbagai perkembangan yang mempengaruhi kehidupan manusia.

Aplikasi pembelajaran online merupakan bagian yang menentukan karakteristik dari suatu lingkungan pembelajaran. Setiap aplikasi memiliki dan membentuk karakteristik tertentu. Karakteristik tersebut akan mempengaruhi bagaimana interaksi ...

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Guru Ekonomi SMA

Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL)

Jenis penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Penelitian ini dilaksanakan dengan kolaborasi antara peneliti, dengan rekan guru yang bertindak sebagai Observer dan melibatkan partisipasi siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII SMA, yang berjumlah 33 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui kegiatan berupa: (a) observasi, (b) angket sederhana, (c) tes, dan (d) dokumentasi. Prosedur penelitian meliputi tahap: (a) perencanaan tindakan, (b) pelaksanaan tindakan, (c) observasi dan interpretasi, dan (d) analisis dan refleksi. Salah satu contoh Laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Ditulis Sebagai Salah Satu Persyaratan kenaikan pangkat golongan ruang dari III/C ke III/D jabatan fungsional guru SMA, khususnya Guru Ekonomi atau IPS. Anda bisa manfaatkan dokumen ini untuk menulis Laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) anda sendiri. Dokumen/pdf ini bisa di download dan dimanfaatkan oleh anda sepenuhnya diluar Google Play Book (tidak diproteksi) dan bisa di pindahkan (copy paste) kemana saja anda suka Bila anda butuh bimbingan dan lain-lain dalam hal penulisan Laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) anda sendiri, anda bisa kontak kami, nomor telepon dan lain-lain bisa anda lihat di halaman lampiran dari dokumen ini (halaman terakhir).

Jenis penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research).