Sebanyak 41840 item atau buku ditemukan

Pengantar Profesi Keguruan

Perbincangan masalah pendidikan seringkali dibarengi dengan argumentasi bahwa pentingnya perbaikan mutu profesi guru dalam proses pembelajaran. Kondisi ini dikarenakan posisi guru merupakan jabatan profesi yang memiliki peranan strategis dalam menentukan capaian keberhasilan dari proses pelaksanaan pendidikan. Berdasarkan konteks inilah, penyandang profesi guru diharuskan untuk memahami eksistensi dirinya secara konseptual sebagaimana penjabaran UUGD No. 14/2005, PP No. 74/2008/PP No. 19/2017 tentang Guru, maupun Permendiknas No. 16/2007 tentang Standar Kualifikasi dan Kompetensi Guru. Dengan adanya pemahaman yang memadai tentunya dapat menunjang aktivitas profesi guru secara profesional di tingkat satuan pendidikan. Buku Pengantar Profesi Guru ini mendeskripsikan gagasan konseptual tentang hakikat profesi guru, tugas dan tanggung jawab guru, standar kompetensi profesi guru, kualifikasi akademik profesi guru, dan bentuk pengembangan profesionalisme profesi guru. Selanjutnya dalam buku ini dipaparkan mengenai organisasi dan kode etik guru Indonesia ditinjau dari hasil Keputusan Kongres XXI PGRI No. VI/2013, yang dilanjutkan dengan pembahasan terkait pandangan etika profesi guru. Uraian buku diakhiri dengan lampiran Undang-Undang No. 14 Tahun 2005 dan Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2017 tentang Guru. Buku ini relevan dengan kebutuhan referensi mahasiswa S1 Fakultas Tarbiyah, Fakultas Ilmu Pendidikan, para pendidik (guru, dosen), dan para pemerhati pendidikan. Harapan penulis, dengan membaca buku ini dapat memberikan penguatan wawasan kepada calon guru dan para guru dalam meningkatkan profesionalisme. Kehadiran buku ini juga dapat menjadi pedoman praksis untuk memenuhi pengembangan profesionalisme kinerja bagi para guru di tingkat satuan pendidikan mulai dari TK/PAUD, SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/MA.

Perbincangan masalah pendidikan seringkali dibarengi dengan argumentasi bahwa pentingnya perbaikan mutu profesi guru dalam proses pembelajaran.

BUKU AJAR PROFESI KEPENDIDIKAN

Buku ini merupakan hasil pemahaman dan refleksi terhadap materi yang disampaikan dan semoga buku ini memberikan kontribusi positif dalam pengembangan profesi kependidikan.

Buku ini merupakan hasil pemahaman dan refleksi terhadap materi yang disampaikan dan semoga buku ini memberikan kontribusi positif dalam pengembangan profesi kependidikan.

Pengembangan Profesi Keguruan pada Era Revolusi Industri 4.0

Buku “Pengembangan Profesi Keguruan pada Era Revolusi Industri 4.0” yang ditulis oleh Novan Ardy Wiyani sangat cocok untuk dibaca para calon guru di masa mendatang, terutama bagi mahasiswa ilmu pendidikan yang tengah menempuh mata kuliah Pengembangan Profesi Keguruan. Sinopsis Buku Buku ini memberikan bekal pengetahuan dan pemahaman kepada para mahasiswa terkait dengan konsep-konsep pada profesi keguruan. Dengan bekal pengetahuan dan pemahaman tersebut kemudian mahasiswa diarahkan untuk melakukan analisis terhadap konsep-konsep tersebut dengan fakta-fakta yang ditemuinya di lapangan. Proses analisis akan lebih menarik untuk diperbincangkan ketika fakta-fakta yang dibicarakan dikaitkan dengan kompleksitas pada era revolusi industri 4.0 dalam lingkup atau bidang pendidikan. Berdasarkan hal itu maka buku ini disusun menjadi lima bagian yang satu sama lain memiliki saling keterkaitan. Bagian pertama mengkaji tentang hakikat guru. Bagian kedua mengkaji tentang pemahaman terhadap tanggungjawab, hak, dan kewibawaan guru. Bagian ketiga mengkaji mengenai kinerja guru dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Bagian keempat mengkaji mengenai profesi dan kode etik guru. Bagian kelima mengkaji tentang pemgembangan kompetensi guru di era revolusi industri. 4.0 Bagian-bagian tersebut membuat buku ini ini sangat cocok untuk dimiliki oleh mahasiswa di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) maupun di Fakultas Tarbiyah yang sedang menempuh mata kuliah Pengembangan Profesi Keguruan sebagai salah satu mata kuliah yang wajib diambil oleh para calon guru profesional.

Buku ini memberikan bekal pengetahuan dan pemahaman kepada para mahasiswa terkait dengan konsep-konsep pada profesi keguruan.

PROFESI KEPENDIDIKAN

pendidikan yang berkualitas akan membawa perubahan yang besar dalam dunia pendidikan sehingga guru-guru pada masa yang telah berlalu, masa kini, maupun masa akan datang menjadi guru yang punya peran dalam dunia pendidikan sehingga guru yang mempunyai profesi kependidikan harus menjaga moral, akhlak, perilaku anak-anak Bangsa Indonesia sehinga bisa menjadi anak-anak yang mempunyai akhlak yang mulia, berbakat, berprestasi dan mempunyai keterampilan.

pendidikan yang berkualitas akan membawa perubahan yang besar dalam dunia pendidikan sehingga guru-guru pada masa yang telah berlalu, masa kini, maupun masa akan datang menjadi guru yang punya peran dalam dunia pendidikan sehingga guru yang ...

Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Islam Anak Usia Dini

Guru merupakan profesi yang mengharuskan adanya kemahiran atau kecakapan spesifik dalam menghasilkan suatu produk untuk memenuhi kebutuhan hidupnya dan orang lain. Suatu profesi harus mempelajari atau menguasai bidang tertentu, melibatkan aktivitas intelektual, dipersiapkan secara profesional, membutuhkan proses pendidikan dan pelatihan yang kesinambungan, lebih mengutamakan kepentingan dan layanan publik daripada individu dan pribadi, terwadahi dalam organisasi profesi, dan menjanjikan jenjang karier yang permanen. Undang-Undang RI Nomor 14 Tahun 2005 memberi amanat bahwa guru memiliki kegiatan pokok, yaitu perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, menilai hasil pembelajaran, membimbing dan melatih anak, serta melaksanakan tugas tambahan yang melekat pada pelaksanaan kegiatan pokok. Bagaimana standar guru? Kompetensi apa yang harus dimilikinya? Bagaimana mengembangkan profesi guru? Buku ini secara tuntas memaparkan tentang profesi dan profesionalisme guru, kualifikasi dan kompetensi guru serta bagaimana karier dan pengembangan profesionalisme guru. Setelah membaca buku ini Anda akan memahami bahwa keberadaan profesi guru sangat penting untuk diperhatikan serta ditingkatkan dalam pelaksanaan tugas dan pekerjaannya.

Guru merupakan profesi yang mengharuskan adanya kemahiran atau kecakapan spesifik dalam menghasilkan suatu produk untuk memenuhi kebutuhan hidupnya dan orang lain.

Pengembangan Guru Profesional

Guru memiliki peran yang sangat esensial bagi mutu pendidikan di Indonesia karena guru menjadi salah satu faktor yang menentukan berhasil atau tidaknya proses pembelajaran disamping kurikulum dan sarana prasarana. Guru memiliki tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, dan mengevaluasi peserta didik. Tugas utama tersebut akan menjadi efektif apabila guru memiliki derajat profesionalitas tertentu yang meliputi kompetensi yang harus dimiliki guru disertai dengan kode etik tertentu. Pengembangan dan peningkatan profesi guru juga dilakukan dalam rangka menjaga agar kompetensi profesinya tetap sesuai dengan perkembangan zaman yang semakin modern. Pembinaan dan pengembangan profesi guru meliputi pembinaan kompetensi pedagogik, kepribadian, profesional, dan sosial. Sedangkan pembinaan dan pengembangan karier meliputi penugasan, kenaikan pangkat, dan promosi. Keduanya disesuaikan dengan jabatan fungsional masing-masing. Buku Pengembangan Guru Profesional ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam meningkatkan efektivitas dan efisiensi serta daya tarik pelaksanaan pembelajaran Pengembangan Kompetensi Pendidik. Tujuannya agar siswa ketika belajar pelajaran ini dapat memperoleh wawasan dan kompetensi mengelola pembelajaran sebagai kegiatan inti dari keseluruhan proses pendidikan di sekolah dan madrasah. Selamat membaca! Informasi lain : Deskripsi fisik : 16 x 24 cm, 372 halaman Weight : 0.53 kg ISBN : 9786024460495 Pengarang : Sholeh Hidayat Penerbitan : Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2017 Bahasa : Indonesia Subjek : Guru Bentuk Karya : Bukan fiksi Status : Aktif

Buku Pengembangan Guru Profesional ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam meningkatkan efektivitas dan efisiensi serta daya tarik pelaksanaan pembelajaran Pengembangan Kompetensi Pendidik.