Sebanyak 38352 item atau buku ditemukan

Strategi pembelajaran

Pendidik merupakan komponen dari sistem pendidikan yang memiliki peran penting dalam menentukan keberhasilan suatu proses pembelajaran, karena tugas utama pendidik tidak hanya mengajar, tapi juga mendidik, membimbing, melatih, dan mengevaluasi proses dan hasil belajar dan pembelajaran. Dalam menjalankan tugasnya, pendidik juga dituntut untuk dapat mengembangkan strategi pembelajaran yang efektif dan efisien, dan dapat memfasilitasi peserta didik untuk mencapai tujuan pembelajaran secara optimal. Untuk dapat mengelola pembelajaran secara efektif dan efisien, seorang pendidik membutuhkan pengetahuan tentang strategi pembelajaran. Buku dengan judul Strategi Pembelajaran hadir melengkapi berbagai literatur yang berkaitan dengan penerapan berbagai strategi pembelajaran terutama untuk menghadapi pembelajaran di abad 21. Buku ini diharapkan memperkaya khasanah pengetahuan serta pengalaman dalam penyampaian pembelajaran kepada peserta didik.

Buku dengan judul Strategi Pembelajaran hadir melengkapi berbagai literatur yang berkaitan dengan penerapan berbagai strategi pembelajaran terutama untuk menghadapi pembelajaran di abad 21.

RAGAM STRATEGI PEMBELAJARAN, Dilengkapi dengan Evaluasi Formatif

Dalam hal pembelajaran, banyak sekali senjata yang dapat digunakan oleh guru dalam menyampaikan ilmu/materi pada siswa, dan dapat melekat (pengetahuan tersebut) dalam jangka waktu yang lama, maka hal ini yang paling dibutuhkan adalah cara menggunakan senjata tersebut. Dengan adanya buku ini akan memberikan gambaran mengenai strategi pembelajaran di kelas untuk membantu menyampaikan materi pembelajaran kepada siswa.

A. Strategi pembelajaran kontekstual B. Strategi pembelajaran problem possing C. Strategi pembelajaran problem solving D. Strategi pembelajaran open ended E. Strategi pembelajaran realistik 5. Salah satu kelebihan dari menggunakan ...

CALL FOR BOOK TEMA 2 (STRATEGI PEMBELAJARAN)

Buku ini merupakan hasil karya yang dapat dijadikan sumber belajar dan referensi sebagai dasar dalam melakukan pembelajaran. Buku ini diharapkan dapat memberikan kontribusi pada pengembangan ilmu pengetahuan di bidang akademisi sehingga menjadi buku yang signifikan. Untuk memudahkan pembaca dalam memahaminya, editor menyusun buku ini dalam beberapa bagian bab. Dengan adanya buku ini, diharapkan dapat membantu dalam memperluas dan memperdalam pengetahuan mereka untuk melakukan pengkajian pada bidang ilmu yang diperlukan.

Buku ini merupakan hasil karya yang dapat dijadikan sumber belajar dan referensi sebagai dasar dalam melakukan pembelajaran.

PERENCANAAN DAN STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Buku ini disusun dalam untuk menjadi tambahan referensi dalam bidang pendidikan dan memberikan kemudahan kepada para pembaca khususnya para guru atau para calon guru yang ada di beberapa lembaga pendidikan, baik umum atau agama, untuk mendalami perencanaan pembelajaran dan strategi pembelajaran. Sehingga dengan terbitnya buku ini bisa dijadikan sebagai bahan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam mengajar.

Tujuan pendidikan nasional secara umum sebagaimana tertuang dalam Tap. MPR RI No./MPR/1999 (GBHN), yaitu pendidikan nasional bertujuan: ”....meningkatkan pendidikan watak dan budi pekerti...”. Undang-undang Pendidikan No.

Pendidikan dan Pengajaran: Strategi Pembelajaran Sekolah

Upaya untuk meningkatkan kualitas para pendidik telah dilakukan oleh pemerintah dan lembaga pendidikan lain, tetapi hasil pendidikan yang dicapai kadang-kadang masih belum memuaskan. Oleh karena itu, peranan pendidik dalam upaya meningkatkan kualitas peserta didik perlu ditingkatkan. Salah satu masalah yang dihadapi dunia pendidikan ialah masalah lemahnya proses pembelajaran, peserta didik kurang didorong untuk mengembangkan kemampuan berpikir. Siswa dipaksa untuk mengingat, menghafal, serta menimbun informasi-informasi yang berkaitan dengan pelajaran. Akibatnya, peserta didik lulus dari sekolah hanya menguasai ilmu pengetahuan secara teoretis, bukan pengamalannya. Buku Pendidikan dan Pengajaran: Strategi Pembelajaran Sekolah hadir untuk para mahasiswa, pendidik, dosen, dan pembaca yang ingin mendalami mempelajari tentang materi pendidikan dan pengajaran sebagai pendidik, khususnya para guru mengajar dan peserta didik belajar dengan berhasil baik.

Kelompok B (Wajib) a. b. c. d. e. Seni Budaya (Rupa/Musik/Tari/Teater); Pendidikan Jasmani dan Kesehatan; Prakarya (Rekayasa/Kerajinan/Budidaya/Pengolahan); Bahasa Daerah (sesuai dengan kebijakan sekolah masing-masing); 1. 2. 3. 4. 5.

Strategi Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Soft Skill

Upaya reformasi pendidikan, baik secara revolusi maupun revolusif, tidak mungkin terwujud tanpa melakukan pembenahan pada sisi manajemennya dan strategi dalam mengimplementasikan kurikulum berbasis soft skill. Institusi pendidikan harus mampu tampil bermuatan akademik dan vokasional yang orsinal, tidak dibelenggu oleh kemauan struktur yang lebih mengutamakan kekuasaan ketimbang menjadikan sebuah sistem yang cerdas. Sejalan dengan semangat desentralisasi pemerintahan yang berimplikasi terhadap pendidikan, semua komponen masyarakat memiliki kesempatan untuk terlibat dan berkonstribusi dalam pencapaian tujuan pendidikan nasional. Berkaitan dengan itu semua komponen yang terlibat dalam penyelenggaraan pendidikan di harapkan memiliki wawasan tentang permasalahan dan tantangan, alternatif, solusi atau strategi, kemampuan mengkaji, komitmen dan budaya saling menghargai gagasan atau argumen-argumen yang relevan dalam mencapai efektivitas dan efisien pembangunan pendidikan. Menyikapi hal ini maka kemajuan yang harus dapat diwujudkan dengan proses pembelajaran yang bermutu dan menghasilkan lulusan yang berwawasan luas, profesional, unggul, berpandanagan jauh kedepan serta memiliki percaya dan harga diri yang tinggi. Untuk mewujudkan hasil tersebut, diperlukan strategi yang tepat, di antaranya adalah bagaimana mengembangkan kompetensi siswa berdasarkan kemampuan, sikap, sifat, serta tingkah laku siswa, sehingga siswa menyenangi proses pembelajaran untuk meningkatkan taraf hidup bangsa sesuai dengan tujuan pendidikan nasional pada umumnya dan tujuan sekolah pada khususnya.

Buku Strategi Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Soft Skill ini diterbitkan oleh penerbit deepublish dan tersedia juga versi cetaknya.

DESAIN DAN STRATEGI PEMBELAJARAN

penyusunan rancangan pembelajaran merupakan kewajiban seorang pendidik sebelum melaksanakan kegiatan pembelajaran di kelas. Namun, seringkali para pendidik meremehkan hal tersebut. Pendidik lebih mengutamakan konten pembelajaran/isi/materi pembelajaran tanpa memperhatikan bagaimana cara mereka menyampaikannya di kelas. Hal ini menjadi salah satu masalah yang menyebabkan informasi tidak tersampaikan dengan baik kepada mahasiswa dan tidak menimbulkan pengalaman berkesan pada mahasiswa sehingga pemahaman dan hasil belajar mereka kurang memuaskan.

TAHAP PENYUSUNAN RANCANGAN PEMBELAJARAN ara penyusunan pendidik rancangan seringkali pembelajaran melupakan karena tahap banyaknya rencana pembelajaran yang sudah dibuat oleh pendidik lain dan tersebar bebas di ...