Sebanyak 41895 item atau buku ditemukan

Sosialisme dan Humanisme Sepilihan Esai

Sosialisme dan Humanisme Sepilihan Esai. Manusia merupakan makhluk soliter tetapi pada saat yang sama juga merupakan makhluk sosial. Sebagai seorang makhluk soliter, dia berupaya untuk melindungi eksistensinya sendiri dan eksistensi mereka yang paling karib dengannya, untuk memuaskan hasrat-hasrat pribadinya, dan untuk mengembangkan kemampuan-kemampuan bawaannya. Sebagai seorang makhluk sosial, dia berusaha untuk mendapatkan pengakuan dan afeksi dari sesama umat manusia, untuk sama-sama merasakan kesenangan bersama mereka, untuk menghibur mereka saat mereka sedih, dan untuk memperbaiki kondisi-kondisi kehidupan mereka.

Sosialisme dan Humanisme Sepilihan Esai.

Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Sunda

Pendidikan karakter atau pendidikan yang berbasis pada pembangunan karakter siswa saat ini menjadi wacana yang ramai dibicarakan di dunia pendidikan maupun di kalangan masyarakat umumnya. Kebutuhan akan pendidikan yang dapat melahirkan manusia Indonesia berkualitas sangat dirasakan karena degradasi moral yang terus menerus terjadi pada generasi bangsa ini dan nyaris membawa bangsa ini pada kehancuran. Korupsi yang seakan telah mengakar pada kehidupan bangsa ini mulai dari tingkat kampung hingga pejabat tinggi negara, penyalahgunaan dan peredaran narkoba yang semakin menggurita, tawuran antar pelajar dan berbagai kejahatan yang telah menghilangkan rasa aman setiap warga, merupakan bukti nyata akan degradasi moral generasi bangsa ini. Namun kita tetap optimis, pendidikan karakter menjadi salah satu alternatif pemecahan permasalahan tersebut. Pendidikan karakter akan efektif jika melibatkan segenap pemangku kepentingan sekolah serta merasuki iklim dan kurikulum sekolah. Cakupan pendidikan karakter ini meliputi konsep yang luas seperti pembentukan budaya sekolah, pendidikan moral, pembentukan komunitas sekolah yang adil dan peduli, pembelajaran kepekaan sosial-emosi, pemberdayaan generasi muda, pendidikan kewarganegaraan, dan pengabdian. Semua pendekatan ini memacu perkembangan intelektual, emosi, sosial, dan etik serta menggalang komitmen membantu generasi muda untuk menjadi warga negara yang bertanggung jawab, tanggap, dan bersumbangsih. Buku ini bermanfaat untuk membantu generasi muda mengembangkan nilai-nilai budi luhur manusia melalui pembiasaan-pembiasaan seperti ketakwaan, keadilan, ketekunan, toleransi, dan cinta tanah air, serta memahami mengapa mereka perlu menjalani sikap hidup seperti itu. Disamping ini, buku ini sebagai upaya menciptakan kultur karakter secara terpadu yang mendukung dan menantang peserta didik maupun warga dewasa untuk berjuang menjadi pribadi mulia. Buku ini pun sangat berguna bagi mahasiswa, guru, dosen, peneliti, dinas pendidikan, dan masyarakat umum sebagai panduan dalam menumbuhkan karakter anak. Selamat membaca.

Pendidikan karakter atau pendidikan yang berbasis pada pembangunan karakter siswa saat ini menjadi wacana yang ramai dibicarakan di dunia pendidikan maupun di kalangan masyarakat umumnya.

Nilai-Nilai Karakter Sunda

Indonesia kaya dengan sumber nilai pembentuk karakter bangsa, diantaranya: agama, budaya dan falsafah negara dan tujuan pendidikan nasional. Nilai budaya dalam bentuk kearifan lokal (local wisdom) dapat digali dari berbagai etnis di Indonesia. Masyarakat Indonesia adalah masyarakat yang majemuk, multietnis dan multikultur yang telah berkontribusi positif dalam pembentukan karakter bangsa. Seperti diungkapkan oleh Chaedar Alwasilah (2009) Masyarakat adat secara keseluruhan telah mampu menyelenggarakan pendidikan yang tangguh dan bisa menangkal ekses negatif dari budaya global.

Indonesia kaya dengan sumber nilai pembentuk karakter bangsa, diantaranya: agama, budaya dan falsafah negara dan tujuan pendidikan nasional.

Membentuk Karakter Anak dari Rumah

Motivasi Penulis membuat buku ini adalah ingin mengajak Ayah dan Bunda mendidik serta mengarahkan buah hati menjadi yang terbaik di masanya. Membekali mereka dengan nilai-nilai luhur sosial dan agama, agar menjadi pribadi yang berkarakter positif. Pendidikan di bangku sekolah pada umumnya lebih fokus kepada urusan baca-tulis dan masalah kepintaran anak. Sehingga pendidikan karakter anak sedikit terabaikan. Penilaian terhadap anak hanya berkutat di deretan angka-angka yang tertera di kertas ulangan atau rapor. Belum lagi karena perkembangan zaman yang pesat, membuat anak tertatih-tatih menghadapi kepungan teknologi. Berbagai perangkat games semakin canggih dari hari ke hari. Hal ini seakan mengalihkan perhatian mereka dari lingkungan sekitar, baik lingkungan sekolah maupun lingkungan rumah. Sejatinya, orang tua mempunyai tugas untuk mendidik dan membimbing mereka agar tidak salah melangkah. Sehingga teknologi yang canggih bukan sebagai bumerang bagi anak-anak tercinta. Semoga buku ini bisa menjadi bacaan yang bermanfaat bagi Ayah dan Bunda, yang sedang menyiapkan pendidikan karakter bagi putra-putrinya.

Motivasi Penulis membuat buku ini adalah ingin mengajak Ayah dan Bunda mendidik serta mengarahkan buah hati menjadi yang terbaik di masanya.

Penguatan pendidikan karakter berbasis budaya literasi dasar

Di dalam buku ini Anda akan memperoleh penjelasan mengenai Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) yang berbasis Literasi Dasar. Akhirnya, saya berharap semoga buku ini dapat bermanfaat bagi pengembangan dan peningkatan penerapan PPK berbasis Literasi Dasar dalam sebuah satuan pendidikan.

Di dalam buku ini Anda akan memperoleh penjelasan mengenai Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) yang berbasis Literasi Dasar.

Pengembangan Karakter Berbasis Budaya Sekolah

Puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Pengasih dan Penyayang yang telah menganugerahkan rahmat-Nya sehingga dapat menyelesaikan buku tentang “Pengembangan Karakter Berbasis Budaya Sekolah”. Buku ini disusun terinspirasi oleh pengalaman penulis selama bertugas sebagai guru, kepala sekolah, dan pengawas sekolah yang bertugas mendidik, memimpin sekolah dan membentuk karakter peserta didik di sekolah maupun dalam keluarga dan masyarakat. Buku Pengembangan Karakter Berbasis Budaya Sekolah ini diharapkan dapat memberikan kontibusi terkait pengembangan karakter peserta didik. Pengembangan Karakter Berbasis Budaya Sekolah pada dasarnya bertujuan mendorong lahirnya anak-anak yang baik. Tumbuh dan berkembangnya karakter yang baik akan mendorong peserta didik tumbuh dengan kapasitas dan komitmennya untuk melakukan berbagai hal yang terbaik dan melakukan segalanya dengan benar dan memiliki tujuan hidup. Buku ini antara lain menjabarkan ruang lingkup pendidikan karakter, hakikat pendidikan karakter, tujuan pendidikan karakter, pengembangan karakter siswa, membangun budaya sekolah, unsur budaya sekolah, karakteristik budaya sekolah, strategi pengembangan karakter, pendidikan peduli lingkungan, dan kemandirian sekolah dalam pengembangan karakter. Melalui pendidikan karakter akan menjadikan siswa sebagai sosok yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, memiliki keimanan yang kuat sehingga melahirkan pribadi yang berbudi luhur, toleran terhadap sesama, memiliki motivasi juang dan mempu bekerja keras, berprestasi dan disiplin, sikap menghargai orang lain dan demokratis, bertanggungjawab, kreatif dan mandiri. Penulis mohon saran dan kritik yang membangun dan semoga buku ini memberikan sumbangan bagi pengembangan ilmu pengetahuan tentang pengembangan karakter berbasis budaya lembaga pendidikan.

Buku Pengembangan Karakter Berbasis Budaya Sekolah ini diharapkan dapat memberikan kontibusi terkait pengembangan karakter peserta didik.

Jeli Membangun Karakter Anak

Menjadi orang tua merupakan pengalaman hidup yang panjang dan penuh liku. Dimana setiap detiknya adalah pembelajaran kehidupan. Orang tua tidak hanya dituntut memiliki cukup umur, cukup materi, dan cukup ilmu melainkan harus memiliki cukup mental dan spiritual agar dapat menjalankannya perannya dengan baik. Meski tidak mendekati sempurna, namun beberapa 'modal' tersebut setidaknya haruslah dipahami.

Menjadi orang tua merupakan pengalaman hidup yang panjang dan penuh liku.

Pengaruh Pendidikan Karakter Dan Kepribadian Guru Terhadap Kepribadian Siswa (Studi Kasus Sekolah SL

Pengaruh Pedidikan Karakter Dan Kepribadian Guru Terhadap Kepribadian Siswa Penulis : IRFAN FADHLULLAH Ukuran : 14 x 21 cm ISBN : 978-623-5525-38-9 Terbit : September 2021 www.guepedia.com Sinopsis : Pendidikan karakter digadang-gandang menjadi sistem penyempurna dari sistem pendidikan sebelumnya yang menuntut berbagai aspek bagi lembaga pendidikan agar mampu beradaptasi dengan komponen pelaksanaanya yang semakin detail & kompleks. Apakah kepribadian guru sebagai agent of change mampu mengemban amanah mendidik kepribadian siswa milenial. Apakah pendidikan karakter & kepribadian guru mampu mempengaruhi kepribadian siswa selama di sekolah. Buku ini akan memberikan pandangan kepada pembaca studi kasus sekolah yang penulis uraikan secara statistik & deskriptif www.guepedia.com Email : [email protected] WA di 081287602508 Happy shopping & reading Enjoy your day, guys

seperti ini sudah termasuk dari penyimpangan moralitas dari perilaku sosial pelajar.3 Oleh karena itu pendidikan karakter diperlukan dalam rangka meminimalisir penyimpangan tersebut. Karena pada hakikatnya pendidikan karakter ini lebih ...

PENDIDIKAN KARAKTER

Buku ini tersusun dalam beberapa bagian, sebagai berikut : Bab 1 : Konsep Dasar Pendidikan Karakter Bab 2 : Pendidikan Karakter Berbasis Agama Bab 3 : Pendidikan Karakter Berbasis Keluarga Bab 4 : Pendidikan Karakter Berbasis Sekolah Bab 5 : Pendidikan Karakter di Perguruan Tinggi Bab 6 : Pendidikan Karakterdi Pondok Pesantren: Studi Kasus di Pondok Pesantren Darul Arqom Garut Bab 7 : Pendidikan Karakter Berbasis Pancasila Bab 8 : Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Bab 9 : Pendidikan Karakter Pada Anak Berkebutuhan Khusus: Studi Kasus di SLB Negeri Garut Kota Bab 10 : Pendidikan Karakter Era Milenial

Buku ini tersusun dalam beberapa bagian, sebagai berikut : Bab 1 : Konsep Dasar Pendidikan Karakter Bab 2 : Pendidikan Karakter Berbasis Agama Bab 3 : Pendidikan Karakter Berbasis Keluarga Bab 4 : Pendidikan Karakter Berbasis Sekolah Bab 5 ...