Sebanyak 17979 item atau buku ditemukan

Bahasa Indonesia Cendekia

Mata Kuliah Wajib Umum Bahasa Indonesia

Dulu, dulu sekali. Saat sebelum manusia diciptakan, Tuhan telah menitipkan rasa percaya kepada mereka. Tuhan yakin, bahwasanya manusia dapat menjadi khalifah di muka bumi, bahkan sebelum Adam dilahirkan. Malaikat-malaikat yang suci dari dosa meragu dan cemburu. Mereka yang selalu mengerjakan perintah Tuhan dan tak pernah membangkang, tidak yakin dengan keputusan Tuhan. “Apakah Engkau akan menjadikan orang-orang yang merusak dan menumpahkan darah? Sedangkan kami bertasbih memuji-Mu dan menyucikan nama-Mu!”­ (Bahasa Indonesia Cendekia) “Bahasa Indonesia Cendekia” ini adalah revisi buku Mukodas yang berjudul “Rekreasi Bahasa Indonesia” yang pernah diterbitkan oleh Langit Arbitter. Setelah beberapa tahun menggunakannya, dia merasa perlu melengkapi bagian-bagian yang kurang, sehingga jadilah buku ini. Diambil judul ini karena memang dikhususkan agar pembaca bisa lebih menjadi berilmu dan bercendekia ketika menggunakan Bahasa Indonesia. Meski isinya berupa materi ajar, Mukodas menggunakan tuturan yang seakan-akan bercerita, agar lebih mengena untuk mahasiswa.

Meski isinya berupa materi ajar, Mukodas menggunakan tuturan yang seakan-akan bercerita, agar lebih mengena untuk mahasiswa.

Kamus kata-kata serapan asing dalam bahasa Indonesia

Dictionary of loan words used in Indonesian language.

... urutan peristiwa yg menggambarkan jalannya cerita plural , ( Ing ) jamak , lebih dr satu atau dua pluralisme , keadaan masyarakat yg majemuk ( dilihat dr segi sosial dan politik ) pluralistis , banyak macam , bersifat majemuk spt ...

ESAI PENERAPAN EJAAN BAHASA INDONESIA

ESAI PENERAPAN EJAAN BAHASA INDONESIA PENULIS: WIDYA FITRIANTIWI, LYDEA, RIA INDRIANI Ukuran : 14 x 21 cm ISBN : 978-623-7701-29-3 Sinopsis: Hingga kini pengetahuan masyarakat mengenai penggunaan bahasa Indonesia masih sangat memprihatinkan. Terutama untuk masyarakat yang tidak memiliki latarbelakang pendidikan yang baik juga masih banyaknya masyarakat yang belum memahami penggunaan kaidah ejaan dalam berbahasa Indonesia yang baik dan benar. Hal itu tampak jelas pada penerapan bahasa dalam kehidupan kesehariannya baik lisan dan tulisan. Secara lisan kita sering mendengar kesalahan pengucapan kosakata dari masyarakat sedangkan secara tulisan akan banyak kita jumpai beberapa kesalahan penerapan Ejaan Bahasa Indonesia (EBI) pada media publik seperti spanduk, browsur, poster, pamplet dan lain-lain. Untuk menyadarkan masyarakat akan pentingnya berbahasa Indonesia yang baik dan benar dalam penerapannya berupa pengucapan dan penulisan, buku Esai Penerapan Ejaan Bahasa Indonesia ini akan hadir membantu masyarakat dengan menunjukkan beberapa kesalahan penggunaan ejaan bahasa Indonesia yang sering diterapkan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Happy shopping & reading Enjoy your day, guys

ESAI PENERAPAN EJAAN BAHASA INDONESIA PENULIS: WIDYA FITRIANTIWI, LYDEA, RIA INDRIANI Ukuran : 14 x 21 cm ISBN : 978-623-7701-29-3 Sinopsis: Hingga kini pengetahuan masyarakat mengenai penggunaan bahasa Indonesia masih sangat memprihatinkan ...

MATERI UTAMA BAHASA INDONESIA

Berbasis Teks & Pembahasan dan Latihan Soal-Soal HOTS untuk SMP/MTs Kelas VII, VIII, IX

Buku ini disusun berdasarkan muatan materi pada Permendikbud No.24 Tahun 2016 dan Kisi-Kisi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMP/MTs ini diharapkan menjadi buku pendamping dan pegangan yang sangat penting bagi para siswa dan guru pengampu mata pelajaran bahasa Indonesia. Buku ini disajikan secara komprehensif mengenai berbagai jenis teks yang dipelajari di jenjang SMP/MTs Kelas VII, VIII, IX, mulai dari jenis, fungsi, struktur, dan kaidah kebahasaannya. Selain itu, terdapat pembahasan soal dan lima paket soal yang berkenaan dengan materi yang akan diujikan dalam Ujian Nasional (UN). Semoga kehadiran buku ini dapat membantu para siswa dalam memahami materi dan soal secara utuh di kisi-kisi UN secara mudah dan menyenangkan.

Buku ini disusun berdasarkan muatan materi pada Permendikbud No.24 Tahun 2016 dan Kisi-Kisi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMP/MTs ini diharapkan menjadi buku pendamping dan pegangan yang sangat penting bagi para siswa dan guru pengampu ...

KETERAMPILAN BERBAHASA INDONESIA

Menggunakan Bahasa Indonesia secara Baik dan Benar

Buku ini disusun sebagai salah satu upaya dalam rangka pengembangan keterampilan berbahasa Indonesia tersebut. Meskipun demikian, sasaran utama buku ini adalah masyarakat akademis di perguruan tinggi. Pembelajaran bahasa Indonesia di perguruan tinggi hendaknya bermuara pada penguasaan kompetensi, terutama keterampilan menulis, yang ditunjang oleh keterampilan membaca dan bernalar. Bahasa Indonesia sebagai mata kuliah umum (MKU) menuntut mahasiswa memiliki kemampuan dalam menyampaikan argumen keilmuan melalui karangan ilmiah, seperti artikel, laporan kajian, makalah, atau tugas akhir. Hal ini merupakan bentuk-bentuk tuntutan akademis yang harus dipenuhi oleh insan akademis dalam lingkungannya. Sebagai insan akademis, mahasiswa dituntut untuk menguasai keterampilan menulis, tanpa mengabaikan keterampilan membaca, berbicara, dan menyimak. Akan tetapi, keterampilan menulis mahasiswa selama ini jauh dari harapan. Tagihan-tagihan akademis yang berupa makalah, laporan buku, atau laporan hasil penelitian tidak mencerminkan ketepatan metodologi. Selain itu, bahasa yang digunakan tidak memperlihatkan pernalaran yang tepat, juga tidak menunjukkan kesadaran terhadap kaidah bahasa Indonesia. Oleh karena itu (tidak berlebihan), buku ini disediakan secara khusus bagi mahasiswa peserta MKU Bahasa Indonesia agar dapat melatih (dan menguasai) keterampilan menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar untuk pelbagai keperluan, terutama untuk penulisan karya ilmiah. Dengan berlatih menulis sejak awal, mahasiswa terbantu ketika mereka hendak menyusun tugas akhir. Akan tetapi, buku ini juga dapat dijadikan acuan bagi guru, dosen, dan jurnalis berkenaan dengan tugas keprofesionalan mereka. Pokok-pokok yang dibahas dalam buku ini meliputi kedudukan dan fungsi bahasa Indonesia; keterampilan berbicara formal; menyimak untuk keperluan studi; membaca intensif dan ekstensif; membaca untuk keperluan studi; pilihan kata; kalimat efektif; pengembangan paragraf; pernalaran dalam berbahasa; menulis rancangan karangan; menulis makalah; menulis laporan penelitian; menulis ringkasan dan abstrak; masalah penulisan ejaan.

Buku ini disusun sebagai salah satu upaya dalam rangka pengembangan keterampilan berbahasa Indonesia tersebut.

EYD Bahasa Indonesia

Fasih ngomong Bahasa Indonesia belum tentu tahu tata bahasa Indonesia yang baik dan benar. Ketika menulis, kadangkala kita sering salah menempatkan tanda baca, kutipan, huruf kapital, penulisan nama dan gelar, dsb. Gunakan buku ini untuk memperbaiki struktur tata bahasa Indonesia-mu, karena berisi panduan lengkap: 1. EYD Bahasa Indonesia terbaru. 2. Perkembangan Ejaan Bahasa Indonesia. 3. Penggunaan huruf kapital dan huruf miring. 4. Penggunaan tanda baca. 5. Penggunaan kutipan langsung dan tidak langsung. 6. Penggunaan kata baku dan tidak baku. 7. Penggunaan kata-kata serapan. 8. Penulisan nama pengarang dalam kutipan. 9. Penggunaan awal dan akhiran dari bahasa asing. 10. Daftar singkatan dan akronim. [Mizan, Bentang Pustaka, Study Aid, Bahasa Indonesia, EYD, Ejaan, Indonesia]

Gunakan buku ini untuk memperbaiki struktur tata bahasa Indonesia-mu, karena berisi panduan lengkap: 1. EYD Bahasa Indonesia terbaru. 2. Perkembangan Ejaan Bahasa Indonesia. 3. Penggunaan huruf kapital dan huruf miring. 4.

Bahasa Indonesia Akademik

Pengembangan Kepribadian Berbasis Pendidikan Karakter

Bahasa menjadi sentral dalam kehidupan manusia. Pembelajaran bahasa Indonesia di perguruan tinggi tidak sekedar menekankan pada keterampilan berbahasa Indonesia ragam ilmiah, tetapi juga pembinaan kepribadian mahasiswa yang memiliki karakter unggul. Untuk itu, pengembang pendidikan karakter dalam pembelajaran bahasa Indonesia dilakukan melalui empat keterampilan bahasa, yaitu menyimak, berbicara, membaca, dan menulis ilmiah.

Bahasa menjadi sentral dalam kehidupan manusia.

KAMUS BAHASA INDRAMAYU

Secara geografis wilayah Indramayu berada di tanah Sunda, Cirebon, dan Jawa. Apakah bahasa Indramayu sama dengan bahasa Jawa?. Bahasa Indramayu banyak yang sama dengan Bahasa Cirebon, Bahasa Jawa, dan ada pula yang berbeda. Sebab itu bahasa Indramayu adalah bahasa yang unik. Sayang sekali, belum banyak usaha yang serius untuk menginventarisi bahasa Indramayu dalam bentuk sebuah kamus. Berupa daftar kata dalam Bahasa Indramayu-Bahasa Indonesia atau Bahasa Indonesia–Bahasa Indramayu. Kaitannya dengan hal itu, Tim Kainoe Books telah menyusun buku Kamus Bahasa Indramayu yang dapat digunakan sebagai menunjang atau pengayaan pembelajaran SD, SMP, SMA/SMK dan Umum bahasa daerah yakni bahasa Indramayu. Penyusun menyadari masih terdapat kekurangan dalam kamus bahasa Indramayu ini, untuk itu kritik dan saran terhadap penyempurnaan kamus ini sangat diharapkan. Semoga kamus ini dapat memberi manfaat bagi para pelajar, guru, dan masyarakat Indramayu pada umumnya dalam belajar bahasa Indramayu.

Kaitannya dengan hal itu, Tim Kainoe Books telah menyusun buku Kamus Bahasa Indramayu yang dapat digunakan sebagai menunjang atau pengayaan pembelajaran SD, SMP, SMA/SMK dan Umum bahasa daerah yakni bahasa Indramayu.