Sebanyak 3 item atau buku ditemukan

Filsafat Pendidikan Akhlak

Kenapa harus menamakan buku ini “filsafat”, karena isinya lebih dominan berupa essay-essay filsafat. Kenapa tidak menamakannya akhlak bukan karakater, karena istilah akhlak lebih umum yang mencakup etika, moral, adab, dan juga karakter. Selain itu, kata akhlak adalah khas nomenklatur Islam. Filsafat Pendidikan Akhlak dalam buku ini berupaya berteori secara filosofis tentang pendidikan akhlak. Buku ini juga tetap memperhatikan teori-teori terapan karena pendidikan akhlak haruslah bersifat aplikatif. Salah satu bab dari buku ini lebih banyak membahas tentang ilmu pendidikan akhlak. Walaupun buku Filsafat Pendidikan Akhlak, tidak berarti absen membahas Ilmu Pendidikan Akhlak. Ketika Ilmu Pendidikan Akhlak dikemukakan, tujuannya untuk membantu memahami Filsafat Pendidikan Akhlak.

Walaupun buku Filsafat Pendidikan Akhlak, tidak berarti absen membahas Ilmu Pendidikan Akhlak. Ketika Ilmu Pendidikan Akhlak dikemukakan, tujuannya untuk membantu memahami Filsafat Pendidikan Akhlak.

Filsafat Pendidikan Islam Sebuah Bangunan Ilmu Islamic Studies

Filsafat Pendidikan Islam adalah mata kuliah yang saya asuh sejak tahun 2003 sampai sekarang, khususnya di STAIN Malikussaleh yang sekarang menjadi IAIN Lhokseumawe dan di IAIN Padangsidimpuan baik di S1 maupun di S2. Dari sisi niat dan usaha, karya ini tergolong terlambat penerbitannya. Karya ini saya harapkan terbit sebelum mutasi kerja dari STAIN Malikussaleh ke IAIN Padangsidimpuan. Pentingnya penerbitan buku Filsafat Pendidikan Islam bagi saya, karena disiplin ilmu ini menjadi konsentrasi keilmuan dan fungsional saya sebagai dosen yang disertifikasi oleh negara. Selain itu, penerbitan buku ini, sebagian arsip pemahaman saya terhadap Filsafat Pendidikan Islam. Siapa pun dia, hemat saya tidak bisa mengarsipkan pemahamannya secara utuh dalam sebuah tulisan. Pertama, karena orang yang selalu membaca, sangat memungkinkan terjadi dinamika pemahaman. Kedua, adakalanya pemahaman itu tidak cocok untuk ditulis, tapi bisa diungkapkan. Ketiga, ketebalan buku juga menjadi pertimbangan marketing, dll.

Ketiga, ketebalan buku juga menjadi pertimbangan marketing, dll. Buku Filsafat pendidikan Islam sebuah bangunan ilmu islamic studies ini diterbitkan oleh penerbit deepublish dan tersedia juga versi cetaknya.

Ontologi Pendidikan Islam

Mengupas Hakikat Pendidikan Islam dari Konsep Khalifah, Insan Kamil, Takwa, Akhlak, Ihsan, dan Khairu Al-Ummah

Jika kita putar jarum jam sejarah, permulaan Islam di Mekah tahun 610 M telah terjadi reformasi teologis dari paganisme menuju tauhid dan reformasi akhlak dari karakter jahiliyah menuju karakter humanis. Pada saat yang sama di Madinah telah banyak umat yang beragama Yahudi dan sebagian kecil beragama Nasrani. Kedua agama ini, sungguh pun pada saat ini dinilai menyimpang, tetapi agama itu pada dasarnya bukanlah paganisme sebagaimana di Mekah. Lebih jauh dari Madinah, di Syam, sekarang Syiria banyak umat menganut agama Nasrani yang notabene agama tauhid juga. Mekah dan secara keseluruhan Arab Utara menurut Philip K. Hitti tidak memiliki peran yang berarti dalam kancah internasional, kecuali setelah datangnya Islam.1 Dari sisi geneologi sebagaimana ditulis K. Hitti bahwa orang-orang Arab Hijaz tergolong Arab Musta`ribah (naturalisasi) keturunan dari `Adnan, sementara orang-orang Arab `Aribah (asli), termasuk Yaman dari keturunan Qohthan.2 Orang-orang yang mendukung nabi di Madinah adalah asli orang Arab `Aribah dari Yaman. Antara Arab Utara dan Arab Selatan ini ratusan tahun kata K. Hitti bermusuhan, termasuk pasca Islam berhasil menyatukan Arab. Buku Ontologi Pendidikan Islam: Mengupas Hakikat Pendidikan Islam dari Konsep Khalifah, Insan Kamil, Takwa, Akhlak, Ihsan, dan Khairu Al-Ummah ini diterbitkan oleh penerbit deepublish dan tersedia juga versi cetaknya.

Buku Ontologi Pendidikan Islam: Mengupas Hakikat Pendidikan Islam dari Konsep Khalifah, Insan Kamil, Takwa, Akhlak, Ihsan, dan Khairu Al-Ummah ini diterbitkan oleh penerbit deepublish dan tersedia juga versi cetaknya.