Zaman telah berubah, seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Segala perkembangan ini harus diantisipasi agar seluruh bangsa tidak tertinggal dalam percaturan di tingkat global. Harus diakui, perkembangan kehidupan dan ilmu pengetahuan abad 21 sekarang ini memang telah terjadi pergeseran, baik ciri maupun model pembelajaran. Hal inilah yang harus direspons oleh stake-holders pendidikan khususnya pahlawan tanpa tanda jasa yaitu guru dan dosen. Tugas utama seorang guru dan dosen adalah merancang, menyajikan, dan mengevaluasi bahan ajar, disesuaikan dengan kondisi lingkungan yang membatasinya, dengan tujuan agar peserta didik (siswa dan mahasiswa) memperoleh hasil belajar yang optimal. Oleh karena itu guru dan dosen harus menguasai dan mengembangkan ketiga ranah profesi yang perkembangannya semakin kompleks sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
BAGIAN PERTAMA KONSEP DASAR PENELITIAN Rasa Ingin Tahu Manusia Batasan Penelitian Jenis Penelitian BAGIAN KEDUAPARADIGMA PENELITIAN TINDAKAN KELAS Sejarah Singkat Penelitian Tindakan Kelas Penelitian Tindakan kelas dan Peningkatan Kualitas Pembelajaran BAGIAN KETIGAAPLIKASI PENELITIAN TINDAKAN KELAS DALAM PEMBELAJARAN BAHASA Wacana Pengantar Aktivitas Pendahuluan Mengidentifikasi dan Menganalisis Masalah Refleksi Ketika Belajar di SekolahMenengah Berdiskusi dengan Siswa Sekolah Menengah Berdiskusi dengan Guru Menelaah Kurikulum Menelaah Buku Pelajaran Merumuskan Masalah Merencanakan Alternatif Pemecahan Masalah Aktivitas Inti Menyusun Proposal Melaksanakan Tindakan Kelas Perencanaan Pelaksanaan Observasi Refleksi Aktivitas Akhir Menganalisis Data Menyusun Laporan Penelitian Aktivitas Tambahan Menulis Artikel Ilmiah Mempublikasikan Artikel Ilmia
BAGIAN PERTAMA KONSEP DASAR PENELITIAN Rasa Ingin Tahu Manusia Batasan Penelitian Jenis Penelitian BAGIAN KEDUAPARADIGMA PENELITIAN TINDAKAN KELAS Sejarah Singkat Penelitian Tindakan Kelas Penelitian Tindakan kelas dan Peningkatan Kualitas ...
Guru sebagai tenaga profesional mempunyai fungsi, peran, dan kedudukan yang sangat penting dalam mencapai Visi Kemdikbud 2025 yaitu Menghasilkan Insan Indonesia Cerdas dan Kompetitif. Oleh karena itu, profesi guru harus dikembang-kan sebagai profesi yang bermartabat sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Konsekuensi dari jabatan guru sebagai profesi, diperlukan suatu sistem pembinaan dan pengembangan terhadap profesi guru secara terprogram dan berkelanjutan melalui kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan.
Buku Cara Termudah Memahami, Melaksanakan, Serta Menulis Laporan Dan Artikel Penelitian Tindakan Kelas ini diterbitkan oleh penerbit deepublish dan tersedia juga versi cetaknya.
Pengalaman pengajar perlu dituangkan dalam penelitian, bagaimana menyajikan pengalaman mengajar menjadi penelitian, simak buku ini. Dalam buku ini dibahas best practice konsep dasar penelitian tindakan kelas, merancang judul penelitian tindakan kelas,merancang pendahuluan, kajian pustaka, metode penelitian, pembahasan dan tata cara penulisan artikel ilmiah.
Dalam buku ini dibahas best practice konsep dasar penelitian tindakan kelas, merancang judul penelitian tindakan kelas,merancang pendahuluan, kajian pustaka, metode penelitian, pembahasan dan tata cara penulisan artikel ilmiah.
Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran, Profesionalisme Guru Dan Kompetensi Belajar Siswa
Buku ini terutama ditujukan pada mahasiswa khususnya jurusan Tarbiyah, serta para pengajar/pendidik yang nantinya dapat menjadi pedoman/rujukan betapa pentingnya penelitian tindakan kelas yang harus dilakukan oleh guru atau calon guru yaitu mahasiswa sebagai generasi pendidik di masa yang akan datang. Buku ini tidak hanya berisikan tentang konsep-konsep PTK namun terdapat kualitas pembelajaran yang didapat baik bagi guru maupun siswa setelah melaksanakan kegiatan PTK, profesionalisme yang harus dimiliki oleh guru serta kompetensi belajar siswa, dan tahap-tahap merancang kegiatan yang akan di lakukan oleh guru yaitu berupa penelitian tindakan kelas.
Buku ini terutama ditujukan pada mahasiswa khususnya jurusan Tarbiyah, serta para pengajar/pendidik yang nantinya dapat menjadi pedoman/rujukan betapa pentingnya penelitian tindakan kelas yang harus dilakukan oleh guru atau calon guru yaitu ...
PEMBELAJARAN APRESIASI CERITA PENDEK DALAM PENELITIAN TINDAKAN KELAS Penulis : Alpansyah, Ph.D. Ukuran : 14 x 21 cm Terbit : Maret 2021 www.guepedia.com Sinopsis : Penelitian tindakan kelas atau action research classroom sudah ramai diperbincangkan di kalangan guru dan tenaga kependidikan. Sayangnya, perbincangan itu terkadang hanya sampai pada dokumen administrasi untuk melengkapi pemenuhan angka kredit dalam usulan kenaikan pangkat para guru dan tenaga kependidikan. Sebetulnya subtansi dari penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Melalui penelitian tindakan kelas pengajar secara inovatif mencari solusi dari permasalahan yang dihadapi perserta didik dalam proses pembelajaran. Muaranya adalah terjadi peningkatan kualitas pembelajaran secara signifikan. Pembahasan penelitian tindakan kelas dalam buku bukan mengetengahkan teori tentang penelitian tindakan kelas, tetapi lebih menitikberatkan pada aplikasi penelitian tidak kelas dalam pembelajaran apresiasi sastra khususnya pembelajaran cerit pendek terhadap peserta didik. www.guepedia.com Email : [email protected] WA di 081287602508 Happy shopping & reading Enjoy your day, guys
PEMBELAJARAN APRESIASI CERITA PENDEK DALAM PENELITIAN TINDAKAN KELAS Penulis : Alpansyah, Ph.D. Ukuran : 14 x 21 cm Terbit : Maret 2021 www.guepedia.com Sinopsis : Penelitian tindakan kelas atau action research classroom sudah ramai ...
Buku ini adalah laporan penelitian tindakan kelas yang dimodifikasi menjadi buku pendidikan agar menjadi praktis dan mudah dipahami oleh guru Bahasa dan Sastra Indonesia SMA/SMK/MA khusunya. Buku ini menjelaskan konsep berbagai strategi pembelajaran Inkuiri. Buku ini diharapkan dapat menjadi panduan bagi guru yang ingin mengaplikasikan strategi pembelajaran inkuiri dalam kegiatan pembelajarannya. Untuk mendukung penerapan pembelajaran, buku ini dilengkapi dengan lampiran yang berisi format RPP lengkap berikut penilaiannya.
Buku ini adalah laporan penelitian tindakan kelas yang dimodifikasi menjadi buku pendidikan agar menjadi praktis dan mudah dipahami oleh guru Bahasa dan Sastra Indonesia SMA/SMK/MA khusunya.
Upaya meningkatkan mutu pendidikan adalah fokus utama dalam pembangunan pendidikan dewasa ini. Dan efektivitas oleh guru profesional adalah faktor utama peningkatan mutu. Guru sebagai pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik membutuhkan peningkatan profesional secara terus menerus. Melalui Penelitian Tindakan Kelas, seorang guru memperoleh pemahaman tentang apa yang harus dilakukan, merefleksikan diri untuk memahami dan menghayati nilai pendidikan dan pembelajarannya sendiri, dapat bekerja secara kontekstual, dan mengerti sejarah tentang Pendidikan dan persekolahannya, demikian Stephen Kemmis dan Robbin McTaggart (dalam Aswandi, 2006). Sehubungan dengan itu. Maka Penelitian Tindakan Kelas (PTK) memiliki potensi yang sangat besar untuk meningkatkan pembelajaran apabila diimplementasikan dengan baik dan benar. Sesungguhnya kegiatan penelitian telah banyak dilakukan. Namun sayangnya kegiatan penelitian tersebut kurang dirasakan dampaknya bagi peningkatan mutu pembelajaran. Menurut Raka Joni dkk. (1998) hal tersebut setidaknya disebabkan oleh dua hal, yaitu: (1) pelaksanaan penelitian bidang Pendidikan umumnya kurang melibatkan guru, (2) penyebarluasan (dissemination) hasil penelitian melalui publikasi ilmiah ke kalangan guru di lapangan memakan waktu sangat Panjang. Selain itu, menurut penulis ini juga disebabkan karena kurangnya kesempatan guru mengakses hasil penelitian untuk perbaikan mutu pembelajaran. Karena itu mari kita bicarakan Penelitian Tindakan (PTK) dan mari menyamakan pemahaman tentang apa yang dimaksud dengan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian Tindakan Kelas Teknologi OJS Dan Software R ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak.
"The essays in this volume explore adab, the Muslim ideal of the harmonious life of a person who knows the proper relationship to God, to others, and to oneself, and who, as a result, plays a special role among his or her fellows."-- From dust jacket.
This inner unity of the theory and practice of sufism may reflect the unity of belief and practice characteristic of Islam as a whole . The roots of sufism in religious practice and conduct enabled sufism to persist as a unifying bond ...