Sebanyak 152 item atau buku ditemukan

PENGANTAR ILMU USHUL FIQH

Periodisasi, Sumber, dan Metode Istinbath Hukum

Dalam peta Dirosah Islamiyah Fiqih di posisi yang sangat penting. Ia salah satu produk par excellence, buah dari peradaban Islam dan murni hasil karya intelektual muslim yang sepenuhnya berakar pada Al-Qur’an dan Sunnah. Fiqih sebagai sebuah disiplin ilmu yang diderivasi dari Syariah (Al-Qur’an dan Sunnah) tidak bisa lepas dari kerangka teoritik dan metodologi penetapan hukum yang kemudian disebut sebagai Ushul Fiqih. Ushul fiqh merupakan disiplin ilmu yang memiliki prinsip-prinsip dan muatan epistemologi, bukan sekedar metodologi pemahaman, penggalian atau penetapan hukum saja. Proses lahirnya tidak seketika, akarnya secara praktis sudah ada dan bisa ditelusuri semenjak zaman Nabi dan Sahabat. Ushul Fiqh menjadi bagian terpenting dalam hukum Islam, ia sebagai tool yang sangat vital dalam menggali dan menentukan sebuah hukum Islam. Perannya mirip logika dalam filsafat. Jika logika dapat menghindarkan seseorang dari melakukan kesalahan (fallacies) dalam berargumentasi, maka Ushul Fiqih mencegah seorang faqih dari berbuat kesalahan dalam menderivasi hukum. Sehingga sangat argumentatif jika para ‘ulama menetapkan ilmu Ushul Fiqih sebagai salah satu prasyarat terpenting yang harus dimiliki dan dipahami oleh seorang akademisi muslim, ulama, atau seorang yang ingin mengkaji Islam secara mendalam.

Dalam peta Dirosah Islamiyah Fiqih di posisi yang sangat penting.

EKONOMI PUBLIK

Masalah ekonomi publik pada prinsipnya adalah masalah pemenuhan kebutuhan dan kesejahteraan masyarakat luas. Dewasa ini, terkait dengan peran pemerintah yang besar dalam menjamin tercapainya kesejahteraan masyarakat yang optimum, maka kebijakan pemerintah harus ditujukan untuk mengoreksi perilaku masyarakat yang menghindarkan perekonomian mencapai alokasi sumber ekonomi yang efisien, redistribusi pendapatan masyarakat dan stabilitas ekonomi, maka ilmu keuangan negara menjadi demikian kompleks tidak hanya melihat hanya pada sisi anggaran saja tetapi juga pengaruh langsung dan tidak langsung dari kegiatan perekonomian agregat. Oleh karena itu, ilmu ekonomi keuangan negara saat ini dipopulerkan kembali sebagai ilmu ekonomi publik (Public Economic Science). Buku ini terdiri dari 10 bab. Bab 1 hingga bab 5 mengurai tentang: Konsep Dasar dan Ruang Lingkup Ekonomi Publik, Pengeluaran Pemerintah, Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara, Penerimaan Pemerintah dan Defisit Anggaran. Sedang pada Bab 6 hingga 10 menguntai tentang: Pajak, Pengaruh Pajak terhadap Perekonomian, Utang Pemerintah, Peranan Pemerintah dalam Mengatasi Pengangguran dan Inflasi, serta Barang Publik dan Eksternalitas.

Masalah ekonomi publik pada prinsipnya adalah masalah pemenuhan kebutuhan dan kesejahteraan masyarakat luas.

ANALISA PENERAPAN NILAI-NILAI MAQASHID SYARIAH PADA UNDANG-UNDANG NO. 23 TAHUN 2011 TENTANG PENGELOLAAN ZAKAT

Zakat menjadi salah satu instrumen penting dalam Ekonomi Islam. Tujuan zakat adalah terwujudnya kesejahteraan ekonomi umat. Indonesia yang memiliki populasi penduduk pemeluk Islam terbesar di dunia, memiliki potensi yang sangat besar dalam pendayagunaan zakat. Karena itulah, zakat di Indonesia diatur dalam Undang-Undang No. 23 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat. Amanah dalam Undang-Undang No. 23 Tahun 2011 tentang pengelolaan zakat adalah pengelolaan yang efektif, efisien dan mewujudkan kesejahteraan masyarakat Zakat sebagai salah satu dari lima pilar Islam tentu tidak terlepas dari aturan dan hukum Islam yang berlaku. Salah satu kajian dalam Islam untuk melihat suatu peraturan atau kebijakan sesuai dengan hukum Islam dengan instrumen maqashid syariah. Oleh karena itu, buku ini menganalisis kesesuaian Undang-Undang No. 23 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat dengan nilai-nilai yang terdapat maqashid syariah yang terdiri dari hifzh al-dīn (menjaga agama), hifzh al-nafs (menjaga jiwa), hifzh al-‘aql (menjaga akal), hifzh al-nasl (menjaga keturunan), dan hifzh al-māl (menjaga harta). Penulis berharap buku ini dapat menjadi salah satu informasi terkait pengelolaan zakat di Indonesia.

Sebagai multiplier effect, pendapatan yang diterima akan naik dan investasi yang dilakukan akan bertambah. 2. Investasi Wajibnya zakat bagi orang yang memiliki harta mendorong untuk terjadinya investasi. Adanya alokasi zakat atas fakir ...

BUKU AJAR MANAJEMEN OPERASI 1

Manajemen operasional merupakan bagian manajemen yang erat kaitannya dengan mengawasi, merancang, dan mengendalikan kegiatan produksi. Selain itu, manajemen ini bertugas mengendalikan kegiatan produksi dan proses perbaikan strategi kegiatan bisnis dalam hal produksi barang dan jasa. Salah satu hal yang menarik dari manajemen operasi adalah ilmu tersebut senantiasa dihadapkan pada kondisi yang selalu dinamis. Perubahan ini terjadi karena adanya berbagai macam tekanan dari globalisasi, perputaran uang, produk dan ide yang memiliki kecepatan yang luar biasa.

Manajemen operasional merupakan bagian manajemen yang erat kaitannya dengan mengawasi, merancang, dan mengendalikan kegiatan produksi.

PERBAIKAN MANAJEMEN USAHA DAN PENINGKATAN DAYA SAING KELOMPOK UKM RUMAH TAJUNG ANTIQ (RTA) PENGHASIL KAIN TENUN TAJUNG DAN BLONGSONG KHAS PALEMBANG DALAM MENGHADAPI ERA NEW NORMAL

Buku “Perbaikan Manajemen Usaha dan Peningkatan Daya Saing Kelompok UKM Rumah Tajung Antiq (RTA) Penghasil Kain Tenun Tajung dan Blongsong Khas Palembang dalam Menghadapi Era New Normal” adalah luaran dari Program Pemberdayaan Masyarakat Skema UKM Indonesia Bangkit Kementerian Riset dan Teknologi/Brin Tahun Anggaran 2020. Dibiayai oleh Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat Deputi Bidang Penguatan Riset dan Pengembangan Kemeterian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi/Badan Riset dan Inovasi Nasional sesuai dengan Kontrak Program Pengabdian kepada Masyarakat Skema Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Indonesia Bangkit dan Penerapan Teknologi Tepat Guna kepada Masyarakat Tahun Anggaran 2020 Nomor: 166/SP2H/PPM/DRPM/2020. Buku ini mendeskripsikan kegiatan pada Program UKM Indonesia Bangkit, dengan mitra UKM Rumah Tajung Antiq (RTA) yang berlokasi di Kelurahan Tuan Kentang, Kecamatan Jakabaring, Palembang. Berdasarkan permasalahan prioritas yang harus ditangani maka beberapa solusi Tim Pelaksana kepada mitra: 1. Meningkatkan kemampuan manajerial pelaku usaha/pemilik kelompok UKM RTA melalui pelatihan dan pendampingan dalam pengelolaan usaha mulai dari pengelolaan manajemen keuangan, manajemen produksi, dan manajemen pemasaran. 2. Meningkatkan manajemen usaha kelompok UKM RTA melalui pelatihan dan pendampingan pengelolaan SDM dan kewirausahaan agar menjadi sentra usaha yang berdaya saing. 3. Memperbaiki dan meningkatkan omset/penjualan produk-produk kain tenun UKM RTA melalui inovasi Teknologi Tepat Guna (TTG) yang mendukung Era Revolusi Industri 4.0, begitu juga pelatihan dan pendampingan pemanfaatan TTG tersebut. Adapun TTG yang diimplmentasikan yakni e-katalog RTA yang merupakan teknologi informasi berbasis database. Sistem e-katalog RTA merupakan kombinasi katalog dan e-commerce yang berbasis android dan website. Selain berfungsi sebagai katalog produk juga dapat melakukan transaksi penjualan secara online. Hasil dari kegiatan ini telah dapat: 1. Meningkatkan daya saing usaha mitra melalui kenaikan omset menjadi sebesar ±50%, 2. Besar penerapan IPTEK yang ditunjukkan melalui peningkatan penggunaan TTG yang ditransfer ke mitra minimal sebesar 80%, dan 3. Peningkatan pengetahuan dan keterampilan manajemen usaha pada mitra minimal sebesar 80%.

Buku “Perbaikan Manajemen Usaha dan Peningkatan Daya Saing Kelompok UKM Rumah Tajung Antiq (RTA) Penghasil Kain Tenun Tajung dan Blongsong Khas Palembang dalam Menghadapi Era New Normal” adalah luaran dari Program Pemberdayaan ...

Manajemen Pemasaran Digital Kunci Sukses Masa Depan

Kegiatan pemasaran merupakan hal yang sangat kompleks dan menjadi tolok ukur keberhasilan sebuah perusahaan. Dalam buku ini pembahasan diawali dengan ruang lingkup pemasaran ramah lingkungan, dimana orientasi perusahaan bukan hanya sekedar bagimana bisa menghasilkan keuntungan yang besar, namun bagaimana perusahaan bisa berbuat baik terhadap lingkungannya. Teori-teori mengenai perilaku konsumen dibahas dalam buku ini, kajiannya disesuaikan dengan era digitalisasi bisnis yang menitikberatkan kepada hal-hal yang bersifat visual (tampilan secara fisik). Unsur-unsur yang meliputi; etika, estetika serta bagaimana norma sebuah konten dalam era pemasaran digital merupakan hal yang perlu diperhatikan dengan baik. Digitalisasi meniadakan sekat antara ruang dan waktu, pergeseran kegiatan pemasaran 4.0 menuju masyarakat 5.0 wajib diperhatikan bagi setiap perusahaan era digitalisasi dapat memberikan kemudahaan bagi konsumen sehingga menciptakan ikatan yang baik antara konsumen dan perusahaan.

Kegiatan pemasaran merupakan hal yang sangat kompleks dan menjadi tolok ukur keberhasilan sebuah perusahaan.

Manajemen Strategik dalam Perusahaan Internasional

Manajemen Strategik Internasional secara umum merupakan proses perencanaan manajemen secara komprehensif dan berkelanjutan yang bertujuan untuk memformulasikan, implementasi, dan evaluasi strategi agar perusahaan dapat berkompetisi secara internasional. Salah satu prosesnya yaitu dengan cara pengembangan satu strategi internasional (strategic planning). Tentu ini menjadi kajian menarik untuk didiskusikan pada program magister manajemen. Terlepas dari semua pengistilahan tersebut, manajemen strategik yang digunakan berbagai perusahaan baik domestik ataupun luar negeri agar bisa memenangkan persaingan di pasar internasional yang semakin global dan homogen. Buku ini akan membahas konsep dasar manajamen strategik perusahan internasional seperti faktor-faktor yang memengaruhi manajemen strategik internasional, konsep manajemen strategik internasional, proses manajemen strategik internasional, peran manajamen strategik dalam era globalisasi, tantangan manajemen strategik internasional, mengembangkan strategi internasional, dan strategi tingkat perusahaan internasional. Buku ini disajikan dengan bahasa yang sederhana dan contoh studi kasus suatu perusahaan yang aktual. Harapannya, hal yang demikian itu dapat menambah wawasan dan pengetahuan kepada para pembaca.

Buku ini akan membahas konsep dasar manajamen strategik perusahan internasional seperti faktor-faktor yang memengaruhi manajemen strategik internasional, konsep manajemen strategik internasional, proses manajemen strategik internasional, ...

MPOT

Implementasi Manajemen Pendidikan, Pemasaran, dan Keuangan

Kumpulan artikel ini tercakup manajemen pemasaran, pendidikan dan keuangan untuk kebutuhan permintaaan salah satu tugas prodi manajemen pendidikan, pemasaran dan keuangan merujuk pada perubahan pola pemasaran global secara umum dan perkembangan pemasaran di Indonesia secara khusus yang dipengaruhi perkembangan revolusi 4.0. Secara garis besar, cakupan materi dalam buku ini meliputi pengaruh penggunaan pemasaran desain produk, iklan media, e commerce dan juga dalam pemberian insentif kepada para sales untuk tercapainya target pemasaran, juga analisis metode QFD, pengaruh kreativitas, strategi dalam pembelajaran, begitu juga dengan kualitas pengajar dan beberapa proses pengajaran. Begitu juga dengan keuangan yang mana berisi tentang menganalisis rasio keuangan, pengaruh media sosial, partisipasi anggaran serta pengelolaannya. Penggunaan media sosial untuk membangun kepercayaan dalam merek dan hasil dapat diimplementasikan ke dalam tiga bahasan ini yaitu manajemen pendidikan, pemasaran, dan keuangan.

Kumpulan artikel ini tercakup manajemen pemasaran, pendidikan dan keuangan untuk kebutuhan permintaaan salah satu tugas prodi manajemen pendidikan, pemasaran dan keuangan merujuk pada perubahan pola pemasaran global secara umum dan ...

Manajemen Kurir dalam Perspektif Proses Bisnis

Di era e-commerce yang tumbuh dengan pesat saat ini telah mendorong tumbuhnya industri jasa kurir di Indonesia. Jasa kurir telah muncul keberadaannya di tanah air sejak tahun 1746 yang ditandai dengan berdirinya Kantor Pos yang pertama di Batavia, dalam perkembangannya hingga saat ini telah berdiri berbagai perusahaan jasa kurir swasta di berbagai wilayah. Dalam perkembangan yang sedemikian cepat, saat ini tentu memerlukan suatu konsep, teori dan panduan, yang diperlukan dalam proses pengelolaan jasa kurir, untuk itulah buku ini disusun. Karakteristik jasa kurir yang pada dasarnya adalah memindahkan dokumen/barang dari satu tempat ke tempat lain mengindikasikan bahwa jasa kurir adalah proses transportasi dokumen/barang. Dengan demikian, jasa kurir memiliki kerangka berpikir dan kerangka kerja yang mendasarkan pada ilmu transportasi, yang dalam perkembangannya telah memanfaatkan berbagai moda angkutan dalam proses distribusinya (multimoda). Distribusi dan transportasi dokumen/barang yang bersifat lintas wilayah, lintas pulau, bahkan lintas negara menandakan jasa kurir bersifat lintas sektoral, baik pusat maupun daerah, BUMN, perusahaan angkutan, sektor perdagangan, industri, UMKM, masyarakat, dst. (multisektoral). Dengan keterlibatan berbagai sektor tersebut memunculkan berbagai persoalan yang harus ditangani dalam aspek ekonomi, bisnis, perizinan, hukum, aspek pengangkutan, dst. (multiproblem). Sehingga membutuhkan berbagai disiplin ilmu (multidisiplin) dalam pengelolaannya, baik dalam konteks pelayanan pengiriman (first mile), pemrosesan, pergudangan, distribusi dan transportasi (middle mile), pengantaran dokumen/barang (last mile), serta pengetahuan-pengetahuan pendukung yang terkait dengan penentuan lokasi, penanganan kiriman berbahaya dan terlarang, pertanggungan risiko, sistem informasi dan pengelolaan aset.

Di era e-commerce yang tumbuh dengan pesat saat ini telah mendorong tumbuhnya industri jasa kurir di Indonesia.

Ekonomi Mikro

Menakar Paradigma melalui Perspektif Islam

Pembicaraan tentang ekonomi Islam tidak hanya terbatas pada soal bank syariah saja, namun harus mencakup pula ekonomi makro, ekonomi mikro, kebijakan moneter, kebijakan fiskal, pembiayaan publik hingga konsep pembangunan. Ini karena ekonomi Islam, yang bukan sebagai titik tengah antara kapitalisme dan sosialisme, mempunyai karakter yang tersendiri, meski masih terdapat kesamaan tertentu dalam mekanismenya dengan ekonomi konvensional. Ilmu ekonomi mikro merupakan salah satu cabang dari ilmu ekonomi yang pembahasannya menitikberatkan pada perilaku ekonomi individu rumah tangga, perusahaan, dan pasar. Ilmu ekonomi mikro juga memberikan metode kepada seseorang atau rumah tangga perusahaan untuk mengelola sumber daya ekonomi yang dimiliki agar dimanfaatkan secara efisien sehingga mampu memperoleh keuntungan maksimum dan memberikan solusi optimum kepada perusahaan dalam mengambil kebijakan, baik yang berkaitan dengan harga maupun jumlah barang di pasar (industri) yang dimasuki. Ilmu ini juga mempelajari perilaku konsumen dan perusahaan serta penentuan harga pasar dan kuantitas faktor input, barang, dan jasa yang diperjualbelikan. Dalam buku ini, penulis mencoba menggali konsep, variabel, dan teori-teori ekonomi yang telah diidentifikasi oleh para pemikir ekonomi muslim yang relevan dengan perilaku ekonomi modern. Buku ini juga memberikan jawaban atas berbagai pertanyaan dan konsep ekonomi Islam, seperti bagaimana konsep konsumsi yang benar menurut Islam, bagaimana konsumen membuat keputusan dan pemilihan terhadap suatu produk ketika ada perubahan pada harga atau pendapatan. Ekonomi mikro islami juga menjelaskan bagaimana sebuah keputusan diambil oleh setiap unit ekonomi dengan memasukkan batasan-batasan syariah sebagai variabel yang utama. Ekonomi mikro juga dapat menjelaskan perilaku industri dalam menentukan jumlah tenaga kerja, kuantitas, dan harga yang terbaik. Ekonomi mikro juga membahas bagaimana konsep produksi, distribusi yang benar menurut perspektif Islam, pelaku ekonomi Islam harus menghindari manipulasi, monopoli, dan mampu memahami konsep distorsi pasar. Pada garis besarnya, ekonomi islami mengidentifikasi tiga bentuk distorsi pasar, yakni rekayasa penawaran dan rekayasa permintaan, tadlis (penipuan), dan taghrir (kerancuan). Buku yang hadir di tengah-tengah para pembaca ini merupakan edisi pertama dengan 12 bab yang penulis rancang sebagai bahan ajar untuk memudahkan mahasiswa mengikuti materi yang disampaikan pada saat perkuliahan.

Ilmu ekonomi mikro merupakan salah satu cabang dari ilmu ekonomi yang pembahasannya menitikberatkan pada perilaku ekonomi individu rumah tangga, perusahaan, dan pasar.