Sebanyak 1526 item atau buku ditemukan

Menelaah Historiografi Nasional Indonesia: Kajian Kritis terhadap Buku Indonesia dalam Arus Sejarah

Thomas Samuel Kuhn di dalam karyanya The Structure of Scientific Revolutions melontarkan gagasan tentang scientific revolution (revolusi ilmu) yang ditandai oleh adanya pergantian paradigma (paradigm shifts). Proses revolusi ilmu dimulai dari pra-ilmu (prescience) ketika tidak memiliki paradigma sentral; ilmu biasa (normal science) ketika ilmuwan mencoba mengembangkan paradigma sentral melalui pemecahan teka-teki (puzzle solving); keganjilan (anomalies) ketika ilmuwan mengalami kegagalan untuk menyesuaikan paradigma; kegentingan (crisis) ketika paradigma benar-benar pada puncak anomali; dan ilmu revolusioner (revolutionary science) ketika paradigma baru muncul. Apabila perspektif Kuhn tersebut dipergunakan untuk melihat perkembangan historiografi Indonesia, terutama sejak penerbitan Sejarah Nasional Indonesia oleh Balai Pustaka pada tahun 1975, maka posisi historiografi sejarah Indonesia berada pada tahapan krisis setelah muncul banyak keganjilan mengenai buku tersebut. Buku Sejarah Nasional Indonesia yang dikatakan sebagai buku standar sejarah Indonesia telah dianggap sebagai sumber otentik di tengah masyarakat Indonesia. Buku itu dijadikan sejarah babon yang menjadi rujukan bagi penulisan sejarah Indonesia sehingga para pengajar sejarah menerapkannya dalam pengajaran sejarah Indonesia. Buku Sejarah Nasional Indonesia merupakan karya historiografis yang ditulis para sejarawan Indonesia setelah melalui proses panjang. Namun seiring perkembangan kajian kesejarahan dan peralihan dari era Orde Baru ke era reformasi, para sejarawan kemudian berupaya melengkapi buku Sejarah Nasional Indonesia yang diterbitkan pada masa pemerintahan Presiden Soeharto itu sehingga muncul buku Indonesia dalam Arus Sejarah yang diterbitkan pada masa pemerintahan Presiden Soesilo Bambang Yudoyono.

ini membawa pergeseran masyarakat pribumi dari sistem perekonomian pertanian sub-sistem tradisional ke sistem perekonomian pasar kolonial. Pergeseran kehidupan politik dan ekonomi tersebut mempengaruhi terjadinya proses pergeseran ...

Sejarah pemikiran ekonomi Islam

... Islamic Thought and Civilization ( ISTAC ) , International Islamic University Malaysia ) . Kiswati , Tsuraya ( 2015 ) ... History of Muslim Philosophy . ' Vol . 1 Book . 3. Lahore Pakistan : Pakistan Philosophical Congress . Sluglett ...

SINERGI PENGELOLAAN ZAKAT DI INDONESIA

Buku “Sinergi Pengelolaan Zakat Di Indonesia” yang ditulis oleh para Dosen dan Mahasiswa Departemen Ekonomi Syariah Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI) diharapkan dapat memberikan perspektif tentang bagaimana suatu program zakat berjalan secara selaras bersama program pengentasan kemiskinan. Kerjasama dan kolaborasi diantara lembaga amil zakat dan masyarakat dalam ekosistem zakat nasional menjadi topik bahasan dalam buku tersebut. Gagasan pemikiran dalam buku tersebut dikembangkan berdasarkan pengalaman para penulis dalam melakukan penelitian dan sukarelawan ahli (expert volunteer) dibeberapa lembaga amil zakat nasional. Meskipun tidak terlibat secara langsung dalam proses peng- ambilan keputusan pada pusat arus (epicentre) zakat nasional, para penulis mencoba memberikan khazanah persepsi sebagai intelektual dan pelaku zakat dari arus pinggiran (outer orbit). Penghitungan zakat juga dicoba dengan memberikan cara/contoh yang lebih memasyarakat. Pengumpulan zakat, bisa pula menerapkan teknologi. Maka teknologi itu harus pula dikuasai atau dipahami oleh umat dengan segala konsekuensinya. Selanjutnya pendistribusiannya juga harus mengikuti ajaran Islam. Ajaran ini yang tidak menyimpang dari kemajuan teknologi.

Buku “Sinergi Pengelolaan Zakat Di Indonesia” yang ditulis oleh para Dosen dan Mahasiswa Departemen Ekonomi Syariah Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI) diharapkan dapat memberikan perspektif tentang bagaimana suatu program ...

Pengantar Manajemen Operasional

Manajemen Operasional merupakan bagian tidak terpisahkan dan sangat penting dalam kelangsungan pembangunan masa sekarang dan masa yang akan datang. Buku ini berisi materi yang dapat digunakan baik oleh tenaga pengajar maupun mahasiswa, serta para pembaca umumnya untuk menambah wawasan berpikir dan ilmu yang berkenaan dengan ilmu manajemen dan bisnis. Buku ini terdiri dari 13 bab yang membahas tentang: Bab 1 Pengenalan Manajemen Produksi Bab 2 Strategi Operasi Bab 3 Perencanaan Kapasitas Produksi Dengan Pendekatan Luas Produksi Bab 4 Pola Produksi Bab 5 Peramalan Permintaan Produk dan Jasa Bab 6 Penentuan Lokasi Bab 7 Desain Fasilitas dan Layout Bab 8 Pengendalian Persediaan Bab 9 Manajemen Proyek Bab 10 Perencanaan Kapasitas dengan Learning Curve Bab 11 Material Handling Bab 12 Manajemen Kualitas Bab 13 Perencanaan Kapasitas Dengan BEP

Penulis mengajar Manajemen Pemasaran, Kewirausahaan, Metodologi Penelitian, Manajemen Strategik, Seminar Manajemen Pemasaran, E-Commerce, Manajemen Koperasi dan UKM, Ekonomi Manajerial, Kepemimpinan dan Manajemen SDM.

Panduan belajar manajemen referensi dengan Mendeley

Dalam berbagai karya ilmiah yang ditulis oleh mahasiswa atau kalangan akademisi lainnya sering ditemukan bentuk pengutipan serta daftar rujukan yang beragam.

Islamic Business Administration

Concepts and Strategies

This essential textbook provides a comprehensive introduction to the Islamic business environment, exploring core concepts and practices in business administration from an Islamic perspective. Thorough and accessible, it covers the full range of Islamic business, including entrepreneurship, ethics, organizational culture, marketing, finance and decision making. Taking an integrated approach that aligns contemporary business practice with traditional Islamic literature, the book offers an engaging exploration of the key ways in which business activities can be organised to align with Islamic norms, rules and regulation. Developed from the teaching practice of an international range of leading scholars in the field, Islamic Business Administration includes topical case studies, practical business scenarios and comparative features, encouraging students to place their understanding of Islamic business within the wider global business context and to understand its practical implementation. This is an invaluable companion for students studying a module in Islamic business or management at undergraduate, postgraduate and MBA level. It is also suitable for students of Islamic finance or banking looking to place their learning in the wider context of Islamic business.

For the purpose of this chapter, the following section extends the discussion on the marketing mix from an Islamic perspective involving the second group. 7.8 Islamic marketing mix One of the major concepts ...

Entrepreneurship and Management in an Islamic Context

The aim of this volume is to explore entrepreneurship and business from the perspective of Islamic principles, which are usually based on collaboration, teamwork, generosity and altruism. The contributions deal with the confluence of Islamic Principles with entrepreneurial and business ownership characteristics; resource use by entrepreneurs; means of entrepreneurial success, and ethics and social responsibility.

Nonetheless, the best practice in policy, programs, or interventions is a matter of choice for the country, and must take into consideration their own ... GSM Association—Information and Communication Technology Entrepreneurship.

Strategic Islamic Marketing

A Roadmap for Engaging Muslim Consumers

Marketing in the emerging Islamic markets is a challenging business function since international companies must contend with unfamiliar customs, cultural differences, and legal challenges. This book provides marketers who want to reach this emerging and very lucrative consumer base with essential, research-based insights on these aspects and how to deal with them. This book redefines marketing practice and conduct and challenges conventional marketing wisdom by introducing a religious-based ethical framework to the practice of marketing. The framework opens a whole new array of marketing opportunities and describes the behavior of the consumer, community, and companies using a different approach than conventional marketing thought.

This book provides marketers who want to reach this emerging and very lucrative consumer base with essential, research-based insights on these aspects and how to deal with them.