Studi Tentang Sistem Among Dalam Proses Pendidikan
Buku ini sangat cocok untuk menjadi referensi bagi para guru sebagai “pamong” yang lebih cenderung menjadi navigator peserta didik sesuai dengan semboyan Tut Wuri Handayani. Buku ini ditulis dalam bahasa yang sederhana, dalam istilah keseharian sehingga meskipun membahasa sesuatu yang sangat serius, namun mudah dipahami.
Buku ini sangat cocok untuk menjadi referensi bagi para guru sebagai “pamong” yang lebih cenderung menjadi navigator peserta didik sesuai dengan semboyan Tut Wuri Handayani.
Kumpulan Tulisan tentang Strategi dan Evaluasi Pendidikan
Sekarang ini kita memasuki era global dengan teknologi industri yang terus berkembang pesat. Dalam menjawab tantangan zaman, Pendidikan membutuhkan pembaharuan terus-menerus secara konsisten dengan tidak meninggalkan substansi keilmuan. Dalam mencapai tujuan, pendidikan membutuhkan berbagai komponen yang saling berhubungan. Pendidikan membutuhkan strategi yang relevan berbasis teknologi dalam menjalankan proses pembelajaran. Demi menguatkan penjaminan mutu, evaluasi menjadi sarana mengukur sejauh mana pemahaman peserta didik dalam menguasai materi yang telah disampaikan. Dengan perpaduan dua komponen tersebut diharapkan bisa memberikan pemahaman utuh tentang proses pembelajaran. Buku ini ditulis merupakan sumbangsih gagasan praktisi pendidikan yang semoga bisa memberikan warna baru bagi para pembaca terutama tentang strategi dan evaluasi pendidikan. Keberhasilan buku ini tentu tidak akan terwujud tanpa adanya dukungan dan bantuan dari berbagai pihak. “Pendidikan sejatinya sangatlah indah dengan bermacam-macam ilmu pengetahuan baik yang berupa gagasan sampai dengan ranah praktis pada realitas kehidupan. Strategi dan evaluasi pendidikan merupakan komponen yang penting dalam proses pembelajaran. Buku ini mampu menghadirkan gagasan segar dalam ranah strategi dan evaluasi pendidikan yang penting untuk dipahami oleh praktisi pendidikan.” Mufit Miftachudin, S.Pd.I. (DPRD Kabupaten Batang) “Pendidikan sejatinya adalah upaya terstruktur untuk mendorong transformasi peserta didik dari kondisi tidak tahu menjadi tahu, dari suatu kesadaran menuju kesadaran yang lebih tinggi. Oleh karenanya, dibutuhkan strategi yang kreatif, dinamis, dan terukur dalam proses belajar mengajar. Buku ini menyuguhkan contoh strategi dan evaluasi pendidikan yang penting untuk dibaca bagi segenap stakeholder pendidikan, utamanya guru yang terlibat langsung dalam aktivitas kegiatan belajar mengajar di kelas.” Irfandi, M.H. (Dosen IAIN Pekalongan)
Meletakkan Fondasi Dan Filosofi Pendidikan Kristen Di Tengah Tantangan Filsafat Dunia
Filsafat Pendidikan Agama Kristen yang alkitabiah adalah hal yang sangat penting dan mendasar untuk membuat kurikulum pendidikan Kristen yang alkitabiah. Namun, hal ini banyak diabaikan oleh lembaga- lembaga pendidikan Kristen dan para pendidik Kristen. Pengabaian ini berdampak besar dalam dunia pendidikan Kristen karena banyak lembaga pendidikan Kristen dan para pendidik Kristen terombang-ambing dalam ketidakjelasan posisi mereka. Hal ini berdampak pada tidak tercapainya visi dan misi lembaga pendidikan Kristen tersebut. Hal ini diperparah dengan berkembangnya filsafat pendidikan sekuler yang jauh dari kebenaran firman Tuhan. Jika lembaga Kristen dan para pendidik Kristen tidak memiliki dan mengembangkan filsafat pendidikan Kristen yang alkitabiah, pendidikan Kristen hanya akan menjadi nama karena isinya sudah dipenuhi oleh filsafat dunia. Buku ini adalah jawaban atas kebutuhan yang mendesak dalam dunia pendidikan Kristen masa kini. Buku ini sangat penting bagi lembaga- lembaga pendidikan Kristen dan para pendidik Kristen untuk mengajar dan mendidik murid-murid mereka dalam sudut pandang Kristen (Christian worldview). Buku ini merupakan referensi utama yang waijib bagi setiap pendidik yang berkecimpung dalam dunia pendidikan Kristen sehingga pendidikan Kristen tidak sekadar nama.
Meletakkan Fondasi Dan Filosofi Pendidikan Kristen Di Tengah Tantangan Filsafat Dunia Khoe Yao Tung. philosophy of life and education. Counts juga menyatakan bahwa untuk menghasilkan bangunan kendali orde sosial yang baru pada ekonomi ...
Buku digital ini berjudul "Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dan Evaluasi Pendidikan Islam Perspektif Hadits", merupakan tulisan yang berisi tentang "Pendidikan Agama Islam" yang dapat memberikan tambahan wawasan pengetahuan dan pencerahan bagi pembaca. Semangat untuk berbagi terutama dalam literasi khazanah pengetahuan agama Islam yang mendasari penerbit menghadirkan konten-konten di buku digital ini. Penerbit berdoa semoga konten yang diterbitkan ini bisa bermanfaat dan menjadi bahan pembelajaran bagi siapapun juga.
2, 2016, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta), Rekonstruksi Materi Peperangan dalam Pembelajaran PAI di Madrasah, (segera terbit), dan karya lainnya bisa dibaca pada blog pribadinya ...
Buku digital ini berjudul "Pembelajaran Kooperatif dan Menumbuhkan Nurani dalam Bekerja", merupakan buku yang berisi tentang "Pendidikan Karakter" yang dapat memberikan tambahan wawasan pengetahuan dan pencerahan bagi pembaca. Semangat untuk berbagi terutama dalam literasi khazanah pengetahuan pendidikan yang mendasari penerbit menghadirkan konten-konten di buku digital ini. Penerbit berdoa semoga buku digital yang diterbitkan ini bisa bermanfaat dan menjadi bahan pembelajaran serta panduan bagi siapapun juga.
Seorang spesialis pendidikan anak usia dini Ann Halpern mengajar sebuah kelas gabungan, kelas satu dan dua, di Central School, Itacha, New York. Dia suka mengajar unit-unit tematik yang memakan waktu sampai beberapa minggu dan memadukan ...
(Studi pada Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Fakultas Tarbiyah IAILM Suryalaya KOPERTAIS Wilayah II Jawa Barat)
Pembelajaran sebagai suatu proses berlangsung secara dinamis karena berbagai situasi dan kondisi yang berubah-ubah dan dapat berpengaruh pada kualitas pembelajaran yang dilaksanakan. Tentunya dinamika pembelajaran yang kompleks juga memberikan dampak besar terhadap kemampuan peserta didik dalam capaian hasil pembelajaran. Sistem manajemen pembelajaran daring, merupakan suatu manajemen pembelajaran yang disiapkan untuk siswa/mahasiswa dan guru/dosen dalam melakukan pembelajaran melalui perangkat lunak. Dilaksanakan sebagai tindak lanjut dari kebijkan pemerintah. Berdasarkan Surat Edaran Mendikbud Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan, dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19) poin ke 2 yaitu proses belajar dari rumah. Konsekuensi dari kebijakan tersebut berimplikasi pada setiap Institusi pendidikan, tidak terkecuali pada Perguruan Tinggi termasuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (PTKIS), harus melaksakan proses belajar dari rumah dengan media internet Daring. Penelitian ini, bertujuan untuk membahas tentang korelasi antara “Manajemen Pembelajaran Daring Dalam Upaya Memutus Mata Rantai Penyebaran Covid-19. pada PTKIS di lingkungan KOPERTAIS Wilayah II Jawa Barat. Sesederhana apapun penelitian yang telah dilakukan, dan sekecil apapun temuanya. Hasil penelitian ini menjadi sumbangan yang sangat bermakna untuk dua hal tersebut. Kesadaran dan inspirasi untuk solusi adalah bagian dari rekomendasi untuk pengembangan selanjutnya.
Pembelajaran sebagai suatu proses berlangsung secara dinamis karena berbagai situasi dan kondisi yang berubah-ubah dan dapat berpengaruh pada kualitas pembelajaran yang dilaksanakan.
"Berisi puisi pilihan yang seluruhnya pernah dimuat di media massa lokal dan nasional sepanjang tahun 2013-2016 dan sebagian pernah memenangkan event lomba." Jika ada 1000 orang yang bisa menulis, mungkin hanya ada 200 orang yang dapat menulis puisi. Dari 200 orang yang dapat menulis puisi, mungkin hanya 18 orang yang dapat membuat puisi bagus. Dari 18 orang yang dapat membuat puisi bagus, mungkin hanya ada 4 orang yang dapat dimuat media cetak. Dari 4 orang yang dapat dimuat media cetak, hanya 1 orang yang mampu dimuat di lebih dari 50 media cetak. Buku Pelajaran Kincir Angin ditulis oleh 2 orang penulis yang pernah dimuat di 72 media cetak dan 56 media cetak. Sehingga buku ini cocok dimiliki untuk Anda yang ingin mahir menulis puisi agar dimuat media cetak.
Berisi puisi pilihan yang seluruhnya pernah dimuat di media massa lokal dan nasional sepanjang tahun 2013-2016 dan sebagian pernah memenangkan event lomba.