Sebanyak 149 item atau buku ditemukan

Relasi Islam, Politik dan Kekuasaan

Hingga saat ini persoalan relasi antara Islam dan politik/kekuasaan terus mengalami perkembangan dan menimbulkan pemikiran dan aliran yang berbeda. Di Indonesia, belum ditemukannya formulasi relasi yang "menguntungkan" bagi umat Islam dalam konfigurasi politik nasional, diyakini banyak pihak sebagai salah satu --jika bukan satu-satunya-- penyebab merebaknya gerakan radikalisme Islam yang masih memimpikan terwujudnya apa yang mereka sebut sebagai Negara Islam. Buku ini mengurai sejarah persinggungan Islam dan kekuasaan, serta konfigurasi politik Islam di Indonesia terutama sejak bergulirnya masa reformasi.

Hingga saat ini persoalan relasi antara Islam dan politik/kekuasaan terus mengalami perkembangan dan menimbulkan pemikiran dan aliran yang berbeda.

Manajemen Madrasah: Teori, Riset dan Praktik

Madrasah merupakan lembaga pendidikan yang memiliki sejarah panjang dan berdiri pada teritorial yang sangat panjang dari Afrika, sampai Asia. Penamaannya juga bervariasi jenjang. Ada yang menyebut madrasah sebagai bentuk pendidikan dasar dan menengah dan adapula yang menyebut bentuk pendidikan tinggi. Disamping itu madrasah memiliki keunikan di masing-masing negara, tetapi yang hampir mirip di semua negara tersebut, madrasah menerima siswa dari orang tua dengan golongan ekonomi yang rendah dan perhatian pemerintah sangat kecil. Buku ini disusun berdasar teori, riset dan praktek pengelolaan madrasah yang berupaya memberi wawasan dan wacana baru dalam mewujudkan madrasah yang sesuai perkembangan jaman sekaligus tidak meninggalkan misi sucinya dalam mendidik generasi muda yang tafaqquh fiddin. Cakupan buku ini dari yang besifat kajian historis, sosiologis, dan manajemen tentang madrasah baik internasional, regional, nasional maupun local sehingga bisa menambah penguatan bagi optimisme pengembangan madrasah. Buku ini berisi tentang Madrasah Around The World, Pendidikan Dan Madrasah Di Indonesia, Madrasah Dalam Perspektif Kelembagaan, Manajemen Kesiswaan Madrasah, Pengembangan Kurikulum Madrasah, Pengembangan Sumber Daya Manusia Madrasah, Manajemen Sarana Prasarana Madrasah, Manajemen Pembiayaan Pendidikan, serta Manajemen Website dan Media Sosial.

Kriteria Ruang Laboratorium Sesuai Jenjang Pendidikan MI/SD MTs/SMP - Rasio laboratorium minimum komputer luas ruang 2 m2/peserta didik. Luas minimum ruang laboratorium komputer 30 m2. Lebar laboratorium minimum IPA ruang 5 m.

ANALISIS WACANA DAN RESOLUSI KONFLIK (PERDAMAIAN)

ANALISIS WACANA DAN RESOLUSI KONFLIK (PERDAMAIAN) Penulis : Yunita Sari, dkk Kata Pengantar : Naufal Kurniawan,S.Ag.,M.Ag. Ukuran : 14 x 21 cm No. QRCBN :62-39-1263-106 Terbit : Juni 2022 www.guepedia.com Sinopsis : Buku Analisis Wacana dan Resolusi Konflik Sosial Keagamaan yang berbasis riset dan integrasi dengan visi dan core values ini penting karena potensi konflik bernuansa agama masih saja ada di masyakarat Indonesia yang multi religius dan etnis ini. Selain itu, Buku Analisis Wacana dan Resolusi Konflik ini terintegrasi dengan Visi dan Core Values dan berbasis riset/penelitian baik dari segi standar isi (materi) pembelajaran, standar kompetensi, maupun standar proses (strategi) pembelajaran. Harapannya bisa meneliti wacana dan konflik sosial bernuansa keagamaan di Indonesia menggunakan aneka pendekatan studi agama yang ideal dan tepat sasaran, serta mampu menganalisis wacana dan resolusi konflik sosial keagamaan suatu wilayah bekas konflik menggunakan pendekatan sosiologi konflik. www.guepedia.com Email : [email protected] WA di 081287602508 Happy shopping & reading Enjoy your day, guys

ANALISIS WACANA DAN RESOLUSI KONFLIK (PERDAMAIAN) Penulis : Yunita Sari, dkk Kata Pengantar : Naufal Kurniawan,S.Ag.,M.Ag. Ukuran : 14 x 21 cm No. QRCBN :62-39-1263-106 Terbit : Juni 2022 www.guepedia.com Sinopsis : Buku Analisis Wacana dan ...

FIQIH KONTEMPORER Kajian Kesehatan

Memahai agama tiga pokok yang harus di fahami, Aqidah, Syariat dan Akhlaq. Dalam pembahasan buku ini lebih banyak berbicara tentang subtansi Syariat yang berkaitan dengan kasustik nilai-nilai kebersihan dan kesehatan. Sebagai upaya untuk menjawab tantangan zaman pada era milenial, hukum islam masih tetap di perlukan untuk mengetahui dasar-dasar kebenaran yang hakiki yang bersumber dari Al-Qur’an Hadits dan Ulama’. Para pelajar baik Siswa, Mahasiswa maupun Akademisi Pendidikan semakin sadar akan pentingnya memahami hukum-hukum Islam melalui Bayan Aqli penjelasan aqal yang bersumber dari Ijtihad Ulama dalam menetapkan hukum Islam, jika menemui kesulitan untuk mengetahui hukum-hukum islam salah satunya belajar terhadap Ulama’, dalam bidang buku ini kepada Fuqaha’ Ahli Fiqh yang kualitas keilmuannya sudah diyakini seperti Madzahibul Arba’ah, Imam Hanafi, Imam Malik, iv Imam Syafi’iy Dan Imam Hambaaliy sebagai rujukkannya disamping para Ulama’ terkini yang kita wajib belajar kepada para Ulama’. Semoga kehadiran buku ini menjadi kecerahan dan mendapatkan barakahnya Fuqaha’.

A. Dasar Pemikiran Dalam kehidupan beragama setelah manusia meyakini islam sebagai agamanya dengan mengucapkan Syahadataini yaitu mengucapkan Asyhadu Alla ilaha Ilallah wa Asyhadu Anna Muhammadar Rasulullah, yang artinya: “aku bersaksi ...

USHUL FIQH: SEJARAH, TEORI LUGHAWY DAN TEORI MAQASHIDY

Al-Qur’an dan hadis merupakan teks verbal yang, dalam perkembangannya, termanifestasikan sebagai kerangka teks literal. Proses “literalisasi” teks verbal Al-Qur’an yang terekam dalam ingatan kolektif para sahabat pun terjadi. Pada masa pemerintahan Utsman bin Affan, proses literalisasi teks-teks verbal Al-Qur’an dilangsungkan secara resmi atas perintah khalifah. Alasan utamanya adalah terbunuhnya sejumlah penghafal Al-Qur’an sehingga dikhawatirkan Al-Qur’an tidak terselamatkan. Di samping alasan tersebut, yang lebih penting adalah memahami kandungan maknanya. Al-Qur’an menjadi teks fundamental yang menempati ruang istimewa di kalangan umat Islam. Sayangnya, Al-Qur’an hanya diperkenalkan sisi keindahan dan keajaibannya, sementara kandungan maknanya hampir dilupakan. Konsekuensi belajar Al-Qur’an yang tidak utuh akan menimbulkan bahaya laten. Memahami Islam tidak cukup hanya menggunakan Al-Qur’an dan hadis, tetapi perlu sumber-sumber lain. Dalam studi ilmu-ilmu syariat, ushul fiqh dikategorikan sebagai metodologi memahami keduanya untuk memproduksi hukum (ilmu fiqh) secara argumentatif. Banyak akademisi yang mempelajari satu demi satu masalah. Namun, jika ia keluar dari masalah itu, maka ia seperti tidak mengetahui apa pun karena tidak memahami ilmu ushul yang menjadi landasan kesimpulan hukum.

Al-Qur’an dan hadis merupakan teks verbal yang, dalam perkembangannya, termanifestasikan sebagai kerangka teks literal.

Perluasan dan Penambahan Jenis Zakat

Seri Hukum Zakat

Buku digital ini berjudul "Perluasan dan Penambahan Jenis Zakat: Seri Hukum Zakat", merupakan tulisan yang berisi "pengetahuan tentang zakat" yang dapat memberikan tambahan pencerahan bagi pembaca. Semangat untuk berbagi, terutama dalam literasi khazanah pengetahuan Agama Islam yang mendasari penerbit menghadirkan konten-konten di buku digital ini. Penerbit berdoa semoga konten yang diterbitkan ini bisa bermanfaat dan menjadi bahan pembelajaran bagi siapapun juga. Selamat membaca!

Buku digital ini berjudul "Perluasan dan Penambahan Jenis Zakat: Seri Hukum Zakat", merupakan tulisan yang berisi "pengetahuan tentang zakat" yang dapat memberikan tambahan pencerahan bagi pembaca.

Ilmu Pendidikan Mengupas Komponen Pendidikan

Masalah pendidikan adalah masalah semua umat. Pada bangsa yang primitif sekalipun, aktivitas pendidikan pasti terjadi. Karena sebenarnya pendidikan merupakan kebutuhan pokok bagi manusia dalam mempertahankan dan melangsungkan kehidupannya. Dalam kehidupan manusia pendidikan merupakan salah satu aspek penting dalam membentuk generasi mendatang. Dengan pendidikan diharapkan dapat menghasilkan manusia berkualitas, bertanggung jawab dan mampu mengantisipasi masa depan. Sejak manusia menuntut kemajuan dan kehidupan, maka sejak itu timbul gagasan untuk melakukan pengalihan, pelestarian dan pengembangan kebudayaan melalui pendidikan. Maka dari itu dalam sejarah pertumbuhan masyarakat, pendidikan senantiasa menjadi perhatian utama dalam rangka memajukan kehidupan generasi demi generasi sejalan dengan tuntutan kemajuan masyarakatnya. Ilmu Pendidikan Mengupas Komponen Pendidikan ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak.

Ilmu Pendidikan Mengupas Komponen Pendidikan ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak.

Teori Konstruktivisme dalam Pembelajaran PAI di Madrasah: Teori dan Implementasinya

Salah satu prinsip pendidikan adalah guru tidak begitu saja memberikan pe­ngetahuan kepada peserta didik, tetapi peserta didik yang seharusnya aktif mem­bangun pe­ngetahuan dalam pikiran mereka sendiri. Pada suatu proses pengem­bangan model-model pembelajaran melahirkan berbagai macam konsep belajar yang telah kita kenal yakni yang salah satunya adalah pembelajaran berbasis teori konstruk­tivisme. Pendekatan teori konstruk­tivisme dalam pem­belajaran di­dasarkan pada perpaduan antara beberapa penelitian dalam modifikasi perilaku yang didasar­kan pada teori operant conditioning dalam ilmu psikologi behavioral. Premis dasar­nya adalah bahwa individu harus secara aktif “membangun” pengetahuan dan ke­terampilan­nya dan informasi yang ada diperoleh dalam proses membangun ke­rangka oleh peserta didik dari lingkungan di luar dirinya. Pengembangan sistem pem­belajaran pendidikan agama Islam memerlukan jasa ilmu pembelajaran pada umum­nya, sehingga diperlukan upaya adaptasi ter­hadap per­kembangan pem­belajaran, disertai dengan identifikasi sesuai dengan karak­teri­stik dari masing-masing mata pelajaran, terkhusus pada mata pelajaran PAI di Madrasah.

Model Jigsaw Metode pembelajaran ini dapat digunakan jika materi yang akan di. Gambar 2.5: Model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. (Sumber: fatkhan.web.id) ... Silbermen, Active Learning, (Nusa media,2004),h.148 44Lihat Melvin L.