Sebanyak 565 item atau buku ditemukan

STUDI TAKHRIJ HADIS

Kajian Tentang Metodologi Takhrij dan Kegiatan Penelitian Hadis

Hadis memiliki peranan sentral dan sangat penting, terutama sebagai hujjah dalam menetapkan hukum dan penjelas konten Al Quran. Hadis memiliki tiga unsur utama: sanad, matan dan perawi. Ketiga unsur ini menjadi hal penting dan menentukan derajat sebuah Hadis; apakah diterima (maqbul) atau ditolak (mardud); apakah muttashil (bersambung) atau munqathi’ (putus). Sebutan shahih (valid), atau dlaif (invalid, lemah) untuk sebuah hadis merupakan hasil keputusan akhir dari kajian sebuah Hadis. Ilmu yang secara khusus mendalami Hadis, termasuk sisi a’dalah, tsiqoh, dan dlabith­ setiap perawi lazim disebut Takhrijul Hadits. Takhrij al Hadits merupakan cara untuk menempatkan letak Hadis dalam sumbernya yang orisinil, berikut sanadnya, dan menjelaskan martabatnya. Dalam konteks keindonesiaan, buku ini merupakan panduan praktis yang universal dan komprehensif dalam kajian takhrîj Hadis. Di dalamnya memuat banyak hal terkait dengan ilmu Hadis, termasuk pengertian Takhrij al Hadits; objek kajian; metode penerapan takhrij, berikut contoh praktisnya. Buku ini layak “ditetapkan” sebagai ”ensiklopedi mini” untuk menyelami lautan khazanah studi Hadis yang sangat luas dan dalam; dan karena itu, ia menjadi nutrisi wajib para pelajar studi ilmu keislaman.

Hadis memiliki peranan sentral dan sangat penting, terutama sebagai hujjah dalam menetapkan hukum dan penjelas konten Al Quran.

Penelitian Kualitatif Untuk Ilmu Pendidikan

Potensi penelitian di Indonesia menyebar di berbagai lembaga, baik di lembaga kementerian maupun nonkementerian. Dan, salah satu potensi yang paling menarik adalah perguruan tinggi, karena di sanalah tempat para dosen berkecimpung. Dosen, sejatinya adalah ilmuwan yang mengajar. Dengan demikian, tugas utama mereka, selain mengajar, adalah melahirkan dan mengembangkan teori-teori ilmu pengetahuan dan pengembangan teknologinya. Tugas penelitian perguruan tinggi tidak sekadar menemukan teknologi baru, tetapi juga mempersiapkan berbagai institusi pendukung perubahan-perubahan sosial, seperti pengembangan sikap multikulturalisme, toleransi, dan sikap kreatif, inovatif, dan kolaboratif dalam rangka meningkatkan produktivitas bangsa. Buku Penelitian Kualitatif untuk llmu Pendidikan sangat tepat sebagai buku rujukan para peneliti, khususnya para peneliti di lingkungan perguruan tinggi keagamaan Islam, dengan tradisi penelitian interpretivisme. Seiring bergeraknya perubahan paradigma kajian agama, yakni dari epistemologi metafisis ke ilmu sosial yang empirik dengan pendekatan post-positivisme, atau pendekatan interpretatif, para peneliti di perguruan tinggi dituntut untuk menguasai metode penelitian kualitatif. Buku ini menyajikan materi dan bahan bacaan yang dibutuhkan untuk memahami penelitian kualitatif, serta langkah-langkah melakukan penelitian kualitatif. Berbagai pertanyaan yang sering muncul tentang penelitian kualitatif, misalnya, dijawab penulis dengan jelas di bab dua. Di samping itu, permasalahan yang kerap kali menjadi tantangan dalam pelaksanaan penelitian kualitatif akan dikupas tuntas di bab Lima: Pelaksanaan Penelitian: Pengumpulan dan Analisis Data. Terakhir ditutup dengan pembahasan penelitian tindakan dan pengembangan. Buku ini ditujukan sebagai buku rujukan untuk penelitian pendidikan, dan juga ilmu-ilmu sosial lainnya, yang sudah mulai melirik pentingnya penelitian interpretif dalam pengembangan teori-teori keilmuannya. Buku persembahan penerbit PrenadaMediaGroup

Potensi penelitian di Indonesia menyebar di berbagai lembaga, baik di lembaga kementerian maupun nonkementerian.

ADMINISTRASI PENDIDIKAN (TINJAUAN TEORI & IMPLEMENTASI)

Buku ini merupakan hasil karya yang dapat dijadikan sumber belajar bagi mahasiswa sebagai dasar dalam melakukan pembelajaran. Buku ini diharapkan dapat memberikan kontribusi pada pengembangan ilmu pengetahuan di bidang akademisi sehingga menjadi buku yang signifikan. Untuk memudahkan pembaca dalam memahaminya, penulis menyusun buku ini dalam beberapa bagian bab. Dengan adanya buku ini, diharapkan dapat membantu mahasiswa dalam memperluas dan memperdalam pengetahuan mereka untuk melakukan pengkajian pada bidang ilmu yang diperlukan.

A. Pengertian Komunikasi Istilah komunikasi dalam bahasa inggris “communication”, berasal dari bahasa latin “communicatus” yang memiliki arti berbagi atau menjadi milik bersama. Komunikasi dimaknai sebagai hubungan kontak antar dan ...

HADITS-HADITS PENDIDIKAN

Buku yang berjudul “Hadits-Hadits Pendidikan” ini yang di dalamnya penulis mencoba menyajikan sisi normatif, historis, teoritis dan praktis tentang hal ihwal yang bersinggungan dengan hadits-hadits pendidikan. Dalam mengkaji dan menganalisis Hadits, penulis menggali informasi dari data primer yang bersumber dari al-Qur‟an dankitab-kitab Haditsmu’tabaroh, disertai data sekunder melalui karya monumental para intelektual Muslim yang berkompetendalambidangmasing-masing, khususnya para muhaddits. Sehingga data daninformasi yang diperolehlebihcredible, valid dan komprehensif.Iringan shalawat terbingkai salam, semoga senantiasa Allah curahkan kepada Revolusioner dunia baginda NabiMuhammad saw., yang telah membina dan membawa umat manusia dari gelapnya kebodohan menuju gelimangan sinarilmu pengetahuan di setiap lini kehidupan, serta seluruh keluarga, para sahabat dan orang-orang yang mengikuti mereka hingga akhir masa. Buku ini juga telah disesuaikan dengan garis-garis besar Silabi yangditerbitkan Ditjen Pendis Kemenag RI, kemudian penulis kembangkan sesuai dinamisasiPendidikan Islam masa kini. Buku ini bukan saja untuk STAIN/IAIN/UIN, tetapi juga untuk PTAISdanUmum, khususnyaJurusan Tarbiyah

Buku yang berjudul “Hadits-Hadits Pendidikan” ini yang di dalamnya penulis mencoba menyajikan sisi normatif, historis, teoritis dan praktis tentang hal ihwal yang bersinggungan dengan hadits-hadits pendidikan.

Pendidikan dalam Perspektif Al-Qur'an

Buku ini merupakan kontribusi pengarang untuk menyajikan titik-titik dalam Al-Quran yang memuat konsep dan pandangan Islam tentang pendidikan. Rentang pembahasan dalam buku ini mencakup dua bagian penting: pertama, berbagai hal yang berkaitan dengan sistem pendidikan; dan yang kedua, berbagai hal yang menjadi rangka bangun sistem pendidikan itu sendiri. Untuk bagian pertama, tema inti yang diperbincangkan adalah: visi, misi, dan tujuan pendidikan Islam; manajemen pendidikan, dana, dan lingkungan yang berkaitan dengan pendidikan. Adapun untuk bagian yang kedua, tema inti yang dipaparkan secara perinci adalah dasar, guru, kurikulum, dan proses belajar mengajar. Karena itu, bagi mereka yang bergelut di dunia pendidikan Islam, buku ini penting untuk semakin memahami betapa kaya perspektif pendidikan dalam Al-Quran, sedangkan bagi mereka yang selama ini bergetut dengan konsep pendidikan umum, maka buku ini dapat menjadi gerbang untuk melihat konsep berbeda yang disajikan oleh Al-Quran—kitab suci dan rujukan utama umat Islam—tentang pendidikan. Buku persembahan penerbit prenadaMedia -PrenadaMedia-

Sifat ayat yang demikian itu diciptakan Allah karena perkembangan dalam bidang sosial, ekonomi, politik dan lain sebagainya itu yang senantiasa berkembang dari zaman ke zaman. Jika berbagai masalah tersebut terus berkembang dan tidak ...

PENGANTAR HUKUM INDONESIA

Bahan ajar ini disusun dari berbagai sumber untuk dapat dijadikan pedoman bagi mahasiswa yang sedang mengikuti perkuliahan Pengantar Hukum Indonesia. Hukum adalah norma yang disepakati bersama dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Adanya hukum tanpa didasarkan pemahaman yangbaik terhadap hukum, maka hukum tidak akan berfungsi dengan baik. Bahan ajar ini masih jauh dari sempurna, untuk itu bagi yang akan menggunakan buku ini dapat mengembangkannya lebih lanjut.

Bahan ajar ini disusun dari berbagai sumber untuk dapat dijadikan pedoman bagi mahasiswa yang sedang mengikuti perkuliahan Pengantar Hukum Indonesia.

Ulumul Qur`an

Ulumul Qur`an adalah sebuah metode yang lengkap dan menyeluruh untuk membuka pintu awal dari kedalaman kandungan al-Qur`an. Karenanya, umat Islam secara umum, ataupun secara khusus bagi mahasiswa muslim yang merindukan interaksi lebih mendalam dengan al-Qur`an, secara otomatis akan dituntut untuk mempelajari Ulumul Qur`an. Untuk menjawab tuntutan tersebut, maka sangat dibutuhkan pengajaran Ulumul Qur`an pada mahasiswa muslim sebagai bekal awal dalam berinteraksi lebih lanjut dengan alQur`an. Sebuah pengajaran yang sistematis, sederhana namun tidak kehilangan inti pembahasan Ulumul Qur`an. Buku ini yang menjadi salah satu usaha riil untuk menjawab tuntutan tersebut diambil dari sebuah kitab Ulumul Qur`an yang terkenal, yaitu Mabāḥiṡ fī ‘Ulūm al-Qur`ān karya Syeikh Manna’ al-Qatthan. Tidak hanya sekadar sebagai terjemahan, buku ini juga sebagai rujukan utama dalam mata kuliah Ulumul Qur`an. Isinya juga penyusun ambil dari referensi Ulumul Qur`an lainnya sebagai bahan tambahan para mahasiwa dalam mendukung sumber bacaannya.

Ulumul Qur`an adalah sebuah metode yang lengkap dan menyeluruh untuk membuka pintu awal dari kedalaman kandungan al-Qur`an.

KURIKULUM PELATIHAN TEKNIS BAHASA INGGRIS TINGKAT DASAR

KURIKULUM PELATIHAN TEKNIS BAHASA INGGRIS TINGKAT DASAR

KURIKULUM PELATIHAN TEKNIS BAHASA INGGRIS TINGKAT DASAR

Prinsip-Prinsip Desain Pembelajaran: Disesuaikan Dengan Kurikulum 2013 Edisi Kedua

Kemampuan mempelajari berbagai hal baru di sekelilingnya sudah dimiliki manusia sejak lahir. Akan tetapi, sejalan dengan waktu, maka berbagai hal yang harus dan ingin diketahui oleh seseorang pun semakin meningkat. Maka, pada satu titik tertentu, kemampuan belajar tersebut harus didukung oleh proses belajar mengajar yang efektif sehingga apa yang didapat dan dipelajari dapat diserap dan diimplementasikan dalam kehidupan individu tersebut. Buku ini menyajikan berbagai pembahasan tentang desain pembelajaran dalam kerangka pembentukan proses belajar mengajar yang efektif dan bermakna bagi peserta didik. Apa yang dimaksud dengan desain pembelajaran dan teori psikologi yang menjadi landasannya menjadi perbincangan pembuka naskah ini. Selanjutnya, perbincangan bergeser kepada kebutuhan dan analisis pembelajaran yang dirangkai dengan cara menganalisis karateristik peserta didik dan perumusan tujuan pembelajaran khusus. Dan, sebagai penutup rangkaian perbincangan adalah pembahasan mengenai pengembangan instrumen penilaian, strategi, dan bahan pembelajaran, serta evaluasi terhadap pembelajaran. Buku persembahan penerbit Prenada Media Group.

Kemampuan mempelajari berbagai hal baru di sekelilingnya sudah dimiliki manusia sejak lahir.