Sebanyak 50 item atau buku ditemukan

TEORI DAN IMPLEMENTASI TEKNOLOGI PENDIDIKAN

Era Belajar Abad 21 dan Revolusi Industri 4.0

Buku Teori dan Implementasi Teknologi Pendidikan Era Belajar Abad 21 dan Revolusi Industri 4.0 bertujuan untuk 1) meletakkan landasan teori yang kokoh, 2) membuka jalan baru dalam belajar dan pembelajaran, 3) membangun interaksi pebelajar yang mengesankan, dan 4) menghasilkan ide yang luar biasa yang bersumber dari dalam buku ini. Buku mengupayakan pemikiran yang terbaik dari yang terbaik di bidang teknologi pendidikan. Untuk membantu menghembuskan energi baru untuk era belajar abad 21 dan revolusi industri 4.0 Mengubah Teknologi Pendidikan semakin baik dan dicintai masyarakat bukanlah tugas yang kecil, tetapi itu adalah tugas yang penting. Ketika Anda membaca halaman-halaman buku ini, mungkin ada gunanya untuk mengingat bahwasanya terdapat tugas mulia menyampaikan kabar, walaupun hanya 2 ayat. Penulis buku ini telah mendedikasikan dari perspektif keilmuan Teknologi Pendidikan. Kami menyadari yang “kabar” yang tertulis adalah dari perspektif penulis yang dengan usaha keras dan segenap jiwa, sedangkan kesalahan-kesalahan yang muncul dalam tulisan ini adalah merupakan kekurangmampuan editor dalam menangkap maksud terbaik dari penulis.

Tabel 1: Pengetahuan, kecakapan atau keterampilan khusus, keahlian dan
literasi Subjek dan tema-tema inti abad ke-21 ... (Communication and
Collaboration) Keterampilan informasi, • Literasi informasi (Information Literacy) •
Literasi media ...

Buku Ajar Metodologi Studi Islam

(Kajian Metode dalam Ilmu Keislaman)

Mata kuliah Metodologi Studi Islam (MSI) adalah salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa Program PAI pada sekolah di lingkungan Kementrian Agama RI. Mata kuliah ini dimaksudkan untuk memberi bekal kepada mahasiswa sebgai pengantar studi agar memiliki pemahaman terhadap Islam secara komprehensif dari berbagai aspeknya, mengetahui berbagai metode dan pendekatan dalam mempelajari Islam. Pembahasan Metodologi Studi Islam difokuskan pada upaya mempelajari Islam secara efektif dan efisien sehingga dalam waktu yang singkat memperoleh pengetahuan tentang Islam. Untuk dapat mengetahui Islam dapat diidentifikasi terlebih dahulu menjadi tiga kategori: yaitu, (1) Islam sebagai sumber ajaran berupa Qur’an dan sunnah, (2) Islam sebagai hasil pemahaman terhadap sumber ajaran Islam, yang sudah mengambil bentuk disiplin ilmu keislaman seperti akidah, fikih, akhlak tasawuf dan filsafat, (3) Islam sebagai produk pengamalan. Selanjutnya pembahasan dilanjutkan pada metode mempelajari Islam dari tiga kategori tersebut dengan pendekatan ilmu-ilmu pengetahuan dari yang dapat dimanfaatkan untuk kepentingan Islam. Buku Buku Ajar Metodologi Studi Islam (Kajian Metode dalam Ilmu Keislaman) ini diterbitkan oleh penerbit deepublish dan tersedia juga versi cetaknya.

Buku Buku Ajar Metodologi Studi Islam (Kajian Metode dalam Ilmu Keislaman) ini diterbitkan oleh penerbit deepublish dan tersedia juga versi cetaknya.

STRATEGI IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH (MBS) DENGAN PROFESIONAL

Peran untama pendidikan di indonesia saat ini adalah meningkatkan mutu pendidikan, khususnya pendidikan dasar dan menengah. Berbagai usaha telah dilakukan oleh pemerintah untuk meningkatkan mutu pendidikan nasional, misalnya melalui pengembangan kurikulum nasional dan kurikulum lokal. Meningkatkan kompetensi guru melalui pelatihan, penggandaan buku-buku. Namun penggandaan dan perbaikan sarana dan prasarana pendidikan hasilnya belum memuaskan. Karena belum menunjukan peningkatan mutu yang merata. Masalah rendahnya mutu pendidikan tersebut, sebetulnya terutama terletak pada masalah pendidikan. Sehingga salah satu cara yang dapat dilakukan adalah menerapkan manajemen peningkatan mutu berbasis sekolah (MBS). Oleh karena itu, pelaksanaannya harus dapat sejalan dengan jiwa dan semangat otonomi pendidikan. Buku ini membahas tentang Manajemen Berbasis Sekolah yang terdiri dari Konsep dasar Manajemen Berbasis Sekolah sebagai reorientasi penyeleng­garaan pendidikan, strategi implementasi MBS sesuai dengan kondisi negara, daerah maupun sekolah masing-masing termasuk perencanaan pengembangan sekolah, Komunikasi Pendidik dengan Orang Tua, Sesama Pendidik, dan Masyarakat, Pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan (PAKEM) sebagai salah satu pilar MBS dimana juga dibahas kaitan pembelajaran dan manajemen kelas, konsep, pendekatan dan langkah-langkah manajemen kelas serta manajemen kelas berbasis ICT, dan diakhiri uraian tentang peningkatan profesi­onalisme Tenaga Pendidik dan Kependidikan dalam Mendukung MBS. Setiap bab dilengkapi dengan latihan, rangkuman dan hasil-hasil penelitian terkait serta pada akhir buku disajikan glosarium.

Peran untama pendidikan di indonesia saat ini adalah meningkatkan mutu pendidikan, khususnya pendidikan dasar dan menengah.