Sebanyak 2006 item atau buku ditemukan

Desain Pelatihan untuk Guru Sekolah Bagaimana menjadi Pemimpin Pembelajaran

Buku ini merupakan hasil adaptasi dari modul-modul yang dikembangkan oleh penulis dalam berbagai kegiatan penyusun modul di lembaga nonprofit, USAID dan Tanoto Foundation dalam program DBE3, Prioritas, dan PINTAR. Materi yang ada di dalam buku ini merupakan materi esensial setelah melalui proses pemikiran mendalam berdasarkan situasi di lapangan dan kondisi peserta pelatihan.

Catatan untuk Fasilitator Komponen LK yang dikenalkan adalah ‟Informasi‟/‟Konteks Permasalahan‟ dan ‟Pertanyaan‟/‟Perintah‟ dengan ciri-ciri sbb: 1. Informasi/Konteks Permasalahan, hendaknya „menginspirasi‟ mahasiswa untuk ...

PENELITIAN TINDAKAN KELAS (Melejitkan Kemampuan Peneliti untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Guru)

Salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh guru dan calon guru adalah mampu melakukan penelitian. Hal ini karena pekerjaan guru adalah sebuah profesi yang menuntut peningkatan pengetahuan dan keterampilan terus menerus sejalan dengan perkembangan pendidikan di lapangan. Setiap bidang pekerjaan selalu dihadapkan pada permasalahan yang selalu berkembang, baik berupa fenomena yang mengundang tanda tanya, maupun kesenjangan antara yang diharapkan dengan kenyataan. Permasalahan tersebut menuntut jawaban dan solusi yang dapat dipertanggung jawabkan.

Salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh guru dan calon guru adalah mampu melakukan penelitian.

Lesson Study Berbasis Sekolah

(Guru Konservatif Menuju Guru Inovatif)

Salah satu usaha yang dilakukan terutama oleh guru adalah menjadi teladan dari manusia yang diinginkan tersebut. Guru harus menunjukkan tanggung jawabnya untuk menjadi guru yang tepat untuk membelajarkan peserta didik yang dari tahun ke tahun dihadapkan pada tuntutan perkembangan zaman yang berubah. Guru yang baik adalah guru yang mampu membelajarkan peserta didik melalui “proses pembelajaran yang interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi untuk aktif, kreatif, mandiri sesuai bakat, minat, dan perkembangan fisik dan psikologis peserta didik” (Pasal 19 PP 19,2005)

Salah satu usaha yang dilakukan terutama oleh guru adalah menjadi teladan dari manusia yang diinginkan tersebut.

GURU ABAD 21 “Perilaku dan Pesona Pribadi”

Dalam konteks kekinian, guru menjadi fokus utama dari kritik-kritik atas ketidakberesan sistem pendidikan, namun pada sisi lain guru juga menjadi sosok yang paling diharapkan dapat mereformasi tataran pendidikan. Guru menjadi mata rantai terpenting yang menghubungkan antara pengajaran dengan harapan akan masa depan pendidikan/sekolah yang lebih baik. Pesatnya persaingan pendidikan di tataran global, semua pihak perlu menyamakan sikap untuk mengedepankan peningkatan mutu pendidikan.“Today’s students are tomorrow’s Leaders”. Siapkah Anda menjadi guru yang mampu menghasilkan pemimpin-pemimpin masa depan? Tuntutan profesionalisme guru tentu harus terkait dan dibangun melelui penguasaan kompetensi-kompetensi yang secara nyata dalam menjalankan dan menyelesaikan tugas-tugas dan pekerjaannya sebagai guru. Kompetensi-kompetensi penting jabatan guru tersebut salah satunya adalah kompotensi profesional, yaitu kompetensi pada bidang substansi atau bidang studi (kurikulum), kompetensi bidang pembelajaran (menguasai materi pelajaran), teknik dan metode pembelajaran, sistem penilaian, pendidikan nilai dan bimbingan. Dengan demikian, diperlukan langkah-langkah dalam upaya untuk mengembangkan kepribadian dan meningkatkan kompetensi serta profesionalisme guru. Guru abad 21 harus menguasai banyak pengetahuan (akademik, pedagogik, sosial dan budaya), mampu berpikir kritis, tanggap terhadap setiap perubahan, dan mampu menyelesaikan masalah. Guru tidak boleh hanya datang ke sekolah melulu untuk mengajar saja. Kemampuan untuk mengelola kelas saja tidak cukup lagi. Guru diharapkan bisa menjadi pemimpin dan agen perubahan, yang mampu mempersiapkan anak didik untuk siap menghadapi tantangan global di luar sekolah.

Dalam konteks kekinian, guru menjadi fokus utama dari kritik-kritik atas ketidakberesan sistem pendidikan, namun pada sisi lain guru juga menjadi sosok yang paling diharapkan dapat mereformasi tataran pendidikan.

Peran Koperasi Dalam Mewujudkan Ekonomi Kerakyatan Pada UMKM di Indonesia

Buku "PERAN KOPERASI DALAM MEWUJUDKAN EKONOMI KERAKYATAN PADA UMKM DI INDONESIA" ini merupakan salah satu luaran Riset Terapan Tahun 2021 dari KEMENDIKBUD DIKTI. Atas fasilitasi tersebut, tim peneliti dapat merampungkan riset dan menghasilkan luaran buku yang diharapkan dapat bermanfaat dalam menyokong UMKM melalui eksistensi koperasi. Tidak bisa dipungkiri bahwa pertumbuhan ekonomi kerakyatan Indonesia yang belum stabil dapat berdampak pada kehidupan masyarakat kecil. Masyarakat yang berada pada garis perekonomian menengah ke bawah perlu mendapat dukungan, salah satunya melalui eksistensi koperasi. Peran koperasi sebagi roda perekonomian nasional serta UMKM yang bergerak dalam ekonomi rakyat sudah dapat dikatakan mengalami perkembangan yang pesat dan dinamis. Pemerintah menetapkan bahwa koperasi berperan penting sebagai salah satu pelaku jalannya perekonomian di Indonesia. Sinergitas antara koperasi dan UMKM tentu harus tetap menujunjung tinggi asas-asas yang sesuai dengan Pancasila. Hal-hal terkait koperasi, perkembangan serta dinamikanya di Indonesia inilah, yang dijabarkan secara mendetail dalam buku luaran riset ini.

Buku "PERAN KOPERASI DALAM MEWUJUDKAN EKONOMI KERAKYATAN PADA UMKM DI INDONESIA" ini merupakan salah satu luaran Riset Terapan Tahun 2021 dari KEMENDIKBUD DIKTI.

BADAN HUKUM KOPERASI DALAM KONTEKS KEADILAN BERMARTABAT

PEDOMAN PENGAWAS Koperasi Simpan Pinjam Dan Pembiayaan Syariah NURI JATIM

Ekonomi berbasis syariah yang karakteristiknya sangat kental dengan khazanah keislaman, merupakan alternatif yang sangat tepat untuk dikembangkan di tengah aliran konsep perekonomian yang sangat beragam. Lembaga keuangan syari’ah yang berkembang dengan pesat saat ini, memerlukan sistem yang dapat mendukung perkembangan dan keberlangsungannya, khususnya dalam hal pengawasan lembaga. Sistem pengawasan yang sudah berjalan perlu dituangkan dalam sebuah pedoman yang memungkinkan siapapun yang mengelola lembaga keuangan syariah tersebut dapat menjalankannya dengan baik. Sementara itu, penyusunan sistem pengawasan yang dimaksud di atas, adalah sistem pengawasan di luar urusan (fatwa) kesyariahan. Sebab, pengawasan dalam kesyariahan koperasi telah menjadi domain Dewan Pengawas Syari’ah (DPS). Sementara itu, sistem pengawasan yang dijalankan oleh pengawas di Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah Nuri Jawa Timur lebih dititikberatkan pada pengawasan bidang kedisiplinan, administrasi, pencatatan keuangan, pengelolaan, serta kebijakan yang dilakukan oleh pengurus. Kami berharap buku pedoman pengawas ini dapat memudahkan pengawas KSPPS Nuri Jatim dalam memahami dan menerapkan sistem pengawasan yang sudah berjalan, serta dapat memberikan manfaat bagi kepentingan koperasi secara khusus dan masyarakat secara umum.

Ekonomi berbasis syariah yang karakteristiknya sangat kental dengan khazanah keislaman, merupakan alternatif yang sangat tepat untuk dikembangkan di tengah aliran konsep perekonomian yang sangat beragam.

PENGEMBANGAN KOPERASI SYARIAH SOLUSI MENUJU NTB GEMILANG

buku yang berjudul PENGEMBANGAN KOPERASI SYARIAH SOLUSI MENUJU NTB GEMILANG. Penulisan dan penerbitan buku ini dimaksudkan untuk melihat sejauh mana peran dan kontribusi koperasi syariah dalam mendukung Visi Gubernur Nusa Tenggara Barat yaitu NTB GEMILANG. Buku ini juga diharapkan dapat menjadi bahan referensi bagi semua kalangan utamanya para Aparatur Sipil Negara (ASN) yang bertugas di Dinas yang menangani koperasi baik yang di Provinsi maupun Kabupaten/Kota se Nusa Tenggara Barat.

buku yang berjudul PENGEMBANGAN KOPERASI SYARIAH SOLUSI MENUJU NTB GEMILANG.

Total Quality Management (TQM) 5e by Pearson

Over the years, total quality management has become very important for improving a firm's processing capabilities to sustain competitive advantages. And in the last few years, the world has gone through many major changes in terms of information technology, quality system standards, customer satisfaction levels, economic changes, approaches of the government and political alignments on the national and international level. Keeping these developments in mind, Total Quality Management, 5e has been revised to focus on encouraging a continuous flow of incremental improvements from the bottom of the organization's hierarchy.

Over the years, total quality management has become very important for improving a firm's processing capabilities to sustain competitive advantages.