Sebanyak 759 item atau buku ditemukan

Konsep Dan Pengembangan Kewirausahaan Di Indonesia

Buku ini terdiri dari beberapa bab. Bab pertama membahas tentang wirausaha dan kewirausahaan, bab dua tentang motivasi berwirausaha, bab tiga tentang peran wirausaha, bab empat tentang ilmu dan pendidikan kewirausahaan, bab lima tentang pengembangan kewirausahaan di Indonesia, dan bab enam tentang sinergitas dalam pengembangan kewirausahaan Wirausaha merupakan terjemahan dari entrepreneur ke dalam bahasa Indonesia. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, pengertian wirausaha sama dengan wiraswasta, yaitu orang yang pandai atau berbakat mengenali produk baru, menentukan cara produksi baru, menyusun operasi untuk pengadaan produk baru, memasarkannya serta mengatur permodalan operasinya. Entrepreneur menurut Kamus Merriam Webster berasal dari bahasa Perancis “entreprendre” yang dalam Bahasa Inggris berarti “to undertake”, yaitu orang yang memulai bisnis dan bersedia mengambil risiko kehilangan dalam rangka menciptakan uang. Entrepreneur adalah sebutan bagi seseorang yang mahir melahirkan satu usaha baru. Bahkan, Merriam Webster menyebut wirausaha sebagai “economic leader”, karena berada di garda terdepan dan terawal bagi satu proses bisnis. Seorang entrepreneur mahir menggabungkan dan mengupayakan berbagai elemen terkait. Di Belanda wirausaha dikenal dengan ondernemer dan di Jerman dikenal dengan unternehmer. Kata entrepreneur muncul sebagai salah satu kosakata yang mulai populer di dalam Bahasa Inggris di sekitar tahun 1852 di saat para pemilik modal dan pelaku ekonomi di Eropa sedang berjuang keras menemukan berbagai usaha baru, baik sistem produksi baru, pasar baru, maupun sumber daya baru untuk mengatasi kejenuhan berbagai usaha yang telah ada. Berbagai istilah digunakan untuk menyebut kata “motivasi” (motivation) atau motif, antara lain kebutuhan (need), desakan (urge), keinginan (wish), dan dorongan (drive). Istilah motivasi, berasal dari bahasa Inggris, motivation. Sedangkan istilah “motivation” berasal dari bahasa Latin, “movere” yang berarti “menggerakkan” (“to move”), sehingga menurut Kamus Webster, motivasi didefinisikan sebagai “kekuatan (force), rangsangan (stimulus) atau pengaruh (influence). Motivasi biasanya dikaitkan dengan konsep lain seperti dorongan (drive), keinginan (want), hasrat (desire), kepentingan (interest), niat (intention) harapan (expectation) dan kebutuhan (need).

Buku Konsep dan pengembangan kewirausahaan di Indonesia ini diterbitkan oleh penerbit deepublish dan tersedia juga versi cetaknya.

Kewirausahaan

Diktat ini merupakan salah satu buku panduan yang digunakan mahasiswa S-1 dan S-2 yang menempuh mata kuliah Kewirausahaan, khususnya untuk mahasiswa Pendidikan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Fakultas Teknik Unnes, dan para pembaca pada umumnya. Diktat ini disusun berdasarkan acuan buku-buku kewirausahaan dan sumber-sumber lain. Kewirausahaan ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak.

Diktat ini disusun berdasarkan acuan buku-buku kewirausahaan dan sumber-sumber lain. Kewirausahaan ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak.

Business Ethics And Entrepreneurship

Etika Bisnis Dan Kewirausahaan

Buku ini hadir dan menjadi sangat penting bagi mahasiswa sebagai calon wirausaha dan para wirausaha sebagai rujukan dan panduan dalam berwirausaha dan beretika. Sebab secara jangka panjang, etika memiliki nilai plus dibandingkan laba yang mengesampingkan unsur etika. Wirausaha yang baik bukan sekadar mengejar keuntungan semata, tetapi yang lebih penting adalah bagaimana menentukan pola komunikasi agar tidak melenceng dari konsep yang ada, baik itu konsep tertulis maupun konsep tak tertulis.

Buku ini hadir dan menjadi sangat penting bagi mahasiswa sebagai calon wirausaha dan para wirausaha sebagai rujukan dan panduan dalam berwirausaha dan beretika.

Kewirausahaan Industri

Buku ini mengkaji kewirausahaan industri yang merupakan bagian atau ranah teori kewirausahaan yang dikembangkan melalui ilmu ekonomi pembangunan. Pembahasan meliputi: pendidikan kewirausahaan, kewirausahaan dan kewiraswastaan, kewirausahaan industri, karakteristik dan pengembangan wirausaha dalam kewirausahaan industri, etika bisnis dan tanggung jawab sosial perusahaan, industrialisasi pertanian di indonesia, paradigma transformasi industri pertanian, serta pemberdayaan wirausaha sektor pertanian dan industri di pedesaan. Melalui buku ini, mahasiswa tidak hanya belajar mengenai kewirausahaan secara teoretis, namun juga pengaplikasiannya dalam sektor industri, terkhusus di sektor pertanian Indonesia.

Buku ini mengkaji kewirausahaan industri yang merupakan bagian atau ranah teori kewirausahaan yang dikembangkan melalui ilmu ekonomi pembangunan.

Peningkatan Kinerja Sumber Daya Manusia Melalui Motivasi, Disiplin, Lingkungan Kerja, dan Komitmen

Dalam era globalisasi saat ini, di mana ditandai dengan adanya perubahan yang begitu cepat, suatu organisasi atau lembaga institusi dituntut untuk mengadakan penyesuaian- penyesuaian dalam semua segi yang ada pada organisasi tersebut. Dengan terbatasnya sumber daya manusia yang ada, organisasi diharapkan dapat mengoptimalkannya sehingga tercapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan. Sumber Daya Manusia merupakan bagian dari dalam suatu kemajuan ilmu, pembangunan, dan teknologi. Oleh karena itu dalam era sekarang ini dimana teknologi dan peradaban sudah sangat maju, menuntut Sumber Daya Manusia yang kompeten yang memiliki semangat dan kedisiplinan yang tinggi dalam menjalankan peran dan fungsinya baik untuk individual maupun tujuan organisasional. Oleh, karena itu maju tidaknya suatu negara tergantung dari kemampuan sumber daya manusianya.

Luthans (2006) menyatakan atasan (manajer)20perlu memberikan perhatian dan suasana kerja yang akan membangkitkan komitmen pegawai.21 Penelitian Sihombing (2011) bahwa lingkungan kerja dan motivasi kerja secara bersama-sama berpengaruh ...

Kiat Sukses Meningkatkan Disiplin Siswa

Untuk mendukung tujuan pendidikan nasional dibutuhkan lembaga pendidikan formal atau sekolah yang menerapkan dan menjalankan disiplin dengan baik. Dalam hal ini penulis berpikir bahwa peningkatan disiplin siswa dipengaruhi oleh budaya sekolah, kompetensi guru, fasilitas sekolah, dan kepemimpinan kelapa sekolah. Buku ini membahas bagaimana seorang guru tampil prima dan berwibawa, penuh persiapan matang dan mantap pada proses pembelajaran, mampu mendisiplinkan siswa serta patut diteladani oleh siswa. Selanjutnya penulis mengungkapkan bagaimana budaya sekolah, kompetensi guru, fasilitas sekolah dan kepemimpinan kepala sekolah sangat mendukung disiplin siswa. Kiat Sukses Meningkatkan Disiplin Siswa ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak*

Iklim kerja yang kondusif di sekolah dipengaruhi pula oleh faktor-faktor sebagai berikut. 1. penempatan personalia, 2. pembinaan antar hubungan, 3. dinamisasi dan penyelesaian konflik, 4. pemanfaatan informasi, dan 5. peningkatan ...

Ayo Latihan Mengajar:

Implementasi Kurikulum 2013 Di Sekolah Dasar (Peerteaching Dan Microteaching)

Keberhasilan pembelajaran di kelas sangat ditentukan oleh pendekatan yang dipakai guru kelas. Salah satu pendekatan yang populer adalah PAIKEM. PAIKEM merupakan singkatan dari Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan. Selanjutnya, PAIKEM dapat didefinisikan sebagai pendekatan mengajar (approach to teaching) yang digunakan bersama metode tertentu dan berbagai media pengajaran yang disertai penataan lingkungan sedemikian rupa agar proses pembelajaran menjadi aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan. Dengan demikian, para siswa merasa tertarik dan mudah menyerap pengetahuan dan keterampilan yang diajarkan.

Buku Ayo Latihan Mengajar: Implementasi Kurikulum 2013 Di Sekolah Dasar (Peerteaching Dan Microteaching) ini diterbitkan oleh penerbit deepublish dan tersedia juga versi cetaknya.

"Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Madrasah Minoritas Muslim "

Agama menjadi sumbu penggerak kehidupan manusia. Sehingga tradisi keberagamaan melintasi aspek-aspek aktivitas manusia. Tidak saja ketika berada di ruang shalat tetapi menjangkau aspek yang sesungguhnya bukan merupakan ritual shalat itu sendiri. Bahkan dapat saja agama kemudian menjadi bagian dari gerakan politik praktis (Abbas J. Ali, 2009 : 50-65). Pengalaman Australia menunjukkan bisa juga terjadi dimana sekolah menjadi bagian dari gerakan politik dalam artian moral untuk mencapai tujuan yang lebih luas (Neil Cranston, et all, 2010:182-195). Sehingga jikalau faktor agama, politik, dan sekolah bergabung menjadi sebuah kekuatan, maka ini sebuah potensi untuk mengantar para peserta didik untuk menjadi warga dunia untuk kemajuan umat manusia. Buku Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Madrasah Minoritas Muslim ini diterbitkan oleh penerbit deepublish dan tersedia juga versi cetaknya.

Aturan yang diberlakukan adalah adanya ketentuan bahwa tidak boleh berbahasa daerah dan bahasa Indonesia, demikian pula praktik berbahasa harus sesuai dengan hari yang ditentukan. Kalaupun peraturan ini ditetapkan tetapi tidak diawasi, ...

Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah

Dengan buku ini, akan menjadi media untuk tetap memberikan kesempatan bagi mahasiswa yang mengikuti perkuliahan. Belajar tidak hanya sebatas dalam ruang yang tertutup dengan kehadiran guru sebagai fasilitator. Lebih dari itu, belajar dapat dimana saja dan dari mana saja. Tugas guru salah satunya, memberikan kesempatan bagi setiap warga belajar untuk senantiasa mendapatkan waktu belajar yang sesuai dengan kesempatan dan juga kesesuaian minat. Buku ini dimulai dengan semangat itu “memberikan kesempatan”. Maka, inilah wujud sebuah kolaborasi antara warga dalam kelas. Tidak hanya karena dosen, tetapi semua warga yang ada dalam kelas terlibat untuk turut memberikan kolaborasi. Buku ini menjadi bukti, bahwa dengan kerjasama dan kesatuan tujuan akan ada hasil yang diharapkan. Sebuah mitos selalu menjadi bagian dari kehidupan kita di Indonesia bahwa “kerja tim sebuah hal yang susah”. Mitos itu kemudian tidak menjadi momok dan penghalang dalam mengelola semua potensi kelas yang ada. Di tangan kita, buku ini menjadi bagian dari usaha untuk memberikan sumbangsih dengan adanya kerjasama maka selalu dapat mewujudkan capaian sesuai dengan tujuan bersama. Buku Pembelajaran bahasa arab di madrasah ini diterbitkan oleh penerbit deepublish dan tersedia juga versi cetaknya.

Namun tidak berarti bahwa ini dalam rangka menggeser kedudukan dan fungsi bahasa nasional maupun bahasa daerah. Dengan bahasa asing menjadi alat dalam penyampaian gagasan, ide dan pokok pikiran sehingga bangsa lain dapat memahami ...

Belajar Mengembangkan Model Penilaian Autentik Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia

Buku ini membahas hasil pengembangan model penilaian autentik pembelajaran bahasa Indonesia yang diuraikan dalam lima bab. Bab pertama menguraikan pendahuluan, yang berisi latar belakang masalah, tujuan, dan metode penelitian. Dilanjutkan bab kedua menguraikan penilaian autentik keterampilan berbicara, yang berisi pengertian penilaian autentik, kelebihan dan kekurangan, penilaian autentik proses dan hasil pembelajaran. Pada bab tiga, penulis menguraikan analisis kondisi dan kebutuhan pengembangan model penilaian autentik. Adapun pada bab keempat, penulis menguraikan perangkat penilaian autentik keterampilan berbicara. Selanjutnya pada bagian bab terakhir, penulis menguraikan simpulan, implikasi, dan saran. Belajar Mengembangkan Model Penilaian Autentik Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak.

Belajar Mengembangkan Model Penilaian Autentik Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak.