Secara umum manusia yang tidak mengevaluasi diri maka akan kebablasan hidup dan kehidupannya. Demikian juga pendidikan harus mempunyai arah dan tujuan serta menuju arah dan tujuan itu perlu perbaikan dan peningkatan, itulah makna evaluasi. Kata lain bagi masyarakat Indonesia evaluasi adalah introspeksi, tujuan introspeksi adalah perbaikan dan peningkatan. Itulah semangat yang mendasari bahasan Evaluasi dan Penilaian dalam Pembelajaran sebagaimana judul buku ini. Oleh karena evaluasi adalah introspeksi maka demikian pun tulisan yang ada dibuka ini harus diintrospeksi dan dikoreksi oleh pembaca dalam rangka perbaikan dan peningkatan. Sebagai manusia yang “Dhoif” atau lemah banyak keterbatasan yang dimiliki, oleh karenanya sebagai ikhtiar kesempurnaan buku ini, dengan senang hati menerimanya untuk perbaikan dan peningkatan. Evaluasi Dan Penilaian Dalam Pembelajaran ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak
Buku ini disusun dengan tujuan sebagai referensi bagi mahasiswa calon guru biologi, bagi guru biologi, pemerhati pembelajaran biologi, dan juga bagi guru berbagai bidang untuk memperkuat bagaimana melakukan proses penilaian, pengukuran, dan pelaporan hasil belajar peserta didik. Buku ini telah dilengkapi contoh-contoh soal latihan ke arah pembelajaran biologi, namun tidak menutup kemungkinan dapat digunakan oleh guru berbagai bidang sebagai referensi dan sebagai pembanding.
Buku ini disusun dengan tujuan sebagai referensi bagi mahasiswa calon guru biologi, bagi guru biologi, pemerhati pembelajaran biologi, dan juga bagi guru berbagai bidang untuk memperkuat bagaimana melakukan proses penilaian, pengukuran, dan ...
Pemahaman mengenai prosedur evaluasi merupakan salah satu pengetahuan penting yang harus dimiliki oleh calon guru maupun kelompok masyarakat yang memiliki profesi sebagai orang yang membantu siswa dalam belajar baik instruktur, guru, tutor dan lain-lain. Tujuan penulisan buku prosedur evaluasi pembelajaran ini adalah untuk memberikan pengetahuan, sikap dan keterampilan kepada kelompok tersebut agar dalam melaksanakan evaluasi sesuai prosedur sehingga informasi yang disampaikan kepada masyarakat memiliki akuntabilitas tinggi. Prosedur tersebut juga dapat memberikan dampak pada pengambilan keputusan yang tepat berdasarkan data. Prosedur evaluasi yang diuraikan dalam buku ini terdiri dari tiga tahap yaitu (1) merencanakan, (2) melaksanakan dan (3) melaporkan hasil evaluasi.
Pendahuluan Beberapa mengira bahwa hasil pembelajaran merupakan data numerik yang dihasilkan siswa setelah mereka berhasil menunjukkan kinerja melalui ujian. Namun demikian, pada kenyataannya pengertian hasil pembelajaran ternyata lebih ...
Buku ini dimulai dengan memberikan pemahaman tentang pengertian sistem, pengantar sistem informasi dan konsep dasar sistem infromasi. Selanjutnya, dibahas kaitan Sistem Informasi Manajemen dengan Penggunaan Teknologi Informasi dalam E-Business. Pertama, bagi para manajer puncak, dan menengah yang ingin mendalami teori dan menerapkan sistem informasi manajemen, baik untuk kepentingan manajemen umum maupun manajemen bidang fungsional. Kedua, bagi mereka yang sedang belajar manajemen dan mempersiapkan diri untuk menduduki posisi manajerial di masa yang akan datang. Ketiga, bagi para peminat dan pemerhati perkembangan teknologi informasi pada umumnya, khususnya teknologi komputer dan perangkat lunaknya, sebagai bahan perbandingan. Buku ini disusun dengan segala keterbatasan sumber dan pengalaman, yang mungkin belum lengkap bagi pemerhati Sistem Informasi Manajemen. Pendekatan penyusunan buku ini adalah ilmu manajemen sehingga terdapat kelemahan dari sisi pengetahuan teknologi informasi. Semoga buku ini tetap berguna bagi mereka yang ingin mempelajari sistem informasi manajemen yang belum mengetahui teknologi informasi secara mendalam.
Kondisi Banyuasin yang terdiri dari daratan dan perairan membuat Banyuasin membutuhkan cara khusus untuk menyelesaikan kedua kondisi yang berbeda tersebut. Keadaan geografis juga mempengaruhi pembangunan di sektor pendidikan dalam rangka mewujudkan Banyuasin Cerdas. Untuk dapat membangun secara baik diperlukan data yang akurat. Salah satu data yang diperoleh dan dipercaya oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang digunakan sebagai alat untuk mengambil berbagai keputusan di bidang pendidikan adalah Dapodik. Di sisi lain Dapodik merupakan data mentah yang masih cukup rumit untuk dipahami, dan hanya orang tertentu yang memahaminya. Di samping itu, diperlukan waktu yang cukup lama untuk dapat memahami data tersebut. Oleh karena diperlukan sebuah solusi agar data tersebut mudah dipahami, lebih menarik, dan sekolah dapat ditampilkan secara visual dalam waktu real team. Oleh karena itu perlu penyajian data yang akuntabel, mudah dipahami, dapat diakses dengan mudah, dan menarik. Seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, maka Sistem Informasi Geospasial dapat dijadikan sebagai salah satu solusi yang dapat ditempuh oleh Kabupaten Banyuasin untuk dapat menyajikan sekaligus sebagai cek and recek tentang kemajuan pembangunan yang sudah dicapai di dunia pendidikan. Sistem Informasi Geospasial dalam bentuk Sistem Informasi Sekolah berbasis Geospasial dapat dilakukan dengan melakukan pengolahan terhadap dapodik yang telah diupload dan diisi oleh sekolah. Data ini nantinya akan disajikan dalam bentuk Geospasial dalam bentuk satu, dua dan tiga dimensi.
Kondisi Banyuasin yang terdiri dari daratan dan perairan membuat Banyuasin membutuhkan cara khusus untuk menyelesaikan kedua kondisi yang berbeda tersebut.
Sistem Informasi Akuntansi yang dibahas dalam buku ini sebagai bahan ajar untuk membantu pembaca memahami Sistem Informasi Akuntansi yang berbasis administrasi dalam perusahaan (administrasi bisnis). Penyebutan Sistem Informasi Akuntansi dalam pembahasan buku ini akan disebut sebagai nama Sistem Akuntansi, istilah yang sering digunakan dalam administrasi perusahaan. Penulis mengajak pembaca memahami Konsep Sistem Informasi Akuntansi berbasis praktik, diawali dengan pembahasan tentang sistem dan kedudukannya. Hingga detail pada komponen sistem tersebut dibahas satu persatu dalam pola pikir sistemik yang berada dalam lingkup administrasi perusahaan.
Sistem Informasi Akuntansi yang dibahas dalam buku ini sebagai bahan ajar untuk membantu pembaca memahami Sistem Informasi Akuntansi yang berbasis administrasi dalam perusahaan (administrasi bisnis).
Memberikan informasi kepada Konggres tentang keadaan negara bagian dari
Amerika Serikat, dan ... kekuasaan Presiden, tetapi juga memberikan
kemampuan untuk melakukan hal-hal tertentu, yaitu kepala eksekutif dari
pemerintah federal.