Sebanyak 1193 item atau buku ditemukan

Prospek dan Dimensi Perekonomian Di Indonesia

Pada tanggal 17 Agustus 1945 Indonesia memproklamasikan kemerdekaannya. Namun demikian, tidak berarti dalam praktiknya Indonesia sudah bebas dari Belanda dan DISA memberi perhatian sepenuhnya pada pembangunan ekonomi. Hingga menjelang 1940-an Indonesia masih menghadapi dua peperangan besar dengan belanda, yang pada aksi Polisi I dan II. Setelah akhirnya pemerintah Belanda mengakui secara resmi kemerdekaan Indonesia. selama dekade 1950-an hingga pertengahan tahun 1965 Idonesia dilanda gejolak politik di dalam negeri dan beberapa pemberontakan di sejumlah dactan seperti di Sumatera dan Sulawesi. Akibatnya, selama pemerintahan Orde Lama, keadaan perekonomian Indonesia sangat buruk: walaupun sempat mengalami pertumbuhan dengan laju rata-rata per tahun hampir 7% selama dekade 1950-an, dan setelah itu turun drastis menjadi rata-rata per tahun hanya 1,9% atau bahkan nyaris mengalami stagflasi selama tahun 1965– 1966. Tahun 1965 dan 1966 laju pertumbuhan ekonomi atau produk domestik bruto (PDB) masing-masing hanya sekitar 0,5% dan 0,6%. Selain laju pertumbuhan ekonomi yang menurun terus sejak tahun 1958, dari tahun ke tahun defisit saldo neraca pembayaran (BOP) dan defisit Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) terus membesar. Misalnya, APBN, berdasarkan data yang dihimpun oleh Mas'oed (1989), jumlah pendapatan pemerintah rata-rata per tahun selama 2 periode 1955-65 sekitar 151 juta rupiah (disebut rupiah “baru”), sedangkan besarnya pengeluaran pemerintah rata-rata per tahun selama periode yang sama 359 juta rupiah, atau lebih dari 100 persen lebih besar dari ratarata pendapatannya.1

Pada tanggal 17 Agustus 1945 Indonesia memproklamasikan kemerdekaannya.

STRATEGI KEPEMIMPINAN

Strategi kepemimpinan merupakan aspek yang sangat penting dalam mengelola suatu perusahaan atau organisasi. Kepemimpinan yang efektif memiliki dampak yang signifikan terhadap keberhasilan dan perkembangan suatu entitas. Strategi kepemimpinan melibatkan metode atau rencana yang strategis bertujuan untuk membawa perubahan dalam perusahaan atau organisasi, mengimplementasikan strategi dengan kualitas kepemimpinan yang efektif, dan membuat karyawan memahami tujuan perusahaan serta tantangan yang akan dihadapi perusahaan.Dalam penyusunan strategi kepemimpinan, campur tangan kepemimpinan perusahaan maupun organisasi sangatlah penting.

Strategi kepemimpinan merupakan aspek yang sangat penting dalam mengelola suatu perusahaan atau organisasi.

TEORI DAN IMPLEMENTASI KEPEMIMPINAN STRATEGIS

Buku ini mengajak kita untuk memahami konsep konsep kepemimpinan, strategi memimpin sesuai dengan kondisi dan menerapkan dalam menjalankan praktek memimpin ssuai dalam manajemen kepemimpinan. Buku ini disusun agar pembaca dapat memperluas tentang manajemen kepemimpinan yang kami sampaian berdasarkan berbagai sumber, pengamatan, pengalaman dan implemetasinya

Buku ini mengajak kita untuk memahami konsep konsep kepemimpinan, strategi memimpin sesuai dengan kondisi dan menerapkan dalam menjalankan praktek memimpin ssuai dalam manajemen kepemimpinan.

Psikologi Perkembangan : Teori dan Stimulasi

Menjadi guru pada era industri memiliki tanggung jawab yang besar terhadap pembentukan karakter anak. Pentingnya untuk membentuk karakter anak sedini mungkin sejak usia dini membuat guru perlu memiliki pengetahuan terkait dengan tahapan perkembangan anak. Dengan mengetahui dan memahami tahapan perkembangan anak hingga remaja membuat guru bisa menentukan bagaimana metode yang tepat serta kapan waktu yang tepat untuk mengajarkan dan membentuk karakter anak. Buku psikologi perkembangan ini menjawab kebutuhan calon-calon guru terutama pada pendidikan anak usia dini dan SD. Buku ini membahas beberapa hal yang menjadi kajian perkembangan anak di antaranya bagaimana pengertian perkembangan dan membedakan antara pertumbuhan dan perkembanagan, teori-teori perkembangan mulai dari teori psikoanalisa, teori behaviorisme, kognitif dan sosial kognitif, teori evolusioner, teori ekologi dan teori biologi. Selain itu terdapat pula pembahasan mengenai desain dan metode penelitian dalam penelitian perkembangan, tahapan-tahapan perkembangan fisik dan otak, perkembangan kognitif, inteligensi, bahasa, emosi, perkembangan identitas dan sosial pada anak dan remaja berikut stimulasinya, serta mengenai konteks-konteks yang berpengaruh pada perkembngan seperti media, lingkungan dan bentuk-bentuk permainan. Menjadi seorang guru yang profesional sekaligus mampu mengakomodir setiap permasalahan yang dialami anak terutama pada jenjang dasar dengan menyisipkan penanaman kaakter di dalamya memang tidak mudah. Dengan menggunakan buku ini diharapkan bisa membantu membekali para calon guru dan pada akhirnya saat terjun secara langsung menjadi seorang guru, para calon guru ini mampu melakukan proses pembelajaran yang sesuai dengan tahapan perkembangan anak dan melakukan layanan bimbingan dan penyuluhan di sekolah untuk memecahkan permasalahan yang terkait dengan perilaku siswa dalam pembelajaran. Selain guru, pemahaman terkait perkembangan serta penanaman karakter anak juga harus dimiliki oleh orang tua yang menjadi penanggung jawab utama dalam pengasuhan anak, hal ini menjadikan buku ini juga bisa menjadi sumber untuk menentukan bagaimana pola pengasuhan yang terbaik untuk anak sesuai dengan karakter dan tahap perkembangannya.

Menjadi guru pada era industri memiliki tanggung jawab yang besar terhadap pembentukan karakter anak.

TEORI DAN APLIKASI PSIKOLOGI PERKEMBANGAN

Psikologi perkembangan adalah cabang dari ilmu psikologi yang mempelajari perkembangan dan perubahan aspek kejiwaan manusia sejak dilahirkan sampai dengan meninggal. Terapan dari ilmu psikologi perkembangan digunakan di berbagai bidang seperti pendidikan dan pengasuhan, organisasi industri, pengoptimalan kualitas hidup dewasa tua, dan penanganan remaja.

Psikologi perkembangan adalah cabang dari ilmu psikologi yang mempelajari perkembangan dan perubahan aspek kejiwaan manusia sejak dilahirkan sampai dengan meninggal.

Konsep Dasar Teori Organisasi

kesadaran berorganisasi tidak hanya dikenal di kalangan terpelajar dan akademisi saja, melainkan telah menjadi milik publik diberbagai kalangan. Hal ini bisa dilihat dari maraknya organisasi-organisasi masyarakat denganmemperlihatkan atribut yang bermacam-macam. Dalam keperluan itulah, buku Konsep Dasar Teori Organisasi ini sengaja penulis hadirkan untuk pembaca. Tujuan buku ini adalah sebagai panduan bagi setiap orang yang ingin mempelajari dan memperdalam ilmu pengetahuan.

Hal ini bisa dilihat dari maraknya organisasi-organisasi masyarakat denganmemperlihatkan atribut yang bermacam-macam. Dalam keperluan itulah, buku Konsep Dasar Teori Organisasi ini sengaja penulis hadirkan untuk pembaca.

Penyusunan Karya Tulis Ilmiah: Sebuah Teknik Menyusun Karya Tulis Ilmiah yang Efektif

Buku Penyusunan Karya Tulis Ilmiah: Sebuah Teknik Menyusun Karya Tulis Ilmiah yang Efektif memberikan panduan menyeluruh dalam membuat karya tulis ilmiah. Buku ini didesain sepraktis mungkin untuk memudahkan mahasiswa (khususnya mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar), akademisi, dan praktisi dalam menyusun karya tulis ilmiahnya. Dari Modul 1 hingga Modul 12 pembaca dibimbing melalui pengantar yang mendalam tentang penyusunan karya tulis ilmiah, kewajiban profesional, dan konsep dasar penulisan ilmiah, serta mempelajari pentingnya menghindari plagiarisme dan memahami etika serta sistematika penulisan karya ilmiah. Buku ini juga mengulas praktik penilisan artikel jurnal, pengginaan aplikasi Mendeley untuk penulisan daftar pustaka, panduan menulis daftar pustaka dan kutipan, serta meningkatkan literasi informasi. Tak hanya itu, pembaca juga dibimbing dalam menentukan topik dan ide karya tulis ilmiah, menyesuaikan artikel dengan template yang tepat, hingga proses korespodensi dan pengiriman ke jurnal atau prosiding. Dengan pendekatan yang terstruktur dan praktis, buku ini menjadi sumber daya yang tak ternilai bagi mahasiswa, praktisi, maupun akademisi yang ingin menghasilkan karya tulis ilmiah berkualitas.

Buku Penyusunan Karya Tulis Ilmiah: Sebuah Teknik Menyusun Karya Tulis Ilmiah yang Efektif memberikan panduan menyeluruh dalam membuat karya tulis ilmiah.

ULUMUL QUR'AN

Untuk Mahasiswa Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

Al-Qur’an merupakan mu’jizat teragung sepanjang masa. Lantaran al-Qur’an, umat manusia mendapat pencerahan sehingga mampu membedakan mana yang benar dan mana yang salah. Mempelajari al-Qur’an harus sampai pada tingkat pemahaman dan pengamalan. Apabila seseorang paham tetapi tidak mengamalkan maka sama saja seperti orang yang fasik dan apabila mengamalkan tanpa pemahaman maka akan berpotensi menyesatkan diri dan orang lain. Untuk mencapai pemahaman tersebut, banyak kajian-kajian yang harus dipelajari secara komprehensif yang kesemuanya itu tercakup dalam kajian ilmu-ilmu al-Qur’an atau yang sering kita kenal dengan ‘Ulumul Qur’an. Buku yang sedang Anda baca ini disusun untuk manambah wawasan mengenai kajian-kajian seputar ‘Ulumul Qur’an. Sebagaimana kita ketahui bahwa al-Qur’an mengandung nilai sastra yang sangat tinggi dan setiap katanya terdapat banyak ilmu terselubung yang mesti terus digali sehingga kitab-kitab atau buku-buku ‘Ulumul Qur’an menjadi kajian wajib bagi umat muslim khususnya para santri, pelajar, dan mahasiswa yang ingin memperdalam al-Qur’an. Buku ini berisi kajian: Seputar ‘Ulumul Qur’an; Penurunan al-Qur’an (Nuzulul Qur’an); Kodifikasi al-Qur’an; Rasm al-Mushaf; Asbabun Nuzul; Makkiyyah dan Madaniyyah; Nasikh Mansukh; Munasabah al-Qur’an; Muhkam Mutasyabih; I’jaz al-Qur’an; Qira’at al-Qur’an; Tafsir, Ta’wil, dan Terjemah; Fawatihus Suwar; Qashash al-Qur’an.

Al-Qur’an merupakan mu’jizat teragung sepanjang masa.

Manajemen pemasaran meraih pasar dengan strategi efektif

KATA PENGANTAR Puji syukur kami panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan rahmat dan karunia-Nya sehingga buku berjudul "Manajemen Pemasaran: Meraih Pasar dengan Strategi Efektif" ini dapat diselesaikan. Buku ini hadir sebagai panduan komprehensif bagi para praktisi pemasaran, mahasiswa, dan siapa saja yang ingin memahami lebih dalam mengenai manajemen pemasaran dan strategi-strategi efektif untuk meraih pasar. Dalam era globalisasi dan digitalisasi yang semakin pesat, pemasaran tidak lagi hanya tentang menjual produk atau jasa, tetapi juga tentang menciptakan nilai dan membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan. Oleh karena itu, buku ini disusun untuk memberikan pemahaman yang mendalam tentang konsep-konsep dasar pemasaran, teknik analisis pasar, strategi penetapan harga, hingga pemasaran digital yang kini menjadi ujung tombak dalam menciptakan kehadiran online yang kuat.Pemasaran digital, yang saat ini menjadi salah satu fokus utama dalam pemasaran modern,dibahas secara mendalam untuk membantu pembaca memahami dan mengoptimalkan berbagai platform digital. Buku ini juga dilengkapi dengan strategi pemasaran internasional untuk menghadapi tantangan global serta evaluasi kinerja pemasaran untuk mengukur efektivitas dari strategi yang telah dijalankan.Kami menyadari bahwa buku ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu, saran dan kritik konstruktif dari para pembaca sangat kami harapkan untuk perbaikan di masa mendatang.Akhir kata, kami berharap buku ini dapat memberikan kontribusi yang berarti bagi perkembangan ilmu pemasaran di Indonesia dan membantu para pembaca dalam meraih kesuksesan melalui strategi pemasaran yang efektif.

KATA PENGANTAR Puji syukur kami panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan rahmat dan karunia-Nya sehingga buku berjudul "Manajemen Pemasaran: Meraih Pasar dengan Strategi Efektif" ini dapat diselesaikan.