Sebanyak 486 item atau buku ditemukan

Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Multikultural

... Akidah-Akhlak' (2001), (iv) Ali. M, Pendidikan Pluralis-Multikultural (2002), (v) Fanani. F.A, Pendidikan Pluralis-Multikultural dan Liberalis. (vi) Mahayana. S.M, Sastra Indonesia dalam Perspektif Multikulturalisme (2002). (vii) ...

Visualisasi Dan Virtualisasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam

Era digital atau juga dikenal sebagai periode Revolusi 4.0 telah menghantarkan peserta didik menjadi output yang berkolaborasi dengan teknologi melalui sentuhan unik manusia. Sebagian aktivitas pembelajaran dari dunia nyata beralih virtual. Dalam konteks ini, guru pendidikan agama Islam perlu mampu mengoperasionaliasikan perangkat pembelajaran pendidikan agama secara digital, mampu memvisualisasi dan memvirtualisasikan pembelajaran pendidikan agama Islam Melalui buku ini pembaca akan memperoleh gambaran dan pemahaman tentang metode dan konsep penting dalam visualisasi pembelajaran. Di dalam buku ini diuraikan secara sistematis visualisasi pembelajaran pendidikan agama Islam mulai dari ruang lingkup pembelajaran pendidikan agama Islam, kriteria guru pendidikan agama Islam sampai ke paparan tentang virtualisasi pembelajaran pendidikan agama Islam sesuai dengan konsep digital learning. Buku ini ditulis untuk guru pendidikan agama Islam agar mereka memiliki pedoman dalam mengoperasionaliasikan perangkat pembelajaran Pendidikan Agama Islam secara digital, mahasiswa, dan semua pihak yang tertarik dalam bidang ini. Buku persembahan penerbit PrenadaMediaGroup

... Agama Islam dan Budi Pekerti di jenis dan jenjang sekolah dasar ( SD ) . KENCANA TABEL 3.1 . KOMPETENSI SIKAP SPIRITUAL , KOMPETENSI SIKAP SOSIAL. 62 VISUALISASI DAN VIRTUALISASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM VERSI PROGRAM MERDEKA ...

Inovasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dan Madrasah

Capaian pembelajaran matakuliah Inovasi Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam adalah mahasiswa diharapkan mampu mengembangkan konsep kurikulum di sekolah dan madrasah (ranah kognitif), menguasai teori kurikulum untuk diterapkan di kelas saat mengajar (ranah psikomotorik), mendalami karakteristik peserta didik dan pendidik dalam rangka memotivasi belajarnya (ranah afektif), menerapkan kurikulum secara inovatif yang bertolak dari perkembangan kemajuan pendidikan (ranah psikomotorik), menindaklanjuti hasil penilaian dengan melakukan pembimbingan dan pelatihan, serta melakukan penelitian tindakan kelas sebagai upaya mengembangkan kurikulum. Pencapaian tersebut akan mampu diwujudkan dengan dukungan bahan ajar yang berkualitas. Karenanya, buku ini disusun berdasarkan penelitian-penelitian yang berkaitan dengan inovasi kurikulum. Setiap konten dikumpulkan dan dianalisis sesuai dengan pengembangan kurikulum pendidikan agama Islam. Beberapa fokus pembahasan yang disoroti penulis yakni: Pentingnya mengenalkan konsep kurikulum di sekolah dan madrasah; Mengukur standar kualitas kurikulum; Teori-teori kurikulum di sekolah, Empat landasan pengembangan kurikulum; Prinsip-prinsip pengembangan kurikulum; Model pengembangan konsep kurikulum di sekolah; Anatomi dan desain kurikulum; Evaluasi kurikulum; serta peran guru dalam pengembangan kurikulum pendidikan agama Islam di sekolah dan madrasah. Para guru pendidikan agama Islam serta mahasiswa program studi Pendidikan Agama Islam di Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) sangat dianjurkan untuk membaca bahan ajar ini. Meskipun demikian, tidak menutup kemungkinan buku ini juga layak dibaca oleh para praktisi dan pemerhati pendidikan; serta para guru yang berpredikat ustaz/ustazah, murobbi, mudarris, muallim yang kaya akan ilmu dan pengetahuan untuk khalayak ramai. Buku persembahan penerbit PrenadaMediaGroup #PrenadaMedia

... dasar berbentuk Sekolah Dasar ( SD ) dan Madrasah Ibtidaiyah ( MI ) atau bentuk lain yang sederajat serta Sekolah Menengah Pertama ( SMP ) dan Madrasah Tsanawiyah ( MTs ) , atau bentuk lain yang sederajat . ( 3 ) Ketentuan mengenai ...

Konsep Dasar Pengajaran & Pembelajaran Pendidikan Islam

Buku pendidikan agama islam yang berjudul Konsep Dasar Pengajaran & Pembelajaran Pendidikan Islam merupakan buku karya Zulkifili, dkk. Buku ini cukup banyak memberikan perhatian, motivasi dan pandangan hidup yang bersifat universal sebagai bagian dari sinyal kehidupan untuk memacu manusia dalam mengeksplorasi dan mengembangkan ilmu pengetahian dan teknologi. Buku Konsep Dasar Pengajaran & Pembelajaran Pendidikan Islam membahas tentang pendidikan agama islam, mulai dari hakikat, interpretasi, karakteristik, ruang lingkup, metode pembelajaran, model dan prinsip pembelajaran, hingga strategi dan rancangan pengembangan. Daftar isi buku ini meliputi : Bab 1 Pendidikan Agama Islam Bab 2 Hakikat Pendidikan Islam Bab 3 Ruang Lingkup Pendidikan Agama Islam Bab 4 Metode Pendidikan Agama Islam Bab 5 Model-Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Bab 6 Strategi Pengembangan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Bab 7 Rancangan Pengembangan Pembelajaran PAI Spesifikasi buku ini meliputi : Kategori : Pendidikan Agama Islam Penulis : Zulkifili, dkk. E-ISBN : 978-623-02-5645-5 Ukuran : 15.5x23 cm Halaman : 103 Tahun Terbit : 2022 Penerbit Deepublish adalah penerbit buku yang memfokuskan penerbitannya dalam bidang pendidikan, terutama pendidikan tinggi (universitas dan sekolah tinggi).

Buku Konsep Dasar Pengajaran & Pembelajaran Pendidikan Islam membahas tentang pendidikan agama islam, mulai dari hakikat, interpretasi, karakteristik, ruang lingkup, metode pembelajaran, model dan prinsip pembelajaran, hingga strategi dan ...

Prinsip-Prinsip Ekonomi Islam

Sebagai makhluk yang bergelut di bidang ekonomi (homo economicus), manusia baik secara personal maupun kolektif dalam memenuhi kebutuhan hidup, dihadapkan pada keinginan-keinginan yang tidak terbatas pada satu sisi dan sumber-sumber yang terbatas pada sisi yang lain. Sebagai bagian integral aktivitas manusia, kegiatan-kegiatan ekonomi (economic transactions) tak dapat dielakkan, guna memenuhi kebutuhan hidup itu dan dalam rangka menjalankan tanggung jawab manusia sebagai pihak yang berpartisipasi aktif dalam peningkatan taraf hidup manusia baik secara individu maupun kolektif. Menurut konsep Islam, keterlibatan manusia dalam aktivitas ekonomi tidak semata untuk pemenuhan kebutuhan yang bersifat fisik, tetapi juga dengan pembinaan komunikasi positif, perilaku mutualis mutandis (saling menguntungkan), realisasi keadilan, dan perilaku tidak saling merugikan perlu dikembangkan dalam aktivitas ekonomi. Hal ini dikarenakan, peredaran perekonomian akan lancar bila didukung dengan laju ekonomi tinggi yang dibarengi nilai-nilai luhur sehingga dapat memberikan nilai manfaat dan kemaslahatan baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Islam menekankan agar aktivitas ekonomi dimaksudkan tidak semata-mata sebagai alat pemuas keinginan (syahwat), tetapi lebih pada upaya pencarian kehidupan berkeseimbangan (dunia-akhirat) disertai perilaku positif dengan berbuat baik dan bukan perilaku destruktif dengan berbuat kerusakan di muka bumi. Dalam memenuhi kebutuhan ekonomi, manusia dianjurkan supaya waspada dan menahan diri dari perilaku destruktif itu antara lain dengan cara bersabar. Buku ini mencoba mengetengahkan prinsip-prinsip ekonomi Islam yang berisi konsep, paradigma, dan nilai-nilai universal ekonomi Islam dalam rangka menjaga kepentingan dan kebutuhan serta menciptakan kesejahteraan umat manusia melalui dimensi religi demi tercapainya equilibrium (keseimbangan) kehidupan dan terjaganya kemaslahatan umat manusia dengan meninggalkan praktik-praktik ekonomi yang menyimpang. Buku persembahan penerbit PrenadaMediaGroup #PrenadaMedia

Buku ini mencoba mengetengahkan prinsip-prinsip ekonomi Islam yang berisi konsep, paradigma, dan nilai-nilai universal ekonomi Islam dalam rangka menjaga kepentingan dan kebutuhan serta menciptakan kesejahteraan umat manusia melalui dimensi ...

FILSAFAT BARAT, ALIRAN DAN KONTRIBUSI PEMIKIRAN PARA FILSUF

Banyak para tokoh ilmuan yang terjun dalam dunia filsafat mulai dari abad klasik maupun abad modern, bahkan diantara mereka juga memberikan pengaruh terhadap masa setelahnya. Mereka telah membuka jendela berfikir bagi generasi setelahnya dengan hasil dari ide-ide yang mereka kemukakan. Dan hasil dari buah pemikiran mereka, mengantar manusia untuk terus berfikir terhadap kebenaran yang mereka sampaikan. Dibuku ini akan disuguhkan tentang aliran-aliran yang terdapat dalam ilmu filsafat dan kontribusi para filsuf dalam mengomentari sebuah permasalah yang terjadi di alam semesta ini.

... ekonomi klasik Adam Smith dan David Ricardo yang telah meletakkan dasardasar labor theory of Shadow sebagai jawaban atas pertanyaan dari manakah datangnya nilai itu dan menurunnya nilai suatu barang yang terletak dalam jumlah tenaga ...

Reksa Dana Itu Mudah

Langkah Cerdas Menjadi Kaya

Ketika John D.Rockefeller masih remaja, sekitar pertengahan 1800-an, dia meminjamkan uang $50 kepada tetangganya seorang petani. Satu tahun kemudian, petani tersebut melunasi pinjamannya sebesar $50 ditambah bunga $3,50. Seminggu sebelumnya, Rockefeller memperoleh upah $1,12 sebagai upah bekerja yang terasa mematahkan seluruh tulang punggungnya, setelah dia bekerja 30 jam mencangkul lahan tanaman tomat petani tetangganya yang lain. “Mulai saat ini,” tulis Rockefeller dalam otobiografinya yang diberi judul Random Reminisences, “Saya memutuskan untuk menjadikan uang bekerja untukku.” Bagaimana dengan anda? Apakah anda akan memutuskan menjadikan uang bekerja untuk anda suatu hari nanti? Untuk itu kita akan berkenalan dengan investasi. Investasi adalah pengeluaran-pengeluaran yang dilakukan oleh seseorang atau perusahaan untuk membeli barang dan sekuritas dengan tujuan untuk menambah nilai suatu aset dimasa mendatang. Apa perbedaan dengan menabung? Kegiatan menunda konsumsi dan menyimpannya tersebut sebenarnya kurang menguntungkan untuk kita yang bertempat tinggal di negara dengan pertumbuhan inflasi yang cukup tinggi. Nilai uang kita akan tergerus dari waktu ke waktu. Nah sudah siap berinvestasi?

Ketika John D.Rockefeller masih remaja, sekitar pertengahan 1800-an, dia meminjamkan uang $50 kepada tetangganya seorang petani.

Ekonomi Syariah di Indonesia

Tinjauan Aspek Hukum

Buku ekonomi syariah yang berjudul Ekonomi Syariah di Indonesia: Tinjauan Aspek Hukum merupakan buku karya Nur Hidayah. Buku ini hadir untuk membantu memahami hukum ekonomi islam yang berlaku di Indonesia dengan pendekatan legal substance (substansi hukum), legal structure (struktur hukum), dan legal culture (budaya hukum) untuk menganalisa fenomena ekonomi dan keuangan syariah dalam perspektif hukum secara lebih komprehensif. Pada buku ini akan disajikan mengenai regulasi ekonomi dan keuangan syariah yang ada di Indonesia. Selain itu, akan disajikan pula peran regulator dalam mengembangkan ekonomi dan keuangan syariah dari masing-masing sektor. Dalam buku ini juga akan disajikan budaya hukum masyarakat terkait ekonomi dan keuangan syariah. Daftar isi buku ini meliputi : Bab 1 Introduksi Bab 2 Ekonomi dan Keuangan Syariah dalam Perspektif Maqashid Syariah Bab 3 Regulasi Ekonomi Halal di Indonesia dan lainnya dapat dibaca pada ebook ini. Spesifikasi buku ini meliputi : Kategori : Ekonomi Syariah Penulis : Nur Hidayah E-ISBN : 978-623-02-6254-8 Ukuran : 15.5x23 cm Halaman : 195 Tahun Terbit : 2023 Penerbit Deepublish adalah penerbit buku yang memfokuskan penerbitannya dalam bidang pendidikan, terutama pendidikan tinggi (universitas dan sekolah tinggi). Buku ini tersedia juga dalam versi cetak. Dapatkan buku-buku berkualitas dengan pilihan terlengkap hanya di Toko Buku Online Deepublish : deepublishstore.com

Buku ekonomi syariah yang berjudul Ekonomi Syariah di Indonesia: Tinjauan Aspek Hukum merupakan buku karya Nur Hidayah.

JAHILIYAH KONTEMPORER DAN HEGEMONI NALAR KEKERASAN:Merajut Islam Indonesia, Membangun Peradaban Dunia

Secara normatif, agama didaulat sebagai kehendak ideal Tuhan bagi keberlangsungan hidup umat manusia. Memang demikian yang tersurat dalam kitab suci al-Qur’an maupun hadits Nabi Muhammad Saw. Tidak ada yang membantah bahwa agama adalah “harta karun” paling berharga yang dimiliki umat, khusus- nya umat Islam. Atas nama Tuhan (agama) umat mempertaruhkan segalanya agar pesan-pesan agama dapat direalisasikan. Tetapi apa lacur, yang terlihat di lapangan ternyata jauh panggang dari api, bahkan ironis. Agama yang semula diharapkan menjadi spirit hidup beragama dan bermasyarakat, justru sebaliknya, menjadi virus yang memecah belah umat dan memorak-porandakan sendi- sendi kehidupan manusia itu sendiri.

Dengan menggunakan kerangka teori-teori sejarah pemikiran Islam, teori sosial dan politik, Prof Abd A’la lewat buku ini menawarkan gagasan produktif bagaimana umat Islam agar mampu keluar dari himpitan gerakan terorisme, radikalisme dan ...