Sebanyak 67 item atau buku ditemukan

Bank dan Lembaga Keuangan Lain

Buku “Bank dan Lembaga Keuangan Lain” ini dibuat untuk membantu mahasiswa, praktisi dan juga kalangan umum untuk lebih memahami operasional perbankan dan lembaga keuangan lainnya. Kita ketahui bersama bahwa sudah banyak buku tentang perbankan yang lebih dahulu diterbitkan, sehingga pembuatan buku ini dapat menambah referensi dan perbendaharaan buku yang telah ada di masyarakat.

Buku “Bank dan Lembaga Keuangan Lain” ini dibuat untuk membantu mahasiswa, praktisi dan juga kalangan umum untuk lebih memahami operasional perbankan dan lembaga keuangan lainnya.

Ekonomi internasional

 Ekonomi internasional adalah ilmu ekonomi yang membahas akibat saling ketergantungan antara negara-negara di dunia, baik dari segi perdagangan internasional maupun pasar kredit internasional. Ekonomi internasional berperan penting dalam siklus bisnis internasional. Perkembangan teori di dalam bidang ekonomi internasional telah demikian maju dan sangat menyentuh segi kehidupan ekonomi manusia modern. Buku ini membahas sistem moneter internasional, valuta asing, neraca pembayaran internasional, liberalisasi perdagangan, bentuk-bentuk kerja sama ekonomi antar negara, pembiayaan dan pembayaran internasional, arus modal dan bisnis internasional, pengaruh ekonomi internasional terhadap keseimbangan ekonomi, neraca perdagangan, pendekatan parsial dan pendekatan pendapatan nasional. Semoga buku ini memberikan manfaat bagi pembacanya.

Ekonomi internasional berperan penting dalam siklus bisnis internasional. Perkembangan teori di dalam bidang ekonomi internasional telah demikian maju dan sangat menyentuh segi kehidupan ekonomi manusia modern.

MANAJEMEN PEMASARAN

Manajemen pemasaran merupakan suatu penganalisaan, perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan terhadap program-program yang bertujuan menimbulkan pertukaran dengan pasar yang diiginkan. Manajemen pemasaran di perlukan perusahaan untuk mencapai sasarannya. Tugas pemasaran adalah menciptakan permintaan akan produk yang dihasilkan perusahaan. Buku ini terdiri dari 10 Bab, menjelaskan tentang Konsep Dasar Manajemen Pemasaran, Pemasaran Abad 21, Perencanaan Pemasaran, Sistem Informasi Pemasaran, Perilaku Konsumen, Segmen Pasar, Membentuk Positioning Merek, Pasar Global, Strategi Produk, dan Strategi Harga.

Manajemen pemasaran merupakan suatu penganalisaan, perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan terhadap program-program yang bertujuan menimbulkan pertukaran dengan pasar yang diiginkan.

SISTEM INFORMASI MANAJEMEN

Sistem informasi manajemen (SIM) yang berasal dari Bahasa Inggris yakni management information system. SIM adalah sistem perencanaan bagian dari pengendalian internal dalam bisnis yang terdiri atas pemanfaatan dokumen, manusia, teknologi, serta prosedur dalam akuntansi manajemen. Tujuannya adalah memecahkan beragam masalah dalam bisnis yang meliputi layanan, biaya produk, serta strategi bisnis. Keseluruhan sistem ini digunakan dalam rangka menganalisis sistem informasi yang lain pada penerapan aktivitas operasional suatu organisasi. Buku menjabarkan tentang konsep dasar sistem, informasi, manajemen, komponen sistem informasi manajemen, sistem manajemen database, sistem informasi, organisasi, dan strategi.

Sistem informasi manajemen (SIM) yang berasal dari Bahasa Inggris yakni management information system.

PENDIDIKAN BERBASIS AL-QUR’AN

Pendidikan berbasis Al-Qur'an adalah sarana perekayasaan sosial bagi umat Islam yang berdasarkan Al-Qur'an dan Al-Sunnah untuk menuju kesempurnaan hidup manusia hingga mencapai Insan kamil, yang bertujuan untuk mendekatkan diri kepada Allah (taqarrub) dan meraih kebahagiaan di dunia dan di akhirat kelak. Pencapaian kesempurnaan hidup melalui proses pendidikan itu juga merupakan tujuan dari Pendidikan Islam itu sendiri. Materi Pendidikan berbasis Al-Qur'an berisikan tentang berbagai macam ilmu pengetahuan sebagai sarana yang menghubungkan hamba dengan Tuhan-Nya, dengan itu ia mendekatkan diri secara kualitatif kepada-Nya, sehingga manusia dapat mencapai kebahagiaan di dunia dan di akhirat kelak. Namun yang menjadi prioritas materi yang terpenting dari pendidikan berbasis Al-Qur'an itu adalah bidang akhlak. Karena dengan memiliki akhlak yang mulia, semua orang bisa bertanggung jawab dalam hidupnya. Pendidikan berbasis Al-Qur'an tidak hanya ditafsirkan sebagai kegiatan atau cara untuk mengajar anak didik saja, namun lebih dari itu. Yang dimaksudkan dengan metode pendidikan adalah juga menjadikan guru (al-mu'allim) sebagai figur sentral untuk dapat dijadikan teladan bagi anak didiknya. Bahkan Imam Al-Ghazali mengemukakan bahwa metode pendidikan adalah sejenis pendidikan guru atau pelatihan guru (teacher education or trainning). Jadi, dapat dipahami bahwa metode pendidikan tidak hanya dipahami sebagai suatu cara dalam mengajar tetapi jauh dari itu yaitu usaha membina dan melatih guru sebagai figur sentral bagi anak didiknya agar menjadi teladan yang baik. Proses pengembangan pendidikan berbasis Al-Qur'an berdasarkan gambaran konsep hakikat manusia dalam Al-Qur'an yang meliputi aspek tujuan, kurikulum, metodologi, dan evaluasi pendidikan, pada dasarnya dipahami sebagai sebuah ikhtiar untuk mengembangkan seluruh wujud eksistensi manusia dalam arti nilai totalitas, struktur, kedudukan, dan peran serta potensi-potensi yang dimilikinya. Oleh karena itu, konsep manusia dalam Al-Qur'an menjadi muatan yang perlu diperhitungkan dalam mengembangkan teori dan praktek pendidikan. Dengan adanya keterlibatan pandangan dasar Al-Qur'an tentang hakikat manusia ini, pengembangan pendidikan diharapkan bisa menyeluruh sesuai dengan gambaran hakikat manusia yang sebenarnya.

Pendidikan berbasis Al-Qur'an adalah sarana perekayasaan sosial bagi umat Islam yang berdasarkan Al-Qur'an dan Al-Sunnah untuk menuju kesempurnaan hidup manusia hingga mencapai Insan kamil, yang bertujuan untuk mendekatkan diri kepada Allah ...