Sebanyak 651 item atau buku ditemukan

Hukum Tata Negara: “Negara, Konstitusi, dan Rakyat: Dialog Hukum Tata Negara untuk Publik”

Buku "Hukum Tata Negara" ini mengkaji secara mendalam prinsip-prinsip dasar dan perkembangan Hukum Tata Negara di Indonesia. Disusun dengan pendekatan sistematis dan akademis, buku ini membahas aspek-aspek fundamental seperti kedaulatan rakyat, bentuk negara, sistem pemerintahan, hubungan antar lembaga negara, serta peran konstitusi sebagai hukum dasar tertinggi. Disertai dengan analisis terhadap praktik ketatanegaraan di Indonesia, buku ini menguraikan dinamika yang terjadi pasca reformasi, seperti perubahan UUD 1945, peran Mahkamah Konstitusi, serta hubungan antara pusat dan daerah dalam konteks otonomi daerah. Selain itu, dibahas pula pentingnya supremasi konstitusi, perlindungan hak asasi manusia, serta pembagian kekuasaan yang efektif dan demokratis. Dengan gaya bahasa yang lugas namun tetap akademik, buku ini sangat cocok digunakan sebagai bahan ajar di perguruan tinggi, referensi bagi peneliti, serta pegangan bagi para praktisi hukum dan pembuat kebijakan.

... Negara. Barendt, E. (1998). An Introduction to Constitutional Law. Oxford : Oxford University Press. Barry Holden, e. (2000). Global Democracy Key Debates. London and New York: Routledge. Beetham, D. (2005). Democracy: a Beginner's ...

Hukum Tata Negara : Teori dan Penerapan Hukum Tata Negara di Negara Demokrasi

Teori dan Penerapan Hukum Tata Negara di Negara Demokrasi

Buku ini adalah salah satu buku referensi yang membahas prinsip, teori, dan implementasi hukum tata negara dalam sistem demokratis. Diawali dengan definisi, ruang lingkup, serta sejarah perkembangannya, buku ini menguraikan fungsi hukum tata negara dalam mengatur sistem ketatanegaraan. Selain itu, konsep dasar negara, unsur-unsurnya, bentuk-bentuk pemerintahan, kedaulatan, serta prinsip negara hukum dan demokrasi dibahas secara mendalam. Pemahaman ini penting untuk menelaah bagaimana hukum tata negara berperan dalam membangun negara yang stabil dan berkeadilan. Bab selanjutnya mengulas struktur organisasi negara, termasuk kekuasaan legislatif, eksekutif, dan yudikatif, serta tugas dan tanggung jawabnya. Peran lembaga negara dan kewenangan konstitusionalnya dalam menjaga keseimbangan demokrasi juga dikupas. Dengan pendekatan teoritis dan aplikatif, buku ini menjadi referensi penting bagi mahasiswa, akademisi, serta praktisi hukum dalam memahami sistem ketatanegaraan dan penerapannya dalam dinamika pemerintahan demokratis.

... Constitutional Law of India, Eastern Book Company, 2013. M. Tushnet, Taking the Constitution Away from the Courts, Princeton University Press, 1999. Marshanda, A. (2022). Konstitusi ... Laws. Cambridge University HUKUM TATA NEGARA 103.

Teknologi Pembelajaran: Inovasi Pembelajaran Masa Depan

Buku " Teknologi Pembelajaran: Inovasi Pembelajaran Masa Depan" merupakan karya komprehensif yang mengupas tuntas perkembangan dan implementasi teknologi dalam dunia pembelajaran modern. Dimulai dengan pembahasan fundamental tentang pengertian, ruang lingkup, dan sejarah perkembangan teknologi pembelajaran, buku ini memberikan landasan kuat bagi pembaca untuk memahami pentingnya teknologi pembelajaran di era digital. Dalam pembahasan selanjutnya, buku ini secara sistematis mengeksplorasi berbagai model dan pendekatan pembelajaran berbasis teknologi, mulai dari Computer-Based Training (CBT), Web-Based Learning (WBL), hingga inovasi terkini seperti Mobile Learning, Virtual Reality, dan Augmented Reality. Setiap bentuk teknologi pembelajaran dibahas secara mendalam mencakup konsep, karakteristik, jenis, pengembangan, dan evaluasinya, memberikan pemahaman yang utuh tentang implementasi teknologi dalam pembelajaran. Pada bagian akhir, buku ini membahas tren dan inovasi teknologi pembelajaran masa depan, termasuk peran Artificial Intelligence (AI), Big Data, Internet of Things (IoT), dan Blockchain dalam pembelajaran. Tidak hanya itu, buku ini juga mengangkat isu-isu kritis seperti tantangan implementasi dan etika penggunaan teknologi pembelajaran, serta memberikan arahan dan rekomendasi untuk pengembangan teknologi pembelajaran di masa depan, menjadikannya sebagai referensi yang sangat relevan bagi para pendidik dan praktisi pendidikan dalam menghadapi transformasi digital di dunia pendidikan.

Buku " Teknologi Pembelajaran: Inovasi Pembelajaran Masa Depan" merupakan karya komprehensif yang mengupas tuntas perkembangan dan implementasi teknologi dalam dunia pembelajaran modern.

EVALUASI PEMBELAJARAN: Pendekatan, Teori Dan Inovasi Dalam Pendidikan Agama Islam

Buku Evaluasi Pembelajaran: Pendekatan, Teori an Inovasi Dalam Pendidikan Agama Islam menawarkan panduan komprehensif mengenai evaluasi dalam Pendidikan Agama Islam (PAI), dengan fokus pada penerapan metode evaluasi yang efektif, validitas instrumen, serta teknik analisis data yang relevan dengan konteks PAI. Buku ini mengintegrasikan berbagai konsep evaluasi, teori-teori evaluasi, dan pendekatan modern yang mencakup neurosains, teknologi, dan kebijakan pendidikan dalam dunia pendidikan Islam. Dimulai dengan urgensi evaluasi dalam konteks pendidikan Islam, buku ini menguraikan pentingnya evaluasi yang tepat untuk meningkatkan kualitas pengajaran dan pembelajaran. Dalam bab-bab selanjutnya, pembaca akan dibimbing untuk memahami konsep dan pendekatan evaluasi yang digunakan dalam PAI, serta perbedaan antara teori-teori evaluasi dari konteks Islam dan Barat. Buku ini juga membahas desain dan pendekatan evaluasi dalam penelitian, serta bagaimana teknik-teknik validasi dan reliabilitas instrumen dapat memastikan keakuratan dan keandalan evaluasi. Pembaca diajak untuk mengeksplorasi analisis data dalam evaluasi PAI, serta tantangan-tantangan yang mungkin dihadapi terkait dengan etika dan bias dalam evaluasi pendidikan. Selain itu, buku ini mengkaji model evaluasi berbasis riset, serta penerapan kebijakan evaluasi dan perancangan kebijakan berbasis evaluasi, untuk memastikan bahwa kebijakan pendidikan yang diambil berbasis pada hasil evaluasi yang valid dan objektif.

Buku Evaluasi Pembelajaran: Pendekatan, Teori an Inovasi Dalam Pendidikan Agama Islam menawarkan panduan komprehensif mengenai evaluasi dalam Pendidikan Agama Islam (PAI), dengan fokus pada penerapan metode evaluasi yang efektif, validitas ...

Manajemen Pemasaran Pendidikan Islam adalah proses perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi kegiatan pemasaran yang dilakukan oleh lembaga pendidikan Islam dengan tujuan untuk menarik, mempertahankan, dan membina hubungan yang baik dengan peserta didik, orang tua, serta masyarakat, berdasarkan prinsip-prinsip syariah Islam. Dalam konteks ini, pemasaran bukan sekadar aktivitas promosi atau publikasi, melainkan bagian integral dari strategi lembaga untuk memperkuat identitas, meningkatkan daya saing, dan menyebarluaskan nilai-nilai Islam secara lebih luas melalui pendidikan. Konsep pemasaran yang diterapkan tetap mengacu pada prinsip dasar pemasaran modern seperti segmentasi pasar, targeting, positioning, dan strategi bauran pemasaran (marketing mix). Namun, semua itu harus diselaraskan dengan nilai-nilai Islam, seperti kejujuran (ṣidq), amanah, adil, dan menghindari unsur penipuan atau manipulasi dalam komunikasi pemasaran. Dengan pendekatan yang tepat, pemasaran dalam pendidikan Islam dapat menjadi sarana dakwah yang efektif sekaligus strategi manajerial untuk keberlangsungan dan kemajuan lembaga.

Manajemen Pemasaran Pendidikan Islam adalah proses perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi kegiatan pemasaran yang dilakukan oleh lembaga pendidikan Islam dengan tujuan untuk menarik, mempertahankan, dan membina hubungan yang baik dengan peserta didik, orang tua, serta masyarakat, berdasarkan prinsip-prinsip syariah Islam. Dalam konteks ini, pemasaran bukan sekadar aktivitas promosi atau publikasi, melainkan bagian integral dari strategi lembaga untuk memperkuat identitas, meningkatkan daya saing, dan menyebarluaskan nilai-nilai Islam secara lebih luas melalui pendidikan. Konsep pemasaran yang diterapkan tetap mengacu pada prinsip dasar pemasaran modern seperti segmentasi pasar, targeting, positioning, dan strategi bauran pemasaran (marketing mix). Namun, semua itu harus diselaraskan dengan nilai-nilai Islam, seperti kejujuran (ṣidq), amanah, adil, dan menghindari unsur penipuan atau manipulasi dalam komunikasi pemasaran. Dengan pendekatan yang tepat, pemasaran dalam pendidikan Islam dapat menjadi sarana dakwah yang efektif sekaligus strategi manajerial untuk keberlangsungan dan kemajuan lembaga.

... Marketing Management of Educational Services in Improving The Image of Islamic Boarding Schools. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(1), 1-12. doi:https://doi.org /10.33650/al-tanzim.v7i1.4353 Junaidi, & Abdurrahman. (2021) ...