Sebanyak 3489 item atau buku ditemukan

AL-WAFI HADIS 40

Pada asasnya, buku ini seperti buku-buku syarah bagi kitab hadis Imam Al-Nawawi yang lain tetapi, ia diberikan gaya perbahasan yang lengkap sehingga ia sesuai untuk menjadi bahan kuliah maghrib atau subuh. Bahkan, ia boleh menjadi bahan bacaan harian yang rsantai tetapi padat dengan ilmu dari dua tokoh ulama mazhab al-Syafii moden iaitu Syaikh Dr Mustafa Dib Al Bugha dan Syaikh Dr Muhyiddin Mistu.

Pada asasnya, buku ini seperti buku-buku syarah bagi kitab hadis Imam Al-Nawawi yang lain tetapi, ia diberikan gaya perbahasan yang lengkap sehingga ia sesuai untuk menjadi bahan kuliah maghrib atau subuh.

BUKU AJAR METODOLOGI PENELITIAN

Buku ini menjelaskan Pada buku ajar, setiap bab diawali dengan halaman penyekat, tujuan mata kuliah, dan pendahuluan. Pada pendahuluan, dijelaskan tentang deskripsi singkat, manfaat dan relevansi, kompetensi pembelajaran, petunjuk belajar, dan kaitan materi. Pada bagian belakang dari buku ajar dicantumkan kunci jawaban tes formatif.

Buku ini menjelaskan Pada buku ajar, setiap bab diawali dengan halaman penyekat, tujuan mata kuliah, dan pendahuluan.

Penelitian Kualitatif Untuk Ilmu Pendidikan

Potensi penelitian di Indonesia menyebar di berbagai lembaga, baik di lembaga kementerian maupun nonkementerian. Dan, salah satu potensi yang paling menarik adalah perguruan tinggi, karena di sanalah tempat para dosen berkecimpung. Dosen, sejatinya adalah ilmuwan yang mengajar. Dengan demikian, tugas utama mereka, selain mengajar, adalah melahirkan dan mengembangkan teori-teori ilmu pengetahuan dan pengembangan teknologinya. Tugas penelitian perguruan tinggi tidak sekadar menemukan teknologi baru, tetapi juga mempersiapkan berbagai institusi pendukung perubahan-perubahan sosial, seperti pengembangan sikap multikulturalisme, toleransi, dan sikap kreatif, inovatif, dan kolaboratif dalam rangka meningkatkan produktivitas bangsa. Buku Penelitian Kualitatif untuk llmu Pendidikan sangat tepat sebagai buku rujukan para peneliti, khususnya para peneliti di lingkungan perguruan tinggi keagamaan Islam, dengan tradisi penelitian interpretivisme. Seiring bergeraknya perubahan paradigma kajian agama, yakni dari epistemologi metafisis ke ilmu sosial yang empirik dengan pendekatan post-positivisme, atau pendekatan interpretatif, para peneliti di perguruan tinggi dituntut untuk menguasai metode penelitian kualitatif. Buku ini menyajikan materi dan bahan bacaan yang dibutuhkan untuk memahami penelitian kualitatif, serta langkah-langkah melakukan penelitian kualitatif. Berbagai pertanyaan yang sering muncul tentang penelitian kualitatif, misalnya, dijawab penulis dengan jelas di bab dua. Di samping itu, permasalahan yang kerap kali menjadi tantangan dalam pelaksanaan penelitian kualitatif akan dikupas tuntas di bab Lima: Pelaksanaan Penelitian: Pengumpulan dan Analisis Data. Terakhir ditutup dengan pembahasan penelitian tindakan dan pengembangan. Buku ini ditujukan sebagai buku rujukan untuk penelitian pendidikan, dan juga ilmu-ilmu sosial lainnya, yang sudah mulai melirik pentingnya penelitian interpretif dalam pengembangan teori-teori keilmuannya. Buku persembahan penerbit PrenadaMediaGroup

Potensi penelitian di Indonesia menyebar di berbagai lembaga, baik di lembaga kementerian maupun nonkementerian.

ADMINISTRASI PENDIDIKAN (Menuju Sekolah Efektif)

Buku ini berawal dari catatan persiapan penulis untuk mengisi mata kuliah Administrasi Pendidikan di Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Palopo (sekarang IAIN Palopo) dan Universitas Cokroaminoto Palopo (UNCP). Namun, tentu saja, isinya diharapkan dapat dimanfaatkan oleh pembaca umum terutama yang bergerak di bidang pendidikan (pengawas sekolah, kepala sekolah, guru, dan tenaga kependidikan lainnya) dengan harapan dapat membantu memahami berbagai hal yang berkaitan dengan pengelolaan pendidikan. Buku ini memuat beberapa hal, yaitu konsep administrasi pendidikan, kepemimpinan kepala sekolah, dan supervisi pendidikan. Konsep administrasi pendidikan dilengkapi dengan kiat-kiat dalam merencanakan pembelajaran. Kepemimpinan kepala sekolah dan supervisi pendidikan menjadi dua bagian yang saling melengkapi. Pemahaman tentang kepemimpinan kepala sekolah akan sangat membantu dalam penyelenggaraan supervisi pendidikan.

Kegiatan pengembangan diri dapat dilaksanakan dalam bentuk: 1) Bimbingan konseling, (kehidupan pribadi, sosial, kesulitan belajar, karir ); dan atau 2) Ekstrakurikuler, Pengembangan kreativitas, kepribadian sis-wa, seperti: Kepramukaan, ...

ADMINISTRASI PENDIDIKAN (TINJAUAN TEORI & IMPLEMENTASI)

Buku ini merupakan hasil karya yang dapat dijadikan sumber belajar bagi mahasiswa sebagai dasar dalam melakukan pembelajaran. Buku ini diharapkan dapat memberikan kontribusi pada pengembangan ilmu pengetahuan di bidang akademisi sehingga menjadi buku yang signifikan. Untuk memudahkan pembaca dalam memahaminya, penulis menyusun buku ini dalam beberapa bagian bab. Dengan adanya buku ini, diharapkan dapat membantu mahasiswa dalam memperluas dan memperdalam pengetahuan mereka untuk melakukan pengkajian pada bidang ilmu yang diperlukan.

A. Pengertian Komunikasi Istilah komunikasi dalam bahasa inggris “communication”, berasal dari bahasa latin “communicatus” yang memiliki arti berbagi atau menjadi milik bersama. Komunikasi dimaknai sebagai hubungan kontak antar dan ...

Administrasi dan Perencanaan Pengembangan Sumber Daya Manusia

Administrasi sebagai suatu fenomena modern telah teruji kebenarannya yang dapat dianggap sebagai suatu pendekatan ilmiah, karena telah memiliki metode-metode analisis, sistematika, prinsip-prinsip serta dalil-dalilnya sendiri. Ke semua ciri keilmiahannya ini dapat diterapkan ke dalam unsur-unsur kegiatan dalam rangka mewujudkan efisiensi dan efektivitas pencapaian tujuan yang ditetapkan. Analisis terakhir ini sangat tepat kalau dihubungkan dengan “trend” yang terjadi di abad sekarang, bahkan di masa akan datang, dengan dalih bahwa semua aktivitas baik di bidang politik, sosial, budaya dan Hankam hanya akan berguna kalau terlaksana secara efektif dan ekonomis. Adapun efisiensi dan efektivitas kerja itu sendiri baru bisa diperoleh bila keseluruhan kegiatan itu dioperasikan melalui tindakan-tindakan administrasi. Salah satu jalur kebijaksanaan pembangunan pendidikan di Indonesia membawa kita pada arah peningkatan efisiensi dan efektivitas pengelolaan pendidikan. Penanganan masalah-masalah pendidikan yang dewasa ini sifatnya semakin kompleks, tidak hanya menuntut kecepatan dan ketepatan melainkan juga menghendaki adanya satu sistem di dalam pendekatan dan pemecahannya. Kenyataan lain yang mendorong pentingnya pengembangan dan pembaruan di dalam sistem pengelolaan pendidikan, baik di sekolah maupun luar sekolah adalah adanya perubahan-perubahan yang terjadi di lingkungan pendidikan itu sendiri, dan tuntutan masyarakat/pemerintah yang semakin meningkat akan pendidikan yang mampu menunjang pembangunan bangsa dalam arti luas. Kehadiran bidang Administrasi Pendidikan memberikan andil yang besar dalam menjawab segala tantangan pendidikan tersebut, guna menyelenggarakan suatu sistem pendidikan yang mampu memenuhi misi dan tujuan sebagaimana dicita-citakan. Para pemimpin, guru, maupun tenaga pelaksana di lapangan perlu dibekali dengan bidang ini karena mereka berhadapan langsung dengan corak tantangan yang beragam yang membutuhkan suatu penataan secara efektif dan efisien Buku persembahan penerbit PrenadaMediaGroup

Sepanjang kariernya di bidang akademik, Haidir pernah menjalani penugasan sebagai Staf pada Prodi PAI (20052006), ... Aplikasi Kemampuan Guru dalam Mendesain Pembelajaran dan Pengembangan Kurikulum, Mengembangkan Proses Pembelajaran, ...

Music Education and Muslims

Music has had an unhappy history in the lives of many Muslims. Because religion is so tightly bound up with culture it is not always clear why this should be the case. Nonetheless, music is a sensitive issue for many Muslims and this has to be understood when providing appropriate music education. Music is a compulsory part of the curriculum in the U.K., so it is essential that music teachers understand the relationship between Muslims and music. This book looks at the history and position of music in Islam. It considers music education in Muslim countries, and looks at music lessons in multiethnic classrooms in the U.K. The recommendations about how music lessons can be made more appropriate to Muslim pupils are based on the author's research and experience. She suggests ways to ensure that people are never persuaded to do anything which conflicts with their religion, while extending the opportunity for meaningful music lessons for all pupils. This book is for all principals striving to fulfill their statutory obligations to all pupils, and essential reading for music teachers in multicultural schools.

The madrasas only taught the Qur ' an , ahadith ( the reported sayings of the
Prophet ) , fiqh ( jurisprudence ) and Arabic language ; no other forms of
knowledge were considered legitimate and so were unacceptable . The object of
education ...

The Digest of Arab Political Education

Allah, the Almighty Lorcl, revealed that story in the Holy Qur'an, in a way to have
Muslims and Prophet Muhammad familiarized with the ancients' habitual practice
of the principle of counsel and deliberation. Allah, the Almighty Lord, say in ...