Sebanyak 19118 item atau buku ditemukan

STRATEGI GURU PAI DALAM MEBINA KARAKTER PESERTA DIDIK SMK AL FALAH SALATIGA

Penelitian ini membahas strategi guru PAI dalam membina karakter. Fokus penelitian 1. Bagaimana strategi guru PAI dalam pembinaan karakter di SMK Al Falah Salatiga 2. Faktor-faktor apa yang menghambat pembinaan karakter siswa di SMK Al Falah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Data-data dianalisis dengan cara mendiskripsikan data dari informan,mereduksi data sesuai kebutuhan penelitian kemudian dianalisis oleh peneliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi guru PAI dalam pembinaan karakter adalah (1) materi PAI tidak hanya diajarkan dikelas tetapi diimplementasikan dalam kegiatan sehari-hari. (2) Melalui pembiasaan seperti berdoa sebelum dan sesudah belajar, pembacaan asmaul husna, tadarus Al qur’an, sholat dhuha, sholat dhuhur berjamaah (3) Melalui keteladanan guru, seperti rapi, sopan, disiplin dll (4) Menciptakan suasana religius seperti mengadakan peringatan hari besar Islam dan pesantren Ramadhan (5) home visit bagi siswa yang bermasalah

Prayitno mengemukakan kunjungan rumah merupakan upaya untuk mendeteksi kondisi keluarga dalam kaitannya dengan permasalahan anak atau individu yang menjadi tanggungjawab konselor dalam pelayanan konseling. Kunjungan rumah tidak perlu ...

Guru BK Keren

Guru BK “KEREN” adalah sarana, media, saluran bagi perwujudan ide, gagasan. Sekian banyak cara, metode, tetapi satu cara sederhana dapat dilakukan ialah menulis buku. Buku ini berdasar pengalaman mendampingi siswa bergulat dengan masalah pertemanan, masalah pembelajaran, dan karir.

Ada beberapa hal yang termasuk self-healing: 1) ilmu kehidupan yang mengajarkan kita untuk bisa berkomunikasi yang efektif agar bisa membantu jutaan siswa menyelesaikan permasalahannya atau biasa disebut konseling; 2) ilmu kehidupan ...

KILAS BERKAS MENUJU PENTAS Antologi Cerita Guru SMP N 2 Maos

Judul : KILAS BERKAS MENUJU PENTAS Antologi Cerita Guru SMP N 2 Maos Penulis : Arie Lantyka Dewi, Siti Rokhani, Wigi Hartati, Susmiyati, Sunarti, Purwaningsih, Nunung Rokhani, Soetji Rokhjati, Daryanto, Harun Nuur Rosid, Nur Indah Amalia, Titie Sukesi, Mujinah, Tri Wahyuningsih, Yuni Hardiningsih, Sriyanti, Kurniyanti, Siti Rokhmah, Titin Suhartini, Shopyan Jepri Kurniawan, Mustofa, Teguh Cahyanto, Umi Ma’rifah, Rasino, Ima Riyana, Teguh Pramono, Tri Suparni, Mukhsonah, Ratna Tri Wardani, Fathurrohim, Andriyanto, Edy Sukamto, Faujiyah, Sugiono, Agustina Yanti TS, Dina Meksika Sari,Syaiful Bakhri. Ukuran : 17,5 x 25 cm Tebal : 140 Halaman No ISBN : 978-623-56870-9-4 Menulis merupakan bagian dari kehidupan kita. Menulis bagi guru adalah hal yang sudah seharusnya menjadi suatu kebutuhan. Menulis dan berliterasi bagi guru merupakan hal yang harus dilakukan dan dikuasai, karena dengan menulis, guru akan semakin kreatif dan terampil dalam berkomunikasi secara tertulis. Memulai dari menulis pengalaman, kegelisahan, dan seputar pendidikan di sekolah dapat ditulis oleh seorang guru. Bila setiap hari guru menuliskan semua pengalaman, metode pembelajaran hasil pembelajaran, dan ide/gagasan yang membawa kemajuan bagi dunia pendidikan, maka suatu saat pendidikan kita akan berkembang dan menjadi lebih baik lagi. Kilas berkas menuju pentas, mempunyai makna dari yang “sekilas” nanti harapannya akan dapat “dipentaskan” melalui karya-karya tulis yang lebih profesional lagi, diwujudkan dalam bentuk karya-karya Solo (individu) dari guru-guru kita. Pertama memang harus dipaksakan untuk dapat meluangkan waktu kita untuk menulis, kemampuan untuk menyampaikan ide/gagasan, pengalaman kita, apa yang ada dalam pikiran kita, semua harus dimulai dengan semangat bahwa kita sedang memulai membuat sejarah kita dalam bentuk tulisan yang kita buat. Mengawali memang sulit, berat, tapi itulah tantangan bagi seorang guru untuk dapat memulai menulis. Lambat laun, jika kita terus konsisten menulis, maka kita akan merasakan bahwa menulis itu mudah. Seringnya berlatih, dan harus ada yang memotivasi guru, maka tersusunlah karya-karya guru yang ternyata dapat kita nikmati tulisan mereka sebagai hiburan, dan sebagai bagian dari gerakan literasi di sekolah. Dalam buku ini, kita dapat membaca berbagai pengalaman guru, yang dapat menghibur kita di sela-sela waktu luang kita. Para pembaca yang budiman, dan para guru di sekolah, buku ini penting bagi sekolah dan para guru karena dari buku ini pembaca akan dapatkan motivasi, dan semangat baru , bahwa kita semua pasti dapat menulis, selama ada niat, kemauan dan usaha yang sungguh-sungguh. Selamat Membaca dan berkarya. Semoga sukses.

Setiap anak, memiliki permasalahan yang berbeda, kita sebagai guru terkadang memang harus mau mendengarkan permasalahan mereka, sebab tidak semua siswa bisa menceritakan permasalahannya pada semua guru. Kadang permasalahan bisa ...

Surat Kabar Guru Belajar Edisi Khusus: Wardah Inspiring Teacher 2021 - Jilid 4

Surat Kabar Guru Belajar Edisi Khusus Wardah Inspiring Teacher menampilkan praktik baik pembelajaran dan pendidikan untuk menularkan kegemaran belajar pada komunitas guru. Kolaborasi Mewujudkan Merdeka Belajar Tantangan mewujudkan Merdeka Belajar memang tidak mudah. Tantangan itu semakin besar ketika upaya mewujudkan Merdeka Belajar baru berada pada tahap awal dan, pada saat yang sama, Pandemi Covid-19 datang mengguncang kehidupan kita. Semua terdampak, tak terkecuali dunia pendidikan. Namun, tantangan ini tak sedikitpun menyurutkan semangat Cerita Guru Belajar untuk terus berupaya mewujudkan Merdeka Belajar di Indonesia. Sebab, kepentingan kita untuk mewujudkannya jauh lebih berharga dari pada tantangan yang dihadapi. Pada konteks inilah Cerita Guru Belajar berkolaborasi dengan Wardah Inspiring Teacher untuk mendukung para guru di Indonesia belajar bersama dan berbagi praktik baik agar semakin banyak guru yang menjadi Guru Merdeka Belajar. Kami dipertemukan oleh visi yang sama, misi yang sama, dan kepentingan yang sama: melakukan transformasi pendidikan ke arah pendidikan yang lebih memerdekakan murid. Dalam mewujudkan Merdeka Belajar di tengah Pandemi Covid-19, peran media pembelajaran tentu saja sangat krusial. Apakah pembelajaran jarak jauh akan memberikan dampak pada murid atau sekadar menjadi rutinitas, salah satunya ditentukan oleh media pembelajaran yang diaplikasikan di kelas. Melalui Surat Kabar Guru Belajar edisi Wardah Inspiring Teacher 2021 ini, kami ingin membagikan berbagai Media Pembelajaran Merdeka. Semoga dari berbagai cerita praktik baik yang tersaji dalam Surat Kabar Guru Belajar edisi ini dapat menginspirasi para guru di Indonesia, dan kemudian terjadi perubahan di dunia pendidikan kita. Selamat membaca!

Setelah itu, saya lanjutkan dengan memberi permasalahan yang kedua. “Mengapa dalam rangkaian listrik lampu hias, jika satu lampu mati atau putus maka semua lampu akan ikut mati?” Permasalahan yang saya sampaikan melalui media video ...

Pena Emas Sang Guru

Sebut saja Suci, guru Aqidah-ahlaq mengungkapkan pengalamannya yang inspiratif. Seorang wanita yang mengemban tiga tugas sebagai,pengajar,istri dan sekaligus ibu dari tiga anak. Tiga tahun menjalankan tugas tersebut dengan menstabilkan semua aspek lahir dan batin. Perjalanan tugasnya yang menuntut LDR, bisa memberikan inspirasi pada pembaca, bagaimana agar sukses dalam menjalankan tugas dan kewajibannya meskipun jauh dari keluarga. Berbeda dengan kiat Jahriyatun menjaga kesehatan lahir batin ketika mengalami kehamilan tetapi terlanjur menjalani vaksin minginitis. Merasakan dilema antara menjalankan ibadah umroh dan tetap menjaga kesehatan kandungannya. Dokter mengatakan ketika seorang ibu mengandung jangan melakukan vaksin karena akan mengakibatkan bayinya cacat atau meninggal. Bersamaan dengan itu, keberangkatan umroh menuntut calon jamaah umroh melakukan vaksin minginitis. Bisa dibayangkan bagaimana perasaannya? Pengalaman pribadinya bisa dijadikan kiat agar mimpi buruk tidak menjadi kenyataan. Guru yang lainnya melengkapi artikel ini dengan pengalamannya mengajar di mapelnya masing-masing. Seperti pengalaman di mapel bahasa Indonesia disampaikan keunikan proses pembelajaran puisi dalam kondisi pandemi. Dengan waktu terbatas tetapi tuntutan tujuan materi puisi harus tetap tercapai. Yang menarik lagi artikel tentang bagaimana kegiatan robotik bisa menjadi icon madrasah. Perjalanan ekstra robotik mulai titik nol sampai meraih tingkat internasional, perjalannannya patut disimak dalam artikel ini.

Bila melihat dari beberapa kasus yang ada di madrasah, sering kita melihat permasalahan siswa baik itu permasalahan pribadi, permasalahan dengan teman, belajar ataupun karir, Permasalahan pribadi siswa banyak juga berawal dari keluarga, ...

Model Pengelolaan Kinerja Guru

Dalam kurun dekade terakhir, kebutuhan akan pemimpin yang inovatif menjadi kebutuhan mendesak seiring kian meningkatnya kompetensi antar organisasi dalam upaya memajukan lembaganya agar mampu menjadi yang terdepan, termasuk lembaga pendidikan yang secara keorganisasian merupakan sebuah lembaga yang mesti memiliki pondasi model pengelolaan dengan daya inovasi yang kuat, dan sistem pelayanan yang prima. Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah, sebagai lembaga pendidikan pada akhirnya harus mempersiapkan diri menjadi sekolah yang inovatif dan mempuyai nilai jual di tengah masyarakat dalam menghasilkan lulusan yang berkualitas, menjadi sekolah yang unggul akan berarti harus dimulai dengan memiliki kepala sekolah yang inovatif. Tujuannya tidak lain agar kepala seklah mampu mewujudkan visi, misi sekolah dengan strategi-strategi inovatif dari kepala sekolah. Buku ini berangkat dari suatu penelitian mengenai Model Pengelolaan Kinerja Guru yang dilakukan oleh pihak manajemen sekolah menengah atas Muhammadiyah Provinsi Sumatera Selatan. Kepala sekolah sebagai pemimpin berinovatif serta akan menghasilkan sekolah unggul. Akan berarti bahwa membuat model pengelolaan yang dilakukan oleh pihak manajemen sekolah untuk menjadikan sekolah yang unggul, ini artinya keterpaduan antara kepala sekolah sebagai pemimpin, dan sekolah sebagai lembaga yang dipimpin.

Terkait dengan permasalahan-permasalahan yang dapat mengakibatkan kurang optimalnya kinerja guru sangat banyak sekali, baik karena disebabkan oleh faktor internal maupun faktor eksternal. Faktor internal antara lain kompetensi diri ...

Buku Panduan Guru Biologi Terintegrasi Nilai-Nilai Islam Untuk SMA/MA Kelas XI

Buku Panduan Guru Biologi Terintegrasi Nilai-Nilai Islam untuk SMA/MA Kelas XI secara khusus ditulis untuk guru-guru Biologi di madrasah aliyah; meskipun tidak menutup kemungkinan untuk dipergunakan oleh guru Biologi pada sekolah umum jenjang SMA/MA Kelas XI. Tujuan utama ditulisnya buku ini adalah untuk memberikan panduan bagi guru Biologi MA dalam merencanakan kegiatan pembelajaran Biologi yang bernuansa Islam. Hal ini dikarenakan pembelajaran Biologi yang berlangsung di MA selama ini masih bersifat umum, belum mencirikan karakteristik keislamannya. Buku panduan ini terdiri atas dua bagian utama, yaitu petunjuk umum dan petunjuk khusus. Petunjuk umum meliputi gambaran secara keseluruhan isi buku, landasan pengembangan buku, cakupan materi Biologi kelas XI, strategi, proses, serta media pembelajaran secara umum. Pada petunjuk khusus, guru dapat menemukan secara detail terkait komponen-komponen perencanaan penyusunan proses pembelajaran Biologi yang bernuansa Islam. Komponen-komponen tersebut meliputi uraian Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi, Tujuan Pembelajaran, Tahap-Tahap Pembelajaran, serta Evaluasi Pembelajaran. Seluruh komponen tersebut disusun inklusif antara ilmu umum biologi dengan ilmu agama Islam. Buku Panduan Guru Biologi Terintegrasi Nilai-Nilai Islam Untuk SMA/MA Kelas XI ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak.

Pada model PBL, terdapat dua hal yang harus dijadikan pedoman dalam menyajikan masalah, yaitu: (1) permasalahan harus sesuai dengan konsep dan prinsip yang akan dipelajari, dan (2) permasalahan yang disajikan adalah permasalahan riil, ...

Desain Pelatihan untuk Guru Sekolah Bagaimana menjadi Pemimpin Pembelajaran

Buku ini merupakan hasil adaptasi dari modul-modul yang dikembangkan oleh penulis dalam berbagai kegiatan penyusun modul di lembaga nonprofit, USAID dan Tanoto Foundation dalam program DBE3, Prioritas, dan PINTAR. Materi yang ada di dalam buku ini merupakan materi esensial setelah melalui proses pemikiran mendalam berdasarkan situasi di lapangan dan kondisi peserta pelatihan.

Catatan untuk Fasilitator Komponen LK yang dikenalkan adalah ‟Informasi‟/‟Konteks Permasalahan‟ dan ‟Pertanyaan‟/‟Perintah‟ dengan ciri-ciri sbb: 1. Informasi/Konteks Permasalahan, hendaknya „menginspirasi‟ mahasiswa untuk ...

Catatan Anekdot Guru BK

Buku ini memuat hasil penelitian tentang pemanfaatan catatan anekdot oleh guru BK dalam memahami permasalahan siswa. Untuk kepentingan pemberian layanan yang mendekati tepat, guru Bimbingan Konseling bisa memanfaatkan catatan-catatan yang dibuat oleh teman-teman sejawat-sesama guru Bimbingan Konseling, guru bidang studi, dan personil sekolah lainny-mengenai perilaku siswa.

Sikap Guru Bimbingan Konseling Sikap guru BK dalam memahami permasalahan siswa ketika di dalam kelas dapat diketahui dengan mewawancarai siswa-siswa di sekolah tersebut, berikut pemaparan salah seorang siswa kelas VIII P3, ...

Tugas Guru Dalam Pembelajaran

Aspek Yang Memengaruhi

Dunia pendidikan tidak pernah terlepas dengan keberadaan seorang guru. Hal tersebut dikarenakan, seorang guru memiliki pengaruh yang besar dalam menentukan kualitas pendidikan. Tak hanya itu, seorang guru juga memilik andil untuk membentuk karakter peserta didik. Namun, di antaranya banyak tanggung jawab seorang guru, ternyata begitu banyak pula aspek yang memengaruhinya dalam menjalankan tugas. oleh karena itu, perhatian khusus terhadap kondisi guru diharapkan dapat meningktakan mitu pendidikan yang dilaksanakan di sekolah. Buku ini membahas secara teoretis dan kontekstual tentang se4rba-serbi guru, serta aspek-aspek yang memengaruhi tugasnya dalam pembelajaran.

Permasalahan pendidikan begitu menarik untuk dicermati karena pendidikan memiliki nilai fundamental bagi kepentingan individu maupun kemajuan masyarakat. Krisis multidimensional yang kita alami saat ini belum menunjukkan adanya ...