Sebanyak 478 item atau buku ditemukan

TRANSFORMASI BUDAYA PEMBELAJARAN ERA KENORMALAN BARU PASCA COVID-19

Sub Judul : Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan Kelas Virtual Interaktif di SMP Negeri 2 Kairatu Barat Penulis : Yance Z Rumahuru, MA, Dr. Agusthina Siahaya, M.Th, Jenri Ambarita, M.Pd.K, Ajuan Tuhuteru, M.Ikom, Ira Ririhena, M.Pd, Vabio Lekahena, Theopany P.Th, Rampisela, S.Psi., M.Ed, Mersya Rikumahu, Tifanny Ukuran : 15,5 x 23 cm Tebal : 120 Halaman ISBN : 978-623-68722-9-1 Sinopsis Buku Transformasi Budaya Pembelajaran Situasi saat ini telah mempercepat implementasi pendidikan abad-21 sebagai tuntutan era insdustri 4.0. Kehadiran Covid-19 menuntut para pendidik, peserta didik bahkan orang tua harus bisa memanfaatkan teknologi dalam mendukung proses belajar mengajar, karena pembelajaran online dianggap sebagai alternative terbaik dalam pembelajaran jarak jauh. Pembelajaran online akan efektif jika para penggunanya memiliki pengetahuan dan keterampilan yang memadai dalam memanfaatkan berbagai teknologi yang ada. Inilah yang dialami oleh banyak para pendidik yang berada di daerah-daerah yang jarang bahkan tidak pernah menikmati kegiatan workshop. Mereka mengeluh karena punya android, laptop tetapi tidak paham untuk memanfaatkannya dalam mendukung proses pembelajaran terlebih saat situasi covid-19. Jangan tanyakan ini tugas siapa? Jangan tanyakan ini tanggung jawab siapa? Jangan tanyakan ini salah siapa? Yang harus kita lakukan adalah bagaimana solusinya dan bertindaklah. Buku ini hadir sebagai wujud nyata dari setiap kegiatan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan oleh dosen bersama mahasiswa. Buku ini secara spesifik mendeskripsikan proses pelaksanaan kegiatan PKM pada masa Pandemi Covid-19 dan Era Industri 4.0. Mulai dari Analisis, Metode Pelaksanaan, Hasil dan Pembahasan, bahkan sampai output yang dihasilkan. Dengan demikian, buku ini akan menjadi refferensi yang baik bagi para mahasiswa, dosen atau lembaga pendidikan tinggi lainnya dalam pelaksanaan kegiatan PKM.

Sub Judul : Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan Kelas Virtual Interaktif di SMP Negeri 2 Kairatu Barat Penulis : Yance Z Rumahuru, MA, Dr. Agusthina Siahaya, M.Th, Jenri Ambarita, M.Pd.K, Ajuan Tuhuteru, M.Ikom, Ira Ririhena, M.Pd, Vabio ...

DASAR-DASAR PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

P endidikan Anak Usia Dini (PAUD) saat ini sedang berkembang dengan baik di Indonesia, mulai dari minat dan partisipasi masyarakat terhadap PAUD, perhatian pemerintah terkait kebijakan untuk PAUD, bertumbuhnya lembaga-lembaga PAUD, hingga bertumbuhnya program studi PAUD di tingkat Perguruan Tinggi baik Negeri maupun Swasta agar dapat melahirkan caloncalon pendidik PAUD yang berkualitas. Dari pertumbuhan ruang lingkup PAUD ini sehingga dibutuhkan Bahan Ajar yang membahas tentang Dasar-dasar PAUD agar calon-calon pendidik PAUD dapat mengetahui hal-hal yang berkaitan dengan PAUD. Secara garis besar, buku ini membahas tentang hakikat anak usia dini, sejarah, teori, dan tokoh-tokoh pendidikan anak usia dini, pengantar perkembangan anak usia dini, teori-teori perkembangan anak usia dini, belajar dan pembelajaran anak usia dini, pendidikan inklusi untuk anak usia dini, bermain dan permainan anak usia dini, perkembangan kreativitas anak usia dini, perkembangan sosial emosional anak usia dini, dan evaluasi perkembangan anak usia dini. Semoga buku yang sederhana ini dapat memberi gambaran besar tentang pendidikan anak usia dini, mulai dari hakikat anak, sejarah PAUD, perkembangan anak, dan pembelajaran anak usia dini. Sehingga calon pendidik anak usia dini dapat memahami konsep dasar PAUD secara holistik. Selain itu, kehadiran buku ini diharapkan dapat memberikan kontribusi yang bermakna bagi pengembangan wawasan para pembaca yang mempunyai kepedulian terhadap pendidikan anak usia dini.

Pemikiran Martin Luther sangat berpengaruh terhadap pendidikan anak usia dini akan pentingnya pendirian lembaga pendidikan anak usia dini sebagai tempat untuk anak belajar literasi, numerasi, musik, olah raga, moral dan agama.

Komputer: Merakit, Menginstal dan Menggunakan Microsoft Office Word

Ide untuk menciptakan alat hitung yang bisa membantu pekerjaan manusia telah muncul sejak ratusan tahun yang lalu. Namun, orang yang paling besar jasanya dalam mempercepat perkembangan komputer adalah Charles Babbage, seorang matematikawan Inggris yang pada tahun 1820-an memiliki ide untuk menciptakan sebuah komputer mekanis. Melalui sebuah proses panjang, pengorbanan materi yang tidak sedikit jumlahnya, kesabaran dan ketekunan, pada tahun 1821 Babbage akhirnya berhasil mewujudkan konsep komputer mekanis pertama yang diberi nama “Difference Engine”. Difference Engine merupakan komputer mekanik pertama di dunia yang memiliki fungsi untuk membuat tabulasi polinomial. Polinomial sendiri merupakan pernyataan matematika yang melibatkan penjumlahan, perkalian, pangkat dalam satu atau lebih variabel dengan koefisien. Rumitnya perhitungan dalam Polinomial menjadi dasar motivasi Babbage untuk menciptakan Difference Engine. Seiring berjalanya waktu dan tuntutan kebutuhan manusia yang tiap saat berkembang, turut mendorong modivikasi kecanggihan komputer itu sendiri. Komputer mulai berkembang dari generasi pertama hingga saat ini masuk pada generasi keempat dengan bentuk lebih menarik, speed tinggi, efektif dan kaya fasilitas. Perkembangan tersebut turut melahirkan ragam definisi bagi komputer. Mulai dari definisi yang sederhana sebagaimana wujud komputer sejak ditemukannya hingga definisi yang memadai sesuai kenyataan komputer saat ini. Definisi sederhana seperti dikemukakan oleh Gordon B. Davis, “Komputer merupakan tipe khusus alat penghitung yang mempunyai sifat tertentu yang pasti”. Definisi ini menjelaskan bahwa komputer hanya sekadar alat yang dipergunakan untuk menghitung. Definisi lain yang menunjukkan perkembangan dan kemajuan sistem komputer seperti dikemukakan oleh Williams Sawyer, “Komputer adalah mesin multiguna yang dapat diprogram, yang menerima data (fakta-fakta dan gambar-gambar kasar) dan memproses atau memanipulasinya ke dalam informasi yang dapat kita gunakan”. Karena definisi mengikuti karakteristik, fungsi dan atribut-atribut yang melekat pada suatu objek, maka definisi mengenai komputer pun akan terus berkembang seiring perkembangan komputer itu sendiri.

Buku Komputer: Merakit, Menginstal dan Menggunakan Microsoft Office Word ini diterbitkan oleh penerbit deepublish dan tersedia juga versi cetaknya.

Ekonometrika Deret Waktu: Teori dan Aplikasi

Cara penyajian seperti ini membuat buku ini lebih mudah dipahami dan bermanfaat bagi mahasiswa S-1 dan S-2, serta praktisi yang menggunakan data time series maupun panel di dalam penelitiannya. Prof. Hermanto Siregar, Ph.D Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Manajemen, Institut Pertanian Bogor

Cara penyajian seperti ini membuat buku ini lebih mudah dipahami dan bermanfaat bagi mahasiswa S-1 dan S-2, serta praktisi yang menggunakan data time series maupun panel di dalam penelitiannya.

Perspektif baru penulisan sejarah Indonesia

Historiography of Indonesia.

Pada tanggal 16 dan 17 Juni , media massa dipenuhi berita peristiwa ini dan peranan polisi dalam menjinakkan buruh - buruh itu . Aktivis LSM Wardah Hafidz menduduki tempat teratas dalam berita - berita mengenai penahanan itu .

KAJIAN TEORI FILSAFAT ILMU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD)

Buku Kajian Teori Filsafat Pendidikan Anak Usia Dini membahas falsafah ilmu serta kajian­kajian yang terkait. Pada beberapa pem­bahasan dikembangkan dengan implementasi pendidikan anak usia dini dalam perspektif Islam. Penulis berharap buku ini dapat bermanfaat bagi para penulis­nya sebagai motivasi untuk mengembangkan kreativitas dan kualitas tulisan berikutnya. Selanjutnya, bagi khalayak pencinta pendidikan khususnya di bidang filsafat ilmu, semoga buku ini memberikan wa­wasan dan pandangan baru dalam memahami filsafat ilmu.

Pengertian dan Karakteristik Anak Usia Dini . ... 95 95 96 97 98 98 99 99 101 102 103 106 108 108 110 116 BAGIAN VIII PENDIDIKAN ANAK USIA DINI: PERSPEKTIF ISLAM . ... Anak Usia Dini dalam Islam ........... Pendidikan Akhlak pada Anak .