Sebanyak 2446 item atau buku ditemukan

Pendidikan Karakter Khas Pesantren

Terjemah Adabul 'Alim wal Muta'allim

Cetakan baru dari terjemah kitab Adabul 'Alim wal Muta'allim karya KH. Muhammad Hasyim Asy'ari yang membahas tentang etika, akhlak, etika atau sopan santun kaum santri di Pondok Pesantren, namun relevan untuk diterapkan di berbagai lembaga pendidikan Islam lainnya.

Cetakan baru dari terjemah kitab Adabul 'Alim wal Muta'allim karya KH. Muhammad Hasyim Asy'ari yang membahas tentang etika, akhlak, etika atau sopan santun kaum santri di Pondok Pesantren, namun relevan untuk diterapkan di berbagai lembaga ...

Konservasi Sumber Daya Manusia dalam Ekosistem Pendidikan Islam

Upaya pengembangan dan peningkatan kualitas sumber daya manusia dapat dilakukan melalui berbagai jalur, diantaranya melalui pendidikan. Pendidikan ini merupakan jalur pen-ingkatan kualitas sumber daya manusia yang lebih menekankan pada pembentukan kualitas dasar, misalnya keimanan dan ketakwaan, kepribadian, kecerdasan, kedisiplinan, kreativitas dan sebagainya. Dalam pengembangan SDM, pendidikan memiliki nilai strategis dan mempunyai peran penting sebagai suatu investasi di masa depan. Karena secara teoretis, pendidikan adalah dasar dari pertumbuhan ekonomi, dasar dari perkembangan sains dan teknologi, mengurangi kemiskinan dan ketimpangan dalam pendapatan, dan peningkatan kualitas peradaban manusia pada umumnya. Nilai strategis pendidikan yang makro ini, menyim-pulkan bahwa pendidikan menyimpan kekuatan luar biasa un-tuk menciptakan keseluruhan aspek lingkungan hidup dan da-pat memberikan informasi paling berharga mengenai pegangan hidup di masa depan serta membantu anak didik mempersiap-kan kebutuhan hidup yang esensial untuk menghadapi peru-bahan. Ditinjau dari sisi sejarah, para ilmuan muslim adalah orang-orang yang memiliki komitmen terhadap Islam yang tinggi, karena dalam perjalanan keilmuannya, sisi keduniaan dan keagamaan tetap berjalan seiring dan institusi pendidikan tidak memisahkan kedua sisi tersebut. Tokoh-tokoh dan para ilmuan tersebut memiliki dedikasi yang tinggi terhadap keilmuannya di samping fungsinya sebagai ulama dan mereka tidak menjadikan pendidikan keagamaan sebagai ajang mencari nafkah. Pendidikan keagamaan pada awalnya dianggap sebagai kebutuhan mutlak disamping harus mempelajari bidang keduniaan untuk bekal hidup. Hal ini memang merupakan tujuan pendidikan Islam dalam rangka meningkatkan mutu Sumber Daya Manusia. Buku Konservasi Sumber Daya Manusia dalam Ekosistem Pendidikan Islam ini terdiri dari delapan Bab, yang mengungkap secara mendalam mengenai upaya-upaya me-ngembangkan Sumber Daya Manusia dalam perspektif Pendi-dikan Islam dengan segala dimensinya. Bab I Pendidikan Islam dalam Dinamika Modernisasi dan Globalisasi, Bab II Pendidikan Islam dan Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia Indonesia, Bab III Manusia Sebagai Dimensi Pendidikan Islam dalam Perspektif Al-Quran, Bab IV Implementasi Nilai-nilai Iman dan Taqwa dalam Pendidikan Islam, Bab V Implementasi Nilai-nilai Akidah (Tauhid) dalam Perspektif Pendidikan Is-lam, Bab VI Dimensi Akhlak dalam Paradigma Pendidikan Islam, Bab VII Nilai-nilai Ibadah Salat 5 (Lima) Waktu Ditinjau dari Pendidikan Islam, dan Bab VIII Membangun SDM Per-caya Diri dalam Paradigma Pendidikan Islam.

Buku Konservasi Sumber Daya Manusia dalam Ekosistem Pendidikan Islam ini terdiri dari delapan Bab, yang mengungkap secara mendalam mengenai upaya-upaya me-ngembangkan Sumber Daya Manusia dalam perspektif Pendi-dikan Islam dengan segala ...

Pendidikan Agama Islam

Sesuai Surat Edaran Kemenristek Dikti Nomor 435/B/SE/2016

Buku ini membahas 8 materi pokok Pendidikan Agama Islam sebagaimana yang direkomendasikan dalam Surat Edaran Kemenristek Dikti Nomor 435/B/SE/2016. Didesain layaknya modul perkuliahan yang dapat dimanfaatkan mahasiswa, untuk perkuliahan daring maupun luring.

Buku ini membahas 8 materi pokok Pendidikan Agama Islam sebagaimana yang direkomendasikan dalam Surat Edaran Kemenristek Dikti Nomor 435/B/SE/2016.

Prinsip dan Tahapan Pendidikan Islam

Penelitian dan karya prinsip dan tahapan pendidikan islam ini diilhami dengan adanya pengamatan dan pengkajian penulis tentang konsep pendidikan Islam yang berkembang. Konsep yang berkembang nampaknya belum sepenuhnya terambil dari al-Qur’an dan hadits. Yang berkembang di buku-buku pendidikan Islam cenderung konsep yang matang dan banyak peneliti yang tidak mengembangkannya lagi. Maka karya ini adalah upaya untuk mengembangkan konsep pendidikan Islam yang penulis uraikan dari penafsiran sebagian ayat-ayat al-Qur’an dan dikomparasikan dengan pengetahuan Hadits. Maka dalam hal ini penulis memakai tafsir maudhu’I yaitu mengkaji ayat-ayat yang berhubungan dengan prinsip dan tahapan pendidikan Islam, terutama ayat yang menunjukkan tahapan pendidikan anak dan bagaimana mendidik anak dalam al-Qur’an melalui penafsiran kisah-kisah yang tersurat dalam al-Qur’an.

Penelitian dan karya prinsip dan tahapan pendidikan islam ini diilhami dengan adanya pengamatan dan pengkajian penulis tentang konsep pendidikan Islam yang berkembang.

Pendidikan Remaja antara Islam & Ilmu Jiwa

Perhatian pendidikan Islam terhadap emosi diarahkan kepada respons terhadap
peristiwa - peristiwa yang membangkitkan emosi . Pendidikan Islam tidak
bertujuan membebaskan individu dari emosi , karena emosi memang
mempunyai ...

Filsafat Pendidikan Islam

Analisis Pemikiran Filosofis Kurikulum 2013

Buku ini merupakan hasil penelitian penulis secara mendalam (meradikal) terhadap pemikiran filosofis Kurikulum 2013 dengan pisau analisis Filsafat Pendidikan Islam yaitu membedah aliran pemikiran filsafat yang terkandung dalam Kurikulum 2013. Dengan demikian akan nampak dengan jelas arah dan tujuan Kurikulum 2013, sehingga dapat diverifikasi kevalidan Kurikulum 2013 apakah kurikulum tersebut berorientasi kepada masa depan, kemanusiaan, dan pengembangan keperibadian, akhlak, watak, wawasan dan intelektualitas, serta sekaligus membangun dan mengembangkan kebudayaan bangsa dan peradabannya. Serta sejauh mana implikasinya terhadap pendidikan Islam dengan menjadikan Filsafat Pendidikan Islam sebagai verifikator filosofis Kurikulum 2013, karena sebagian tokoh Islam dengan berani dan tegas bahwa Kurikulum 2013 adalah cerminan Kurikulum Pendidikan Islam. Tentunya penulis pun berharap demikian, sehingga paradigma pendidikan Islam pun menjadi pijakan terbangunnya kurikulum nasional di Indonesia dan sebagai dasar pengembangan Ilmu Pendidikan Islam.

Buku ini merupakan hasil penelitian penulis secara mendalam (meradikal) terhadap pemikiran filosofis Kurikulum 2013 dengan pisau analisis Filsafat Pendidikan Islam yaitu membedah aliran pemikiran filsafat yang terkandung dalam Kurikulum ...