Sebanyak 1565 item atau buku ditemukan

Jokowi mewujudkan mimpi Indonesia

memahami pembangunan berbasis karakter dan nilai-nilai kemanusiaan

Account of Joko Widodo, the 7th President of Indonesia on his achievement for development of Indonesia based on character and human values.

Biography of Joko Widodo, the seventh of President of the Republic of Indonesia and his economic development achievement.

Positive Parenting

Cara-Cara Islami Mengembangkan Karakter Positif pada Anak Anda

Masa kanak-kanak merupakan bagian terpenting dari seluruh proses pertumbuhan manusia, karena pada masa itulah karakter dasar seseorang dibentuk, baik yang bersumber dari fungsi otak (IQ), emosional (EQ), maupun spiritual (SQ). Berkualitas atau tidaknya seseorang pada masa dewasa sangat dipengaruhi oleh proses pengasuhan dan pendidikan yang diterima pada masa kanak-kanaknya, bahkan sejak dalam kandungan. Buku ini membahas pentingnya mendidik anak dengan penuh cinta dan kasih sayang, karena hal itu akan memberikan pengaruh positif dalam perkembangan karakternya. Islam pun sangat menekankan kepada para orangtua untuk memenuhi hak-hak anak, seperti pendidikan, perlakuan lembut, serta perawatan dan pemeliharaannya. Membaca buku ini, selain mendapatkan wawasan lengkap seputar pendidikan anak dan cita-cita membangun keluarga sakinah, Anda juga diajak untuk menjadi Ayah-Ibu yang baik bagi anak-anak: memberi dan bukan menuntut, mengasihi dan bukan menyakiti. Sangat menginspirasi! [Mizan, Mizania, Psikologi, Islam, Indonesia]

Masa kanak-kanak merupakan bagian terpenting dari seluruh proses pertumbuhan manusia, karena pada masa itulah karakter dasar seseorang dibentuk, baik yang bersumber dari fungsi otak (IQ), emosional (EQ), maupun spiritual (SQ).

Prosiding seminar nasional

penguatan budaya dan religiusitas jalan pintas membangun karakter bangsa, Mataram, 03-04 Desember 2015

On development of national characteristics in Indonesia through religion and culture; papers of a seminar.

Jujur Pangkal Kaya

Sekumpulan Kisah Remaja untuk Pendidikan Anti-Korupsi

Pengalaman di masa kecil sangat menentukan perilaku dan corak kepribadian seseorang di masa dewasa. Seseorang yang di masa kecilnya kurang didikan budi pekerti, nilai-nilai agama, dan pembinaan karakter terpuji dan berintegritas, mungkin saja di usia dewasanya akan mudah tergoda berbuat jahat, termasuk melakukan korupsi. Padahal korupsi adalah sebuah kejahatan, bahkan kejahatan luar biasa. Buku ini memuat sejumlah cerita pendek tentang para siswa yang berkarakter mulia. Setiap cerita bertutur tentang siswa yang memiliki karakter terpuji. Ada Erna yang hidup sederhana, lebih suka bersepeda ke sekolah, padahal orangtuanya kaya. Ada yang suka bekerja keras, pantang menyerah meraih harapan, meskipun harus menghadapi tantangan. Ada juga yang bertanggungjawab, mandiri, adil, peduli, dan lain-lain. Semua karakter dalam sejumlah cerita dalam buku ini bermuara pada satu karakter penting: integritas. Cerita-cerita yang sering ditemukan dalam kehidupan sehari-hari ini mudah diserap dan diresapi nilai-nilainya. Maka, membacanya diharapkan dapat mempengaruhi perilaku remaja di masa dewasa kelak. Semoga.

Pengalaman di masa kecil sangat menentukan perilaku dan corak kepribadian seseorang di masa dewasa.

TASAWUF DAN PENDIDIKAN KARAKTER

(Implementasi Nilai-Nilai Sufistik Kitab Tanwĩrul Qulûb di MA Matholi’ul Huda Bugel Jepara)

Buku ini berupaya membahas pemikiran Syaikh Muhammad Amin Al-Kurdi dalam kitab Tanwĩrul Qulûb. Kitab tersebut berisi tentang ajaran sufisme yang dipengaruhi oleh para guru mursyid tariqah. Ajarannya menekankan pada pentingnya pembersihan hati (tashfiyatul qalb) dan perilaku terpuji (al-akhlaq al-mahmudah). Pendidikan sufistik yang berupaya membentuk perilaku terpuji ini sejalan dengan konsep pendidikan karakter yang sedang digalakkan oleh Pemerintah Indonesia. Syaikh Muhammad Amin Al-Kurdi lahir pada abad ke-13 di Irbil, Irak. Ia sebagai seorang ulama besar, pemuka dalam Thariqat Al-Qadiriyah, sebuah thariqat yang dirintis Syaikh Abdul Qadir Al-Jaelani. Ia juga diangkat sebagai Syaikh Besar pada Thariqat Al-Khalidiyah dan Naqsyabandiyah di Mesir. Kemasyhurannya menyinari seluruh Mesir sebagai ulama ahli fiqih madzhab Syafi’i dan Syaikh Besar Thariqat Naqsyabandi. Di samping sebagai ulama, ia juga sebegai cendekiawan muslim banyak menghasilkan karya, di antaranya adalah Kitab Tanwĩrul Qulûb. Kitab tersebut mengajarkan tentang sufisme dan akhlak. Paling tidak, ada sekitar 34 nilai-nilai sufistik dalam Kitab Tanwĩrul Qulûb yang diimplementasikan dalam proses belajar mengajar di MA Matholi’ul Huda Bugel Jepara. Nilai-nilai sufistik tersebut selaras dengan pendidikan karakter yang digalakkan oleh Pemerintah melalui Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2017.

Prakata Kata Pengantar Pengantar Editor Daftar Isi Bab I. Pendahuluan Pendidikan Karakter Menurut Para Pakar Alur Pemikiran Buku ini Teori yang Digunakan [v] [vi] [ix] [xi] [1] [2] [3] [6] [7] [7] [9] [11] [12] Bab II.

Character Education

A Neo-Aristotelian Approach to the Philosophy, Psychology and Education of Virtue

Many teachers want to contribute to children's moral development, but this desire has not always resulted in a profound grasp of what 'moral education' really means, why it would be desirable and how it can best be achieved. This book confronts these questions by examining what Aristotelian virtue ethics can illuminate about moral education. At the same time, it evaluates whether Aristotelian theory can still be useful for contemporary educational practice. The argument culminates in a morally justified and psychologically realistic account of how virtue can best be taught in schools. The approach, called 'character education', sees moral education not as enforcing rules or transferring values in separate subjects. Instead, it encourages teachers to be a 'morally exemplary teacher', which is revealed through all kinds of small decisions and emotional reactions. This philosophical essay takes a constructive but critical stance towards empirical research about the effectiveness of teaching methods and the realism of character traits.

The relationship of narrative, virtue education, and an ethic of care in teaching practice. in Education 16(2). Retrieved from http://ineducation.ca/article/relationship-narrative-virtue-education-andethic-care-teaching-practice on ...

Character Education for 21st Century Global Citizens

Proceedings of the 2nd International Conference on Teacher Education and Professional Development (INCOTEPD 2017), October 21-22, 2017, Yogyakarta, Indonesia

Character Education for 21st Century Global Citizens contains the papers presented at the 2nd International Conference on Teacher Education and Professional Development (InCoTEPD 2017), Yogyakarta, Indonesia, 20—21 October 2017. The book covers 7 topics: 1) Values for 21st century global citizens 2) Preparing teachers for integrative values education 3) Teacher professional development for enhanced character education 4) Curriculum/syllabus/lesson plan/learning materials development for integrated values education 5) Developing learning activities/tasks/strategies for character education 6) Assessing student’s character development (values acquisition assessment) 7) Creating/managing conducive school culture to character education.

Proceedings of the 2nd International Conference on Teacher Education and Professional Development (INCOTEPD 2017), October 21-22, 2017, Yogyakarta, Indonesia Endah Retnowati, Anik Ghufron, Marzuki, Kasiyan, Adi Cilik Pierawan, Ashadi ...