Sebanyak 1488 item atau buku ditemukan

PENELITIAN TINDAKAN KELAS (Melejitkan Kemampuan Peneliti untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Guru)

Salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh guru dan calon guru adalah mampu melakukan penelitian. Hal ini karena pekerjaan guru adalah sebuah profesi yang menuntut peningkatan pengetahuan dan keterampilan terus menerus sejalan dengan perkembangan pendidikan di lapangan. Setiap bidang pekerjaan selalu dihadapkan pada permasalahan yang selalu berkembang, baik berupa fenomena yang mengundang tanda tanya, maupun kesenjangan antara yang diharapkan dengan kenyataan. Permasalahan tersebut menuntut jawaban dan solusi yang dapat dipertanggung jawabkan.

Salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh guru dan calon guru adalah mampu melakukan penelitian.

Buku Panduan Guru Biologi Terintegrasi Nilai-Nilai Islam Untuk SMA/MA Kelas X

Buku Panduan Guru Biologi Terintegrasi Nilai-Nilai Islam untuk SMA/MA Kelas X secara khusus ditulis untuk guru-guru Biologi di madrasah aliyah; meskipun tidak menutup kemungkinan untuk dipergunakan oleh guru Biologi pada sekolah umum jenjang SMA/MA Kelas X. Tujuan utama ditulisnya buku ini adalah untuk memberikan panduan bagi guru Biologi MA dalam merencanakan kegiatan pembelajaran Biologi yang bernuansa Islam. Hal ini dikarenakan pembelajaran Biologi yang berlangsung di MA selama ini masih bersifat umum, belum mencirikan karakteristik keislamannya. Buku panduan ini terdiri atas dua bagian utama, yaitu petunjuk umum dan petunjuk khusus. Petunjuk umum meliputi gambaran secara keseluruhan isi buku, landasan pengembangan buku, cakupan materi Biologi kelas X, strategi, proses, serta media pembelajaran secara umum. Pada petunjuk khusus, guru dapat menemukan secara detail terkait komponen-komponen perencanaan penyusunan proses pembelajaran Biologi yang bernuansa Islam. Komponen-komponen tersebut meliputi uraian Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi, Tujuan Pembelajaran, Tahap-Tahap Pembelajaran, serta Evaluasi Pembelajaran. Seluruh komponen tersebut disusun inklusif antara ilmu umum biologi dengan ilmu agama Islam. Buku Panduan Guru Biologi Terintegrasi Nilai-Nilai Islam Untuk SMA/MA Kelas X ini diterbitkan oleh Penerbit Deepublish dan tersedia juga dalam versi cetak.

Menjelaskan keterkaitan antara ayat Al-Qur'an QS Al Mujadalah: 11, QS Ali Imran: 18, QS Thaaha: 114, QS Az Zumar: 9 dan Hadis Nabi yang menganjurkan manusia untuk menuntut ilmu dengan peran manusia dalam menyelesaikan permasalahan yang ...

Kumpulan Artikel Pendidikan Guru Figur Sentral dalam Pendidikan

Kumpulan Artikel Pendidikan Guru Figur Sentral dalam Pendidikan PENULIS: Agus Nurjaman, S. Pd. ISBN: 978-602-443-591-2 Penerbit : Guepedia Publisher Ukuran : 14 x 21 cm Tebal : 304 halaman Sinopsis: Buku ini ditulis oleh seorang guru biasa, berbagai isu aktual seputar pendidikan tersaji dalam buku ini berupa artikel-artikel yang sederhana namun sangat padat dengan informasi yang menjadi sorotan masyarakat. Pendidikan sebagai kebutuhan para generasi mendatang terkadang dibarengi dengan berbagai intrik permasalahan sehingga menarik untuk dibicarakan. Melalui buku ini penulis sebenarnya bukan memberitahukan kemampuan menulisnya tetapi lebih kepada memberi informasi yang sedang hangat dibicarakan. Sharing berbagai kasus dalam dunia pendidikan kepada para pembaca yang budiman. Kasus yang berkembang bisa memberi informasi, mengingatkan, menginspirasi atau hanya sekedar berbagi saja. Guru sebagai fibur dilingkungan pendidikan menjadi topik dalam tulisan ini. Mengingat dalam kehidupannya guru dan permasalahannya terkadang menarik untuk dibicarakan dan seakan tidak ada habisnya. Kiprahnya menghadapi mahluk hidup sebagai objek kerja sangat menarik untuk diungkap menjadi sebuah kisah yang dikemas dalam bentuk artikel sehingga para pembaca akan dengan mudah dan cepat menagkap makna dari setiap artikel yang tersaji itu. Tulisan dengan bahasa dan alur yang sederhana menjadikan buku ini sebagai sumber bacaan yang ringan meski memiliki ketebalan yang cukup sekalipun, tetap bacaan ini memiliki sajian yang sangat ringan dan santai. Mungkin saja slah satu dari artikel yang tersaji disini pernah anada alamai atau bis amemberikan sebuah inspirasi dalam kegiatan mengajar anda sehingga proses pembelajaran yang anda lakukan akan mendapatkan hasil yang lebih baik, Bahkan mungkin saja artikel yang ada dalam buku ini mengingat kita semua bahwa tidak ada masalah yang tidak dapat diselesaikan dengan sebuah usaha yang maksimal, Kecuali kita tidak berbuat apa-apa. Mimiliki buku ini untuk menambah koleksi bacaan anda di rumah. Simak setiap intisari dari rentetan artikel yang tersaji didalamnya. Email : guepedia@gmail•com WA di 081287602508 Happy shopping & reading Enjoy your day, guys

Kumpulan Artikel Pendidikan Guru Figur Sentral dalam Pendidikan PENULIS: Agus Nurjaman, S. Pd. ISBN: 978-602-443-591-2 Penerbit : Guepedia Publisher Ukuran : 14 x 21 cm Tebal : 304 halaman Sinopsis: Buku ini ditulis oleh seorang guru biasa, ...

PTK Dan Manfaatnya Bagi Guru

Buku yang berjudul PTK dan Manfaatnya Bagi Guru disusun untuk memberikan pengetahuan tentang konsep penelitian tindakan kelas, sistematika penulisan, trik melakukan PTK, manfaatnya bagi guru dalam hal meningkatkan profesionalitas, dan tujuan PTK untuk meningkatkan kualitas proses dan produk pembelajaran. Permasalahan yang kerap terjadi di lapangan diantaranya: mahasiswa (bukan guru) melakukan PTK di kelas orang lain, terdapat guru yang mungkin belum pernah melakukan PTK di kelasnya sendiri, atau bahkan guru yang ingin melakukan PTK namun terhambat karena minimnya wawasan mengenai PTK secara teoritis dan praktik. Sementara PTK merupakan salah satu strategi untuk meningkatkan profesionalisme guru, bahkan hal tersebut telah menjadi program pemerintah dan instansi pendidikan sedari lama. Dengan demikian, buku ini ditulis untuk menjembatani permasalahan yang terjadi dan harapan yang ingin dicapai mengenai pelaksanaan PTK dan profesionalisme guru. Materi yang disajikan pada buku ini terdiri dari 8 bab, yaitu: (1) Konsep Penelitian Tindakan Kelas; (2) PTK dan Profesionalisme Guru; (3) Kedudukan PTK dalam Penelitian Lain; (4) Sistematika PTK; (5) Pendahuluan di dalam PTK; (6) Landasan Teori di dalam PTK; (7) Desain dan Model Penelitian Tindakan Kelas; dan (7) Pengumpulan dan Analisis Data Pada PTK. Materi-materi tersebut diharapkan dapat memberikan kontribusi teoritis maupun praksis bagi para pembaca, baik pembaca yang berprofesi guru maupun bukan guru.

Buku yang berjudul PTK dan Manfaatnya Bagi Guru disusun untuk memberikan pengetahuan tentang konsep penelitian tindakan kelas, sistematika penulisan, trik melakukan PTK, manfaatnya bagi guru dalam hal meningkatkan profesionalitas, dan ...

GURU ABAD 21 “Perilaku dan Pesona Pribadi”

Dalam konteks kekinian, guru menjadi fokus utama dari kritik-kritik atas ketidakberesan sistem pendidikan, namun pada sisi lain guru juga menjadi sosok yang paling diharapkan dapat mereformasi tataran pendidikan. Guru menjadi mata rantai terpenting yang menghubungkan antara pengajaran dengan harapan akan masa depan pendidikan/sekolah yang lebih baik. Pesatnya persaingan pendidikan di tataran global, semua pihak perlu menyamakan sikap untuk mengedepankan peningkatan mutu pendidikan.“Today’s students are tomorrow’s Leaders”. Siapkah Anda menjadi guru yang mampu menghasilkan pemimpin-pemimpin masa depan? Tuntutan profesionalisme guru tentu harus terkait dan dibangun melelui penguasaan kompetensi-kompetensi yang secara nyata dalam menjalankan dan menyelesaikan tugas-tugas dan pekerjaannya sebagai guru. Kompetensi-kompetensi penting jabatan guru tersebut salah satunya adalah kompotensi profesional, yaitu kompetensi pada bidang substansi atau bidang studi (kurikulum), kompetensi bidang pembelajaran (menguasai materi pelajaran), teknik dan metode pembelajaran, sistem penilaian, pendidikan nilai dan bimbingan. Dengan demikian, diperlukan langkah-langkah dalam upaya untuk mengembangkan kepribadian dan meningkatkan kompetensi serta profesionalisme guru. Guru abad 21 harus menguasai banyak pengetahuan (akademik, pedagogik, sosial dan budaya), mampu berpikir kritis, tanggap terhadap setiap perubahan, dan mampu menyelesaikan masalah. Guru tidak boleh hanya datang ke sekolah melulu untuk mengajar saja. Kemampuan untuk mengelola kelas saja tidak cukup lagi. Guru diharapkan bisa menjadi pemimpin dan agen perubahan, yang mampu mempersiapkan anak didik untuk siap menghadapi tantangan global di luar sekolah.

Dalam konteks kekinian, guru menjadi fokus utama dari kritik-kritik atas ketidakberesan sistem pendidikan, namun pada sisi lain guru juga menjadi sosok yang paling diharapkan dapat mereformasi tataran pendidikan.

PEDOMAN PENGAWAS Koperasi Simpan Pinjam Dan Pembiayaan Syariah NURI JATIM

Ekonomi berbasis syariah yang karakteristiknya sangat kental dengan khazanah keislaman, merupakan alternatif yang sangat tepat untuk dikembangkan di tengah aliran konsep perekonomian yang sangat beragam. Lembaga keuangan syari’ah yang berkembang dengan pesat saat ini, memerlukan sistem yang dapat mendukung perkembangan dan keberlangsungannya, khususnya dalam hal pengawasan lembaga. Sistem pengawasan yang sudah berjalan perlu dituangkan dalam sebuah pedoman yang memungkinkan siapapun yang mengelola lembaga keuangan syariah tersebut dapat menjalankannya dengan baik. Sementara itu, penyusunan sistem pengawasan yang dimaksud di atas, adalah sistem pengawasan di luar urusan (fatwa) kesyariahan. Sebab, pengawasan dalam kesyariahan koperasi telah menjadi domain Dewan Pengawas Syari’ah (DPS). Sementara itu, sistem pengawasan yang dijalankan oleh pengawas di Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah Nuri Jawa Timur lebih dititikberatkan pada pengawasan bidang kedisiplinan, administrasi, pencatatan keuangan, pengelolaan, serta kebijakan yang dilakukan oleh pengurus. Kami berharap buku pedoman pengawas ini dapat memudahkan pengawas KSPPS Nuri Jatim dalam memahami dan menerapkan sistem pengawasan yang sudah berjalan, serta dapat memberikan manfaat bagi kepentingan koperasi secara khusus dan masyarakat secara umum.

Ekonomi berbasis syariah yang karakteristiknya sangat kental dengan khazanah keislaman, merupakan alternatif yang sangat tepat untuk dikembangkan di tengah aliran konsep perekonomian yang sangat beragam.

Total Quality Management

Salah satu tugas seorang pimpimnan adalah menjaga kestabilan perusahaan dan menjaga nama baik perusahaan serta mewujudkan suatu perusahaan yang berkualitas dan unggul dalam bersaing. Dalam ilmu Total Quality Management memberikan gambaran tentang menjaga kualitas dari produk maupun perusahaan agar menjadi top brand dan menjelaskan metode yang digunakan dalam penerapan pengendalian mutu dalam perusahaan. Penjelasan dalam buku ini berupaya secara maksimal untuk memberikan prospek perusahaan agar lebih maju dan berkembang. Adapun topik yang akan dibahas dalam buku ini antara lain : Bab 1. Definisi dan Sejarah Kualitas Bab 2. Pengertian, Falsafah dan Metode TQM Bab 3. Fokus Kepuasan Konsumen/Pelanggan Bab 4. Manajemen Proses dan Perbaikan Proses Bab 5. Data dan Variabilitas Bab 6. Alat dan Tehnik Pengukuran Performansi Kualitas Bab 7. Six Sigma Bab 8. Biaya Kualitas Bab 9. Pelibatan dan Pemberdayaan Karyawan (PPK) Dalam Kualitas Bab 10. Kepemimpinan dan Kerja sama tim Bab 11. Budaya Kualitas dan Rekayasa Ulang Proses Bisnis.

Dalam ilmu Total Quality Management memberikan gambaran tentang menjaga kualitas dari produk maupun perusahaan agar menjadi top brand dan menjelaskan metode yang digunakan dalam penerapan pengendalian mutu dalam perusahaan.

Guru Literat, Why Not! (Kumpulan Opini yang Menginspirasi dan Memotivasi Terwujudnya Sekolah Juara Literasi)

Judul: Guru Literat, Why Not! (Kumpulan Opini yang Menginspirasi dan Memotivasi Terwujudnya Sekolah Juara Literasi) Penulis : Dr. Rasto, M. Pd. Ukuran :14,5 x 21 CM Tebal : 164 Halaman No ISBN : 978-623-5314-94-5 Tahun Terbit : Juli 2022 Sinopsis "Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu Yang menciptakan. Dia Telah menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah, dan Tuhanmulah Yang Maha Mulia. Yang mengajarkan (manusia) dengan pena. Dia mengajarkan kepada manusia apa yang tidak diketahuinya” (Qs. Al-‘Alaq Ayat 1-5) Gerakan Literasi Sekolah dikembangkan berdasarkan Permendikbud nomor 23 tahun 2015 tentang penumbuhan budi pekerti mengganti/mencabut Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 21 Tahun 2015 tentang Gerakan Pembudayaan Karakter di Sekolah. Latar belakang penetapan Permendikbud nomor 23 tahun 2015 tentang penumbuhan budi pekerti adalah setiap sekolah seharusnya menjadi tempat yang nyaman dan inspiratif bagi siswa, guru, dan/atau tenaga kependidikan, pembiasaan sikap dan perilaku positif di sekolah adalah cerminan dari nilai-nilai Pancasila dan seharusnya menjadi bagian proses belajar dan budaya setiap sekolah dan pendidikan karakter seharusnya menjadi gerakan bersama yangmelibatkan pemerintah, pemerintah daerah, masyarakat, dan/atau orangtua. Buku ini berisi tentang kumpulan opini penulis, yang dipublikasikan secara online di portal beritadisdik.com. Buku non fiksi ini juga bisa dijadikan salah satu buku referensi menginspirasi dan memotivasi tentang pentingnya budaya literasi yang digerakan oleh seluruh stakeholder, dalam upaya membiasakan kegiatan literasi di lingkungan sekolah dan out put nya terwujudnya sekolah juara literasi. Buku ini baik dibaca untuk semua kalangan baik pelajar, mahasiswa, guru dan masyarakat umum. Semoga buku ini menjadi ladang pahala bagi penulisnya, Amin.

... dan menjadi Dosen Pamong di Pusat Kegiatan Belajar Universitas Terbuka (PKB-UT) Indramayu (2015-Sekarang). ... SMA Negeri 1 Terisi Tahun Pelajaran 2014/2015 (2016), 2) Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Klasifikasi Manusia Purba.

Perencanaan Pembelajaran

Banyak ungkapan yang sering dilontarkan melalu berbagai pertemuan atau media massa tentang rendahnya kualitas pendidikan kita dewasa ini, bukan saja kualitas pendidikan berbagai dampak langsung yang dilihat melalui hasil belajar siswa, tetapi sampai pada dampak pengiring pun dianggap kurrang berhasil dibentuk melalui lembaga pendidikan formal di sekolah. Hal ini dapat dilihat melalui berbagai aksi yang dilakukan siswa bahkan mahasiswa yang tidak sesuai dengan martabat bangsa. Indikasi ketidakberhasilan ini jika dilihat dari aspek pembelajaran salah satu faktor penyebabnya adalah kurangnya perhatian guru atau dosen dalam merencanakan kegiatan pembelajaran. Itu sebabnya di Lembaga Pendidikan Tinggi di upayakan satu mata kuliah perencanaan pembelajaran atau Desain intruksional yang diikuti oleh mahasiswa semester empat dan lima. Di universitas lainperencanaan pembelajaran diberikan kepada dosen dalam bentuk penataran pendidikan keterampilan intruksional yang salah satu misterinyaadalah perencanaan pembelajaran. Buku yang hadir di tangan pembaca ini merupakan salah satu buku yang mengkaji secara ilmiah tentang perencanaan pembelajaran yang ditinjau didasarkan pada teoti-teori intruksional yang banyak dikembangkan di negara-negara peletak dasar intruksional. yakni di Amerika Serikat. Buku ini di awali dengan pemaparan teoretis tentang pembelajaran, kemudian membicarakan tentang kondisi pembelajarang, strategi pembelajaran, dan hasil pembelajaran, di akhir uraian bab ini dikemukakan tentang pengembangan desain pembelajaran serta evaluasi pembelajaran.

Itu sebabnya di Lembaga Pendidikan Tinggi di upayakan satu mata kuliah perencanaan pembelajaran atau Desain intruksional yang diikuti oleh mahasiswa semester empat dan lima.

Perencanaan Pembelajaran Kejuruan : Buku Kerja Mahasiswa Berbasis Masalah

Buku Kerja Mahasiswa (BKM) untuk Perencanaan Pembelajaran Kejuruan ini disusun berdasarkan hasil pelaksanaan Penelitian Inovasi Pembelajaran (Inobel) yang diselenggarakan oleh Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Pembelajaan (LP3) Universitas Negeri Malang Tahun 2018. Penelitian tersebut dilaksanakan dengan dukungan dana yang dikelola oleh LP3 UM Tahun 2018 dengan partisipasi dan pelibatan berbagai pihak, baik secara langsung maupun tidak.

Buku Kerja Mahasiswa (BKM) untuk Perencanaan Pembelajaran Kejuruan ini disusun berdasarkan hasil pelaksanaan Penelitian Inovasi Pembelajaran (Inobel) yang diselenggarakan oleh Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Pembelajaan (LP3) ...