Ilmu pengetahuan laksana seekor burung, agar tidak terbang jauh maka ilmu harus diikat dalam sebuah tulisan atau menjadi buku. Pilosofi Inilah yang menginspirasi penulis untuk menulis buku ini Menulis sesungguhnya pekerjaan mudah, akan tetapi memulainya tidak gampang. Kendala umum dihadapi mahasiswa ketika membuat tugas akhir seperti Tesis dihadapkan kepada “bagaimana untuk memulai menulis tesis?”. Beranjak dari persoalan tersebut, penulis tertarik menyusun buku sederhana ini, untuk dapat memberi guidance serta mensitumuli mahasiswa menerobos kendala dalam memulai menulis. Kekeliruan dasar yang banyak terjadi memulai penulisan adalah, selalu didahului dengan menentukan judul. Sejatinya mengidentifikasi masalah terlebih dahulu, dan merumuskan masalah dengan baik, baru kemudian mendapatkan topik penelitian yang dirumuskan sebagai judul. Kemampuan mengidenfikasi masalah penelitian menjadi modal dasar untuk memudahkan penulisan selanjutnya.
Kemampuan mengidenfikasi masalah penelitian menjadi modal dasar untuk memudahkan penulisan selanjutnya. Buku Aplikasi metodologi penelitian ini diterbitkan oleh penerbit deepublish dan tersedia juga versi cetaknya.
Pendidikan merupakan suatu tugas yang mencabar. Baik sebagai guru di sekolah mahupun ibubapa di rumah, tugas mendidik dilihat sebagai suatu tanggungjawab. Justeru adakalanya menyebabkan kita terlepas pandang dengan melihat tugas mendidik hanyalah berlaku di sekolah sahaja. Oleh itu aktiviti meningkatkan pengetahuan, kefahaman dan kemahiran mendidik dianggap hanya perlu dilakukan oleh guru di sekolah. Buku ini menjelaskan mengapa setiap individu sebenarnya merupakan pendidik. Samada sebagai guru di sekolah, ibubapa di rumah, mahupun ahli masyarakat, kita semua perlu sentiasa berusaha menambah pengetahuan, meningkatkan kefahaman dan kemahiran dalam mendidik. Tanpa usaha meningkatkan kefahaman dan kemahiran maka proses mendidik anak-anak didik kita lebih menjurus kepada ‘trial and error’ dan merugikan. Dalam buku ini perbincangan tentang teori, kaedah, strategi dan pendekatan psikologi dalam mendidik telah dilakukan dengan membandingkannya dengan pengalaman-pengalaman seharian. Penulis telah dengan sengaja membandingkan pengalaman-pengalaman seharian yang beliau lalui baik sebagai guru di sekolah atau pensyarah di pusat pengajian tinggi mahupun sebagai bapa di rumah supaya kefahaman dan penguasaan kemahiran mendidik dapat difahami dengan lebih mudah. Menjadi harapan penulis supaya buku ini dijadikan sebagai rujukan tambahan berkenaan dengan proses memahami dan meningkatkan kemahiran mendidik dalam kalangan kita semua. Amiin.
Sebab itubila bercerita tentang psikologi pendidikan kita akan memahaminya
sebagai suatu proses pengaplikasian ilmu psikologi dalam pendidikan yang
boleh menyumbang kepada pemahaman dan pengamalan dalam proses pendidikan.
Pendapat Imam Syafi'i ini sama dengan pendapat Imam Malik di atas , tetapi terdapat perbezaan antara mereka iaitu pada penentuan nilai antara emas dengan perak , sekiranya ada pertentangan nilai antara keduanya .
Buku Manajemen Bank Syariah merupakan buku yang berisi kumpulan tulisan yang digunakan sebagai bahan pengajaran dosen dengan mahasiswa semester VI. Buku ini mencoba memberikan gambaran yang lengkap dan komprehensif berkaitan dengan teori dan konsep tentang manajemen bank syariah. Sasaran penulisan buku ini adalah diperuntukkan sebagai tambahan referensi bagi mahasiswa, dosen dan masyarakat yang ingin mengetahui tentang manajemen bank syariah. Pada bagian awal buku ini dari bab 1 s.d bab 3 membahas tentang gambaran tentang bank syariah (bab 1 ), riba dan bunga bank (bab 2) serta Konsep operasional dan Pengembangan Produk Bank Syariah (bab3). Pada bab 4 membahas tentang konsep-konsep Manajemen Pemasaran pada lingkup operasional Bank Syariah, Sedangkan pada bab 5 s.d bab 8 merupakan gambaran yang terdapat dalam unsur-unsur aspek manajemen yang ada di lingkup operasional bank syariah seperti : manajemen permodalan bank syariah, manajemen dana bank syariah, manajemen sumber daya insani bank syariah, manajemen risiko pada bank syariah. Sedangkan pada bab 9 menggambarkan kondisi penganggaran pada bank syariah, konsep dasar pembiayaan pada bank syariah ( bab 10), Tingkat kesehatan bank ( bab 11), good corporate governance ( bab 12), Akuntansi perbankan syariah ( bab 13), dan Perhitungan bagi hasil dan profit margin pada bank syariah ( bab 14)
Buku Manajemen Bank Syariah merupakan buku yang berisi kumpulan tulisan yang digunakan sebagai bahan pengajaran dosen dengan mahasiswa semester VI. Buku ini mencoba memberikan gambaran yang lengkap dan komprehensif berkaitan dengan teori ...
Buku Manajemen Kredit ini merupakan pengembangan dari buku Manajemen Bank yang pernah ditulis oleh Penulis pada edisi sebelumnya. Buku ini dapat menjadi rujukan referensi bagi mahasiswa perbankan yang ingin mendalami tentang bisnis perkreditan bank dan akademisi, tak lupa pula dapat ditujukan bagi praktisi dan pegawai bank dalam mendapatkan tambahan referensi tentang dunia bisnis perkreditan bagi bank umum dan BPR. Buku Manajemen Kredit ini berisi tentang Pengertian Kredit dan Jenis-jenisnya ( bab 1 ), Prinsip Dasar dan Kebijakan Pemberian Kredit ( bab 2 ), Perencanaan Kredit ( bab 3), Prosedur Umum Perkreditan ( bab 4 ) serta Administrasi kredit ( bab 5 ). Disamping kandungan isi buku diatas, buku manajemen kredit ini juga terdiri atas : analisa kredit ( bab 6), Mon itoring dan Pengawasan Kredit ( bab 7 ), Penanganan Kredit Bermasalah ( bab 8 ). Sedangkan pada bagian akhir buku ini berisi tentang, jaminan kredit ( bab 9), Suku Bunga Kredit ( bab 10 ) serta Asuransi Kredit dan Jaminan Kredit ( bab 11).