Sebanyak 82 item atau buku ditemukan

Sistem Informasi Manajemen Perikanan

Buku Sistem Informasi Manajemen Perikanan ini diharapkan dapat memberikan pemahaman dan wawasan kepada pembaca khususnya mahasiswa tentang bagaimana sistem informasi scat ini berperan terhadap perkembangan perikanan di era revolusi industri 4.0. Buku ini dilengkapi contoh-contoh aplikasi sistem informasi di bidang perikanan sebagai contoh kreatif dalam menciptakan ide-ide baru di bidang perikanan dengan pemanfaatan teknologi dan sistem informasi. Buku ini juga memberikan sudut pandang baru tentang pentingnya multidisipliner keilmuan antara bidang sistem informasi dan bidang perikanan yang lebih efektif, efisien, dan berkelanjutan. Buku Sistem Informasi Manajemen Perikanan merupakan buku ajar yang terdiri dari 6 bab yang telah diseusaikan dengan Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) Sistem informasi Manajemen Perikanan. Pada setiap bab terdapat tujuan instruksional, konsep materi, contoh aplikasi atau studi kasus, dan latihan soal untuk evaluasi mandiri. Bab 1 menjelaskan peran teknologi dan sistem informasi pada bidang perikanan. Bab 2 menjelaskan konsep sistem informasi dan contoh-contoh aplikasi penerapannya di bidang perikanan. Bab 3 menjelaskan konsep sistem informasi manajemen sebagai bagian dari sistem informasi dan contoh aplikasinya pada bidang perikanan. Bab 4 menjelaskan pengembangan sistem informasi. Bab 5 menjelaskan konsep e-business dan e-commerce di bidang perikanan sebagai pembelajaran mahasiswa membangun bisnis. Bab 6 menjelaskan aplikasi sistem informasi geografis di bidang perikanan untuk pemetaan sumber daya perikanan.

Buku Sistem Informasi Manajemen Perikanan ini diharapkan dapat memberikan pemahaman dan wawasan kepada pembaca khususnya mahasiswa tentang bagaimana sistem informasi scat ini berperan terhadap perkembangan perikanan di era revolusi industri ...

A to Z Bimbingan dan Konseling Karier Konsep, Teori, dan Aplikasinya

Karier bukan sekedar pekerjaan atau jabatan seseorang, melainkan suatu pekerjaan atau jabatan yang benar-benar sesuai dengan potensi diri sehingga membuat seseorang senang melakukannya, kemudian mereka akan berusaha semaksimal mungkin untuk meningkatkan prestasinya, mengembangkan potensi dirinya, lingkungannya, serta sarana dan prasarana yang diperlukan. Untuk itu, bimbingan karier perlu diberikan kepada siswa untuk mengetahui potensi-potensi yang dimilikinya sehingga siswa terarah dalam menentukan pekerjaan, jabatan, atau kariernya di masa depan. Buku ini menjelaskan secara rinci landasan teori dalam bimbingan karier, model-model pendidikan karier, faktor-faktor yang berpengaruh terhadap karier, dan masih banyak lagi. Tidak hanya itu, buku ini juga mempermudah pembaca karena dilengkapi dengan contoh program bimbingan karier; tujuan program bimbingan karier; pelaksanaan bimbingan karier di sekolah; dan sarana pelaksanaan bimbingan karier. Dengan demikian, buku ini berguna dan sangat diperlukan bagi guru (konselor), kepala sekolah, pengawas sekolah, mahasiswa, dosen, dan tenaga kependidikan lainnya untuk mengarahkan siswa.

Proses adalah sistem arteri dalam organisasi dan jaringan pasokan antar-organisasi. ... besar alat dan pendekatan yang berasal dari beragam disiplin ilmu, termasuk Teknik Industri, Manajemen Operasi, Manajemen Mutu, Manajemen Sumber ...

Teori dan Aplikasi Penelitian Tindakan Kelas

(PTK)

Zaman telah berubah, seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Segala perkembangan ini harus diantisipasi agar seluruh bangsa tidak tertinggal dalam percaturan di tingkat global. Harus diakui, perkembangan kehidupan dan ilmu pengetahuan abad 21 sekarang ini memang telah terjadi pergeseran, baik ciri maupun model pembelajaran. Hal inilah yang harus direspons oleh stake-holders pendidikan khususnya pahlawan tanpa tanda jasa yaitu guru dan dosen. Tugas utama seorang guru dan dosen adalah merancang, menyajikan, dan mengevaluasi bahan ajar, disesuaikan dengan kondisi lingkungan yang membatasinya, dengan tujuan agar peserta didik (siswa dan mahasiswa) memperoleh hasil belajar yang optimal. Oleh karena itu guru dan dosen harus menguasai dan mengembangkan ketiga ranah profesi yang perkembangannya semakin kompleks sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Buku Teori dan Aplikasi Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini diterbitkan oleh penerbit deepublish dan tersedia juga versi cetaknya.

Islamic Economics: Principles and Analysis

With the impressive emergence of Islamic finance as a branch of Islamic economics, the need for a solid knowledge base that encompasses theories, thoughts and applications related to the subject increased in importance. However, writing about Islamic economics is a great challenge due to the differences in opinion on many of its issues. This includes methodologies for determining the Islamic perspective on economic concepts and issues as well as applicable solutions for today’s economic and social problems. It is further argued that Islamic economics topics are not as clear as those in conventional economics as they have their own religious, spiritual and social dimensions. The points of controversy have generated lengthy discussions. Moreover, Islamic economics encompasses a vast array of topics and approaches, from the purely theoretical, which may include philosophy or religious ideas, to mathematical and quantitative analyses. We tried our best throughout this textbook to simplify, clarify and summarise these concepts to make them accessible to all readers including students, practitioners, academics and even interested non-specialists. This textbook presents, discusses and analyses various topics and issues related to Islamic economics ranging from philosophical, epistemological and methodological to microeconomic and macroeconomic perspectives. In this endeavour, the social aspect of Islamic economics—an essential part of the discipline—is not neglected. The textbook compares Islamic ideas and concepts related to economics with those in conventional economics to highlight Islamic economics as a distinct field of knowledge with an emphasis on the ethical and social aspects. The authors have tried their level best to explain the theoretical concepts as simply as possible without ignoring today’s realities and without compromising Sharīʿah principles and objectives. One of the main objectives of the book is to provide the reader with Islamic economic ideas and solutions that are realistic and applicable within the current highly globalised economic and business environment, which is largely dominated by conventional interest-based systems and institutions. Despite being written for an elementary-level audience, this textbook can also be beneficial to a wide range of specialist and non-specialist readers and seekers of knowledge. For those specialising in Islamic economics, it is an appropriate source of reference to gain an overview on different topics relating to the foundations of Islamic economics. At this point, however, it must be mentioned that each topic deliberated upon, by its nature, would require a book on its own to cover all its aspects. Therefore, further exploration is required for Islamic economics specialists. A list of references and recommended readings is provided for that purpose at the end of each chapter. On the other hand, students of mainstream economics, finance and other academic majors will find this textbook an excellent resource for comprehensive knowledge of Islamic economics and its related issues. Universities may benefit from the different topics presented in this textbook in designing or preparing their economics courses at different levels based on their own curriculums and classes. This textbook could be used at the undergraduate level or even for a master’s level economics or Islamic economics course, especially in an Islamic banking and finance programme or for an MBA having a specialisation in Islamic banking and finance where an economics or Islamic economics course is offered. Furthermore, practitioners and interested readers who are seeking essential and simple knowledge about Islamic economics will also find this textbook to be a helpful guide. It is important to mention here that Islamic economics literature shows wide differences among the scholars in almost every subtopic. Presenting all opinions within a limited number of pages is almost impossible. However, with the great contribution of more than 60 scholars from a wide span of countries and from various economic schools, this book represents an important attempt to present the topics and issues from various perspectives with the maximum objectivity possible. Through comprehensive content editing, the editors have striven to improve the flow of arguments, remove inconsistencies and put the ideas together in as coherent a manner as possible. However, the editors acknowledge that some biases and overlaps may still persist.

However, with the great contribution of more than 60 scholars from a wide span of countries and from various economic schools, this book represents an important attempt to present the topics and issues from various perspectives with the ...

Al-Qur'an for Life Excellence

Dengan berpijak pada QS Al-Baqarah [2]: 269, misalnya, penulis mengajak kita untuk tiada henti menggali Ilmu. Kecemerlangan hanya akan diperoleh oleh mereka yang berilmu. Maka, pastikan diri kita untuk selalu menambah ilmu. Bawalah buku ke mana pun kita pergi menjadi tips praktis dari penulis agar kita selalu menambah ilmu setiap waktu. Bagi Anda yang saat ini sedang terpuruk atau bagi Anda yang saat ini bermimpi meraih kecemerlangan, buku ini hadir untuk Anda. Dr. Danial Zainal Abidin adalah peraih gelar M.B.Ch.B. dalam bidang kedokteran. Selain mengisi berbagai acara di radio Malaysia, alumni universitas Iskandariah, Mesir ini, aktif sebagai konsultan di Danial Consultancy (M) Sdn. Bhd. Selain itu, Dr. Danial adalah seorang penulis produktif. Sudah sepuluh buku ditulisnya. Buku ini merupakan buku kedua yang diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. Buku pertamanya 7 Formula Individu Cemerlang mendapat respon baik masyarakat Indonesia. [Mizan, Hikmah, Agama, Indonesia]

Ayat di atas menceritakan rencana yang diusulkan oleh Nabi Yusuf kepada Raja Mesir untuk menghadapi keadaan krisis ekonomi di Mesir . Beliau menyarankan agar perencanaan dibuat sewaktu iklim ekonomi berada pada tahap yang baik sebelum ...

Rahasia Nama dan Sifat Al Qur’an

Al Qur’an selain sebagai kitab pedoman hidup dan kehidupan umat manusia dan rujukan pertama dan utama umat Islam, ia adalah mukjizat kenabian pamungkas dan bukti abadi kebenaran Islam dan ajarannya yang universal. Tiada sebuah kitab di muka bumi ini yang lebih berhak mendapat perhatian dari kaum Muslim selain dari Al Qur’an. Kaum Muslim berkewajiban memberikan perhatian yang serius terhadap Al Qur’an dengan beragam bentuk perhatian, dari mulai mempelajari huruf-hurufnya agar dapat dengan fasih melantunkan ayat-ayat sucinya, memahami terjemahannya sebagai langkah awal dan batas minimal pengenalan terhadap kandungannya hingga mendalami tafsir dan isyarat-isyarat yang tersurat dan tersirat di balik keagungan makna setiap ayatnya. Tentu tidaklah cukup bagi kaum Muslim hanya menghormati secara formalitas mushhaf-mushhaf dengan menghiasnya dan/atau menghiasi rumah-rumah mereka dengannya. Al Qur’an harus dihormati, dimuliakan, dibaca, dipelajari, ditelaah dan dikaji, dikupas makna-makna yang dalam di balik ayat-ayatnya dan diamalkan serta diperkenalkan kepada umat manusia dan juga harus diperjuangkan ide-ide mulia yang diajarkan olehnya. Dalam membangkitkan semangat kaum Muslim untuk berlomba-lomba mempelajari Al Qur’an, banyak cara ditempuh oleh Rasulullah saw.-selain keagungan Al Qur’an itu sendiri. Di antaranya, dengan menampakkan perhatian yang luar biasa besarnya terhadap Al Qur’an baik dalam level pembacaan, penghafalan, maupun pengamalan. Dalam perjalanannya, beragam bahasan telah disimpulkan para ulama baik klasik maupun kontemporer dari ayat-ayat Al Qur’an. Hal itu dapat kita saksikan dari banyaknya ragam kajian yang dikemukakan oleh, misalnya, Az Zarkasyi (W: 794 H) dalam Al Burhân-nya, di mana ia merangkum di dalamnya empat puluh ragam bahasan. Demikian pula halnya dengan Jalaluddin As Suyuthi (W: 911 H) dalam Al Itqân-nya, beliau merangkum sebanyak delapan puluh ragam bahasan dalam kitab tersebut. Begitu juga dengan metodologi tafsir. Para ulama dan pakar Al Qur’an telah mengembangkan metodologi tafsir guna mempermudah pencapaian kesimpulan yang utuh dan akurat dan agar pesan yang disampaikan Al Qur’an lebih mudah dipahami. Salah satu yang mungkin dapat membantu mengenali kebesaran dan keagungan Al Qur’an serta memahami peran dan fungsinya adalah dengan mengenal nama dan sifat yang ditetapkan untuk Al Qur’an. Namun sayang, sepanjang pengetahuan penulis, belum ada buku yang khusus mengupas rahasia di balik nama-nama dan sifat-sifat Al Qur’an itu yang ditulis dalam bahasa Indonesia, baik terjemahan maupun karya tulis. Melihat kenyataan demikian, dan terdorong oleh keinginan untuk memperkenalkan rahasia di balik nama-nama dan sifat-sifat Al Qur’an itu, buku ini hadir dengan harapan dapat mengisi kekosongan itu.

... sebagaimana yang telah diatur dan diubah dari Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2002, bahwa; (2) (3) (4) Kutipan Pasal 113 (1) Setiap Orang yang dengan tanpa hak melakukan pelanggaran hak ekonomi sebagaimana dimaksud dalam Pasal 9 ayat ...

PENDIDIKAN BERBASIS AL-QUR’AN

Pendidikan berbasis Al-Qur'an adalah sarana perekayasaan sosial bagi umat Islam yang berdasarkan Al-Qur'an dan Al-Sunnah untuk menuju kesempurnaan hidup manusia hingga mencapai Insan kamil, yang bertujuan untuk mendekatkan diri kepada Allah (taqarrub) dan meraih kebahagiaan di dunia dan di akhirat kelak. Pencapaian kesempurnaan hidup melalui proses pendidikan itu juga merupakan tujuan dari Pendidikan Islam itu sendiri. Materi Pendidikan berbasis Al-Qur'an berisikan tentang berbagai macam ilmu pengetahuan sebagai sarana yang menghubungkan hamba dengan Tuhan-Nya, dengan itu ia mendekatkan diri secara kualitatif kepada-Nya, sehingga manusia dapat mencapai kebahagiaan di dunia dan di akhirat kelak. Namun yang menjadi prioritas materi yang terpenting dari pendidikan berbasis Al-Qur'an itu adalah bidang akhlak. Karena dengan memiliki akhlak yang mulia, semua orang bisa bertanggung jawab dalam hidupnya. Pendidikan berbasis Al-Qur'an tidak hanya ditafsirkan sebagai kegiatan atau cara untuk mengajar anak didik saja, namun lebih dari itu. Yang dimaksudkan dengan metode pendidikan adalah juga menjadikan guru (al-mu'allim) sebagai figur sentral untuk dapat dijadikan teladan bagi anak didiknya. Bahkan Imam Al-Ghazali mengemukakan bahwa metode pendidikan adalah sejenis pendidikan guru atau pelatihan guru (teacher education or trainning). Jadi, dapat dipahami bahwa metode pendidikan tidak hanya dipahami sebagai suatu cara dalam mengajar tetapi jauh dari itu yaitu usaha membina dan melatih guru sebagai figur sentral bagi anak didiknya agar menjadi teladan yang baik. Proses pengembangan pendidikan berbasis Al-Qur'an berdasarkan gambaran konsep hakikat manusia dalam Al-Qur'an yang meliputi aspek tujuan, kurikulum, metodologi, dan evaluasi pendidikan, pada dasarnya dipahami sebagai sebuah ikhtiar untuk mengembangkan seluruh wujud eksistensi manusia dalam arti nilai totalitas, struktur, kedudukan, dan peran serta potensi-potensi yang dimilikinya. Oleh karena itu, konsep manusia dalam Al-Qur'an menjadi muatan yang perlu diperhitungkan dalam mengembangkan teori dan praktek pendidikan. Dengan adanya keterlibatan pandangan dasar Al-Qur'an tentang hakikat manusia ini, pengembangan pendidikan diharapkan bisa menyeluruh sesuai dengan gambaran hakikat manusia yang sebenarnya.

Pendidikan berbasis Al-Qur'an adalah sarana perekayasaan sosial bagi umat Islam yang berdasarkan Al-Qur'an dan Al-Sunnah untuk menuju kesempurnaan hidup manusia hingga mencapai Insan kamil, yang bertujuan untuk mendekatkan diri kepada Allah ...